Daftar Negara Dengan Jumlah Produksi Film Terbanyak

1 tahun lalu

Industri film memang sudah ada sejak lama, bahkan dimulai dari produksi film bisu dan hitam putih saja. Semakin berkembangnya zaman, saat ini film bisa dibuat dengan bantuan efek CGI yang canggih. Selain itu pembuatan film saat ini dibuat dengan berbagai animasi komputer, visual effect dan lainnya. Saat ini tiap negara di dunia berlomba-lomba memproduksi film lewat karya sineas dan insan perfilman lokal. Salah satu industri film yang paling populer di dunia yaitu Hollywood. Film Hollywood sudah terkenal di dunia, bahkan menjadi film terlaris di dunia. Tidak hanya Hollywood, ada beberapa negara yang menghasilkan film yang tak kalah baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Berikut ini daftar negara dengan jumlah produksi film terbanyak dan terbaik

 

1. Amerika Serikat

Photo via : https://en.wikipedia.org

Sinema Amerika Serikat secara umum disebut sebagai Hollywood. Hollywood masih menjadi raja perfilman di seluruh dunia sejak awal abad ke-20. Sejarahnya terkadang dibagi menjadi empat periode utama yaitu era film bisu, sinema Hollywood klasik, new Hollywood dan periode kontemporer. Film Hollywood dikenal memiliki kualitas baik dari segi pembuatan visual effect film, karakter film, tema film dan lainnya. Selain itu ada perusahan perfilman yang memproduksi film dengan effect yang canggih. Distibutor utama film di Hollywood yaitu Paramount Pictures, Warner Bros, Metro-Goldwyn-Mayer Inc, 20th Century Fox, Universal Studios, Columbia Pictures Industries Inc, Sony dan Lions gate Entertainment.

 

2. India

Photo via : http://resim-indir.sayt.im

Di India secara umum disebut sebagai Bollywood. Bollywood merupakan produsen film terbesar di India dan salah satu produsen film terbesar di dunia yang berbasis di kota Mumbai. Film Bollywood cenderung menggunakan dialek sehari-hari Hindi-Urdu atau Hindustani yang dapat dimengerti oleh kedua penutur Hindu dan Urdu. Bollywood adalah produser film terbesar dengan 364 film Hindi yang diproduksi setiap tahunnya. Bollywood juga mewakili 43% dari pendapatan box office di India. Industri film India dikenal lewat film-film musikal yang diselingi lagu dan tarian khas. Namun saat ini sudah banyak film-film India modern yang bisa ditonton semua kalangan. Distributor utama film Bollywood yaitu Eros International, Reliance Big Pictures, UTV Motion Pictures dan Yash Raj Films.

 

3. China

Photo via : https://substreammagazine.com

Di Cina, Cinema of China merupakan salah satu industri film yang berpusat di Shanghai. China menjadi studio produksi film dan drama terbesar ke tiga dengan jumlah film yang diproduksinya. Mayoritas film-film China mengedepankan unsur kungfu atau shaolin. Industri film ini juga disupport oleh industri film Hongkong yang terkenal bisa memproduksi ratusan film dalam kurun waktu satu tahun. Distributor utama film China yaitu China Film, Huaxia dan Enlight.

 

4. Hongkong

Photo via : https://deskgram.org

Cinema Hongkong merupakan salah satu dari tiga besar bioskop disamping bisokop China dan Taiwan. Hongkong memiliki tingkat kebebasan politik dan ekonomi yang lebih besar daripada China daratan dan Taiwan dan berkembang menjadi pusat pembuatan film untuk dunia berbahasa Tionghoa. Hongkong merupakan industri film terbesar di dunia dan eksportir terbesar kedua. Meskipun krisis industri dimulai pada pertengahan 1990-an dan kembalinya Hongkong ke daulatan China pada bulan Juli 1997, film Hongkong telah mempertahankan banyak identitas khasnya dan terus memainkan bagian yang menonjol di panggung sinema dunia. Distributor film Hongkong yaitu Cinema City International, Golden Harvest, JCE Movies Limited, Media Asia.

 

5. Prancis

Photo via : http://lesmiserables.wikia.com

Cinema of France merupakan industri film yang berbasis di Prancis. Bioskop di Perancis terdiri dari seni film dan film-film kreatif yang dibuat di negara Prancis atau oleh para pembuat film Prancis di luar negeri. Perancis adalah industri film paling sukses di Eropa dalam hal jumlah film yang diproduksi per tahun dengan memecahkan rekor 300 film panjang yang diproduksi pada tahun 2015. Perancis juga merupakan salah satu dari sedikit negara dimana produksi non-Amerika memiliki bagian terbesar. Pada 2013, Perancis adalah eksportir film terbesar ke-2 di dunia setelah Amerika Serikat. Sebuah penelitian pada bulan April 2014 menunjukkan citra positif yang dipertahankan oleh bioskop Perancis di seluruh dunia, menjadi sinema yang paling dihargai setelah bioskop Amerika. Distributor utama Cinema of France yaitu Twentieth Century Fox, Warner Bros, UGC.

 

6. Jepang

Photo via : http://kiminonawa.wikia.com

Jepang merupakan sebagai negara penghasil film paling berkembang dalam beberapa tahun ini. Ciri khas dari negara ini yaitu banyaknya film anime (kartun khas Jepang) yang dirilis. Tapi tidak hanya film anime saja, Jepang juga memiliki beraneka genre film yang tak kalah menariknya.

 

7. Jerman

Photo via : http://foothilldragonpress.org

Cinema of Germany merupakan industri film yang berbasis di Jerman. Kebanyakan film yang di produksi Jerman mengangkat mengenai dua hal yaitu Perang Dunia II dan runtuhnya Tembok Berlin. Keduanya sering sekali dijadikan teman dari film-film asal Jerman. Secara umum, Jerman juga banyak menghasilkan film dengan kualitas bagus, baik dari segi jalan cerita maupun teknik sinematografi. Distributor utama Cinema of Germany yaitu Warner Bros, Walt Disney, Sony Pictures.

 

8. Nigeria

Photo via : https://www.imdb.com

Nollywood adalah istilah yang digunakan pada industri film Nigeria. Nollywood merupakan industri film dengan jumlah terbanyak kedua di dunia dibawah Bollywood namun ada diatas Hollywood. Tema yang diangkat pada film Nollywood ini beragam, namun kebanyakan filmnya bercerita tentang bagaimana cara mengatasi kejahatan, masalah moral, konflik agama dan cerita tentang pria kaya yang jatuh cinta pada gadis miskin. Bahasa yang digunakan pada film nollywood bervariasi, berasal dari bahasa lokal di Nigeria, di antaranya adalah Bahasa Pidgin, Bahasa Igbo, Bahasa Yoruba dan bahkan Bahasa Hausa. Distributor utamanya yaitu FilmOne Distributions, Silverbird Film Distribution, Blue Pictures.

 

9. Spanyol

Photo via : https://www.imdb.com

Spanish Cinema merupakan industri film Spanyol. Dalam beberapa tahun terakhir, bisokop spanyol mencapai pengakuan yang tinggi. Hanya sebagian kecil penjualan box office di Spanyol yang dihasilkan oleh film domestik, oleh karena itu pemerintah Spanyol menerapkan langkah-langkah yang ditujukan untuk mendukung produksi film dan bioskop lokal. Distributor utama film Spanyol yaitu Warner Bros, Paramount, Sony Pictures.

 

10. Inggris

Photo via : https://www.tribute.ca

Britania Raya memiliki industri film yang signifikan selama lebih dari seabad. Beberapa film box office terbesar yang pernah dibuat di Britania Raya yaitu Harry Potter dan James Bond. Identitas industri Inggris, dan hubungannya dengan Hollywood, menjadi subyek perdebatan. Sejarah produksi film di Inggris disebabkan oleh upaya untuk bersaing dengan industri Amerika. Distributor utama film Inggris yaitu Warner Bros, Paramount, 20th Century Fox.

Baca Juga