Masih Rindu Mantan? Berikut Alasan Dan Cara Mengatasinya

Dibuat oleh blogunik

Siapa sih yang nggak patah hati saat putus cinta? Terlepas dari penyebabnya, pupusnya hubungan asmara yang selama ini sudah diperjuangkan membuat sebagian orang merasakan luka yang mendalam di hati mereka. Namun seberapapun rasa kecewa, marah dan bencinya kita kepada mantan, tentu akan ada saat-saat dimana kita merindukan kenangan manis saat bersamanya. Lantas kenapa kita bisa merindukan mantan yang telah menyakiti kita dan bagaimana cara agar kita tidak merindukannya lagi? Untuk mencari jawabannya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Deretan Alasan Yang Membuat Kita Rindu Mantan

Alasan Dan Cara Mengatasi Rasa Rindu Pada Mantan

photo via cas.sk

Ada beberapa alasan yang sering tidak kita sadari membuat kita merindukan mantan dan memperlambat proses move on. Beberapa di antaranya adalah :

1. Sulit menerima kenyataan

Alasan yang membuat kamu sering merindukan mantan yang pertama adalah kamu masih sulit untuk menerima kenyataan bahwa hubungan kamu dengannya sudah berakhir. Kamu juga sulit menerima kenyataan bahwa dia tidak menginginkan kamu lagi. Kamu dan dia sudah tidak sepaham lagi, dan tidak memiliki harapan untuk diperbaiki. Namu kamu sangat sulit untuk menerima kenyataan tersebut, karena kamu masih dibutakan dengan cinta. Ini sama saja seperti kamu kalah dalam sebuah kompetisi dan kamu sangat sulit untuk menerima kekalahan tersebut.

2. Sulit melupakan masa lalu

Setiap orang memiliki daya ingatan yang berbeda-beda. Sebagian dari mereka bahkan memiliki ingatan yang kuat sehingga memiliki kesulitan dalam melupakan masa lalu, apalagi yang ingin dilupakan adalah kenangan yang berkesan di hati mereka. Ini menjadi salah satu alasan utama kenapa seseorang sulit untuk melupakan mantan.

3. Masih sayang dia

Alasan berikutnya yang membuat kamu masih sering merindukan mantan adalah karena kamu sebenarnya masih sayang dengannya. Namun karena dirinya sudah memberikan luka yang banyak dan mengecewakan kamu, akhirnya kamu memilih untuk mengakhiri hubungan yang tidak sehat tersebut. Meski sudah berakhir, namun kamu masih menyimpan rasa sayang dengannya sehingga membuat kamu sering merindukannya.

4. Tidak ingin berakhir

Alasan kenapa kamu terkadang merindukan mantan adalah karena sebenarnya kamu tidak ingin hubungan asmara kamu dengannya berakhir. Mungkin kamu belum mengetahui letak kesalahan yang membuat hubungan kalian berakhir. Kamu juga belum bisa melepaskannya dan berharap bahwa hubungan kalian masih bisa diselamatkan. Namun kamu tidak bisa melakukan banyak hal karena yang ingin hubungan berakhir adalah dirinya.

5. Merindukan sifatnya

Meskipun kita sudah memiliki pacar baru, namun ada kalanya kita tiba-tiba teringat akan mantan. Bisa jadi karena kamu merindukan sifatnya yang sangat berbeda dengan sifat pacar baru kamu. Mungkin saja ada satu sifat yang dimiliki mantan kamu yang membuat kamu nyaman dan sayang namun tidak dimiliki oleh pacar baru kamu. Sehingga hal ini membuat kamu merindukan mantan kamu, khususnya merindukan sifatnya yang membuat kamu merasa dicintai.

6. Merindukan kenyamanan

Nggak semua orang bisa memberikan perasaan nyaman yang sama. Meskipun hubungan kamu dan pacar baru kamu sudah berlangsung lama, namun kenyamanan yang diberikan bisa saja tak senyaman yang diberikan mantan. Hal ini akan membuat kenangan mantan terkadang melintas di benak kita.

7. Mantan jauh lebih baik

Alasan yang membuat kamu sering merindukan mantan selanjutnya adalah kamu merasa bahwa mantan kamu jauh lebih baik dari pacar kamu yang sekarang. Perlu diketahui bahwa sifat dan karakter seseorang tak bisa sama. Ketika kamu membandingkan yang dulu dengan sekarang kamu tidak akan pernah move on dari mantan kamu.

8. Kenangan bersamanya masih tersimpan di media sosial kamu

Alasan berikutnya yang membuat kamu merindukan mantan adalah karena kenangan-kenangan kamu saat bersamanya masih tersimpan di media sosial kamu. Kamu mungkin belum menghapus foto-foto lama yang diambil berdua saat menjadi pasangan. Kamu masih mem-follow akun media sosialnya sehingga ketika membuka media sosial, kamu akan merindukannya lagi.

Meskipun mantan bukan berarti musuh sehingga membuat kalian saling unfollow media sosial, namun untuk proses move on, setidaknya kamu harus bisa mengakhiri aktivitas stalking media sosial mantan.

Cara Mengatasi Rasa Rindu dan Melupakan Mantan

Alasan Dan Cara Mengatasi Rasa Rindu Pada Mantan

photo via redbookmag.com

Meskipun masih cukup wajar ketika kita terkadang merindukan kenangan dengan mantan, tetap saja kerinduan tersebut akan memperlambat proses move on yang selama ini kita perjuangkan. Kita tak akan pernah melupakannya jika kita membiarkan rasa rindu tersebut menguasai diri kita. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat rasa rindu itu mulai muncul di sela-sela perjuangan move on-mu. Seperti apa caranya? Berikut ulasannya!

1. Sadari bahwa rindu mantan itu normal

Cara mengatasi rasa rindu pada mantan diawali dengan menyadari bahwa rindu mantan itu merupakan hal yang wajar dan normal. Kita tidak bisa menolak ketika rasa rindu itu muncul kembali. Semakin keras kita menolak, perasaan rindu itu bisa menjadi semakin besar. Jadi, sebaiknya izinkan saja rindu itu hadir. Pasalnya, rasa rindu juga merupakan bagian dari move on dan kamu harus berharap bahwa pada akhirnya, semuanya akan baik-baik saja. Namun saat rindu itu hadir, cukup rasakan sendiri saja, dan jangan mencoba untuk menghubungi mantan apalagi sampai menerornya.

2. Batasi waktu sampai kapan akan rindu

Saat rindu itu hadir, mungkin kamu merasa perlu menangis untuk melepas rindu. Lakukan hal apapun yang bisa menenangkan hati kamu saat kamu merasa rindu, dari menangis, mengurung diri di kamar, berteriak dan lain-lain. Namun ingatlah untuk memberikan batasan waktu sampai kapan kamu ingin menangisinya atau merindukannya.

Bersikaplah tegas dan berikan hanya satu malam untuk memberikan rasa rindu itu muncul di hati kamu. Hanya satu malam dan tidak lebih. Dan keesokan harinya, berdamailah dengan hati kamu dan lakukan berbagai hal positif yang membuat kamu bahagia. Jangan sampai rasa rindu tersebut mendominasi kehidupan kamu sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Maafkan dirinya dan dirimu

Cara lain untuk dapat melupakan mantan dan tidak mengingatnya lagi adalah dengan memaafkan dirinya. Meskipun dirinya telah menyakiti kamu dengan begitu besar, kamu harus bisa memaafkannya. Begitupun dengan dirimu sendiri. Kamu harus bisa memaafkan dirimu sendiri atas kesalahan dalam memilih seseorang. Berdamailah dengan diri sendiri dan sadari bahwa dirinya bukanlah jodoh dan pasangan yang tepat buat kamu.

4. Jauhkan diri dari handphone

Saat tiba-tiba muncul rasa rindu tersebut, sebisa mungkin hindari diri kamu dengan yang namanya handphone. Ini karena handphone merupakan media komunikasi termudah yang dapat menghubungkanmu dengan mantan. Jika ada handphone di dekat kamu saat rasa rindu itu muncul, kemungkinan besar kamu akan mencari akun media sosial mantan dan men-stalker nya. Parahnya lagi kamu mungkin saja ingin menghubunginya atau bahkan menerornya dengan spam chat atau bahkan panggilan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhkan diri kamu dari handphone ataupun gadget lainnya yang memiliki fungsi yang sama. Tahan nafsumu untuk kembali menghubungi mantan dan carilah kegiatan lain yang bisa membantumu melupakan rasa rindumu.

5. Jauhi orang dan hal yang mengingatkanmu pada mantan

Cara lain untuk mengatasi rasa kangen pada mantan adalah dengan menghindari orang-orang ataupun hal-hal yang mengingatkan kamu pada mantan. Meski bukan untuk memutuskan silahturahmi, namun ada baiknya kamu menjauh dari orang-orang yang mungkin saja akan mengingatkanmu pada mantan. Misalnya saja, sahabat atau temannya mantan.

Tak hanya itu, kamu juga perlu menjauhkan diri dari hal-hal atau benda-benda yang membuat kamu teringat dengan mantan. Seperti misalnya menjauhkan benda-benda pemberiannya, foto-foto kalian saat masih bersama, dan menghindari tempat-tempat penuh kenangan kalian berdua.

6. Melakukan hobi

Fokus pada hobi yang selama ini tertunda juga bisa menjadi cara yang tepat jika kamu merindukan mantan. Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Dan pastikan kamu memilih hobi yang dapat membuat kamu merasa bahagia dan membantu kamu melupakan rasa rindu pada mantan. Seperti shopping, bermain video game, membaca buku, menonton film, mendekorasi ruangan, melukis dll.

7. Menyibukkan diri

Selain melakukan hobi, kamu juga bisa menyibukkan diri dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif. Kegiatan apapun asalkan benar-benar membuat kamu sibuk dan dapat mengalihkan perhatian kamu dari rasa rindu pada mantan. Misalnya saja membersihkan rumah, mencuci piring, mengerjakan bisnis atau usaha mandiri, hingga mencari kesibukkan dengan bertemu dengan sahabat-sahabat kamu.

8. Melakukan me time

Cara lain untuk dapat mengekang rasa rindu pada mantan hadir tanpa di undang adalah dengan melakukan me time. Setiap orang tentu membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Melakukan berbagai hal yang diinginkan dan memanjakan diri sendiri. Jadi saat rasa rindu itu muncul, kamu bisa mengalihkan perhatian kamu dengan membahagiakan diri sendiri. Mulai dari merawat diri, pergi ke tempat manapun yang kamu inginkan, makan makanan apapun yang kamu mau dan membeli berbagai hal yang membuat kamu bahagia.

9. Hang out dengan teman

Nah bila kamu merasa kesulitan untuk mengatasi rasa rindu pada mantan, maka jangan biarkan dirimu seorang diri. Segera pergi hang out dengan sahabat atau teman-teman kamu. Cari tempat yang nyaman dan mengobrollah bersama mereka, namun bukan membicarakan mantan. Cari topik yang menarik dan bicarakan dengan teman-teman kamu. Lepaskan rasa rindu yang menyakitkan dengan bercanda tawa bersama sahabat-sahabat kamu.

10. Tidur

Cara paling mudah untuk mengatasi ketika kamu tiba-tiba kangen mantan adalah dengan tidur. Apapun masalahnya, apapun yang membuat kamu teringat akan mantan, akan hilang jika dibawa tidur. Tidur akan membuat siapapun berhenti memikirkan apa yang sedang dipikirkannya. Kamupun bisa bangun dengan perasaan yang lebih segar. Bahkan sebagian orang mengaku langsung melupakan rasa rindunya terhadap mantan ketika mereka bangun dari tidur. Namun pastikan kamu memiliki tidur yang berkualitas.

11. Fokus pada tujuan dalam hidup

Jika kamu masih merindukan kenangan manismu bersama mantan, maka ingatlah bahwa hubungan kalian sudah berakhir. Daripada mengingat hal-hal yang sudah jelas tidak bisa diperbaiki lagi, lebih baik kamu fokus pada tujuan hidup, cita-cita maupun impian kamu. Ingatlah bahwa kamu masih memiliki kehidupan yang butuh diperhatikan. Jika kamu masih belum menemukan pasangan baru, maka fokuslah pada karir, bisnis, ataupun cita-cita kamu.

Sedangkan jika kamu sudah menemukan pasangan baru, maka fokuslah pada pasangan kamu. Jangan menyakiti hatinya dengan membagi hati kamu karena kamu masih mengingat mantan kamu. Jangan juga menjadikan pacar baru kamu sebagai pelampiasan rasa rindu kamu kepada mantan.

Nah itu dia beberapa alasan dan cara mengatasi rasa rindu pada mantan. Mungkin ada banyak kenangan indah yang sulit dilupakan saat kalian masih bersama. Namun ingatlah bahwa mantan tetaplah mantan, dia merupakan bagian dari masa lalu yang memang seharusnya tak perlu diingat kembali. Saatnya kamu fokus dengan apa yang ada didepan mata kamu dan ciptakan kenangan yang lebih indah dengan pasangan baru kamu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait