Featured Video Play Icon

Robot Transformer Dunia Nyata Buatan Jepang

    Teknologi, Trending, Video

Robot mungkin bisa dibilang sebagai sebuah impian anak – anak khususnya anak laki – laki. Dan impian kecil itupun selalu ada dan tumbuh hingga orang tersebut dewasa. Sudah banyak orang yang tahu jika negara Jepang adalah salah satu negara yang maju dalam hal robotika.

Nah baru – baru ini impian kita tentang robot – robot khsususnya robot seperti tranformer ini sepertinya akan segera terwujud. Tiga perusahaan di Jepang yakni Asratec (anak perusahaan SoftBank Group), Sansei Technologies, dan Brave Robotics bekerja sama untuk membuat sebuah robot yang mampu berubah bentuk layaknya transformer.

Keseriusn ketiga perusahaan ini untuk membuat impian tersebut berlanjut hingga akhirnya mereka membuat sebuah perusahaan gabungan yang bernama JDite Ride LLP. Dan perusahaan JDite Ride LLP ini telah berhasil menapakkan kakinya dalam impian tersebut dengan mencipatakan sebuah robot yang bisa bertransformasi alias berubah bentuk dari mobil ke robot dan begitu juga sebaliknya. Robot yang seperti transformer pertama karya perusahaan ini diberi nama J-deite Ride.

photo via : beritagar.id

Berdasarkan The Japan Times, perusahaan yang berbasis di Tokyo ini mengatakan bahwa purwarupa proyek yang telah dimulai sejak 2014 ini akhirnya selesai dibangun. J-deite Ride sendiri memmiliki warna dominan biru dengan sedikit sentuhan warna kuning, hijau dan merah didalamnya. Untuk ukurannya sendiri, robot ini memiliki tinggi 3,7 meter. Dengan beratnya yang hampir 1,6 ton, robot ini mampu berjalan dengan kedua kakinya dengan kecepatan 100 meter per jam. Namun jika menggunakan roda, J-deite Ride mampu mencapai kecepatan 30km/jam.

Layaknya robot – robot dalam film – film anime ataupun kartun, J-deite Ride dapat dijalankan melalui bagian kemudinya ataupun dengan menggunakan remote dari jarak jauh yang mengusung teknologi nirkabel. Karena J-deite Ride adalah robot transformer yang dapat berubah bentuk, dalam kondisi menjadi mobil, J-deite Ride memiliki ukuran sepanjang 4 meter, lebar 1,9 meter dan tinggi 1.4 meter serta dapat dimasuki oleh dua orang penumpang.

photo via : beritagar.id

Bukan hanya saat berubah menjadi robot saja, saat masih dalam bentuk mobil pun, dengan mesin listrik yang digunakannya, saat masih berbentuk mobil bisa bergerak hingga kecepatan 60 km/jam. Proses untuk bertransformasi dari mobil menjadi robot dan begitu juga sebaliknya ini pun berjalan cukup singkat. Hanya butuh waktu kurang lebih 1 mneit saja buat J-deite Ride untuk berubah dari bentuk mobil menjadi bentuk robot.

Meskipun dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh J-deite Ride ini, pihak pembuatnya mengakui robot ini masih belum pernah dicoba diluar gudang kargo tempat ia diciptakan.

photo via : www.viva.co.id

Untuk desain dari mobil robot ini didesain oleh Kunio Okawara yang merupakan ahli rancang mekanik dalam dunia anime. Okawara sendiri adalah salah satu orang yang merancang bentuk robot dari salah satu anime populer yang tentunya pasti telah kita kenal, yakni Mobile Suite Gundam.

Brave Robotics mengembangkan perangkat keras yang digunakan oleh robot tersebut, termasuk mekanisme perubahan bentuk. Sementara pergerakan robot dikontrol oleh sistem “V-Sido” yang dikembangkan Asuratec. Meskipun begitu untuk besaran biaya yang dikeluarkan untuk membuat robot mobil yang satu ini tidak diungkapkan.

photo via : www.viva.co.id

Dengan berhasil dibentuknya J-deite Ride, para pelopor berharap jika robot ini menjadi sebuah jembatan bagi orang – orang dunia bahwa impian itu bisa diwujudkan, termasuk impian saat kita kecil dimana impian tersebut biasanya terlihat amatlah mustahil.

J-deite Ride akan diperkenalkan kepada publik dalam acara “Golden Week Doki Doki Festa – Working Car Daigaseto”, yang berlangsung di Twin Ring Motegi, Tochigi, pada 28 April hingga 6 May 2018. Selain dalam ajang tersebut, J-deite Ride juga akan dipajang dalam festival di Jepang pada 5 Mei dan juga IAAPA Attractions Expo 2018, yang berlangsung di Florida, Amerika Serikat, pada 12-16 November.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >