Inspirasi Desain Teras Rumah Kecil

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Yuk intip beberapa contoh desain teras rumah kecil minimalis dan cantik yang pastinya bisa dijadikan inspirasi dalam mempercantik eksterior rumah kamu.

Teras sendiri merupakan ruang peralihan dari area luar menuju ruang dalam atau sebaliknya, dimana teras ini biasanya dinaungi atap dengan satu atau dua dinding. Teras pada umumnya terletak di depan rumah, namun ada juga teras yang berada di samping dan dibelakang rumah.

Teras depan rumah menjadi bagian dari fasad yang biasanya dianggap sebagai wajah dari sebuah rumah. Teras depan rumah ini biasanya digunakan sebagai ruang penerima tamu atau area tunggu sebelum tamu dipersilakan masuk. Sementara itu, teras samping maupun belakang biasanya digunakan sebagai tempat bersantai dan berkumpul keluarga.

Karena fungsinya tersebut, nggak heran jika banyak orang yang ingin memiliki teras rumah yang cantik sekaligus nyaman untuk bersantai. Namun terkadang keinginan tersebut terhalang oleh lahan yang terbatas. Tapi kamu nggak perlu khawatir, sebab rumah yang kecilpun bisa memiliki teras rumah yang cantik dan minimalis.

Bila kamu ingin memiliki teras rumah yang cantik dilahan yang kecil, berikut ada beberapa contoh desain teras rumah kecil yang bisa kamu jadikan inspirasi. So let’s check it out guys!

1. Teras kecil dengan konsep modern minimalis

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via livingaftermidnite.com

Buat kamu yang memiliki rumah yang kecil, kamu bisa menjadikan teras depan kamu sebagai ruang tamu outdoor yang minimalis. Kamu bisa memasang lantai kayu dan menambahkan atap atau kanopi baja hita. Lengkapi juga teras kamu dengan kursi atau sofa dengan tema yang senada dengan teras. Ini akan membuat teras depan kamu terlihat minimalis tapi juga modern.

2. Desain teras kecil dengan bebatuan

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via h5.m.jd.com

Untuk memberikan kesan yang estetik, kamu juga bisa memanfaatkan kerikil untuk memenuhi teras rumah kamu. Tambahkan juga beberapa batu besar dan tile kayu untuk jalan setapak. Untuk menambahkan tempat bersantai di teras, kamu juga bisa menambahkan decking tile kayu dengan lebar menyesuaikan dengan luas teras rumah kamu. Jangan lupa menambahkan beberapa pot tanaman hias agar teras menjadi lebih estetik.

3. Desain teras samping yang adem

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via ginggaanbai.com

Ada lahan kosong di bagian samping rumah, juga bisa dijadikan teras yang cozy dan adem untuk bersantai. Kamu bisa memasang deck kayu dan tempatkan sofa dan meja outdoor di teras tersebut. Jangan lupa juga menanam beberapa tanaman peneduh agar saat nongkrong kamu bisa merasa adem. Teras samping ini juga biasanya menjadi akses ke depan rumah, sehingga kamu bisa menambahkan pagar agar teras samping menjadi lebih privasi.

4. Teras depan bernuansa putih dengan tanaman hias

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via homeshabby.com

Jika kamu memiliki teras yang kecil, kamu tidak perlu menambahkan furniture seperti meja ataupun sofa, kamu cukup membuat tampilannya menjadi cantik dengan menghiasnya dengan berbagai jenis tanaman hias dalam pot kesukaan kamu. Apalagi jika kamu memiliki tampilan luar rumah berwarna putih, maka akan memberikan kesan yang minimalis namun cantik.

5. Desain teras rumah dengan konsep Santorini

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via twitter.com/rumahidaman__

Kamu juga bisa meniru konsep bangunan di Santorini dengan membuat teras berlantaikan batu alam yang disusun acak. Dominasi warna putih serta pemanbahan tanaman kaktus semakin menambah kesan daerah tropis seperti Santorini. Dengan desain teras seperti ini, kamu tidak perlu mengajak tamu untuk masuk ke dalam rumah karena teras kamu sudah sangat kece dan nyaman untuk tempat nongkrong.

6. Teras rumah klasik dengan tanaman hias

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via apartmenttherapy.com

Jika kalian memiliki rumah tipe klasik, kamu juga bisa membuat terasmu menjadi lebih menarik dengan menambahkan beberapa jenis tanaman hias dalam pot baik di gantung ataupun di tempatkan di beberapa sudut teras. Tambahkan juga sepasang kursi kayu dan meja untuk bersantai menikmati secangkir kopi ataupun untuk tempat mengobrol dengan tetangga ataupun tamu.

7. Desain teras minimalis dengan dek kayu

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via helloshabby.com

Hampir mirip dengan desain teras rumah sebelumnya yang klasik, namun kali ini kamu bisa menambahkan deck kayu di teras rumah kamu yang sederhana agar terlihat lebih cozy. Nuansa coklat yang diberikan oleh elemen kayu akan membuat teras rumah kamu menjadi lebih hangat dan cocok untuk tempat kumpul bareng keluarga.

8. Desain teras yang berfungsi sebagai ruang tamu

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via pinterest.com/702interiors_

Jika rumah kamu terlalu kecil untuk memiliki ruang tamu, maka kamu bisa memanfaatkan teras depan rumah atau garasi motor kamu sebagai ruang tamu. Ini akan menjadi teras serba guna yang bisa digunakan untuk menerima tamu, sebagai tempat nongkrong bahkan sebagai parkir sepeda motor kamu. Cukup pastikan teras kamu memiliki atap dan dinding untuk menjaga privasi, namun pastikan tetap ada bagian yang terbuka agar udara dan cahaya matahari tetap bisa masuk.

9. Desain teras rumah kecil yang sederhana namun cantik

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via pinterest.com/DecorProz

Menambahkan furniture yang minimalis dan beberapa tanaman hias baik yang digantung ataupun ditempatkan di sudut-sudut yang tepat akan membuat tampilan teras yang sederhana menjadi lebih cantik dan estetik. Hanya saja kamu harus memperhatikan warna dari teras kamu, jangan sampai mencampur berbagai warna yang kontras sehingga membuat tampilan teras menjadi tidak rapi.

10. Desain teras rumah kecil yang simple tapi asri

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via homeshabby.com

Memiliki teras rumah dengan unfinish look memang menjadi tantangan tersendiri. Jika kamu salah menata tampak depan rumah kamu, maka teras kamu akan terlihat kurang bagus dan nampak mati. Maka dari itu, untuk memberikan kesan yang lebih hidup, kamu bisa menambahkan beberapa elemen alam pada teras rumah kamu. Mulai dari tanaman hias dalam pot, kerikil hias untuk menutupi dasar taman, hingga elemen kayu atau bambu untuk membuatnya terlihat lebih asri dan adem.

11. Teras rumah dengan tema taman bunga

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via kibrispdr.org

Teras rumah yang kecil juga bisa kamu jadikan taman bunga yang cantik. Kamu hanya membutuhkan rak tanaman hias dan tempatkan di sisi-sisi teras. Pilih juga jenis tanaman hias yang cantik dan tidak memiliki daun yang besar, ketika tanaman hias kamu berbunga, maka teras kamu akan terlihat estetik. Perhatikan juga warna dinding teras kamu, warna coklat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan kesan alami.

12. Teras kecil dengan taman bunga yang indah

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via bhg.com

Dari gerbang rumah menuju teras juga bisa kamu hadirkan jalan setapak yang terbuat dari bata merah. Dipinggir jalan setapak, kamu bisa membuat taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang indah. Teras rumah yang kecil akan menjadi lebih menarik dengan beberapa tanaman hias.

13. Desain teras rumah kecil bernuansa pastel

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via homeshabby.com

Bagi kamu penyuka warna-warna pastel, kamu juga bisa mengaplikasikan warna yang kamu suka pada teras rumah kamu yang kecil. Mulai dari cat dinding, hingga pemilihan furniture dan dekorasi teras yang semuanya berwarna pastel. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias untuk memberikan kesan yang lebih hidup pada teras rumah kamu.

14. Desain teras rumah kecil yang minimalis

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via historiasdecasa.com.br

Agar membuat teras menjadi lebih estetik namun tidak berlebihan, kamu bisa mengaplikasikan tegel dengan motif yang unik dan minimalis sebagai point utama di teras kamu. Selanjutnya hadirkan elemen alam seperti beberapa tanaman penyejuk dan kerikil untuk menutupi bagian tanah yang tersisa. Dengan begitu rumput liar tidak akan tumbuh dan mengganggu penampilan teras rumah kamu yang cantik. Sebagai tempat nongkrong di rumah, kamu juga bisa menambahkan kursi dan meja outdoor dengan ukuran yang menyesuaikan dengan ukuran teras kamu.

15. Desain teras belakang rumah yang simple

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via adamwiseman.photoshelter.com

Hampir mirip dengan desain teras sebelumnya, namun kali ini kamu bisa menggunakan tegel dengan pemasangan yang acak sehingga menciptakn motif tertentu yang unik. Menambahkan beberapa kursi, sofa dan meja outdoor juga akan menjadikan teras belakang rumah kamu menjadi tempat yang paling asik untuk kumpul di rumah.

16. Teras belakang rumah dengan kolam renang

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via decorpad.com

Teras belakang rumah juga bisa menjadi area kolam renang sekaligus tempat berkumpul bareng keluarga. Dominasi teras dengan warna putih dan tambahkan sedikit tanaman hias agar terkesan lebih hidup. Teras dengan kolam renang akan tampak menarik meskipun sederhana.

17. Desain teras minimalis modern

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via design-milk.com

Desain teras rumah seperti gambar diatas juga bisa kamu terapkan di teras depan ataupun teras belakang rumah kamu. Bangun tempat dudukan dari semen dan beri alas kayu dan tambahkan beberapa sofa outdoor untuk memermanis tampilan teras. Kamu juga bisa membuat taman yang agak tinggi mengelilingi teras agar terlihat lebih asri.

18. Desain teras simple dengan outdoor sofa dan tanaman hias dalam pot

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via the-diy-life.com

Bila dinding teras kamu sudah memiliki aksen yang menarik, kamu tidak perlu memberikan dekorasi berlebih. Cukup tambahkan beberapa tanaman hias dalam pot di beberapa sudut teras rumah kecil. Namun kamu bisa memiliki model pot yang menarik namun simple. Bila perlu, kamu juga bisa menambahkan outdoor sofa agar tamu bisa menunggu dengan nyaman sebelum dipersilahkan masuk.

19. Desain teras rumah minimalis dengan elemen alam

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via homify.com.br

Desain teras rumah yang minimalis ini juga bisa ditiru, khususnya buat kamu yang memiliki tampilan depan rumah yang didominasi dengan elemen alam, seperti pintu, jendela dan lantai teras dari kayu, hingga dinding yang dilapisi dengan batu alam. Tak perlu dekorasi yang berlebih, cukup tambahkan sedikit tanaman hias dan kursi outdoor. Dengan begitu, teras rumah kamu akan menjadi lebih cantik.

20. Desain teras untuk rumah minimalis modern

Inspirasi Teras Rumah Kecil

photo via houseandgardenlover.com

Teras rumah yang simple ini juga bisa kamu jadikan inspirasi. Pada bagian depan pintu masuk rumah, kamu tidak perlu menambahkan furnitur ataupun dekorasi apapun. Cukup satu jenis tanaman hias kaktus yang bisa membuat teras menjadi lebih menarik. Namun desain ini umumnya cocok untuk kamu yang memiliki pintu depan yang terbuat dari kaca.

Nah itu dia beberapa contoh desain teras rumah kecil yang bisa kamu jadikan inspirasi. Memiliki teras yang cantik memang menjadi impian setiap orang, jadi jangan biarkan lahan yang terbatas menghalangi kamu untuk memiliki teras rumah impian kamu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *