Daftar Tempat Membeli Oleh-Oleh di Jogjakarta, Dijamin Puas

    Traveling

Saat kita bepergian baik dalam hal liburan ataupun bisnis ke luar kota, sering kali kita berpeikir untuk membeli oleh – oleh khas dari tempat ataupun daerah yang kita kunjungi. Buat paara wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke kota jogja, mungkin belum tahu dimana tempat yang bagus untuk membeli oleh – oleh khas Jogja. Atau bahkan kalian tidak tahu oleh – oleh khas Jogja itu apa saja.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Jogja, supaya tidak bingung dan waktu liburanmu habis hanya untuk bisa tahu dimana tempat yang tepat untuk membeli oleh – oleh khas Jogajakarta, berikut ini adalah beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh khas Jogja yang tepat dan murah tentunya.

1. Malioboro

photo via : www.cronyos.com

Jika berkunjung ke Jogja, hal pertama yang harus kalian kunjungi tentu saja Malioboro. Tempat belanja yang satu ini merupakan landmark Jogjakarta. Di sepinggir jalan Malioboro ini ada banyak sekali pedagang kaki lima yang berjualan. Selain pedagang kaki lima, disini juga terdapat toko- toko yang menjual pakaian, kerajinan seni ataupun oleh – oleh khas Jogja lainnya. Semua barang – barang yang di jual di areal ini dijual dengan harga wisatawan. Jadi kalian haruslah pandai – pandai menawar barang yang ingin kamu beli supaya bisa mendaptkan barang dengan harga yang terbaik. Seluruh kawasan ini buka hampir 24 jam seharinya, hanya saja untuk toko – toko yang ada di areal ini cuman buka hingga jam 10 malam.

2. Pusat Kerajinan Perak Kota Gede

photo via : www.info-jogja.com

Datang ke Jogja, tapi bosan untuk membelikan hadiah makanan ataupun pakaain dari Jogja, kalau begitu, bagaimana dengan perak ? Di Kotagede, Jogjakarta kalian bisa membeli berbagai jenis kerajinan dari perak. Karena disini adalah pusatnya kerajinan perak di Jogja. Berbagai macam bentuk kerajinan yang terbuat dari perak dibuat di tempat ini dan kalian tidak perlu takut ataupun khawatir masalah harga, karena kalian membeli kerajinan dari perak ini langsung dari pengrajinnya, jadi harganya tidak lah terlalu tinggi dibandingkan membeli kerajinan perak dari tangan ke dua.

3. Kasongan

photo via : www.goodnewsfromindonesia.id

Berbeda dengan Kotagede yang berfokus pada kerajinan yang terbuat dari perak, buat kalian yang suka kerajinan dari gerabah ataupun keramik, kalian bisa mampir ke Kasongan. Disini kamu bisa menemukan berbagai jenis guci, patung ukiran, hiasan dinding dan berbagai jenis pajangan lain dengan model yang unik – unik. Di Kasongan selain kalian bisa membeli berbagai macam kerajinan keramik ataupun gerabah, kalian juga bisa melihat langsung cara pembuatan kerajinan gerabah ini. Untuk harga sendiri, kerajinan yang ada di Kasongan jauh lebih murah daripada yang ada di galeri seni pusat kota. Bahkan kalian juga bisa menawar harga gerabah yang dijual disni kalau membeli dalam jumlah banyak.

4. Hamzah Batik

photo via : www.sewamobiljogja.org

Toko yang sebelumnya bernama Mirota Batik ini merupakan salah satu toko di Jogja yang yang menjual batik dengan kualitas terbaik. Selain kualitasnya yang terbaik, Hamzah Batik juga memiliki varian yang beragam dan harganya juga bisa dibilang terbilang murah. Meskipun toko ini dikenal akan batiknya yang berkualitas, namun bukan hanya batik saja yang dijual disini, berbagai jenis kerajinan tangan asli Jogja juga turut di jual di toko ini. Uniknnya lagi, toko ini juga menjual berbagai produk perawatan tubuh tradisional dan minuman jamu.

5. Pasar Beringharjo

photo via : www.sintiaastarina.com

Jka sebelumnya itu merupakan toko yang khsusus dengan batiknya, jika kamu ingin melihat dan memilih lebih banyak jenis batik, ada baiknya kamu berkunjung ke pasar Beringharjo. Pasar sang satu ini bisa dibilang merupakan pusat grosir batik. Semua hal yang berhubungan dengan batik, baik itu kain batik ataupun pakaian batik yang sudah jadi bisa kalian temukan di pasar ini. Selain harganya yang murah, di pasar ini kalian juga msih bisa menawar batik yang ada disini agar si pedagang mau memberikan harga yang lebih murah tentunya. Meskipun disebut sebaga pusat grosir batik, pasar Beringharju juga menyediakan aneka sepatu, tas dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

6. Manding

photo via : kresnatourjogja.com

Kalau kalian suka barang-barang yang terbuat dari kulit, Jogja memiliki pusat kerajinan kulit yang cukup terkenal yakni Mading. Berada di sebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Parangtritis KM 11. Di Manding terdapat banyak sekali barang-barang dengan kerajinan kulit yang dimiliki dan cukup terkenal. Harga barang yang dijual juga tergolong lebih murah dibandingkan di toko – toko. Apalagi kalian masih bisa menawar harga dompet, sepatu ataupun tas dengan bahan kulit yang ada disini. Selain itu jika kalian membeli dalam jmlah banyak, kalian juga dapat meminta harga grosir yang tentunya jauh amat murah.

7.  Bakpia Pathok 25

photo via : www.bakpiapathok25.com

Dari dulu hingga sekarang, bakpia merupakan oleh-oleh khas Jogja yang paling banyak diburu oleh para wisatawan. Meskipun di Jogja sudah muncul banyak sekali kue – kue artis yang kekinian, tetapi bakpia teta menjadi kue khas Jogja yang tetap digandrungin oleh para wisatawan. Salah satu toko yang menjual bakpia khas Jogja adalah bakpia Pathok 25. Toko ini adalah salah satu toko bakpia yang amat laris yang ada di Jogja. Disini kamu bisa membeli berbagai macam bakpia dengan isian kacang hijau, keju, coklat dan masih banyak lagi lainnya dengan rasanya yang beragam. Kalian bisa menemui toko bakpia ini di Kembang Jaya, Ongko Joyo, Pasar Pathok, dan di depan bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

8. Gudeg Kaleng Bu Tjitro

photo via : gudeg.net

Gudeg merupakan makanan khas Jogja. Jika kalian berkunjung ke Jogja tapi tidak membeli makanan ini, tentu saja akan amat rugi sekali. Setidaknya kalian harus pernah mencicipi dan memakan makanan khas Jogja ini sekali jika berkunjung ke kota pelajar ini. Namun kalau kamu ingin membawa pulang gudeg sebagai oleh – oleh, hal itu tentu saja susah mengingat makanan ini tidak tahan lama. Namun sekarang sudah ada solusinya yakni gudeg kaleng Bu Tjitro. Gudeg kaleng ini bisa kalian bawa pulang sebagai oleh – oleh. Makanan asli Jogja ini bisa kalian bawa pulang dan diberikan pada saudara-saudara kalian. Mengolahnyapun tidak sulit, kalian cukup menghangatkannya saja. Untuk daya tahan gudeg kaleng ini sendiri, kalian juga tak perlu khawatir, karena gudeg kaleng yang satu ini mampu bertahan hingga setahun lamanya.

9. Monggo Shop

photo via : traveltodayindonesia.com

Kalau kamu pecinta cokelat dan ingin membawa pulang oleh – oleh berupa cokelat khas Jogjakarta, mungkin kalian bisa berkunjung ke toko yang satu ini. Toko ini menjual berbagai macam produk dari olahan cokelat dalam negeri yang rasanya tidak kalah enak dibandingkan dengan produk impor. Monggo Shop menjual berbagai bentuk cokelat yang bisa kalian pilih sesuai selera. Bahkan, tempat ini juga menawarkan cokelat praline. Kemasan cokelatnya pun dibuat dengan desain yang tradisional, sehingga memperjelas bahwa cokelat tersebut berasal dari Yogyakarta. Menurut beberapa pengunjung Monggo Shop, cokelat di sini memiliki rasa manis yang pas, dengan kata lain, rasa manisnya pas di lidah, tidak terlalu manis dan rasanya juga tidak bakalan membuat kalian merasa eneg.

10. Yangko Pak Prapto

photo via : www.infoindonesia.tk

Masih bingung ingin mencari apa untuk oleh – oleh, kalian bisa berkunjung ke toko Yangko Pak Prapto yang menjual kue Mochi khas Yogyakarta. Mochi ini bisa kalian jadikan oleh – oleh saat berkunjung ke Jogja. Kue Mochi ini sendiri terbuat dari tepung ketan tapi dengan pilihan rasaya yan unik dan beragam. Di Toko Yangko Pak Prapto, disajikan mochi dengan varian rasa yang bermacam- macam dan juga menarik, seperti durian, nangka, cokelat, wijen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >