Drama Korea Bertema Detektif Dengan Rating Tertinggi

Drama Korea Bertema Detektif

Tak bisa dipungkiri lagi, jika saat ini drama Korea banyak digemari oleh orang-orang. Hal ini tak lain karena memiliki beragam genre mulai dari komedi, horor, thriller, action, romance dan detektif. Tak hanya memiliki genre yang bervariasi, drama Korea juga dikenal memiliki jalan cerita yang tidak membosankan. Salah satu genre drama Korea yang wajib kamu tonton yaitu drama Korea genre detektif.

Dimana drama Korea genre ini menyuguhkan alur cerita yang penuh dengan teka-teki serta dengan berbagai macam kasus yang dikemas dengan rapi. Selain itu, para artisnya pun terlihat sangat menjiwai perannya sehingga mampu membuat para penontonnya terbawa suasana. Nah kira-kira dari sekian banyak drama Korea bertema detektif, mana saja sih yang menarik? Berikut ini ini daftar drama Korea bertema detektif dengan rating tertinggi

1. You’re All Surrounded (2014)

You’re All Surrounded adalah salah satu judul drama Korea yang bertema detektif. Drakor ini dibintangi oleh Lee Seung Gi, Cha Seung Won, Go A Ra dan lainnya. Drakor ini menceritakan tentang 4 detektif pemula berusia dua puluhan yang bertugas di kantor polisi di Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Keempat detektif ini adalah Eun Dae Koo (Lee Seung Gi), Eo Soo Sun (Go Ara), Park Tae II (Ahn Jae Hyun) dan Ji Kook.

Ke empat detektif ini tiba di Kantor polisi Gangnam untuk hari pertama mereka bekerja. Namun tak satu pun dari mereka yang bermimpi menjadi seorang detektif. Kemudian mereka bertemu Seon Pan Seok (Cha Seung Won) untuk pertama kalinya, ia adalah Kepala Penyelidik untuk tim #3. Para detektif muda ini ditugaskan untuk menumpas kejahatan disebuah distrik rawan tindakan kriminal yang berada di kawasan elit Gangnam. Drakor ini memiliki 20 episode yang patut kamu tonton.

2. Signal (2016)

Buat kalian yang pernah mendengar tentang kasus pembunuhan berantai di Hwaseong, kalian wajib menonton drama satu ini. Drakor bertema detektif ini terinspirasi dari kasus pembunuhan berantai Hwaseong tersebut. Berawal dari sebuah walkie talkie milik seorang polisi bernama Lee Jae Han (Cho Jin Woong) yang hidup di jaman berbeda, seorang polisi profiler bernama Park Hae Yeong (Lee Je Hoon) berhasil mengungkap sebuah kasus pembunuhan yang terjadi 15 tahun yang lalu. Kasus ini adalah kasus yang dialami oleh Park Hae Young ketika ia masih kecil, meskipun ia seorang polisi ia tidak mempercayai polisi karena pengalaman masa lalunya itu.

Kembali pada tahun 2000, ketika Hae Young masih di sekolah dasar teman sekelasnya Yoon Jung diculik dan kemudian ditemukan tewas. Hae Young melihat seorang wanita mengambil Yoon Jung dari sekolah pada hari itu, namun polisi mengumumkan bahwa tersangka adalah seorang pria. Hae Young bahkan pergi ke kantor polisi dan memberi tahu polisi jika ia melihat penculik itu adalah wanita. Tapi petugas polisi tidak memperhatikannya, pembunuhnya pun tidak pernah tertangkap dan kasusnya tetap tidak terpecahkan hingga hari ini. Lalu bagaimana kisah selanjutnya? Kalian bisa menyaksikannya sendiri.

3. Criminal Minds (2017)

Drama Korea bertema detektif ini merupakan adaptasi dari serial TV Amerika dengan judul yang sama. Criminal Minds ini merupakan drama Korea bertema detektif yang menceritakan kisah tentang anggota khusus bagian investigasi kriminal (NCI) yang berupaya untuk mengungkapkan kasus-kasus.

Penyelidikan kasus ini berfokus pada profiling seperti mempelajari sifat, pola, motif dan kecenderungan pelaku dari bukti-bukti yang ada. Drama ini dibintangi oleh sederet artis seperti Lee Joon Ki, Moon Chae Woon, Son Hyun Joo, Yoo Sun, Lee Sun Bin dan lainnya. Drama ini memiliki sekitar 20 episode yang menarik untuk di tonton.

4. Stranger / Secret Forest (2017)

Drama Korea bertema detektif satu ini wajib kamu tonton karena memiliki cerita yang seru serta kamu akan diajak untuk berteka-teki di dalamnya. Drama Stranger ini menceritakan seorang jaksa yang kehilangan emosinya, hal ini karena ketika kecil Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo) pernah melakukan operasi otak. Kini ia berprofesi sebagai jaksa dan satu-satunya jaksa yang tidak korupsi.

Pada suatu hari ia menemukan sesosok mayat di sebuah rumah dan di TKP ia bertemu dengan seorang letnan polisi bernama Han Yeo Jin (Bae Doo Na). Pada akhirnya mereka pun berkerja sama untuk membongkar kasus pembunuhan berantai yang berujung pada kebusukan kantor kejaksaan dan kepolisian ini. Selain itu, drama Korea ini juga memiliki season 2 yang saat ini sedang tayang dengan judul Secret Forest 2.

5. Tunnel (2017)

Tunnel adalah salah satu drama Korea bertema detektif yang terinspirasi dari kisah nyata pembunuhan berantai di Hwaseong. Drama Tunnel ini bercerita tentang seorang detektif bernama Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk) yang bertugas di unit kejahatan berat di kantor polisi Hwayang. Pada tahun 1986 dia sedang bertugas untuk menyelidiki kasus pembunuhan berantai yang menargetkan wanita sebagai korbannya. Korban wanita ini ditandai dengan titik-titik di pergelangan kakinya. Ketika sedang mencoba menangkap pelaku pembunuhan di dalam terowongan tempat ditemukannya salah satu korban. Pelaku itu lepas dan pelaku pun memukul Kwang Ho dengan batu kemudian ia kehilangan kesadarannya.

Ketika sadar ia terlempar 30 tahun di masa depan, Park Kwang Ho pun mengetahui bahwa sang pembunuh masih beraksi dan berkeliaran bebas. Dia percaya kalau perjalanan waktu tersebut terjadi agar dia bisa menumpas kasus pembunuha berantai hingga tuntas. Drama Korea ini pun akan membuatmu penasaran siapa sih dalang dari semua kasus pembunuhan wanita yang begitu banyak selama bertahun-tahun ini.

6. Mad Dog (2017)

Selain Tunnel, drama Korea bertema detektif yang wajib kamu tonton selanjutnya adalah Mad Dog. Drama ini bercerita tentang sebuah tim investigasi yang dibentuk oleh seorang mantan polisi dan seorang peretas. Sebuah kecelakaan pesawat yang menewaskan istri dan anak dari mantan polisi ini menjadi awal mula dari semua kisahnya. Mereka pun memiliki berbagai macam kasus yang selalu membuat penasaran. Kisah mereka juga semakin seru ketika bertemu dengan seseorang yang ternyata memiliki hubungan dengan salah satu korban jatuhnya pesawat.

7. Voice 1, 2, 3 (2017, 2018, 2019)

Jika membicarakan tentang drama Korea bertema detektif tentunya tak lengkap jika tidak membicarakan drama Korea Voice. Drama Voice ini memiliki 3 season yang wajib kamu tonton, Voice season 1 mengisahkan tentang aksi dua detektif Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) dan Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) yang seorang profiler suara lulusan Amerika.

Mereka berdua pun bekerja sama untuk menangkap seorang pembunuh berantai yang membunuh keluarga mereka. Mereka berkerja sama dalam tim pusat panggilan 112 (nomor telepon darurat) untuk menemukan pembunuh keluarga mereka. Lagu bagaimana kelanjutan kisah mereka, mampukah mereka mencari dalang dari pembunuha tersebut?

8. Black (2017)

Buat para penggemar aktor tampan Song Seung Hoen tentunya drama bertema detektif satu ini tidak bisa kamu lewatkan, dimana drama ini berjudul Black. Drama ini bercerita tentang seorang malaikat maut atau yang dikenal sebagai grim reaper. Ia ditugaskan untuk melacak partnernya yang menjadi pelarian dan dalam usahanya ini ia memasuki tubuh seorang detektif polisi bernama Han Moo Gang (Song Seung Heon).

Ia pun berhasil mengungkap kebenaran tentang sebuah pembunuhan berdarah dingin dari 20 tahun yang lalu saat mengejar partnernya tersebut. Menyelidiki pembunuhan membuat tugasnya yang merupakan seorang malaikat kematian menjadi sulit. Hal ini pun semakin sulit ditambah ia juga jatuh cinta dengan seorang perempuan yang bernama Kang Ha Ram (Go A Ra) sehingga membuatnya melanggar peraturan untuk tidak terlibat dengan urusan manusia.

9. Less Than Evil/Bad Detective (2018)

Drama Korea ini merupakan remake dari serial TV asal Inggris yang diperankan oleh Idris Elba berjudul Luther. Tokoh utama dari drama Korea ini adalah Woo Tae Suk ( Shin Ha Kyun) yang merupakan seorang detektif mapan dan berpengalaman. Meskpun ia seorang detektif yang sukses, ia merupakan seorang yang penuh dengan kepahitan dan kesepian.

Selain itu, cara Tae Suk menyelesaikan kasus cukup kontroversial karena caranya terkadang menabrak batasan baik dan jahat. Kemudian secara tidak sengaja Tae Suk bertemu dengan seorang perempuan psikopat bernama Eun Sun Jae (Lee Seol) karena kurang bukti, Sun Jae tak bisa ditangkap.

10. Life on Mars (2018)

Life on Mars adalah drama Korea remake dari serial televisi BBC dengan judul yang sama yaitu Life on Mars. Drama Korea bertema detektif ini dibintangi oleh Jung Kyung Ho, Go Ah Sung, Park Sung Woong dan lainnya. Drama ini menceritakan tentang Hae Tae Joo (Jung Kyung Ho) yang merupakan seorang kepala tim investigasi kejahatan.

Ia memiliki karir yang cemerlang namun pada suatu hari ia mengalami hal aneh. Ketika ia sedang melakukan investigasi sebuah kasus pembunuhan berantai, ia mengalami kecelakaan. Saat terbangun ia menemukan dirinya berada di tahun 1988. Lalu apa yang terjadi selanjutnya? Kalian bisa menontonnya langsung agar tidak penasaran.

11. The Ghost Detective (2018)

Drama Korea satu ini tidak hanya memiliki kisah tentang detektif saja, namun juga memiliki genre horor. Drama ini berkisah tentang seorang detektif swasta bernama Lee Da Il (Choi Daniel) yang berusaha menangani kasus kehilangan anak-anak. Dia bertemu dengan Jung Yeo Wool (Park Eun Bin) yang mengutarakan tentang kematian adiknya yang bernama Jung Yi Rang (Lee Ji Ah) yang menurutnya tidak masuk akal.

Kemudian Da il menginstruksikan Yeo Wool cara menangkap pembunuhnya. Seorang manajer merasa resah ketika anak perempuannya berbicara ngelantur tentang pembunuhan Yi Rang. Saat dia bangun dari pingsan akibat mengalami benturan, manajer tersebut berusaha mengatasi halusinasinya dan ia pun lari ke atap restoran dan mencoba untuk loncat.

12. Partner for Justice (2018)

Buat kalian yang gemar dengan drama Korea tentang detektif sekaligus forensik, kalian wajib menonton drama Korea satu ini yaitu Partner for Justice. Drama Korea bertema detektif ini menceritakan tentang seorang jaksa yang bekerja sama dengan dokter forensik untuk mengungkap kasus. Drama ini akan mengajakmu untuk membongkar kasus dengan bukti-bukti yang ada pada mayat korban. Drama memiliki season 2 yang tak kalah menariknya untuk ditonton.

13. Vagabond (2019)

Drama satu ini sempat populer ketika penayangannya pada tahun 2019, dimana drama ini dibintangi oleh Lee Seung Gi, Bae Suzy dan lainnya. Drama ini menceritakan tentang Cha Dal Geun (Lee Seung Gi) yang merupakan seorang mantan stuntman yang tinggal bersama sepupunya bernama Cha Hoon. Cha Hoon sendiri adalah atlet taekwondo yang diundang oleh Kedutaan Besar Korea di Maroko.

Namun sayangnya pesawat yang di tumpangi Cha Hoon beserta rombingan klub taekwondonya mengalami kecelakaan. Cha Dal Geun yang mendengar berita itu pun kaget dan merasa kehilangan. Beredar juga berita jika pesawat tersebut sengaja dibuat jatuh. Mendengar ini pun membuat Cha Dal Geun geram, kemudian ia bersama seorang anggota intel nasional bernama Go Hae Ri mencoba untuk memecahkan kasus tersebut.

14. Tell Me What You Saw (2020)

Tell Me What You Saw adalah salah satu drama Korea bertema detektif yang wajib kamu tonton. Drama ini menceritakan tentang menangkap dan mengungkap siapa dalang dari pembunuhan berantai yang sangat keji. Pembunuh berantai ini ternyata sudah lama dikejar oleh Oh Hyun Jae (Jang Hyuk) yang merupakan seorang profiler kriminal terkenal. Namun semenjak kekasihnya tewas oleh pembunuh berantai, Oh Hyun Jae menghilang begitu saja. Cha Soo Young adalah seorang polisi di sebuah pedesaan, ia sendiri memiliki kelebihan yaitu memiliki memori fotografik, dimana ia bisa mengingat sampai detail. Kemampuan istimewanya ini pun membawanya untuk bekerja sama dengan Oh Hyun Jae. Mereka berdua pun mencoba mengungkap dan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai ini.

15. Rugal (2020)

Drama Korea satu ini dibintangi oleh Choi Jin Hyuk, Park Sung Woong dan Jo Dong Hyuk. Drama ini merupakan adaptasi dari webtoon tahun 2016 dengan judul yang sama karya dari Rel,mae dan disiarkan di OCN. Drama Korea ini mengangkat sebuah tim khusus yang dilengkapi dengan senjata canggih, seorang detektif pun ingin memberantas kejahatan dengan skala nasional.

 

Itulah beberapa drama Korea bertema detektif yang wajib kamu tonton. Di jamin drama-drama Korea diatas memiliki jalan cerita yang seru-seru.

Artikel Terkait