Deretan Pantai Indonesia Yang Keindahannya Tak Kalah Dari Maldives

5 hari lalu

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Ora

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Keindahan alamnya ini pun terbentang dari Sabang hingga Merauke dan salah satu keindahan alamnya yang sangat menarik yaitu pantai. Semua pastinya tahu, jika Indonesia memiliki puluhan pantai yang indah-indah. Pantai yang indah ini tidak hanya menjadi daya tarik untuk para wisatawan lokal saja, namun para wisatawan mancanegara pun sangat tertarik untuk berkunjung dan menikmati keindahannya. Selain Indonesia, tenyata ada salah satu tempat yang menyajikan pemandangan pantai yang indah yaitu Maldives. Maldives adalah salah satu tempat liburan yang didambakan oleh banyak orang, pantai di Maldives memiliki air yang biru jernih dengan pasir yang putih. Tentunya pemandangan satu ini sangat diidam-idamkan banyak orang, namun tahukah kamu? Ternyata di Indonesia juga terdapat pantai-pantai yang keindahannya tak kalah dari Maldives. Nah, berikut ini deretan pantai Indonesia dengan keindahan yang tak kalah dari Maldives

1. Pantai Nihiwatu – Sumba, Nusa Tenggara Timur

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Nihiwatu

Photo via doggydna.info

Pantai Nihiwatu adalah salah satu pantai terindah di Nusa Tenggara Timur tepatnya di wilayah Sumba Barat, pantai ini juga masuk kedalam 100 pantai terbaik di dunia. Pantai Nihiwatu ini memiliki ombak yang besar sehingga menjadi salah satu tujuan para surfer atau peselancar kelas dunia. Namun sayang untuk menikmati keindahan dan kedahsyatan ombak pantai ini tidak sembarangan orang dapat melakukannya termasuk orang Sumba sendiri. Pantai ini memang menjadi salah satu pantai yang memiliki sifat privasi bagi kalangan tertentu karena pantai ini dikelola oleh sebuah resort internasional yang bernama Resort Nihiwatu. Maka dari itu pantainya tidak bisa dimasuki sembarangan orang, hanya tamu saja yang diperbolehkan memasukinya.

2. Pantai Ora – Maluku Tengah

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Ora

Photo via backpackerjakarta.com

Pantai Ora adalah pantai yang terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Pantai Ora ini memiliki pasir yang berwarna putih dan air yang sangat jernih. Saking jernihnya kamu bisa melihat terumbu karang, ikan dan aneka biota laut lainnya. Selain itu, Pantai Ora ini memiliki resort penginapan yang terapung di pantai dan mirip dengan yang ada di Maldives. Disini kamu bisa melakukan beragam aktifitas yang menyenangkan mulai dari snorkeling, berenang, kuliner dan lainnya.

3. Pantai Pink – Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Pink

Photo via instagram.com/hendrickhartono

Pantai Pink adalah salah satu pantai yang berwarna merah muda di Indonesia, pantai ini memiliki pasir yang berwarna merah muda yang cantik. Pantai ini berada dikawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur dan pantai ini salah satu dari 7 pantai berpasir merah muda di dunia. Di pantai ini terdapat bukit memanjang dari ujung pantai ke ujung lainnya sehingga pemandangannya semakin indah. Di pink beach ini kita juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti snorkeling dan diving.

4. Pantai Sawarna – Banten

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Sawarna

Photo via pantainesia.com

Pantai Sawarna adalah salah satu pantai yang ada dikawasan Banten, pantai ini memiliki satu goa dan tujuh pantai dengan panorama alam yang berbeda-beda. Pantai ini berada disebuah desa pinggir pantai yang ada di kecamatan Lebak, Banten. Jika kamu ingin mengetahui tentang pantai Sawarna ini ada baiknya kamu menyewa seorang pemandu wisata, dimana pemandu ini adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai Sawarna. Keuntungan jika kalian menyewa seorang pemandu yaitu selain mendapat informasi tentang pantai kalian juga tidak akan kesasar disini. Selain itu, kamu juga terhindar dari pungutan-pungutan liar yang biasanya sering ditemukan di tempat wisata.

5. Pantai Nemberala – Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Nemberala

Photo via rentalmobilkupangross.com

Pantai Nemberala adalah pantai yang berada d Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang keindahannya tak kalah dari Maldives. Pantai ini dikenal memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan airnya yang biru jernih. Tak lengkap rasanya jika kesini tanpa mencoba beragam aktifitas air seperti berselanjar, berenang, memancing dan lainnya. Disini kegiatan memancing menjadi salah satu kegiatan paling populer karena memang pantai ini memiliki spesies ikan yang banyak.

6. Pantai Karimun Jawa – Jawa Tengah

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Karimun Jawa

Photo via sewabuspariwisatajogja757609839.wordpress.com

Pantai Karimunjawa adalah salah satu pantai di Indonesia yang memiliki keindahan yang tak kalah dari Maldives. Pantai ini terletak di kota Jepara, Jawa Tengah. Pantai Karimun Jawa ini memiliki pasir putih yang bersih dan laut yang berwarna biru dengan air yang jernih. Tak hanya itu saja, keindahan pantai karimun jawa ini pun semakin lengkap dengan pemandangan disekitarnya. Kawasan ini juga ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimun Jawa dimana disini terdapat hutan bakau, hutan pantai dan memiliki 400 spesies fauna laut di anatara 242 jenis ikan hias.

7. Pantai Suluban – Uluwatu, Bali

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Suluban

Photo via flickr.com/diegodemunari

Pantai Suluban adalah salah satu pantai terindah di Bali dimana pantai ini memiliki tebing yang terjal dan memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk para peselancar. Pantai ini juga memiliki nama lain yaitu Pantai Blue Point, nama ini diberikan karena lokasi pantainya terdapat disebuah hotel yang terletak diatas bukit. Tentunya untuk mencapai bibir pantai, para pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 200 meter dari area parkiran dengan menuruni anak tangga. Ketika sampai kamu akan disuguhi dengan pemandangan di dalam gua karang, saat air sedang pasang maka air laut tersebut akan memasuki gua.

8. Pantai Tanjung Kelayang – Bangka Belitung

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Tanjung Kelayang

Photo via agoda.com

Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung, dimana lokasinya ini berada di Kecamatan Sijuk. Pantai ini dikenal memiliki puluhan batu granit raksasa yang bentuknya mirip dengan kepala burung garuda. Pantai ini juga pernah dijadikan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi dan tidak jauh dari pantai ini terdapat Pulau Lengkyas yang memiliki mercusuar.

9. Pantai Derawan – Kalimantan Timur

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Derawan

Photo via travelingyuk.com

Pantai Derawan adalah pantai yang berada di Kalimantan Timur dimana pantai ini menjadi salah satu objek wisata terindah. Pantai ini memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa sehingga tak heran jika pantai ini menjadi pantai favorit di Kalimantan Timur. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dengan ombak yang cukup tenang sehingga cocok untuk kegiatan snorkeling. Di pantai ini ada banyak sekali biota laut seperti terumbu karang, ubur-ubur, penyu hijau dan lainnya.

10. Pantai Teluk Triton – Papua Barat

Pantai Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dari Maldives - Pantai Teluk Triton

Photo via majalahbandara.com

Banyak yang tahu jika Papua memili keindahan alam dari Raja Ampat-nya, namu tahukah kamu ternyata masih ada tempat lainnya yang tak kalah indahnya salah satunya yaitu pantai di Teluk Triton, Kaimana, Papua Barat. Disini terdapat pohon-pohon yang subur diatas gugusan pulau-pulau karang dan air yang jernih dan ada beberapa wilayah perairan yang dangkal. Disini kita bisa melihat terumbu karang yang beraneka warna.

Nah itulah beberapa deretan pantai di Indonesia yang keindahannya tak kalah dari Maldives. Buat kamu yang ingin merasakan berlibur ke Maldives tak ada salahnya kamu pergi liburan ke pantai-pantai diatas. Selain menghemat biaya kamu juga tidak akan menyesal setelah datang ke tempat-tempat tersebut.

Baca Juga