Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia

2 bulan lalu

Burung Paling Kuat Dan Tangguh di Dunia

Guys, selama ini kamu sudah pernah melihat burung apa saja? Mungkin sebagian besar yang kita lihat adalah burung-burung yang di tangkar di kebun binatang ataupun yang dipelihara dirumah untuk didengar suaranya yang merdu. Seperti burung merpati yang anggun, burung kakak tua yang pintar menirukan suara manusia, ada juga lovebird yang berwarna cerah dan masih banyak lagi jenis burung yang umum ditemukan di Indonesia yang tentunya sudah sering kita lihat.

Tapi guys, kemampuan burung ternyata tidak hanya sebatas terbang dan berkicau indah lho. Belum banyak yang tau kalau ternyata burung juga memiliki ketangguhan dan kekuatan yang tak biasa. Yah, mungkin sebagian besar dari kalian berpikir kalau burung itu adalah elang, namun selain elang, ternyata masih banyak lho jenis burung yang kuat dan tangguh yang ada didunia ini.

Bahkan ada burung yang mampu terbang selama 10 bulan nonstop tanpa pernah hinggap didahan pohon sekalipun lho. Bukan hanya itu, bahkan ada juga burung yang mampu membunuh manusia lho saking kuat dan ganasnya. Penasaran dengan burung-burung terkuat dan tangguh tersebut? Biar gak penasaran berikut Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia. Check this out guys!

1. Burung Kapinis (Apus-apus) – Mampu terbang selama 10 bulan nonstop

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Burung Kapinis

photo via : http://www.sci-news.com

Burung pertama yang diklaim sebagai burung paling kuat dan paling tangguh didunia adalah burung kapinis. Kapinis merupakan spesies burung dari keluarga Apodidae, dari genus Apus. Spesies ini mampu terbang 10 bulan tanpa sekali pun mendarat. Dikutip dari Kompas.com, Penelitian Andres Hedenstrom dari Lund University yang dipublikasikan di jurnal Current Biology menjadi bukti ketangguhan burung Kapinis tersebut.

Melalui sebuah perangkat yang hanya memiliki berat 1 gram yang diletakkkan di punggung burung Kapinis, didapatkan fakta bahwa dalam setahun burung kapinis mampu terbang hingga 10 bulan nonstop alias selalu mengudara selama 10 bulan dan hanya berada penuh di daratan selama 2 bulan. Tentunya kemampuan kapinis tersebut merupakan sebuah rekor baru yang mampu mengalahkan kapini jenis lain yakni Tachymarptis melba, yang bisa terbang selma 6 bulan tanpa henti.

2. Vultur Ruppel (Gyps rueppelli) – Burung yang mampu terbang paling tinggi dengan kadar oksigen yang tipis

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Vultur Ruppel

photo via : flickr.com/photos/merintia

Burung dengan kekuatan luar biasa dan dianggap tangguh berikutnya adalah burung bangkai rupell’s atau Vultur Ruppel (Gyps rueppelli). Burung ini mampu terbang di ketinggian 11.200 m di atas laut, dan memegang rekor sebagai burung yang mampu terbang tertinggi didunia. FYI, dengan ketinggian 11.200 m tersebut otomatis kadar oksigen menjadi menipis, namun burung satu ini mampu bertahan dan dapat terbang selama berjam-jam diudara. Hal itu karena burung ini memiliki hemoglobin spesial dalam darahnya yaitu hemoglobin alphaD, yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan oksigen secara efisien meskipun mereka tengah terbang dalam tekanan tinggi di lapisan troposphere bumi.

Burung dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 85 hingga 103 cm dengan rentang sayap sekitar 2,26 – 2,6 m, serta berat badan mencapai 6,4 hingga 9 kg. Burung jantan dan betina memiliki penampilan yang serupa yaitu memiliki tutul-tutul cokelat atau hitam di seluruh bulunya dengan bagian perut berwarna cokelat pucat. Sedangkan bagian kepala dan leher berwarna putih kotor. Mereka memiliki penglihatan yang sangat tajam untuk menemukan bangkai hewan besar atau seekor hewan pemangsa yang tengah beraksi.

3. Crowned eagle (Stephanoaetus coronatus) – Mampu membunuh sapi, monyet dengan terkaman cakarnya yang kuat

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Crowned eagle

photo via : instagram.com/eaglefalconer

Burung Elang Crowned ini adalah burung nasional negara Afrika Selatan. Elang mahkota hanya ditemukan di benua Afrika. African Crowned Eagle adalah salah satu elang terbesar di dunia. Mereka juga merupakan salah satu jenis elang paling kuat di dunia. Elang jenis ini dapat mencapai panjang hingga 90 centimeter dengan total panjang sayap 2 m. Ketangguhan elang ini tidak dapat diragukan lagi karena elang ini sanggup memburu hewan yang jauh lebih berat darinya yakni 35 kg. Elang ini adalah mesin pembunuh yang sempurna di langit. Senjata utama elang ini adalah cakarnya yang panjang dan tajam. Cakarnya tersebut bahkan sanggup menghancurkan tulang tengkorak monyet.

4. Harpy Eagle (Harpia harpyja) – Mampu mematahkan lengan manusia

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Harpy Eagle

photo via : www.reddit.com

Harpy Eagles adalah elang paling kuat di dunia dengan berat 9 kg dengan lebar sayap 2 meter. Panjang sayapnya jauh lebih pendek daripada burung besar lainnya karena mereka perlu bermanuver di habitat yang berhutan lebat. Burung ini terbang dengan kecepatan hingga 50mph (70kmh) dimana akan menyebabkan kerusakan serius ketika menabrak mangsanya.

Raptor ini memiliki cakar yang sangat panjang dan cengkeraman kuat yang ia gunakan sebagai alat pembunuh utamanya. Dengan cakar seperti pengait daging berukuran panjang 13 cm dan cengkeraman yang cukup kuat untuk menghancurkan tulang, ini secara efektif dapat langsung membunuh mangsa yang malang. Bahkan cengkraman elang ini mampu mematahkan lengan manusia dewasa. Elang Harpy kebanyakan memangsa sloth, monyet dan burung besar.

5. Australian magpie (Cracticus tibicen) – Burung yang tangguh mempertahankan kekuasaannya hingga membunuh manusia

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Australian magpie

photo via : http://www.magpieaholic.com

Magpie adalah burung asli Australia dan dianggap sebagai burung paling berbahaya. Burung dengan nama ilmiah Cracticus tibicen ini menjadi sangat agresif menjelang musim semi dari bulan September hingga pertengahan November. Burung bersuara khas ini pada dasarnya baik dan tidak mengganggu. Selama tidak musim semi atau biasa disebut musim berkembang biak. Magpie selalu menganggap apapun yang bergerak adalah ancaman baginya, karena dianggap mau mencuri pasangannya.

Biasanya burung berwarna hitam dengan garis putih ini hobi menyerang apapun yang bergerak. Burung ini kerap menyerang para pesepeda di Australia, dan dianggap sangat menyukai aroma daging. Tak cuma para pesepeda, beberapa laporan berita mengatakan bahwa Magpie juga pernah membunuh anak-anak kecil dan hewan peliharaan. Bukan hanya itu, bahkan dari dulu sudah ada banyak kasus yang diakibatkan oleh burng satu ini. Antara tahun 1986 dan 1994 hampir 60 orang harus mendapat pengobatan di rumah sakit karena mendapat serangan dari murai Australia.

Serangan paling serius telah menyebabkan sejumlah orang berpotensi buta karena burung-burung itu terkadang mencari mata. Dan ada kematian juga, pada tahun 1946, seorang bocah lelaki berusia 13 tahun meninggal karena tetanus setelah patukan dari burung Magpie dan seorang lelaki Queensland kabarnya dibunuh setelah patukan dari paruh burung Magpie di lehernya memutus sumsum tulang belakangnya.

6. Hooded Pitohui (Pitohui dichrous) – Burung yang memiliki racun mematikan yang mampu membunuh manusia

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Hooded Pitohui

photo via : http://www.oiseaux.net

Burung Hooded Pitohui adalah jenis burung yang merupakan endemik asli Papua nugini. Jenis ini mungkin termasuk satu-satunya burung eksotis yang bisa menjaga atau melindungi dirinya dari hewan pemangsa lainnya. Sebab untuk jenis burung ini masuk dalam kategori salah satu burung yang beracun di dunia. Mereka memiliki pertahanan dari pemangsa yaitu dari Bulu dan juga pada bagian kulitnya, yang mana terdapat kandungan alkaloid neurotoksik kuat dari jenis batrachotoxin (yang juga dijumpai pada katak panah beracun Kolombia maupun genus Phyllobates).

Burung Pitohui tidak bisa memproduksi racun sendiri seperti halnya hewan seperti ular, katak, atau hewan beracun yang lainnya. Faktor yang menyebabkan burung Pitohui menjadi burung yang beracun adalah dari makanan nya. Sebab untuk makanan utama burung Pitohui adalah kumbang Choeresine yang memiliki racun.

Racun yang dimiliki oleh burung ini sangat mematikan. Apabila burung ini dipegang tangan kita akan merasakan racunnya. Racun tersebut akan mengakibatkan kulit menjadi terasa gatal-gatal dan rasa panasnya. Bahkan apabila racun Pitohui yang terkena tangan dalam jumlah besar dapat mengakibatkan lumpuh bahkan terkena serangan jantung. Tentunya dengan racun yang mematikan ini, burung Pitohui layak kita masukan sebagai salah satu burung paling tangguh didunia karena dapat mempertahankan diri dengan serangan racunnya tersebut.

7. Burung unta/Ostrich (Struthio camelus) – Pelari yang hebat dan memiliki tendangan yang kuat

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Ostrich

photo via : www.thatsfarming.com

Ostrich atau dikenal dengan burung unta ini adalah spesies burung hidup terbesar di dunia. Burung ini memiliki tinggi hampir mencapai 2,7 meter dan berat sekitar 160 kilogram. Mereka memiliki sepasang kaki yang amat kuat dan mampu berlari dengan kecepatan hingga 45 mph (70 + kph). Kaki inilah yang merupakan senjata utama burung unta dan mereka memiliki kekuatan menendang yang luar biasa.

Burung ini dianggap sebagai predator yang sangat kuat untuk membunuh, bahkan sampai singa sekalipun. Saat menyerang seseorang, burung unta menendang dengan kaki mereka yang kuat, dipersenjatai dengan cakar panjang, dan sanggup menghempaskan bahkan membunuh seseorang dengan satu tendangan saja. Dikutip dari Planet Deadly, saat ini, tercatat ada sekitar 2 atau 3 orang orang terluka serius atau terbunuh tiap tahunnya karena serangan burung unta.

8. Kasuari/Cassowary – Mampu memutuskan lengan manusia

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Cassowary

photo via : clickorlando.com

Selain burung unta, kasuari juga disebut sebagai burung paling kuat dan tangguh didunia. Dibalik penampilannya yang cantik dan indah, ternyata kasuari juga menyimpan sisi yang menakutkan juga lho guys! Burung-burung ini cukup mematikan untuk membunuh manusia dan hewan peliharaan melalui tendangan agresifnya. Bukan hanya itu saja, yang membuat kasuari begitu berbahaya adalah kuku kuat dan tajam yang panjangnya seperti belati 5 inci (12cm) yang bisa memutus lengan atau menghancurkan perut dengan mudah. Kasuari juga mampu berlari dengan kecepatan lebih dari 30mph (40km/h). Bahkan Guinness Book of World Records mencantumkan kasuari sebagai burung paling berbahaya di dunia.

9. Emu (Dromaius novaehollandiae) – Mampu berlari dengan kecepatan 50km/jam dan melompat setinggi lebih dari 2m

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Emu

photo via : allthatsinteresting.com

Burung Emu merupakan burung asli Autralia yang berukuran sangat besar, berwarna coklat lusuh, berbulu halus, dan tidak bisa terbang. Bahkan, ukurannya bisa mencapai hampir dua meter dengan berat sekitar 45 kilogram dan menjadikan emu sebagai burung terbesar di Australia. Meskipun menjadi burung terbesar di Australia, burung emu adalah burung terbesar kedua di dunia. Karena ukurannya yang besar, burung emu tentu tidak bisa bisa terbang seperti burung lainnya, meskipun tidak bisa terbang, burung emu adalah hewan yang sulit untuk ditangkap karena mereka mampur berlari sangat cepat. Bahkan kecepatan larinya bisa mencapai 50 kilometer per jam. Tidak hanya berlari dengan kencang, burung emu juga bisa berenang dan melompat setinggi lebih dari 2m. Kemampuan ini akan digunakan emu jika mereka merasa terancam dengan pemburu atau hewan pemangsa lainnya.

10. Herring Gull (Larus Argentatus) mampu terbang dengan kecepatan 60 km/jam

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Herring Gull

photo via : http://www.nejohnston.org

Herring Gull adalah burung camar yang berukuran besar yang ditemukan di seluruh Eropa Barat. Burung camar ini terkenal karena suka mencuri makanan dan menyerang manusia. Mereka memiliki lebar sayap 125-155 cm. Dengan ukuran segitu, manusia yang terkena serangan burung ini tentunya akan terkena cedera yang cukup serius. Apalagi burung ini dipersenjatai dengan paruh tajam dan bergerak dengan kecepatan hingga 40 mph (60 km/jam). Burung European herring gull adalah hewan yang oportunis dan berbahaya. Mereka sering kali mengancam manusia karena sarangnya berdekatan dengan pemukiman manusia.

11. Great Northern Loon (Gavia immer) – Memiliki paruh yang kuat dan tajam yang mampu membunuh manusia

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Great Northern Loon

photo via : wall.alphacoders.com

Great Northern Loon memiliki nama lain yakni Common loon atau Great Northern Diver. Great Northern Loon adalah burung berukuran besar yang handal menyelam. Ada banyak jenis dari Great Northern Loon seperti Arctic Loon, Pacific Loon, Red-necked grebe, Red-throated loon, dan Yellow-billed loon. Great Norhern Loon bisa bertumbuh hingga seberat 8 kg. Paruhnya yang runcing dan tajam adalah senjata utama mereka saat berburu. Selain itu paruh burung ini juga sering digunakan untuk melawan dan membela diri. Burung satu ini dianggap berbahaya karena Great Northern Loon pernah membunuh seorang manusia. Hal ini membuat ahli ornithologist memasukkannya ke dalam kategori burung predator.

12. Lammergeyer/Bearded Vulture (Gypaetus barbatus) – Mampu terbang di ketinggian 7300 m di atas permukaan laut

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Lammergeyer

photo via : en.wikipedia.org

Bearded Vulture atau yang dikenal juga dengan nama Lammergeyer ini merupakan seekor predator tangguh di angkasa. Bahkan sejumlah orang menganggap elang ini layaknya raptor bersayap. Berat burung ini bisa mencapai 8 kg dengan bentang sayap lebih dari 3 meter.

Banyak ditemukan di wilayah Eropa, Asia, dan Afrika, burung elang ini termasuk burung pemakan bangkai. Dalam beberapa kasus pernah juga terlihat elang ini menyerang hewan lain dan menjatuhkannya dari tebing yang tinggi untuk mematahkan tulang mangsanya.

Burung ini dikenali dengan janggutnya yang menjuntai di bawah paruhnya. Tubuh mereka dapat mencapai tinggi hingga 1 meter dengan berat hingga 7 kg. Mereka juga memiliki lebar sayap 2,5-2,7 meter. Sayap yang besar dan kuat membuat mereka mampu melayang tinggi di atas daerah pegunungan. Mereka mampu terbang di ketinggian 7300 m di atas permukaan laut.

13. Condor Andes/Andean Condor (Vultur gryphus) – Mampu bertahan hidup selama 75 tahun

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Andean Condor

photo via : ebird.org

Burung Andean Condor ini merupakan yang terbesar di antara condor lainnya, dan tetap memiliki wajah yang tangguh sekaligus menyeramkan. Andean Condor tidak memiliki bulu yang tumbuh di atas kepalanya, namun untuk jantan mereka memiliki mahkota (jengger). Selain itu sesuai dengan ukurannya yang besar, burung condor juga termasuk burung pemangsa, sehingga mereka punya paruh yang sangat tajam tajam yang mereka pakai untuk mencincang bangkai sebagai sumber makanan mereka seperti lama, banteng, rusa dan sebagainya.

Burung Kondor Andes ini merupakan jenis burung yang punya umur yang sangat panjang dan tingkat reproduksinya rendah . Burung ini di jumpia di pegunungan Andes dan juga di kawasan pantai Pasifik sebelah barat Amerika Selatan. Hewan ini punya umur yang panjang, mereka dapat bertahan hidup lebih dari 75 tahun dalam penangkaran. Akan tetapi tingkat reproduksi mereka begitu lambat.

14. Lappet Faced Vulture (Torgos tracheliotos) – Burung yang tangguh dalam mempertahankan mangsanya dari gangguan hewan lain

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Lappet Faced Vulture

photo via : www.hbw.com

Lappet Faced Vulture adalah jenis burung pemakan bangkai yang terkenal dengan ukurang tubuh mereka yang besar. Burung vulture satu ini memiliki sayap yang dapat mencapai 3 meter panjangnya dan memiliki berat sekitar 14 kg yang menjadikan burung ini sebagai predator yang berbahaya di udara. Burung jenis ini akan banyak kalian temukan di Savannah Afrikadan Arab, burung ini juga dikenal orang suka memburu rusa, antelop, dan flamingo, bahkan juga suka untuk mencuri telur dan anak burung dari sarang burung. Bisa dibilang bahwa burung ini termasuk burung yang sangat agresif. Lappet Faced Vulture tidak akan segan menyerang siapapun baik manusia maupun hewan lain yang mengganggu sarangnya ataupun ingin mendekati mangsanya.

15. Chough Alpen (Pyrrhocorax graculus) – Mampu terbang di ketinggian 8000 m dan hidup disarang dengan ketinggian 6500 m

Daftar Burung Paling Kuat Dan Tangguh Di Dunia - Chough Alpen

photo via : flickr.com/photos/visbeek

Burung ini adalah burung berukuran sedang yang hidup di pegunungan tinggi di Eropa Selatan dan Asia Tengah. Mereka juga dikenal sebagai burung chough berparuh kuning, dinamai sesuai dengan paruh kuning cerah mereka. Chough Alpen adalah burung yang memiliki sarang tertinggi di dunia, di mana dia membangun sarang di ketinggian 6500 m di atas permukaan laut. Burung ini mampu terbang di ketinggian 8000 m.

Nah itulah beberapa daftar burung paling kuat dan tangguh di dunia dalam bertahan hidup. Menurut kalian bagaimana guys? Diantara 15 daftar burung diatas, yang mana yang paling kuat dan paling tangguh?

Baca Juga