Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Cepat dan Aman

8 bulan lalu

Mungkin kamu pernah bertanya – tanya apa sih butiran – butiran putih yang keluar dari kepala kita itu? Sedikit petunjuk tentangnya, benda asing itu adalah ketombe. Tapi kalian tidak perlu khawatir tentang benda asing tersebut, karena masalah itu sangat bisa kamu obati. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi ketombe (belum tervirifikasi) yang bisa kamu coba dirumah. Jadi jika dengan menggunakan perawatan ini, tidak mampu untuk meringankan ketombe yang kamu miliki, maka ada baiknya kalian langsung menghubungi dokter kulit untuk mengobatinya.

1. Jus Lemon

photo via : www.almanaturals.net

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon sebagai metode alami untuk mengatasi ketombe sebenarnya amatlah mudah. Adapaun caranya adalah kalian cukup mengoleskan jus lemon ke rambut dan juga kulit kepala yang kamu miliki. Setelah dioleskan secara merata, tunggu sekitar 20 hingga 25 menit. pada saat ini, kulit kepala kalian akan terasa gatal. Namun tidak usa khawatir, karena hal tersebut masih normal. Setelah menunggu beberapa lama, cuci rambutmu hingga bersih dan apabila diperlukan, kamu bisa gunakan sampo untuk membersihkan rambutmu dari bekas – bekas lemon.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

2. Minyak Zaitun

Selain lemon, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Untuk cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun juga sama mudahnya dengan menggunakan lemon. Cukup oleskan minyak zaitun di seluruh bagian kulit kepala sekitar 5 sampai sepuluh menit sebelum kalian biasanya mencuci rambut. Cara kedua menggunakan minyak zaitun dalam menghilangkan ketombe adalah dengan jalan mengoleskan minyak zaitun sekali lagi setelah keramas sebelum pergi tidur. Jika dirasa diperlukan, kamu bisa menggunakan handuk atau topi kapas ataupun sarung bantal lama yang bisa digunakan untuk menyerap minyak – minyak yang ada di kepala.

3. Kuning Telur

photo via : kucingpedia.com

Selain telur biasa digunakan untuk makanan dan juga salah satu bahan alami untuk kecantikan, kuning telur juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Adapun cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami menggunakan kuning telur juga cukup mudah. Pertama kalian harus mengambil sari atau kuning telurnya saja, lalu oleskan di daerah kepala, khususnya bagian kulit kepala. Karena telur memiliki ciri bau yang amis, ada baiknya kamu meletakkan kantong plastik diatas kepala agar bau amis dan busuknya tidak menyebar. Setelah itu, biarkan kulit kepala kamu selama sekitar 1 jam. Setelah 1 jam, cuci bersih rambutmu dengan sampo. Untuk menghilangkan baunya, mungkin ada baiknya kalian mencuci kepala sebanyak dua kali. Selain untuk menghilangkan bau amis dari telur, juga untuk mengeluarkan ketombe – ketombe yang ada di kulit kepala.

4. Biji Fenugreek

Mungkin nama biji yang satu ini agak asing ditelinga kalian, namun untuk mendapatkan biji ini cukup mudah kok. Kalau kalian termasuk kaum milenial, cukup cari di OL shop yang kamu tahu makan pastinya banyak yang menjual biji yang satu ini. Untuk menggunakannya, yang pertama kamu cukup menumbuk satu sendok makan biji fenugreek dengan menggunakan tangan (jangan menggunkan mixer). Setelah tertumbuk halus, rendam biji itu kedalam dua cangkir air panas selama semalaman. Setelah semalaman, ramuan inipun selesai dan bisa kamu gunakan sebagai air bilasan saat mencuci kulit kepala. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk menyaring ramuan ini yah, karena yang kamu perlukan hanya airnya saja.

5. Baking Soda

photo via : www.healthline.com

Selain digunakan sebagai pengembang kue, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Jika sebelumnya kamu biasanya menggunakan sampo untuk keramas, sekarang gunakanlah baking soda sebagai pengganti sampo. Caranya adalah dengan mengoleskan satu sendok penuh baking soda pada kulit kepala saat basah sembari meremas – remas bagian kulit kepala. Tunggu setidaknya sekitar 1 menit sebelum mencuci bersih rambut dan kulit kepala yang yang kamu miliki. Lakukan hal ii secara rutin dan setelah dua minggu akan terlihat hasilnya dimana kulit kepala kamu akan mulai memproduksi minyak secara alami yang akan membuat kulit kepala kalaian jadi lembab dan bebas dari ketombe.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. Baby Oil

Meskipun minyak yang satu ini sesuai namanya lebih difokuskan untuk digunakan oleh para bayi ataupun anak – anak, namun Baby Oil bisa juga loh digunakan untuk mengatasi ketombe. Kamu cukup mengoleskan baby oil pada kulit kepala sembari memijat dengan lembut kulit kepalamu. Setelah selesai, balut kepala dan rambutmu dengan menggunakan handuk dan biarkan baby oil semalaman. Keesokan paginya, cuci kepalamu dengan shampo anti ketombe yang kamu percaya. Dengan membiarkan baby oil selama semalaman, baby oil ini kan mampu merawat kulit kepala yang kamu miliki setika sedang tertidur.

7. Minyak Kelapa

photo via : beritagar.id

Minyak kelapa memang sejak dahulu terkenal sebagai salah satu cara untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Kandungan yang dimiliki oleh minyak kelapa ini mampu untuk membersihkan dan menyehatkan kulit kususnya kulit kepala. Yang harus kamu lakukan pertama adalah dengan mencuci rambut hingga bersih, namun jangan menggunakan kondisioner. Setelah mencuci kepala sampai bersih, keringkan rambut hingga tidak terasa licin. Sedikit catatan, saat mengoleskan minyak kelapa di kulit kepala, usahakan agar tidak mengenaik sisa rambut. Melainkan hanya mengenai kulit kepala atau akar rambut saja. Setelahnya. cuci rambut sampai bersih sembari sedikit memijat kulit kepala untuk mengeluarkn sel – sel kulit mati / ketombe yang ada. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sekali seminggu sampai ketombe yang kamu miliki hilang.

8. Baking Soda, Lemon dan Cuka Apel

Untuk cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya menggunakan beberapa bahan alami yang digunakan secara bertahap. Bahan alami yang digunakan disini adalah baking soda, buah lemon dan juga cuka apel. Namun jangan salah kaprah yah,jangan mencampurkan semua bahan tersebut dan menuangkannya ke kepala kalian. Adapun cara tepat menggunakan ketiga bahan ini agar lebih efektif adalah dengan jalan yang pertama campurkan baking soda dan jeruk lemon dan gunakan campuran ini sebagai scrub atau pengganti sampo. Setelah campuran ini kalian terapkan di kulit kepala, biarkan selama beberapa menit. Setelah kulit kepala mulai terasa gatal, cuci bersih kulit kepala kalian. Setelahnya, bilas rambut dengan menggunakan cuka sari apel sebagai konsioner rambut.

9. Minyak Pohon Teh

photo via : manismanja.net

Sebelumnya, bedakan dulu yah antara minyak pohon teh ini dengan teh kemasan ataupun teh celup yang biasanya kita minum sehari – hari. Minyak pohon teh sendiri merupakan sebuah antiseptik alama yang mampu menghilangkan kuman – kuman penyakit. Selain itu minyak pohon teh juga memiliki bau yang menyegarkan. Apabila kamu agak kesulitan untuk menemukan minyak pohon teh, kamu bisa menggunakan sampo yang memiliki kandungan minyak pohon teh setidaknya 5% di dalam sampo tersebut.

Minyak pohon teh memang telah terbukti efektif dalam mengobati ketombe dan cara menggunakannyapun cukup mudah. Kalian cukup menggosokkan minyak pohon teh atau sampo yang mengndung hal ini dan diamlan selama 5 menit. Setelah 5 menit, bilas dengan air bersih dan ulangi hal ini tiap hari sekali dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu.

10. Obat Kumur

Siapa yang menyangka mungkin jika salah satu cairan yang biasanya kita gunakan untuk membersihkan mulut, bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Cairan yang dimaksud adalah obat kumur. Namun karena obat kumur mengandung sat aktif yang lumayan, disarankan untuk menggunakan cara ini hanya sebulan sekali. Adapun caranya adalah pertama dengan mencampurkan 1 bagian dari obat kumur dengan 9 bagian air. Setelah larutan ini tercampur rata, gunakan campuran ini untuk membilas rambut setelah selesai keramas. Sebagai catatan, kalian tidak perlu membersihkan rambut lagiu setelah menggunakan campuran larutan ini.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

11. Cuka Sari apel

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Untuk menggunakan bahan alami yang satu ini juga tidak kalah mudahnya dengan menggunakan bahan yang lainnya. Yang pertama perlu dilakukan adalah dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air dalam jumlah yang sama. Seperti biasa, cucilah rambut dengan normal, lalu gunakan campuran cuka dan air tadi dengan hati – hati kebagian rambut sambil memijat sedikit kulit kepala.

Karena cuka sari apel lumayan keras, sebaikan kamu berhati – hati dalam menggunakannya agar tidak sampai masuk ke mata. Jika terdapat goresan ataupun luka pada bagian kulit kepala yang kamu miliki, bagian tersebut akan terbakar karena campuran cuka air tadi. Tapi tidak usah kawatir, karena cukup bilas beersih dengan menggunakan air pada bagian tersebut.

Setelah menggunakan campuran cuka dan air tadi, tunggu sekitar 10 hingga 15 menit lalu bilas lah rambutmu dengan air.bau cuka yan ada pada rambut akan menghilang ketika rambutmmu sudah kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi cara ini selama sekitar satu minggu.

12. Yogurt

photo via : amindfullmom.com

Selain yogurt itu baik untuk kesehatan, ternyata yogurt juga berguna untuk menghilangkan ketombe. Hampir sama seperti bahan – bahan yang lainnya, cara menggunakan yogurt untuk menghilangkan ketombe juga cukup mudah. Seperti biasa, yang pertama kamu harus mencuci bersih dan membilas rambutmu sebelumnya. Setelah itu, usapkanlah yogurt murni pada kulit kepala dan biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit lamanya.

Setelahnya, bilas dan cuci bersih lagi rambut dan kepalamu menggunakan sampo. Sebagai bilasan terakhir, kamu bisa mengoleskan ramuan dari daun thyme, jelatang atau sage yang dicampur dengan 2 sendok makan cuka. Untuk membuat ramuan, kamu bisa menggunakan herbal segar atau kering dalam bentuk lepas atau dalam wadah seperti teh celup.

13. Pisang dan Cuka

Buah pisang sebagian besar memang biasanya digunakan sebagai olahan makanan seperti pisang goreng, kripik pisang ataupun dimakan langsung. Buat kamu yang hobi makan pisang, cara ini mungkin efektif sekaligus juga mendapatkan manfaat lain dari buah pisang. Caranya cukup mudah, yakni dengan jalan mencampurkan buah pisang utuh(jangan lupa dikupas dulu) dan campurkan pisang tersebut dengan dua cangkir cuka. Aduk campuran tersebut sampai benar – benar tergabung menjadi satu. kamu bisa menggunakan garpu atau mengkocoknya untuk menjadikannya sebuah pasta.

Setelah selesai, oleskan campuran pasta tersebut ke rambut sembari memijatnya dengan hati – hati. Lanjutkan cara ini selama 5 sampai 10 menit atau sampai campuran menutupi bagian rambut sepenuhnya. Setelah terututup merata, diamkan rambut selama 15 sampai 20 menit , kemudian bilas rambut sampai bersih. lakukan cara ini setiap hari selama satu minggu. Setelahnya, untuk perawatan dan juga pencegahan, kamu bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

14. Tanah

photo via : www.inspiradata.com

Sudah hal yang lumrah jika tanah memiliki efek yang baik untuk perwatan kulit. Bahkan sekarang ada banyak perwatan kulis seperti masker ataupun lulur yang terbuat dari tanah atau lumpur. Selain untuk perawatan kulit, tanah juga bisa kalian gunakan untuk mengatasi ketombe. Hanya saja caranya tentu saja tidak serta merta langsung menaburkan tanah ke kepalamu yah. Caranya adalah dengan membuat sebuah adonan pasta yang terdiri dari campuran air, tanah dan jus lemon kedalam campuran tersebut.

Buat dan aduklah campuran ini hingga lembut berbentuk pasta. Setelah pasta selesai, terapkan campuran tersebut di rambut dan juga kulit kepalamu. Setelah digunakan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan kepala dengan air bersih.

15. Scrub minyak kelapa, minyak zaitun, yoghurt dan madu

Kali ini, bahan yang digunakan lumayan banyak yakni minyak kelapa, minyak zaitun, yoghurt dan madu. Yang pertama haru dilakukan adalah dengan mencampurkan kempat bahan tadi menjadi sebuah campuran dengan perbandingan rasio sebesar 2:2:3:2 hingga membentuk sebuah pasta dengan perbandingan yang sedang dan halus namun tidak cair. Apabila diperlukan, kamu juga bisa menambahkan yoghurt dan madu untuk mengentalkan larutan ini.

Setelah bahan campuran ini selesai, tuangkan bahan ini pada kepala sembari memmijat – mijat kulit kepala dengan menggunakan campuran ini hingga mengenai akar rambut. Lakukan pijatan ini selama setidaknya 10 menit. Selain berguna untuk membuka pori – pori kulit kepala dan juga mningkatkan sirkulasi darah pada kepala, pemijatan pada area kulit kepala ini juga terasa mengenakkan.

Diamkan campuran ini pada kepala kalian setidaknya selama 20 menit. Setelahya, silahkan bilas dan bersikan kepala dengan menggunakan sampo atau yang lainnya. Untuk memaksimalkan hasilnya, setelah selesai membilas rambut dan rambut terlihat bersih, usapkan minyak kelapa pada rambut untuk menghasilkan rambut yang berkilau.

16. Kulit jeruk

photo via : www.vemmedaily.com

Vitamin C dan juga asam sitrat yang terkandung didalam jeruk amat bermanfaat untuk merawat tekstur kulit. Apalagi asam sitrat yang terkandung dalan kulit jeruk amat membantu mengurangi kelebihan minyak yang ada pada rambut. Namun tentu saja diperlukan sebuah cara yang efektif dalam menggunakan klit jeruk ini. Adapun caranya yang pertama adalah dengan menghancurkan kulit jeruk dan mencampurkannya dengan jus lemon hingga berbentuk pasta.

Setelah selesai, pasta tadi, bisa kamu terapkan pada rambut dan juga kulit kepala. Diamkanpasta ini di kepalamu selama 30 menit kemudia bilas dan cuci bersih dengan menggunakan sampo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ikuti cara ini sekitar 2 sampai 3 kali seminggu.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

17. Garam

Garam memang memiliki efek yang baik untuk melonggarkan merangsang sirkulasi darah pada kulit kepala. Selain itu, bahan ini juga mampu menyerap minyak berlebih dan menjaga kelembaban untuk mencegah pertumbuhan jamur ataupun menghambat ketombe. Untuk menggunakan garam ini pun cukup mudah. Yang pertama pilahlah rambutmu hingga terlihat bagian kulit kepala. Setelah kulit kepala terlihat, taburkan satu hingga dua sendok teh garam di kulit kepala tersebut. Sembari menaburkan garam, pijat kulit kepala setidaknya 2 hingga 3 menit. Setelahnya, gunakan sampo untuk membersihkan kepala dan menyiungkirkan kulit mati pada kepala.

Facebook Comments

Baca Juga