Daftar Film Keluarga Yang Sangat Menginspirasi Dan Penuh Pelajaran Hidup

8 bulan lalu, by blogunik

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi

Gak ada yang lebih seru dari berkumpul bersama keluarga dan melakukan berbagai hal yang menyenangkan seperti menonton acara televisi ataupun menonton film. Namun tak semua film bisa ditonton oleh anggota keluarga terutama buat adik-adik ataupun anak-anak kalian yang masih kecil. Pasalnya film-film sekarang ini lebih cenderung menonjolkan romantisme, horor ataupun kekerasa yang belum layak untuk anak dibawah umur menontonnya. Walaupun tak sebanyak film romantis dan film horor, tapi film bergenre family tetap eksis menghibur dan memberikan pengaruh positif bagi anak-anak tentunya dengan bimbingan orang tua mereka.

Tapi guys, gak semua film keluarga lho mengandung pelajaran hidup didalamnya. Pasalnya ada film keluarga yang sifatnya hanya menghibur tanpa memberikan pelajaran yang bermakna dan ada juga film keluarga yang didalamnya mengandung unsur-unsur budi pekerti yang penuh dengan pelajaran hidup yang tentunya baik untuk ditonton oleh anak-anak. Dan juga sangat meninginspirasi mereka yang telah menonton, bukan hanya anak-anak namun orang dewasa juga. Nah berikut beberapa Daftar Film Indonesia dan juga Hollywood bertema keluarga yang sangat menginspirasi dan penuh pelajaran hidup yang rekomended buat kalian tonton tentunya bersama keluarga kalian. Check it out guys!

Daftar Film Indonesia Bertema Keluarga Yang Sangat Menginspirasi Dan Penuh Pelajaran Hidup

1. Keluarga Cemara

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Keluarga Cemara

photo via : bookmyshow.com

Film Keluarga Cemara yang didaur ulang dari sinetron tahun 90an ini telah tayang Januari kemarin. Kalau kamu nonton film ini pasti banyak pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari kisahnya yang sederhana dan penuh kasih sayang. Film yang dibintangi oleh Agus Ringgo, Nirina Zubir, Zara JKT48 dan Widuri Puteri ini mengajarkan kita berbagai hal, mulai dari menghargai kerja keras seorang ayah untuk membahagiakan keluarga dan pentingnya bersikap ikhlas karena keiklhasan hati akan membuat kamu semangat menjalani hidup. Film Keluarga Cemara ini juga mengajarkan kita kalau kebahagiaan itu bukan terletak pada seberapa banyak harta yang kamu miliki, melainkan seberapa dekatnya kamu dan keluarga, selain itu sesulit apapun masalah yang kita hadapi, semua akan terlewati bersama keluarga.

2. Laskar Pelangi

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Laskar Pelangi

photo via : montasefilm.com

Tentunya kalian masih ingat dengan jelas bagaimana populernya film Laskar Pelangi ini saat baru dirilis beberapa tahun yang lalu. Film ini bercerita tentang sepuluh anak miskin di Belitong, sebuah perkampungan di provinsi Bangka-Belitung, dalam menggapai cita-citanya melalui pendidikan. Meskipun mereka sekolah di kampong dengan fasilitas terbatas, tetapi semangat untuk belajar dan prestasi akademik para anak Laskar Pelangi ini sangat mengagumkan. Film ini menunjukkan bagaimana perjuangan tanpa henti dengan semangat tinggi untuk maju yang ditunjukkan oleh anak-anak kampung. Salah satunya adalah sang tokoh utama yakni Lintang. Lintang harus berjuang mengayuh sepeda sejauh 80 kilometre pulang pergi tiap hari untuk berangkat ke sekolah. Meskipun jauh, dia sabar menjalaninya dan bahkan berhasil menjadi seorang murid yang unggul dan berprestasi.

Lewat film ini, kita juga dapat melihat bagaimana kesetiaan, pengabdian dan integritas seorang guru terhadap profesinya. Hal ini bisa dilihat dari pengorbanan Ibu Muslimah yang dengan gigih mendidik para Laskar Pelangi untuk menjadi murid yang pintar dan berhasil meskipun berada dalam segala keterbatasan seperti bangunan sekolah yang sederhana dan gaji yang kecil. Peran yang ditunjukkan Ibu Muslimah ini bisa menginspirasi para guru lainnya untuk berjuang mendidik dan mempersiapkan para calon penerus bangsa yang lebih unggul.

Film ini juga mengajarkan kita untuk saling menghargai sesama warga Indonesia yang multikultural. Pertemanan akrab diantara para Laskar Pelangi tanpa memandang etnis dan agama ditunjukkan dalam film ini. Selain itu, Film Laskar Pelangi juga menunjukkan kepada kita kalau kemiskinan dan keterbatasan bukanlah halangan untuk dapat maju dan meraih impian dan cita-cita.

3. Garuda Di Dadaku

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Garuda di Dadaku

photo via : www.imdb.com

Garuda di Dadaku merupakan sebuah cerita tentang seorang anak yang mempunyai bakat dalam bermain bola serta bermimpi menjadi pemain sepakbola nasional untuk mengharumkan nama bangsa. Namun sayang Bayu menghadapi berbagai rintangan, khususnya dari kakeknya yang mengharapkan Bayu melupakan cita-cita menjadi pemain sepakbola karena sebuah alasan. Namun Bayu tak pernah patah semangat dan terus berlatih dengan giat dan tekun. Hingga akhirnya berkat usahanya yang gigih dan dukungan dari sang sahabat, ia berhasil terpilih menjadi anggota Tim Nasional U-13 yang nantinya akan mewakili Indonesia berlaga di arena internasional. Film ini menunjukkan bahwa sesuatu yang dikerjakan setiap hari akan memberikan hasil positif. Berkerja keras demi mencapai impian adalah pelajaran hidup yang paling berharga. Selain itu film ini juga dapat membangkitkan rasa cinta dan nasionalisme bangsa terhadap Indonesia.

4. Jembatan Pensil

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Jembatan Pensil

photo via : YouTube ( Jembatan Pensil Official Account)

Film Jembatan Pensil ini menceritakan tentang sebuah persahabatan anak sekolah yang memiliki bermacam-macam keterbatasan dan latar belakang kehidupan. Film Jembatan Pensil ini berlokasi Setting di perkampungan Muna, Sulawesi Tenggara, dimana anak-anak sekolah dasar yang berusaha untuk bersekolah disebuah persekolahan Gratis yang didirikan oleh Pak Guru Mereka. Film ini menceritakan persahabatan Ondeng dengan Inal, Aska, Ria dan Yanti,yang diantara mereka memiliki keterbelakangan dari segi mental dan fisik (tuna netra) yaitu Ondeng dan Askal. Namun dibalik kekurangan yang mereka miliki itu, tidak menjadikan mereka malas untuk belajar di sekolah, tetapi menjadikan mereka selalu bersemangat setiap harinya untuk menuntut ilmu, Ondeng sendiri memiliki kelebihan dalam hal menggambar. Di sisi lain, film ini sarat dengan gambaran kekurangan. Film ini memotret kurangnya sarana dan prasarana pendidikan di tempat yang jauh dari kota besar.

Perjalanan kesekolah Ondeng dan teman-temannya menempuh perjalanan yang sangat jauh.perjalanan ke sekolah yang ditempuh oleh anak-anak sangat sulit, harus melewati sungai, gunung dan pesisir pantai. Belum lagi kondisi perekonomian masing-masing anak yang berbeda-beda. Membuat sekolah adalah hal yang tidak mudah bagi mereka. Ketika akhirnya jembatan yang selalu dilintasi oleh mereka rubuh pada saat teman-teman Ondeng menyebrang. Namun hal tersebut tidak membuat semangat mereka pupus. Gading membantu mereka untuk menyebranginya dengan mengendong mereka satu persatu. Sementara Ondeng terus menvisualisasikan cita-cita untuk membangun jembatan buat teman-temannya. Ondeng selalu menabungkan uang jajannya demi merealisaikan cita-citanya tersebut walaupun memiliki memiliki keterbelakangan.

Hal ini membuat kita sadar bahwa pendidikan adalah hal yang penting untuk semua orang. Film ini mengajarkan kita tentang semangat dalam menumpuh pendidikan. Semua orang mempunyai impian dan cita-cita, tidak terkecuali orang yang mempunyai keterbelakangan mental, bisu, buta, tuli dan lain-lain. Film Jembatan Pensil ini mengajarkan kepada kita untuk menghargai cita-cita dan impian semua orang, tidak peduli dengan perbedaan kulit, ras, agama, strata apapun itu.

5. Sabtu Bersama Bapak

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Sabtu Bersama Bapak

photo via :http://www.sukita.info

Film Sabtu Bersama Bapak sendiri bercerita tentang sosok ayah bernama Gunawan Garnida yang mengetahui kalau umurnya tidak lama. Gunawan tahu dia tidak akan dapat melihat kedua anaknya, Satya dan Cakra, tumbuh dewasa. Gunawan yang berpikir kematian enggak boleh membatasi kasih sayangnya kepada keluarganya. Makanya, dia selalu merekam berisikan pesan-pesan untuk kedua anaknya yang selalu diputar hari Sabtu. Banyak pesan keluarga yang menyentuh. Film ini tidak hanya mengajarkan menjadi orangtua idaman, tapi juga mendidik anak-anak berperilaku baik. Pesan moral untuk bekal di masa depan untuk menciptakan keluarga harmonis. Dan hikmah yang penting juga dalam film ini adalah, ketika menjadi anak , jangan menyusahkan orang tua dan ketika menjadi orang tua, jangan menyusahkan anak. Tugas orang tua adalah mendidik anak karena Tuhan. Tugas anak adalah berbakti kepada orang tua karena Tuhan.

6. 9 Summers 10 Autumns

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - 9 Summers 10 Autumns

photo via : www.21cineplex.com

Film yang diadaptasi dari novel ini menceritakan kisah nyata seorang anak supir angkot yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. Namun walaupun hidup dalam keterbatasan, dia mampu menembus batas mimpi dan berhasil menjadi direktur di perusahaan multi multinasional. Film ini menggambarkan bagaimana kehidupan keluarga Indonesia. Dihiasi dengan bagaimana kerasnya didikan sang Ayah pada putranya serta bagaimana peran seorang ibu dengan rendah hati dan penuh kasih sayang dalam memotivasi anaknya untuk lebih baik. Film ini mengajarkan kita bahwa sekeras apapun orang tua, mereka punya rasa sayang yang sangat dalam untuk kebaikan putra-putrinya.

7. Bunda: Cinta Dua Kodi

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Bunda Cinta Dua Kodi

photo via : makassar.terkini.id

Nah, siapa nih yang suka teriak-teriak ke emaknya dirumah? Guys, hormatilah ibu kamu karena surga ada ditelapak kakinya. Mungkin film tentang ibu satu ini bisa menyedarkan kalian. Film Bunda: Cinta Dua Kodi ini wajib kalian tonton karena sarat akan pelajaran hidup. Film ini menceritakan seorang istri dan ibu yang bernama Tika yang berjuang keras menyelamatkan kehidupan keluarga dan rumah tangganya. Demi sebuah harapan, impian, dan cintanya kepada suami dan anak-anaknya. Film ini penuh nuansa kekeluargaan. Film ini menunjukkan gambaran sebuah keluarga yang tiap anggotanya saling mempertahankan keharmonisan dengan caranya masing-masing. Melalui perjuangan tersebut, kamu akan disadarkan mengenai pentingnya sebuah keluarga.

8. Tampan Tailor

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Tampan Tailor

photo via : imankurniadi.wordpress.com

Dibintangi oleh aktor tampan Vino G. Bastian, Tampan Tailor masuk dalam daftar film Indonesia yang menginspirasi tentang pentingnya keluarga. Diceritakan Topan (Vino Bastian) harus berjuang menghidupi diri dan anaknya, Bintang (Jefan Nathanio) setelah sang istri berpulang karena kanker. Mereka pun melewati banyak tantangan untuk bisa bertahan hidup. Topan pun bekerja mulai dari jadi calo kereta hingga stuntman film action. Film ini benar-benar menyadarkan kita kalau orang tua akan melakukan segalanya hanya untuk membuat anak-anaknya bahagia. Pelajaran hidup yang bisa kita petik dari film tersebut adalah bahwa kita harus terus bekerja keras dalam hidup ini, karena semua kerja keras itu tidak ada yang sia-sia, jalani dan terus berusaha sampai pada akhirnya hasilnya yang menemui kita, lalu yang kedua adalah kejujuran adalah hal terbaik yang harus kita lakukan saat bekerja, hal ini yang coba diinspirasi dalam film ini, kejujuran dan kerja keras Topan membawa nasib baik kepada kehidupan Topan dan anaknya.

9. Tanah Air Beta

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Tanah Air Beta

photo via : www.goodreads.com

Film Tanah Air Beta berkisah tentang seorang Tatiana, seorang Ibu yg memiliki 2 orang anak, Mauro dan Merry. Pasca Referendum tahun 1999, ia terpisah dengan Mauro. Tatiana dan Merry hidup di sebuah camp pengungsian di perbatasan NKRI, sementara Mauro tinggal di Timor Leste. Bertahun-tahun Merry merindukan Mauro walau ibunya, Tatiana selalu menemaninya dengan setia terlebih bekerja keras sebagai guru di kamp darurat demi menghidupi mereka berdua. Beruntung Merry masih dapat mengenyam pendidikan dan berteman dengan Carlo yang sebatang kara. Carlo diam-diam menaruh perhatian pada Merry tetapi keduanya seringkali bertengkar. Hingga pada suatu saat, Merry nekad pergi ke perbatasan dengan bekal seadanya untuk menemui Mauro yang kabarnya ada disana. Film ini menyadarkan kita untuk tidak melupakan saudara kita yang ada di sana. Bagaimana pun, mereka pernah menjadi bagian dari bangsa ini. Dan mereka, pun tetap mengenang kita sebagai sebuah bagian dari kisah mereka.

10. Ku Lari ke Pantai

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Ku Lari ke Pantai

photo via : id.bookmyshow.com

Film ini mengisahkan dua anak perempuan bernama Sam (Maisha Kanna) dan Happy (Lil’li Latisha). Meskipun masih anak-anak namun terdapat dua perbedaan karakter yang begitu dalam antara kedua anak ini. Pada satu waktu, Sam akan melakukan perjalanan bersama ibunya Uci (Marsha Timothy). Uniknya sebelum melakukan perjalanan Sam dan Happy berseteru. Tidak ingin anak-anak yang masih kecil berseteru, Ibu dari Happy, meminta anaknya untuk ikut perjalanan bersama Sam dan Uci. Bersama mereka melakukan perjalanan darat melewati berbagai macam tempat di Pulau Jawa. Dua bocah bintang utamanya seolah menjadi cermin kehidupan masa kini. Sosok mungil mereka mengajak penonton belajar memahami dan menerima satu sama lain. Saling peduli dan menghargai pun menjadi pelajaran hidup yang bisa kita petik dari film ini.

Daftar Film Hollywood Bertema Keluarga Yang Sangat Menginspirasi Dan Penuh Pelajaran Hidup

1. I Am Sam

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - I Am Sam

photo via : http://reviewfilmpsikologi.blogspot.com

I Am Sam mengisahkan tentang cerita Sam Dawson yang mengalami keterbelakangan mental dalam memperjuangkan hak asuh untuk anaknya yang bernama Lucy. Sam Dawson merupakan seorang yang memiliki keterbelakangan mental dan dianggap hanya memiliki tingkat kecerdasan layaknya anak kecil berusia 7 tahun. Masalah dimulai ketika Lucy yang sudah menjelang usia 7 tahun, dimana badan pemerintahan anak-anak menganggap Sam Dawson tidak akan mampu mengurusi Lucy kedepannya. Kendati memiliki keterbelakangan mental, hal itu tidak mengubah komitmen dan dedikasi untuk merawat Lucy. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari film yang mengharukan ini, tentang kasih sayang Sam Dawson yang begitu tulus, perjuangannya memenangkan hak asuh atas Lucy. Kepolosan Sam Dawson juga merupakan sebuah ironi ditengah dunia orang dewasa yang penuh dengan kepalsuan. Film ini juga punya cerita ikatan cinta kuat antara seorang anak dan ayahnya yang terpaksa dipisahkan. Kedua, film ini punya seorang tokoh utama yang terbelakang namun penuh cinta, tidak cerdas tapi mampu mencintai dengan tulus.

2. The Blind Side

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - The Blind Side

Photo via ebay.co.uk

The Blind Side mengisahkan tentang seorang pakar disain interior yang bersuamikan seorang pengusaha kaya raya yang tinggal di Hurt Village, Memphis. Dia memiliki kebiasaan suka membantu orang lain, kebiasaan ini sangat didukung oleh suami dan kedua anaknya. Suatu hari Leigh Anne bertemu dengan Michael Oher yang saat itu sedang tidak punya tempat tinggal. Dan kemudian menawarinya untuk tinggal di rumah mereka yang mewah. Michael Oher ini merupakan teman sekolah putranya. Michael Oher diceritakan memiliki kecerdasan yang kurang (IQ 80) namun memiliki fisik yang sangat kuat serta memiliki insting untuk melindungi yang sangat tinggi. Menggunakan bakat Michael Oher inilah akhirnya Leigh Anne berhasil menjadikannya salah satu pemain bertahan sepakbola ala amerika (NFL) yang terkenal.

Pelajaran hidup yang dapat dipertik dari film ini adalah keharmonisan dalam sebuah keluarga sangat penting dalam membentuk karakter anak yang kuat. Jika sejak dini orangtua memberikan contoh yang baik kepada anaknya maka anakpun akan melakukan hal yang serupa. Selain itu, film ini juga menyadarkan kita kalau tidak ada anak yang bodoh ataupun gagal. Yang ada adalah anak yang belum dikenali potensinya. Tugas orangtua juga untuk mengenal potensi tersebut kemudian mengembangkannya sesuai dengan minatnya. Jika kita tidak dapat mengenali potensi mereka maka sebenarnya orangtua dan lingkunganlah yang gagal. Bukan hanya itu, film ini juga mengajarkan kita bagaimana memberi secara ikhlas, bagaimana berbagi dengan mereka yang kurang mampu.

3. The Pursuit of Happyness

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - The Pursuit of Happyness

Photo via medium.com

The Pursuit Of Happyness bercerita tentang Chris Gardner yang tinggal bersama Linda, istrinya dan Christopher anaknya yang masih berusia 5 tahun, mereka menjalani hidup yang sulit. Chris sebagai seorang ayah yang penuh cinta dan bertanggungjawab dalam mencari nafkah untuk anak dan istrinya menghadapi banyak tantangan dan kesulitan. Keadaan ini membuat Chris harus bekerja keras untuk dapat menghidupi keluarganya dengan berjualan peralatan medis CT scanner dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya. Berbagai kesulitan terus menghampiri Chris dan membuat keadaannya terpuruk, bahkan istrinya, Linda memutuskan untuk pergi ke New York meninggalkan Chris dan anaknya. The Pursuit Of Happyness merupakan sebuah film perjuangan seorang ayah yang mencintai dan harus membesarkan anaknya yang masih kecil dalam kondisi tidak punya uang, tidak punya rumah dan tidak punya pekerjaan. Meski hidup mereka semakin sulit, Chris tetap berpegang teguh pada pendiriannya untuk menjadi ayah yang penyayang untuk anaknya. Berbekal kasih sayang dan rasa percaya dari Christopher, dia merasa lebih kuat dan mampu menghadapi segala rintangan yang ada.

4. Mary Poppins Returns

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Mary Poppins Returns

Photo via contentserver.com.au

Nah film satu ini pastinya sudah kalian tonton beberapa waktu lalu. Yup. Mary Poppins Returns baru saja ditayangkan Desember 2019 lalu. Film drama musikal ini menceritakan seorang pengasuh bayi yang eksentrik dan penuh sihir bernama Mary Poppins. Ia kembali menjadi nanny ke sebuah keluarga yang sebelumnya pernah dia asuh, yaitu keluarga Banks. Di saat keluarga Michael Banks mulai kehilangan harapan, Mary Poppins sosok “nanny” ajaib muncul dan memberi kejutan di tengah keluarga Banks. Kehadirannya mendatangkan secercah harapan bagi Michael dan keluarganya. Bersama Jack, sahabat lama Mary Poppins, keluarga Michael dibawa masuk ke dalam petualangan seru dan menakjubkan yang membawa kembali cinta serta canda tawa di kehidupan mereka. Fantasi-fantasi yang diciptakan oleh Mary sangat menyenangkan untuk disaksikan bersama anak-anak. Orang dewasa yang menyaksikannya juga seakan terbawa dengan masa kanak-kanak yang penuh warna serta bagaimana menjadi anak-anak yang sesungguhnya. Berbagai pesan moral juga banyak ditemukan dalam film berdurasi dua jam ini. Semua dimasukkan dalam lirik-lirik lagu yang dinyanyikan baik oleh Mary Poppins ataupun anak-anak Michael Banks. Pelajaran pertama dari film Mary Poppins Returns adalah untuk selalu melihat kehidupan dari berbagai sisi. Dengan begitu, kita akan selalu melihat bahwa setiap hal buruk pasti ada sisi positifnya juga, selain itu jangan hanya mengukur kebahagiaan berdasarkan pada materi yang kita miliki. Lihatlah orang-orang di sekitar kita yang selalu berusaha membuat kita bahagia. Mereka jelas salah satu sumber kebahagiaan kita dalam menjalani hidup.

5. The Greatest Showman

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - The Greatest Showman

Photo via zavvi.com

The Greatest Showman berkisahkan mengenai perjalanan P.T. Barnum dalam membangun pertunjukan sirkus di New York, Amerika Serikat pada tahun 1860an. Ia berhasil membuat orang-orang yang dianggap ‘cacat’ menjadi seorang bintang. Bahkan beberapa orang dari mereka masih tetap dikenal hingga sekarang. Film satu ini memberikan banyak pesan positif yang membuatnya cocok dinikmati oleh segala usia. Film ini mengajarkan kita bahwa dukungan keluarga sangatlah penting. Dukungan keluarga juga membuat kita, menjadi lebih baik dari hari ke hari. Bila kita hanya melakukan sendiri tanpa dukungan keluarga, maka kita perlahan akan terpuruk. Film ini mengajarkan kita, bila kita sudah memiliki sesuatu kita tidak boleh serakah dan terus meminta lebih. Syukuri terlebih dahulu dengan apa yang telah kita punya dan terus berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi. Bila memang ditakdirkan untuk mendapatkan yang lebih, pasti kita akan mendapatkan yang lebih.

Selain itu, film ini mengajarkan kita, bahwa harus selalu setia dengan pasangan hidup kita karena dialah tujuan awal kita untuk menjadi sukses dan dialah yang tahu keadaan kita sejak awal. Dari film ini kita juga bisa mengetahui, bahwa sahabat yang sebenarnya adalah sahabat yang selalu ada dalam suka dan duka yang kita alami. Walaupun kita kadang khilaf dan melupakannya, mereka tetap akan selalu ada. Film ini juga menyadarkan bahwa kita harus mencintai seseorang dengan seluruh kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki. Tanpa harus merubah yang dia punya.

6. Wonder

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Wonder

Photo via movienewsletters.net

Film Wonder menceritakan kisah inspiratif dan mengharukan dari Pullman Agustus, seorang anak yang terlahir gak sempurna. Namun di balik kekurangannya itu, dia memiliki keluarga yang sangat mencintainya dan selalu memotivasinya. Terlahir dengan perbedaan wajah yang gak sempurna, membuatnya takut untuk masuk ke sekolah umum. Tetapi seiring dengan perjalanan hidup Auggie yang luar biasa nyatanya dia mampu membuktikan bahwa perbedaan bukanlah halangan untuk berbaur, bahkan berkat kebaikan hatinya, Auggie jadi disegani banyak teman dan gurunya, walaupun pada awalnya dia kerap kali di bully oleh teman sekelasnya.
Film ini membawa banyak sekali nilai serta pelajaran berharga bagi para penontonnya. Seperti mengajarkan kita untuk percaya diri atas keberadaan diri sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi setiap orang harus terus belajar untuk menerima kekurangan dan mengasah kelebihan yang dimiliki. Dalam film Wonder digambarkan bagaimana sulitnya perjuangan seorang anak untuk dapat beradaptasi di lingkungan orang pada umumnya dengan kondisi wajah yang tidak biasa. Meskipun sulit dan penuh tantangan, pada akhirnya semua akan bisa dilalui dengan baik.

Film ini juga mengajarkan kita untuk mengesampingkan ego demi orang lain yang lebih membutuhkan yang dapat dilihat dari sosok Via, akak yang luar biasa karena dapat menunjukan kepedulian, kasih sayang, dan pengertian dengan kondisi adiknya, Auggie. Meskipun sering merasa diacuhkan karena orang tuanya terlalu memperhatikan sang adik. Selain itu, film Wonder ini juga mengajarkan kita tentang pentingnya kebersamaan dan peran keluarga untuk perkembangan psikologis seorang anak.

7. Nanny McPhee

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Nanny McPhee

Photo via google.com

Film Nanny McPhee ini mengisahkan tentang seorang nanny (pengasuh anak) yang mempunyai kemampuan khusus untuk mengasuh sekaligus mengajari anak anak yang nakal agar bisa menjadi disiplin dan penuh dengan cinta, tapi beda dengan nanny nanny yang lain, nanny mcphee mempunyai keajaiban apalagi setiap dia menghentakkan tongkat ajaibnya ke lantai, maka keajaiban pun akan terjadi, dan anak anak yang nakal pun akan mengikuti perintahnya agar bisa belajar disiplin dan mempunyai sopan santun. Lewat film ini, anak-anak akan diajarkan bagaimana mereka harus menerima kenyataan pahit dalam hidup dengan penuh kebijaksanaan. Seperti halnya anak-anak di film ini, yang selalu menerima pelajaran berat dalam hidup mereka, hingga pada akhirnya mereka menyadari banyak hikmah yang bisa diambil dari pelajaran-pelajaran tersebut.

8. My Sister’s Keeper

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - My Sister's Keeper

Photo via amazon.co.uk

Film ini bercerita tentang seorang ibu, Sara Fitzgerald (Cameron Diaz), yang berjuang menyelamatkan anak pertamanya, Kate (Sofia Vassilieva), yang terserang leukemia. Kate harus mendapatkan donor sum-sum tulang belakang yang hanya bisa didapatkan dari keluarga yang sedarah. Sara memutuskan untuk memiliki anak lagi demi menyelamatkan Kate dan menjadikan Anna (Abigail Breslin), anak terakhirnya, sebagai pendonor untuk Kate. Klimaks disini adalah ketika Anna menuntut orang tuanya karena operasi yang dilakukan padanya demi menyelamatkan kakaknya, Kate. Banyak pesan moral yang dapat diambil dari film satu ini salah satunya adalah bagaimana seorang ibu harus bersikap adil kepada semua anaknya tanpa mengorbankan salah satunya. Film ini juga mengajarkan kita untuk bisa ikhlas seikhlas-ikhlasnya walaupun dalam keadaan sulit sekalipun.

9. Room

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Room

Photo via CreativeHomex.com

Film keluarga selanjutnya yang sangat menginspirasi adalah film yang berjudul Room. Film yang tayang tahun 2015 lalu ini bercerita tentang seorang ibu bernama Ma (Brie Larson) yang tinggal dengan seorang putranya Jack (Jacob Trembley) di sebuah gudang sempit. Ma, diculik 7 tahun yang lalu oleh Old Nick (Sean Bridgers) kemudian disekap di gudang tersebut. Yang membuat film ini menarik adalah bagaimana perjuangan Ma dalam mendidik Jack dalam keterbatasan yang ada. Jack awalnya hanya mengenali benda-benda di sekitarnya seperti kloset, wastafel, roti, dan tempat tidur. Hingga akhirnya Ma berjuang untuk meyakinkan Jack bahwa dunia lebih besar dari yang ia lihat di dalam gudang itu sendiri. Film Room ini memberikan kita beberapa pesan moral yang sangat dalam khususnya bagi para ibu, yaitu pentingnya pengenalan anak untuk berinteraksi pada dunia sekitarnya, bukan hanya menonton televisi, atau terus berdiam dengan smartphone mereka.

10. Free Willy

Film keluarga yang bagus dan menginspirasi - Free Willy

Photo via movienewsletters.net

Nah kalau film sang satu ini siapa yang masih ingat guys? Yup film yang tayang tahun 1993 ini tentunya sangat cocok disebut sebagai film bertema keluarga yang paling menginspirasi dan memberikan banyak perlajaran hidup. Film berperingkat PG yang dirilis pada tahun 1993 ini menampilkan hubungan antara anak laki-laki dan seekor paus. Paus adalah hewan terbesar di bumi ini dan menyaksikan anak laki-laki berusia 12 tahun yang sedang berhubungan adalah satu hal yang disukai dan dikagumi anak-anak saat mereka menonton film ini. Anak laki-laki itu terjebak karena menulis grafiti di tangki ikan paus tapi akhirnya berteman dengan hewan besar itu. Keduanya mengembangkan sebuah hubungan yang seru dan menyentuh. Film ini mengajarkan kita untuk menyayangi sesama makhluk hidup seperti binatang. Film ini juga mengajarkan kita pentingnya kebebasan dan persahabatan.

11. Mrs. Doubtfire

photo via : www.amazon.co.uk

Film Mrs. Doubtfire ini mengisahkan tentang seorang ayah (Robin Williams) di tengah perceraian dengan istrinya (Sally Field), dia begitu putus asa karena tidak dapat berjumpa dengan anak-anaknya. Kemudian ayah ini menyamar jadi pembantu rumah tangga wanita bernama Mrs. Doubtfire, untuk bisa tetap dekat dengan buah hatinya. Mrs. Doubtfire memberikan kita pelajaran bahwa perceraian itu akan memberi efek ke anak-anak, sebaik apapun penampakan mereka. Namun di sisi lain, ada juga makna yang tertangkap. Bahwa yang terpenting adalah orang tua yang menyayangi anak-anak. Meski mungkin terpisah, tapi mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tua itu yang utama.

Film keluarga di atas baik yang merupakan film Indonesia ataupun film barat semuanya sangat bagus dan mengispirasi. Cocok untuk ditonton bersama keluarga kalian ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *