Cobain Deh Makanan Dan Minuman Khas Bandung Yang Maknyus Abis Berikut Ini

7 bulan lalu

Siapa sih yang gak semangat kalau jalan-jalan ke daerah Bandung? Selain memiliki banyak tempat wisata yang keren dikunjungi, Bandung juga menyediakan spot-spot yang enak untuk dijadikan tempat nongkrong sambil mencicipi kuliner khas Bandung yang pastinya siap menggoyang lidah kalian. Membicarakan tentang kuliner khas Bandung, Kota kembang ini memiliki banyak sekali kuliner khas lho! Salah satunya yang sering kalian dengar pasti seblak atau surabi. Selain seblak dan surabi, masih banyak lho kuliner khas Bandung yang sayang untuk dilewatkan! Nah berikut beberapa makanan dan minuman khas Bandung yang mampu menggoyang lidah kalian! Check it out!

1. Seblak

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Seblak

photo via : pergikuliner.com

Siapa sih yang gak tau makanan satu ini? Makanan yang identik dengan warnanya yang merah ini memang mampu meningkatkan selera makan. Bukan hanya populer sebagai makanan khas Bandung, namun makanan ini juga menjadi makanan yang banyak dicari oleh orang-orang penyuka pedas. Yup seperti yang kita tahu, makanan khas Bandung satu ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Awalnya seblak ini menggunakan bahan utama berupa bahan dasar kerupuk mentah yang direbus agar tidak keras saat dimakan, kemudian masak kembali dengan campuran bumbu-bumbu seperti cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Selain itu, seblak juga bisa ditambah berbagai toping sesuai kesukaan kita, seperti ayam, ceker ayam, makaroni, mie, bakso hingga sosis. Di Bandung terdapat 2 jenis seblak yakni seblak basah dan seblak kering. Para penyuka seblak biasanya menyukai seblak level pedas.

2. Lotek

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Lotek

photo via : www.instagram.com/streetfoodstories

Makanan khas Bandung selanjutnya adalah Lotek. Mungkin kalian semua sudah pernah mamakan makanan satu ini walaupun bukan di Bandung. Pasalnya lotek ini hampir mirip dengan pecel yang sering kita makan. Seperti halnya pecel. lotek ini juga merupakan sayuran yang direbus kemudian diberi bumbu sambal kacang. Makanan khas Bandung ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan dengan lontong atau nasi apalagi ditambah dengan kerupuk dan bawang goreng.

3. Karedok

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Karedok

photo via : www.instagram.com/resepmakanannusantara

Karedok juga merupakan salah satu nama makanan khas Bandung yang cukup ternama dikalangan masyarakat Bandung. Berbeda dengan lotek yang menggunakan sayuran yang telah direbus, karedok ini menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya seperti ketimun, tauge, kol, kacang hijau, daun kemangi dan terong. Untuk sausnya menggunakan bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi. Makanan ini memiliki cita rasa yang lezat dan segar lho! Buat yang vegetarian wajib mencoba salad sayur khas Bandung satu ini.

4. Rujak Cuka

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Rujak Cuka

photo via : http://kota-resep.blogspot.com

Makanan khas Bandung selanjutnya yang terkenal lezat dan segar adalah rujak cuka. Makanan khas Bandung ini cukup berbeda dengan rujak pada umumnya, karena makanan khas Bandung ini adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu rujak. Bahkan rujak cuka ini disebut sebagai asinannya Bandung. Rujak cuka ini dibuat dari aneka sayuran dan buah dengan bumbu rujak yang asam dengan campuran cuka dan bercita rasa pedas. Warga Bandung biasanya menikmati rujak cuka ini dengan tambahan kerupuk sehingga menambah kenikmatannya.

5. Ulukutek Leunca

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Ulukutek Leunca

photo via : www.instagram.com/chiqoq

Selanjutnya ada Ulukutek Leunca yang tak boleh ketinggalan jika membahas tentang makanan khas Bandung yang menggugah selera. Ulukutek Leunca ini salah satu makanan yang sering tersaji jika kamu berkunjung ke tempat makan sunda. Ulukutek Leunca ini terbuat dari oncom dan buah leunca yang dimasak dengan bahan lain sesuai selera. Ulukutek leunca ini memiliki rasa yang khas dengan rasa yang manism asam, gurih dan tentunya sangat lezat. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. Nasi Tutug Oncom

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Nasi Tutug Oncom

photo via : www.instagram.com/guniezzt

Makanan tradisional khas Bandung selanjutnya adalah Nasi Tutug Oncom. Makanan yang satu ini merupakan sajian yang cukup populer di Kota Bandung, pasalnya makanan khas bandung yang satu ini di buat dengan cara di bakar bersama dengan bumbu oncom yang di campur juga dengan tepung tapioka atau biasa di sebut dengan tepung kerupuk. Biasanya Nasi Tutug Oncom ini di sajikan bersama dengan kerupuk dan juga sambal bahkan bisa ditambah dengan lauk sesuai selera seperti tempe, tahu, hingga ayam goreng. Tidak hanya itu saja, pada penyajian Nasi Tutug Oncom ini biasanya juga di tambahkan sayuran sebagai lalapan.

7. Tutut

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Tutut

photo via : www.instagram.com/sandrasamont18

Tutut juga merupakan salah satu makanan khas Kota Kembang yang banyak dicari karena rasanya yang bikin nagih. tutut ini adalah sejenis keong yang hidupnya di air sawah atau kolam ikan, ukurannya ada yang kecil dan ada pula yang besar. Makanan khas Bandung ini dimasak dengan bumbu yang sangat pedas, dengan banyak daun salam dan sereh agar bau amis dalam tutut itu hilang. Cara memakan tutut ini bisa disedot satu persatu atau dengan menggunakan tusuk gigi.

8. Kupat Tahu

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Kupat Tahu

photo via : www.instagram.com/kulinerwonosari_gk

Selanjutnya ada kupat tahu nih guys! Makanan khas Bandung satu ini merupakan ketupat atau lontong dan tahu, yang diberi toping sayuran yang telah direbus seperti tauge, kol dan lain-lain, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang kental. Kupat Tahu dari dulu hingga saat ini masih menjadi makanan favorit khas Bandung, hal ini terbukti banyak juga orang yang menjual Kupat Tahu ini.

9. Nasi Timbel

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Nasi Timbel

photo via : www.instagram.com/kulinergresik

Berikutnya ada nasi timbel nih guys! Nasi timbel ini merupakan nasi putih yang di bungkus dengan daun pisang yang memiliki cita rasa yang sangat khas dan lezat. Dalam penyajiannya, nasi timbel ini ditambah dengan lauk pauk seperti tempe dan tahu, selain itu ada sambal dan juga lalapan. Buat kamu yang lagi di Bandung, wajib mencoba nasi timbel ini sebagai menu makan siang atau makan malam kamu.

10. Cuanki Serayu

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Cuanki Serayu

photo via : www.instagram.com/misscarolinebong

Dari tampilan makanan khas Bandung satu ini sangat mirip dengan bakso. Hanya saja Cuanki Serayu ini tidak ditambahkan mie kuning atau bihun dalam penyajiannya. Biasanya Cuanki Serayu ini disajikan dengan kuah yang gurih dan sangat panas, jadi kalian harus hati-hati saat memakannya. Masyarakat Bandung biasanya banyak mencari Cuanki Serayu pada saat musim hujan karena dapat menghangatkan tubuh. Meskipun bergitu, banyak orang yang menikmati cuanki ini tanpa kenal cuaca karena rasanya yang enak dan lezat.

11. Cimol

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Cimol

photo via : http://www.resepsedapku.com

Makanan khas Bandung yang selanjutnya adalah sebuah makanan khas yang tidak hanya populer di Bandung saja, akan tetapi dalam beberapa tahun belakangan ini Cimol sudah banyak di temukan di kota-kota lain. Cimol mempunyai arti aci di gemul atau jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia yakni tepung kanji, tentu makanan bernama Cimol ini di buat dengan bahan utama yakni kanji yang di olah menjadi bentuk bulat lalu digoreng. Dalam penyajiannya cimol ada yang menggunakan bumbu kering, ada juga dengan bumbu basah. Cimol ini biasanya dimakan dengan cara ditusuk dengan tusuk bambu yang pendek seperti tusuk gigi.

12. Gepuk

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Gepuk

photo via : www.instagram.com/gagaldiett

Siapa sih yang gak tau gepuk? makanan khas Bandung satu ini memang selalu menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Gepuk merupakan sebuah makanan yang di buat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi yang di kemas dengan rasa sedikit manis dan gurih. Gepuk ini di buat dengan cara mengiris daging sapi dengan serat yang searah, setelah itu daging di rebus dan di pukul hingga di rasa sampai lembut tapi tidak sampai hancur. Daging empuk tadi di campur dengan santan dan bumbu rempah, setelah itu di rebus lagi. Sebelum di sajikan, biasanya Gepuk di goreng dengan sedikit minyak dan menghasilkan rasa yang sangat lezat.

13. Cireng

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Cireng

photo via : www.pegipegi.com

Cireng merupakan makanan yang sudah sangat terkenal dan berasal dari Kota Bandung dan merupakan salah satu makanan khas Bandung yang telah populer sejak tahun 80an. Cireng ini terbuat dari tepung kanji, garam, kedelai, air, tepung terigu, bawang, minyak goreng dan saus sambal. Makanan khas Bandung ini juga mengalami inovasi dari segi bentuk maupun isiannya. Yang yang tervuat dari daging ayam, sapi, sosis, bakso, hingga keju. Cireng ini disantap dengan bumbu pelengkap berupa bumbu kering berbagai rasa maupun dengan bumbu kacang ataupun sambal pedas.

14. Combro

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Combro

photo via : www.instagram.com/almira_hijabbutik

Makanan yang satu ini merupakan jajanan khas bandung yang sangat enak biasanya makanan ini juga di sebut dengan nama gemet. Combro terbuat dari singkong yang di parut, kemudian di bentuk menjadi bulat yang tentu saja di dalamnya di isi dengan sambal oncom yang enak lalu setelah itu digoreng. Cita rasa Combro ini sangatlah gurih dan pedas. Makanan khas Bandung yang satu ini penyajiaannya sangat enak apabila di makan pada saat masih hangat.

15. Es Oyen

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Es Oyen

photo via : www.instagram.com/makanantren

Kalau lagi panas-panas emang paling enak kalau minum es. Nah salah satu es yang terkenal dan menjadi minuman es khas Bandung adalah Es Oyen. Es Oyen merupakan es campur yang sudah ada sejak tahun 1954 dan dijajakan secara berkeliling. Es Oyen ini terdiri dari irisan buah alpukat, nangka, kelapa muda, kolang-kaling, dan nangka yang diberi es serut dan susu kental manis serta pacar cina berwarna merah muda.

16. Es Goyobod

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Es Goyobod

photo via : www.instagram.com/tirta_lie

Minuman dingin khas Bandung yang satu ini memang jarang ditemukan selain di daerah Bandung. Es goyobod sendiri terbuat dari goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe yang direbus lalu dipotong kotak-kotak. Dalam penyajian makanan khas Bandung ini dicampur dengan bermacam macam tambahan seperti sekoteng, alpukat, yang dicampur dalam santan kelapa dan es serut dengan pemanis sirup gula dan susu kental manis serta tambahan roti manis yang menjadikan es ini semakin enak.

17. Es Cincau

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Es Cincau

photo via : brilicious.brilio.net

Walaupun di kotamu sendiri ada banyak penjual es cincau, namun jika berkunjung ke Bandung, kamu wajib mencoba olahan es cincau khas Bandung. Dalam penyajiannya cincau yang sudah dipotong-potong ini kemudian ditambahkan sirup merah, santan cair dan es serut. Rasanya segar dan cocok disantap saat siang hari yang terik.

18. Yogurt Cisangkuy

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Yogurt Cisangkuy

photo via : travelingyuk.com

Saat berkunjung ke Bandung, jangan sampai lupa untuk mencicipi kesegaran minuman khas Bandung satu ini. Yogurt Cisangkuy adalah salah satu minuman legendari khas Bandung yang memiliki cita rasa yang lezat dan sangat menyegarkan. Walaupun berbahan dasar yogurt, namun yogurt pada minuman ini tidak terlalu asam dan tidak terlalu kentak, bahkan cenderung manis dan segar. Di Bandung, kamu bisa menemukan 25 pilihan rasa yogurt cisangkuy, seperti strawberry, anggur, leci, vanila dan mocca.

19. Bajigur

 Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Bajigur

photo via : /www.instagram.com/niniantehbdg

Minuman khas Bandung satu ini merupakan minuman yang sangat populer bukan hanya di Bandung namun minuman ini juga telah mendunia. Untuk membuat minuman bajigur ini diperlukan bahan utama berupa gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan minuman khas Bandung ini dicampurkan sedikti jahe, garam dan bubuk vanili. Biasanya makanan ini disajikan para pedagang di pinggiran kota Bandung, yang dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur ini sangat cocok diminum ketika cuaca dingin dan basah sehabis hujan.

20. Bandrek

Makanan Dan Minuman Khas Bandung - Bandrek

photo via : http://bandungdidie.blogspot.com

Bandrek ini merupakan minumann tradisional orang Sunda dari Jawa Barat. Bahan utama untuk membuat minuman Bandrek ini adalah jahe dan gula merah. Minuman ini dapat menghangatkan tubuh dan banyak orang Indonesia percaya bahwa minuman khas Bandung ini dapat menyembuhkan penyakit ringan yakni sakit tenggorokan. Minuman khas Bandung satu ini biasanya diberi tambahan rempah-rempah seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung dan sebagainya bahkan susu juga bisa ditambahkan, tergantung dari selera penyajiannya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Baca Juga