Daftar Pemain Srimulat Yang Telah Meninggal Dunia

1 tahun lalu, by blogunik

Srimulat merupakan kelompok lawak Indonesia yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo di Solo pada tahun 1950. Srimulat termasuk grup lawak yang cukup lama bertahan meski di tengah perjalanan karir terjadi banyak pesoalanan dan bongkar pasang pemain. Di masa kejayaan, Srimulat hadir dari panggung seni keliling hingga ke layar kaca. Anggota Srimulat berasal dari berbagai kota besar di Indonesia. Keberagaman grup inilah yang membuat grup ini semakin kreatif dan menghibur. Pada tahun 1989, Teguh membubarkan Srimulat karena stasiun-stasiun televisi mulai menawarkan program-program hiburan yang tak kalah menarik. Namun pada tahun 1995, Gogon menguslkan reuni Srimulat dan pelaksanaan reuni Srimulat ini terbilang sukses dan tetap menyedot banyak penonton. Seiring dengan berjalannya waktu, kekompakan para anggota mulai jarang terlihat akibat kesibukan masing-masing dan beberapa diantaranya telah meninggal dunia. Untuk mengenang kepergian para komedian ini, berikut daftar pemain Srimulat yang telah meninggal dunia :

 

1. Gepeng

Photo via : https://twitter.com/gepengjr

Memiliki nama lengkap Freddy Aris, pelawak ini memiliki ciri khas dalam bicaranya yang cempreng. Kata yang paling dikenal yaitu “Untung ada saya”. Gepeng meninggal dunia pada tahun 1988 akibat liver kronis yang dideritanya.

 

2. Bendot

Photo via : http://www.lensaterkini.web.id

Namanya populer dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai bapak mertua Mas Karyo. Pemilik nama Saparbe ini ternyata berdinas di Angkatan Darat dengan pangkat terakhir Letnan Satu. Pada 23 Desember 2001, kabar duka menyelimuti dunia hiburan dengan berpulangnya Bendot.

 

3. Asmuni

Photo via : https://wikimedia.org

Pelawak asal Jombang ini memulai karirnya sebagai penyanyi kemudian menjadi pelawak setelah bertemu dengan Bing Slamet. Karakternya begitu kuat saat tampil di Srimulat dengan kumis ala Charlie Chaplin serta songkok atau blangkon menjadi identitasnya ketika melawak. Asmuni meninggal dikarenakan mengeluh sakit gigi dan salah pemberian obat.

 

4. Basuki

Photo via : https://celebrity.okezone.com

Basuki dikenal dengan karakter Karyo di sinetron “Si Doel Anak Sekolahan”. Dunia lawak sudah dikenal Basuki sejak kecil dari sang ayah. Pete yang merupakan anggota Srimulat memiliki wajah yang serupa namun tidak sama. Sehingga sering mendapatkan peran yang sama. Basuki meninggal pada 12 Desember 2007 akibat serangan jantung saat usai bermain fitsal bersama teman-temannya.

 

5. Timbul

Photo via : https://kapanlagi.com

Timbul dalam setiap pementasannya selalu menjadi saudagar atau orang berpangkat. Selain melawak di Srimulat, ia juga melawak di kesenian tradisional ketoprak dan berperan dalam beberapa judul sinetron hingga layar lebar. Timbul juga menjabat sebagai sutradara dalam beberapa pementasan Srimulat. Timbul meninggal dunia pada 26 Maret 2009 akibat komplikasi penyakit stroke, vertigo dan diabetes.

 

6. Mamiek Prakoso

Photo via : http://archive.rimanews.com

Ia mengawali karir melawak di Srimulat dan membintangi beberapa film layar lebar. Bagian samping rambut yang diwarnai menjadi ciri khas Mamiek dalam berkarir. Mamiek meninggal dunia pada 3 Agustus 2014 akibat penyakit liver yang dideritanya.

 

7. Djujuk Djuariah

Photo via : http://hiburan.metrotvnews.com

Pemilik nama Sara Djujuk Djuariah, selain melawak di Srimulat, ia juga membantu sang suami, Teguh Slamet Raharjo mengurusi grup lawak Srimulat yang jumlah anggotanya banyak. Selain itu ia juga terlibat dalam film layar lebar dan sempat menjabat sebagai Ketua Himpunan Artis Surakarta. Djujuk Djuariah meninggal dunia pada 6 Februari 2015 akibat kanker.

 

8. Eko Dj

Photo via : https://bio.izaygadget.com

Eko Dj dikenal setelah membintangi sinetron “Jinny oh Jinny” pada tahun 1997 sebagai Pak Broto. Selain melawak, ia juga membintangi sinetron, layar lebar hingga presenter. Eko Dj meninggal dunia pada 27 Maret 2017 akibat sakit gagal ginjal dan gagal jantung.

 

9. Bambang Gentolet

Photo via : https://www.winnetnews.com

Meskipun tidak terlalu terkenal di tingkat nasional, namun Bambang Gentolet sangat dikenal di Surabaya. Ia sempat berkarir di layar lebar dan membuahkan tiga film. Bambang Gentolet meninggal oada 27 April 2017 akibat mengalami sesak nafas.

 

10. Gogon

Photo via : https://foto.kapanlagi.com

Gogon memiliki ciri khas rambut mohawk dan kumis ala Charlie Chaplin saat melawak. Ia juga berjasa dalam menggabungkan kembali personel Srimulat pada tahun 1995 setelah lama berpisah. Gogon meninggal pada 15 Mei 2018 akibat serangan jantung usai manggung.

Artikel Terkait