Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis Yang Nyaman Dan Asri

Dibuat oleh blogunik

Desain rumah bernuansa tropis tak pernah sepi peminat. Terutama di negara-negara beriklim tropis seperti Tanah Air kita ini. Selain nyaman, rumah bergaya tropis memungkinkan penghuni untuk mendapat pencahayaan alami. Bersyukurlah kamu tinggal dan memiliki rumah di Indonesia, karena sebenarnya kamu diberikan banyak keuntungan dengan iklim tropis seperti di Indonesia ini.

Salah satunya, kamu bisa membuat desain rumah tropis yang nyaman dan estetis. Dengan memanfaatkan elemen alam, seperti tanaman, pencahayaan alami dari sinar matahari, dan penggunaan perabotan yang mendukung, kamu bisa menciptakan rumah bergaya tropis yang tidak hanya cantik dilihat saja, tapi juga efektif untuk menangkal udara panas.

Nah buat kamu yang berencana untuk membangun rumah atau mendecor ulang rumah kamu, berikut kami siapkan beberapa inspirasi desain rumah bernuansa tropis yang nyaman dan asri dan bisa kamu jadikan sebagai referensi. So let’s check it out guys!

17 Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

1. Rumah tropis minimalis yang menonjolkan elemen alam

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via lushpalm.com

Inspirasi desain rumah bergaya tropis yang bisa kamu jadikan referensi salah satunya adalah dengan menonjolkan elemen alam pada desain rumah kamu. Kamu bisa menggunakan material kayu pada kusen jendela dan pintu hingga menggunakan plafon kayu. Tak hanya itu, pastikan juga kamu memiliki taman dengan tanaman-tanaman tropis sehingga membuat rumah kamu terasa nyaman dan asri.

2. Rumah tropis dengan pemilihan warna cerah

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via chavesnamao.com.br

Jika ingin memiliki rumah bernuansa tropis namun terlihat bersih dan minimalis, kamu bisa memilih warna cerah seperti putih untuk cat rumah kamu. Pemilihan warna cerah memang tepat untuk memaksimalkan kesan terang dan luas, apalagi bila ukuran rumah kamu tergolong mungil. Warna-warna cerah tersebut juga akan mempermudah kamu memilih warna furniture yang tepat untuk menampilkan kesan serasi. Sedangkan warna cerah untuk tampilan luar rumah akan sangat serasi dengan taman hijau yang kamu miliki. Rumahpun akan memiliki nuansa tropis yang menenangkan.

3. Konsep terbuka dengan kolam renang dalam rumah tropis modern

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via balihomevilla.wordpress.com

Untuk membuat hunian yang nyaman dengan nuansa tropis, kamu bisa menggunakan konsep ruangan terbuka. Konsep ruangan terbuka layaknya villa ini bisa menyiasati udara yang panas didalam rumah, sehingga meminimalisir penggunaan AC. Selain itu, desain rumah tropis juga akan terlihat nyaman dengan adanya taman yang asri dan kolam renang.

4. Desain rumah modern dengan tanaman tropis

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via archdaily.com

Untuk memberikan unsur alam pada rumah kamu yang full beton dan baja, kamu bisa menyisakan sedikit tempat untuk menanam beberapa tanaman tropis dan juga tanaman rambat di lantai dua. Tanaman rambat akan membuat hunian kamu yang kaku terlihat lebih hidup. Kamu juga memiliki model pintu dan jendela kaca yang lebar, sehingga bukaan rumah kamu lebih maksimal. Dengan begitu, kamu bisa memiliki rumah modern dengan nuansa tropis yang nyaman dan asri.

5. Desain rumah minimalis modern bernuansa tropis yang memaksimalkan pencahayaan alami

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via thedesignfiles.net

Salah satu ciri khas rumah tropis modern adalah identik dengan jumlah jendela yang cukup banyak dan berukuran sedang. Namun buat kamu yang tidak ingin memiliki jendela yang banyak, kamu bisa membuat bukaan yang lebar untuk memaksimalkan cahaya alam yang masuk. Selain itu, kamu juga bisa membuat rumah kamu semakin estetis, dengan elemen alam seperti kisi-kisi kayu. Lantai dan deck kayu di bagian luar rumah yang dikelilingi tanaman juga memaksimalkan nuansa tropis pada rumah kamu.

6. Desain rumah tropis dengan pohon besar didalamnya

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via amazingarchitecture.com

Jika kamu ingin memiliki hunian tropis yang unik, kamu bisa membangun rumah tanpa memindahkan pohon yang ada diarea tempat kamu membangun rumah. Kamu bisa memasukkan pohon tersebut ke dalam bagian desain rumah. Selain membuatnya terlihat unik, hal ini juga membuat rumah kamu terasa asri dan kesan tropis dapat terasa. Hanya saja kamu harus memastikan untuk memberikan perawatan rutin pada pohon tersebut.

7. Desain rumah tropis yang selaras dengan alam dan terasa hangat

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via architecturephoto.net

Selain bangunan rumah, pastikan juga interior dari rumah kamu dilengkapi berbagai furnitur dan perabot dengan material yang juga bersahabat dengan iklim tropis. Salah satunya dengan material kayu. Unsur kayu tak hanya memberikan kesan yang menyejukkan tapi juga mampu memberikan kesan yang hangat dan nyaman pada hunian kamu. Padukan dengan beberapa tanaman hias tropis maka kamu kamu mendapatkan interior rumah tropis yang menenangkan dan bernuansa hangat.

8. Desain rumah yang memadukan nuansa tropis dan konsep mediterania

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via stylecurator.com.au

Selanjutnya kamu bisa memadukan nuansa tropis dengan konsep rumah mediterania untuk mendapatkan desain rumah yang stunning. Kamu bisa memilih warna putih yang cerah yang dipadukan dengan elemen kayu yang menjadi salah satu ciri khas rumah mediterania modern. Tak hanya itu, untuk menambah kesan asri sekaligus estetis, kamu bisa menanap pohon palem dan kamboja didepan rumah ataupun dipekarangan rumah kamu.

9. Desain rumah tropis yang rimbun dengan arsitektur industri modern

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via homeanddecor.com.sg

Ingin rumah seperti resor di Bali? Kamu bisa meniru desain rumah seperti gambar diatas. Desain hunian ini memberikan tampilan tropis yang lebih kontemporer. Untuk memberikan kesan yang menyejukkan, kamu bisa menyiasatinya dengan menghadirkan tanaman rambat di rumah tropis modern untuk menghalangi sinar matahari. Desain rumah tropis sejuk tidak hanya membuat rumah terlihat asri dengan kehadiran tanaman, namun juga lebih sejuk.

10. Desain rumah dengan taman tropis yang asri

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via homedcorhub.com

Rumah biasapun bisa kamu sulap menjadi lebih menyejukkan dan bernuansa tropis dengan menghadirkan taman tropis yang asri. Konsep taman tropis hadir melalui kombinasi unsur bebatuan, semak dan pepohonan. Selain itu, desain rumah tropis modern ini memanfaatkan pencahayaan dengan bias kekuningan yang memberikan kesan hangat pada hunian sehingga sangat ideal untuk dijadikan tempat bersantai saat sore hari.

11. Desain rumah bernuansa tropis dengan vertical garden

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via casavogue.globo.com

Buat kamu yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat teras ataupun halaman depan untuk menanam pepohonan, kamu bisa menyiasatinya dengan menanam vertical garden pada dinding rumah kamu. Jika tak ada pohon untuk meminimalisir debu yang masuk, maka vertical garden ini bisa menjadi alternatif yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa memasang kisi-kisi kayu untuk meminimalisir debu yang masuk, terutama jika rumah kamu berada tepat dipinggir jalan. Perpaduan elemen kayu dan vertical garden akan membuat rumah kamu tampak asri dan nuansa tropis sangat terasa.

Keberadaan jendela pada rumah tropis penting untuk memaksimalkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara dalam ruangan. Itulah sebabnya desain khas rumah tropis modern identik dengan jumlah jendela yang cukup banyak dan berukuran sedang ataupun bukaan yang lebar, terutama bila rumah kamu memiliki halaman hijau yang asri.

12. Desain rumah tropis dengan menempatkan tumbuhan tropis di dalam ruangan

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via historiasdecasa.com.br

Jika ingin menghadirkan nuansa tropis didalam rumah, jangan ragu menempatkan berbagai tanaman didalam rumah. Para desainer interior biasanya memasukkan unsur ini ke dalam rumah sebagai dekorasi dan juga bagian dari menghadirkan unsur rumah tropis modern.

13. Desain rumah tropis dengan memasukkan elemen air dalam taman

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via guzarchitects.com

Rumah bernuansa tropis akan lebih terasa menenangkan jika kamu menghadirkan unsur air kedalamnya. Kamu bisa membuat kolam ikan yang ukurannya disesuaikan dengan luas taman rumah kamu. Kolam ikan bisa menjadi salah satu elemen yang bisa dimasukkan ke dalam desain rumah tropis agar lebih sejuk.

14. Desain rumah tropis berwarna putih dengan dinding roster

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via zoom.arq.br

Buat kamu yang memiliki lahan sedikit untuk taman, kamu bisa mendesain hunian kamu dengan taman mini seperti gambar diatas. Buat rumah terasa nyaman dan hangat dengan deck kayu tepat disamping taman mini kamu. Area tersebut bisa kamu gunakan sebagai tempat minum kopi ataupun teh di pagi maupun sore hari.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendominasi rumah kamu dengan warna putih dengan kaca yang lebar. Menghadirkan dinding roster pada hunian juga dapat menyiasati udara panas. Desain rumah modern tropis ini bisa sejuk karena udara dan juga sinar matahari bisa masuk dengan mudah.

15. Desain rumah tropis dengan view persawahan dan kolam renang

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via behance.net

Untuk tampilan belakang rumah kamu, kamu bisa membuat kolam renang yang dikelilingi dengan deck kayu dan taman yang hijau lengkap dengan pohon palem, kamboja hingga pohon kelapa yang membuat hunian kamu terlihat semakin tropis. Bila memungkinkan, kamu bisa membangun rumah dengan view persawahan yang asri, sehingga kamu bisa memiliki hunian dengan nuansa layaknya villa di Bali.

16. Desain rumah modern minimalis bergaya tropis

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via bluprint.onemega.com

Desain rumah bernuansa tropis berikutnya yang bisa kamu jadikan referensi adalah desain rumah dengan menonjolkan dinding kaca serta plavon kayu. Desain rumah ini juga dikelilingan dengan rumput dan taman hijau yang penuh dengan tanaman tropis. Ada pula kolam renang yang seakan menambah nuansa tropis pada hunian satu ini.

17. Desain rumah dengan entrance yang kental dengan nuansa tropis

Inspirasi Desain Rumah Bernuansa Tropis

photo via tuacasa.com.br

Entrance adalah salah satu bagian rumah yang paling penting. Karena ini adalah tempat keluar masuk penghuni rumah dan tamu mereka. Jadi nggak salah mendesain entrance agar terlihat indah dan juga asri. Pada jalan entrance, kamu bisa mengaplikasikan deck kayu alih-alih memasang paving. Selain itu, kamu juga bisa menanam tanaman tropis di bagian samping jalan entrance untuk memberikan nuansa tropis yang kental. Tampak depan rumah kamu akan menjadi oin plus pada hunian kamu.

Itu dia beberapa inspirasi desain rumah bernuansa tropis yang nyaman dan asri, yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam membangun rumah impian. Bagaimana menurut kalian?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.