Deretan Drama Korea Tentang Dokter Terbaik Dengan Rating Tertinggi

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

Drama Korea memang selalu menarik untuk dibahas, entah itu karena para pemainnya yang memiliki ikatan yang kuat hingga ceritanya yang menarik untuk disaksikan. Bukan rahasia lagi jika drakor memiliki beragam genre dan salah satunya yang menarik perhatian para penonton adalah genre medis. Bagi yang baru terjun ke dunia perdrakoran, mungkin genre ini sedikit menakutkan karena terbayang tentang tindakan medis yang cukup membuat takut. Namun meskipun begitu, tak ada salahnya kamu mencobanya dahulu.

Drakor genre medis ini bisa dikatakan sangat totalitas, karena jika dilihat-lihat mereka sangat memperhatikan setiap adegan dengan detail apalagi ini menyangkut tentang kesehatan. Bahkan ketika adegan operasi, mereka membuatnya sangat nyata. Meskipun bergenre medis, beberapa judul juga menyelipkan tentang kisah cinta serta konflik. Yang terpenting dari drakor genre medis ini yaitu mampu memberikan banyak pengetahuan tentang dunia medis bagi para penontonnya. Bagaimana tertarik tidak untuk menontonnya? Dari sekian banyak judul, berikut ini drama Korea tentang dokter terbaik dengan rating tertinggi yang harus kamu saksikan

1. Hospital Playlist (2020)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via asianwiki.com

Di urutan pertama terdapat Hospital Playlist, musim pertama drama ini disiarkan di tvN pada tahun 2020 dan musim kedua akan tayang pada tahun 2021. Hospital Playlist ini dibintangi oleh Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung dan Jeon Mi Do.

Drama ini mengisahkan tentang para dokter, perawat dan pasien di Yulje Medical Center. Alur ceritanya ini lebih berfokus pada lima orang dokter yang sudah bertema lama sejak mereka masuk sekolah kedokteran tahun 1999. Bersahabat sudah sangat lama, tentunya mereka telah banyak melewati peristiwa entah itu bahagia atau sedih.

Trailer Hospital Playlist

2. Doctor John (2019)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via mydramalist.com

Selanjutnya drama Korea bertema dokter yang wajib kamu tonton yaitu Doctor John. Drakor ini berdasarkan novel Jepang yang berjudul On Hand of God oleh Yo Kusakabe.

Doctor John bercerita tentang Cha Yo Han yang merupakan profesor anestesiologi yang jenius namun arogan. Diceritakan juga Kang Shi Young yang merupakan dokter residen dibagian anestesiologi yang bekerja sama dengan Yo Han. Awalnya mereka bedua sering berselisih paham karena berbeda karakter.

Namun pada suatu hari, banyak orang datang dengan penyakit kronis yang misterius. Mereka berdua pun memutuskan untuk bekerja sama untuk menemukan penyebab dari penyakit tersebut.

Trailer Doctor John

3. Doctor Prisoner (2019)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via asianwiki.com

Doctor Prisoner merupakan salah satu drama Korea tema dokter yang dibintangi oleh Namkoong Min dan Kwon Nara. Drama ini perdana tayng pada 20 Maret hingga 15 Mei 2019.

Doctor Prisoner ini mengisahkan tentang Na Yi Je seorang dokter bedah yang handal dan jenius, ia juga memiliki sifat dan perilaku yang baik. Namun naasnya pada suatu hari izin praktiknya ditangguhkan akibat insiden malpraktik medis.

Setelah kejadian tersebut, ia memutuskan untuk melamar sebagai dokter internis di penjara. Di penjara ia tidak tinggal diam saja, justru ia membuat koneksi dan berencana untuk melakukan aksi pembalasan dendam terhadap rumah sakit yang telah memecatnya.

Trailer Doctor Prisoner

4. Chocolate (2019)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via mydramalist.com

Meskipun berjudul Chocolate, drakor ini memiliki genre medis yang layak untuk ditonton. Drakor ini dibintangi oleh artis berbakat Yoon Kye Sang dan Ha Ji Won maka dari itu tak perlu diragukan lagi.

Di ceritakan seorang ahli bedah saraf bernama Lee Kang, ketika ia masih kecil Lee Kang bermimpi menjadi seorang chef karena sang ibu sangat jago memasak. Namun karena perselisihan keluarga, Lee Kang pun terpaksa melepas impiannya itu dan menjadi seorang dokter.

Sewaktu kecil, Lee Kang bertemu dengan Moon Cha Yeong dan berjanji akan membuatkan coklat yang enak. Tapi sayang belum sempat memberikan mereka harus berpisah. Waktu pun berlalu mereka kini sudah dewasa. Saat ini Moon Cha Young merupakan seorang koki dan keduanya kembali bertemu di bangsal rumah sakit. Lantas bagaimana hubungan mereka selanjutnya?

Trailer Chocolate

5. Heart Surgeons (2018)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via mydramalist.com

Heart Surgeons merupakan salah satu drama Korea genre medis yang disiarkan di SBS pada tahun 2018. Drakor yang disutradarai Jo Young Gwang ini dibintangi oleh Go Soo, Uhm Ki Joon dan Seo Ji Hye.

Heart Surgeons ini menceritakan tentang keadaan di Departemen Bedah Toraks. Berawal dari seorang politisi Han Min Sik hendak menjalani operasi jantung di Rumah Sakit Universitas Taesan. Choi Seok Han yang akan memimpin jalannya operasi ini dan melakukan konferensi pers di hadapan media.

Seharusnya Seok Han menangani operasi ini bersama Park Tae Soo, namun Tae Soo justru meninggalkan Seok Han dan kabur dari rumah sakit sesaat sebelum operasi Min Sik dilakukan. Beberapa tahun pun berlalu, kini Tae Soo tengah menangani operasi seorang bayi bersama atasannya, Profesor Hwang Jin Chul. Tae Soo menyadari jika ada kesalahan prosedur namun Profesor Hwang menolak mengakuinya. Akibatnya bayi mengalami henti jantung karena ini Profesor Hwang diskors selama tiga bulan.

Tak lama kemudian, Tae Soo mengetahui jika sang ibu harus segera menjalani operasi jantung. Namun sayangnya profesor Hwang tidak mau melakukannya. Tae Soo pun mencari ahli bedah jantung dari rumah sakit lainnya, namun masih kesulitan. Kemudian seorang suster mengatakan jika Dokter Seok Han dari Rumah Sakit Universitas Taesan dapat menangani ibu Tae Soo. Maukah Dokter Seok Han mengoperasi ibu Tae Soo? Seseorang yang dulu meninggalkannya saat operasi akan dilakukan..

Trailer Heart Surgeons

6. Life (2018)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via asianwiki.com

Drakor dikenal memiliki episode yang sedikit, namun ceritanya tetap seru untuk disaksikan seperti drakor berjudul Life satu ini.

Drama genre medis ini bercerita tentang konflik internal yang terjadi di Rumah Sakit Universitas Sangkook. Dikisahkan Ye Jin Woo, seorang dokter berhati baik, ramah terhadap pasien dan karismatik. Ye Jin Woo sangat mengangumi Direktur Rumah Sakit yaitu Lee Bo Hoon. Namun pada suatu hari Lee Bo Hoon terjerat dalam kasus anggaran rumah sakit. Tak lama berselang, Lee Bo Hoon ditemukan tewas setelah terjatuh dari apartemennya. Ye Jin Woo pun beranggapan jika kematian Lee Bo Hoon terasa janggal.

Karena posisi Direktur Rumah Sakit kosong, munculah Koo Seung Hyo yang merupakan seorang pebisnis ambisuis yang ingin mencari keuntungan lewat bisnis rumah sakit. Tujuan yang tidak sesuai ini pun mendapatkan kontra dari staf internal rumah sakit. Konflik antara Koo Seung Hyo dan Ye Jin Woo pun terjadi.

Trailer Life

7. Hospital Ship (2017)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via mydramalist.com

Tidak seperti cerita drakor medis lainnya yang berada di darat, drakor satu ini menceritakan tentang rumah sakit yang berada di atas sebuah kapal. Rumah sakit ini menjangkau daerah-daerah yang tergolong terpencil dan sulit diakses darat. Dibintangi oleh Ha Ji Won dan Kang Min Hyuk.

Drama ini menggambarkan kisah para dokter muda yang memberikan pelayanan kesehatan kepada penduduk pulau melalui sebuah kapal rumah sakit. Song Eun Jae adalah seorang ahli bedah yang hadal di sebuah rumah sakit besar di Seoul. Ia dikenal pekerja keras dan akan menjadi kepala ahli beda wanita termuda disana. Hubungan Song Eun Jae dengan sang ibu tidak terlalu harmonis. Suatu ketika Song Eun Jae dibuat kesal oleh ibunya karena sang ibu terkadang mengirim pasien ke rumah sakit tempatnya bekerja yang menimbulkan masalah baginya. Sebenarnya ibu Song Eun Jae mengalami gangguan kesehatan dan ibunya pun menghubunginya. Namun Song Eun Jae menjadi kesal karena yakin ibunya telah mengiriminya pasien lain.

Tanpa melihat Song Eun Jae, ibunya pun kembali ke pulau. Kemudian Song Eun Jae mendapatkan telepon dari bibinya dan mengabarkan jika ibunya pingsan. Setelah itu Song Eun Jae pun bergegas ke ruang gawat darurat tempat ibunya berada. Tetapi sang ibu telah meninggal dunia, Song Eun Jae pun sangat terpukul.

Di ceritakan juga Kwak Hyun yang merupakan seorang dokter, ia menjadi sukarelawan untuk bekerja di rumah sakit kapal ini alih-alih bertugas di militer. Ia menjadi dokter karena ayahnya yang juga seorang dokter yang sangat dihormati, namun ia mengabaikan keluarganya. Kwak Hyun ingin menjadi seorang dokter yang baik, tapi tidak seperti ayahnya.

Trailer Hospital Ship

8. Live Up Your Name (2017)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via asianwiki.com

Berbeda dari drakor medis lainnya Live Up Your Name ini dikemas ke dalam drama fantasi yang dibalut dengan genre romcom. Tak heran jika beberapa adegannya ada yang akan membuat kita tertawa. Apalagi drama ini dibintangi oleh Kim Nam Gil dan Kim Ah Joong.

Heo Im adalah seorang dokter yang bekerja di Haeminseo pada siang hari dan melakukan kunjungan ke rumah sakit pejabat tinggi ketika malam hari untuk mendapatkan uang yang banyak. Heo Im dikenal akan pengobatan akupunturnya yang luar biasa. Namun pada suatu hari, ia jatuh ke sungai dan melakukan perjalanan ke zaman modern. Perjalanan waktu ini membuat dirinya bertemu dengan seorang dokter cantik bernama Choi Yeon Kyung yang bekerja sebagai dokter bedah kardiotoraks di Rumah Sakit Shinhae.

Kira-kira bisakah Heo Im beradaptasi di dunia serba modern tersebut dan mampukah ia kembali ke asalnya?

Trailer Live Up Your Name

9. Romantic Doctor, Teacher Kim (2016)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via mydramalist.com

Membicarakan tentang drama Korea tentang dokter, tentunya tak lengkap tanpa mencantumkan Romantic Doctor, Teacher Kim. Berkat kesuksesannya di musim pertama, Romantic Doctor, Teacher Kim ini berlanjut ke musim ke dua.

Drama berjudul Romantic Doctor, Teacher Kim atau dikenal juga dengan Dr. Romantic ini menceritakan tentang sebuah Rumah Sakit di daerah terpencil bernama Rumah Sakit Doldam. Di rumah sakit ini memiliki seorang dokter ahli bedah yang dikenal dengan julukan Hand of God bernama Boo Yong Joo atau dikenal juga dengan Dokter Kim Sa Bu.

Di rumah sakit ini ada beragam kisah-kisah para pasien yang muncul disetiap episodenya. Selain itu diceritakan juga keseharian para dokter yang menangani penyakit-penyakit para pasien, kesibukan di meja operasi dan lainnya.

Trailer Romantic Doctor, Teacher Kim

10. Descendants of the Sun (2016)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via mydramalist.com

Siapa coba yang tidak mengenal drakor Descendants of the Sun, drakor ini sangat populer di masanya dan menjadi salah satu drama terbaik yang wajib kamu tonton. Drama ini mengusung genre medis dan militer yang dibintang oleh Song Hye Kyo, Song Joong Ki, Jin Goo, Kim Ji Won dan lainnya.

Descendants of the Sun ini mengambil latar belakang luar negeri dan Korea Selatan. Dimana diceritakan Kang Mo Yeon merupakan seorang ahli bedah kardiotoraks di Rumah Sakit Haesung. Diceritakan juga seorang kapten pasukan khusus Korea Selatan bernama Yoo Shi Jin. Pada suatu hari tepatnya di ruang gawat darurat mereka bertemu untuk pertama kalinya. Shi Jin langsung jatuh cinta padanya, namun Mo Yeon menganggap Shi Jin sebagai geng pencuri. Shi Jin pun membuktikan jika dirinya adalah seorang tentara dengan menggunakan seragamnya untuk menemui Kang Mo Yeon.

Tak lama berselang mereka pun mulai berkencan namun karena pekerjaan, kencan mereka tidak berjalan dengan baik. Pada suatu hari Yoo Shi Jin mendapat perintah untuk mempimpin tentaranya dalam misi perdamaian ke negara Uruk. Setelah kembalinya dari bertugas, mereka bertemu kembali dan membicarakan pandangan mereka tentang kehidupan. Menyadari pandangan hidup mereka berbeda, Shi Jin yang sebagai tentara bertugas untuk membunuh untuk melindungi nyawa sedangkan Mo Yeon sebagai dokter bertugas untuk menyelamatkan semua nyawa. Mereka pun bepisah.

Selang beberapa bulan kemudian, Mo Yeon menolak rayuan dari Ketua Rumah Sakit dan sebagai balasannya ia ditugaskan untuk memimpin tim medis ke Uruk. Siapa yang menyangka, disana Mo Yeon bertemu kembali dengan Shi Jin.

Trailer Descendants of the Sun

11. Doctors (2016)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via asianwiki.com

Doctors merupakan salah satu drama Korea yang mengisahkan tentang percintaan di kalangan dokter. Drakor ini memiliki 20 episode yang ditayangkan di SBS pada tahun 2016.

Yoo Hye Jung merupakan seorang gadis SMA yang keras kepala dengan kepribadian seperti seorang preman. Luka yang didapatnya ketika masih kecil membuat dirinya menutup diri dari orang lain dan sekitarnya. Tapi, ia mulai berubah setelah bertemu dengan furunya yaitu Hong Ji Hong. Gurunya ini berperan penting dalam perubahan hidupnya dari yang tidak memiliki harapan menjadi seseorang yang memiliki tujuan hidup. Namun mereka berpisah dan kembali bertemu setelah 13 tahun berlalu.

Meskipun berasal dari latar belakang yang sulit, Hye Jung berhasil menjadi seorang dokter.

Trailer Doctors

12. Yong Pal (2015)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via asianwiki.com

Di masanya, drakor berjudul Yong Pal ini menjadi salah satu drama terpopuler di Korea Selatan. Tak heran jika awalnya dijadwalkan untuk 16 episode bertambah menjadi dua episode lagi sehingga total ada 18 episode. Drakor pepoler ini dibintangi oleh sedeeret artis ternama yaitu Joo Won, Kim Tae Hee, Chae Jung An dan Jo Hyun Jae.

Yong Pal bercerita tentang Kim Tae Hyun yang merupakan seorang dokter bedah berbakat yang bekerja di Rumah Sakit Hanshin. Di luar jam kerjanya, ia bekerja sambilan sebagai dokter panggilan demi melunasi hutang biaya berobat adiknya. Pekerjaan sampingannya ini mengharuskannya mengobati pasien dari segala kalangan bahkan para penjahat sekalipun.

Sadar akan pekerjaan sampingannya ini beresiko, ia pun menggunakan nama samaran Yong Pal agar pihak rumah sakit tidak mengetahuinya. Namun sepandai-pandainya menutupi pasti akan ketahuan juga, Atasannya yaitu Dokter Lee mengentahui hal tersebut dan mengancam kehilangan lisensi praktik dokternya. Jika ia tidak ingin lisensi prakteknya di cabut, Yong Pal harus bersedia merawat pasien VVIP di lantai 12 rumah sakit.

Ternyata pasien tersebut adalah Han Yeo Jin, anak konglomerat yang mendapatkan julukan putri tidur karena telah berbaring selama 3 tahun. Han Yeo Jin mengalami trauma karena kehilangan kekasihnya bahkan ia nekad untuk bunuh diri. Beruntung ia berhasil diselamatkan, tapi kejadian tersebut terus diulangi dan ayahnya memutuskan untuk menyuntikan obat khusus agar putrinya tertidur kembali.

Trailer Yong Pal

13. Doctor Stranger (2014)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via asianwiki.com

Selanjutnya terdapat drama berjudul Doctor Stranger yang dibintangi oleh Lee Jong Suk, Jin Se Yeon, Park Hae Jin, dan Kang Sora.

Saat masih kecil, Park Hoon dan ayahnya Park Vheol diperdaya dan dikirim ke Korea Utara. Di Korea Utara , Park Hoon dilatih untuk menjadi dokter oleh ayahnya yang sudah menjadi dokter terkenal. Park Hoon pun menjadi seorang ahli bedah torakalis jenius setelah bersekolah di sekolah kedokteran di Korea Utara.

Park Hoon juga jatuh cinta pada Song Jae Hee, setelah kematian ayahnya Park Hoon berencana untuk melarikan diri ke Korea Selatan bersama Jae Hee. Namun Park Hoon hilang kontak dengan Jae Hee dan pada akhirnya dirinya pergi ke Korea Selatan sendiri sambil mencari Jae Hee.

Di Korea Selatan, Park Hoon mulai bekerja sebagai dokter di sebuah rumah sakit kelas atas yaitu Rumah Sakit Universitas Myungwoo. Disini ia bertemu dengan seorang gadis yang terlihat persis seperti Jae Hee.

Trailer Doctor Stranger

14. Emergency Couple (2014)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via mydramalist.com

Dibalut dengan komedi romantis, drakor Emergency Couple ini tak boleh ketinggalan. Emergency Couple ini mengisahkan tentang Oh Changmin dan Oh Jin Hee yang memutuskan untuk menikah muda. Kehidupan pernikahan mereka pun tidak mudah, mereka kerap bertengkar dan memutuskan untuk bercerai.

Setelah bercerai, Oh Jin Hee menjadi mahasiswa kedokteran dan kini bekerja sebagai dokter magang di sebuah rumah sakit. Changmin juga lulus dari sekolah kedokteran dan mulai bekerja sebagai pemagang di sebuah rumah sakit. Pada sutu hari, mereka berdua bertemu di ruang gawat darurat rumah sakit tempat mereka berdua bekerja.

Apakah mereka akan rujuk kembali karena pastinya akan bertemu terus? Atau memutuskan untuk berjalan di jalan hidup masing-masing?

Trailer Emergency Couple

15. Good Doctor (2013)

Drama Korea Tentang Dokter Terbaik

photo via asianwiki.com

Terakhir, meskipun drama ini sudah cukup lama tapi sampai saat ini masih menarik untuk di simak. Diceritakan Park Shi On adalah seorang pria dengan autistic savant yang memiliki kejeniusan dalam bidang kedokteran. Namun karena memiliki mental yang setara dengan anak usia 10 tahun, banyak pihak yang meragukan kemampuannya.

Pada akhirnya ia pun diberikan waktu selama 6 bulan oleh sebuah rumah sakit untuk membuktikan keahliannya sebagai Dokter khusus bedah anak-anak.

Dimasa itu, Park Shi On mendapatkan banyak hal yang mengubah dirinya. Ia mengerti jika menjadi seorang dokter bukan hanya sekedar mengoperasi pasien atau menyembuhkan pasien saja. Namun juga tentang kerja sama dan membangun hubungan baik dengan orang-orang di dalam rumah sakit.

Drakor ini menekankan bagaimana tekanan yang dirasakan para dokter ketika mengemban tugas beratnya untuk menyelamatkan hidup pasien termasuk anak-anak kecil.

Trailer Good Doctor

https://www.youtube.com/watch?v=m8yI8KQGwKg

 

Bagaimana deretan drama Korea tentang dokter terbaik dengan rating tertinggi diatas menarik-menarik bukan? Dengan menonton drakor bergenre medis ini, wawasan kita tentunya bertambah tentang istilah-istilah medis dan perjuangan tenaga medis demi menyelamatkan nyawa pasiennya.

0
Artikel Terkait