15 Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

Dibuat oleh blogunik

Drama Korea memang dikenal memiliki jalan cerita yang menarik dengan berbagai macam genre seperti romantis, komedi, thriller, keluarga dan lainnya. Banyaknya genre yang disuguhkan membuat drakor ini tidak pernah sepi peminatnya, mungkin kamu salah satunya.

Selain itu, bagi pecinta drakor tentunya sudah tidak asing lagi jika beberapa drakor diadaptasi dari webtoon atau manga Jepang. Hal ini kemungkinan karena jalan cerita dari komik tersebut sangat menarik dan populer sehingga mampu mencuri perhatian para sutradara dan produser Korea Selatan. Tak heran jika ada banyak sekali cerita webtoon atau manga yang pada akhirnya diangkat menjadi sebuah drama.

Yang tak kalah menariknya dari jalan cerita, pemilihan pemeran dari masing-masing karakter di komik juga menjadi sorotan banyak penggemar. Para penggemar terkadang juga memilih artis mana saja sih yang tepat memainkan karakter dari komik tersebut. Hal ini dilakukan para penggemar karena mereka tidak ingin ekspetasi mereka berbeda dengan visual yang telah ada di dalam komik. Maka dari itu, ketika sebuah webtoon atau manga diangkat ke dalam sebuah drama, para penggemar komik merasa cukup was-was dengan para pemerannya.

Buat kalian yang sudah sangat penasaran drakor apa saja yang diangkat dari komik, berikut ini drama Korea yang diadaptasi dari webtoon dan manga Jepang?

15 Drakor Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

1. Boys Over Flowers (2009)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via Boys Over Flowers (2009)

Jika berbicara tentang drakor yang diadaptasi dari manga Jepang, tak lengkap rasanya jika tidak mencantumkan Boys Over Flowers. Drama ini diadaptasi dari manga Jepang Hana Yori Dango karya dari Yoko Kamio. Sebelumnya drama ini juga sudah pernah dibuat di beberapa negara lainnya seperti Taiwan dengan judul drama “Meteor Garden”.

Semenjak pertama rilis, drakor bergenre romantis ini sudah banyak diminati bahkan sangat populer pada masanya. Yang membuat drama satu ini sangat populer tak lepas dari peranan para pemainnya, dimana mereka menggunakan artis pendatang baru. Wajah yang fresh dan disukai banyak remaja itulah yang menjadi daya tariknya. Hingga saat ini pun drakor ini masih tetap ada dihati para penggemarnya.

Boys Over Flowers ini menceritakan tentang seorang gadis miskin bernama Geum Jan Di (Koo Hye Sun) yang bersekolah di sekolah paling bergengsi di Korea Selatan. Berasal dari keluarga miskin, membuat Jan Di menjadi korban bullying dari F4. Anggota F4 sendiri terdiri dari Gu Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum) dan Song Woo Bin (Kim Joon). Mereka berempat merupakan anak-anak paling kaya dan paling berkuasa di sekolah Shinwa dan di Korea Selatan. So, siapa pun yang melawan mereka jangan harap tenang berada di sekolah Shinhwa.

2. Playful Kiss/Naughty Kiss (2010)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via mydramalist.com

Drakor yang dibintangi oleh Jung So Min dan Kim Hyun Joong ini diadaptasi dari manga Itazura Na Kiss karya Tada Kaoru. Di Korea Selatan drama ini memang memiliki rating yang kurang bagus, namun di internasional drakor ini sangat populer berkat kepopulerannya mereka bahkan merilis edisi pendek spesial yang ditayangkan di YouTube.

Drama bergenre romcom ini diawali dengan seorang gadis SMU bernama Oh Ha Ni (Jung So Min) yang berada di peringkat bawah di kelasnya. Ha Ni ternyata jatuh cinta pada pandangan pertama pada seorang laki-laki genius dan populer di sekolahnya bernama Baek Seung Jo (Kim Hyun Joong). Ha Ni pun mencoba mengutarakan cintanya lewat sebuah surat, namun di tolak langsung oleh Seung Jo karena ia membenci anak perempuan yang bodoh.

Pada suatu hari terjadi sebuah gempa yang mengharuskan Ha Ni pindah ke rumah teman masa kecil ayahnya. Bak seperti berjodoh, ternyata teman ayah Ha Ni adalah ayah dari pria yang dicintai Ha Ni yaitu Baek Seung Jo. Mau tidak mau Seung Jo pun harus melihat Ha Ni setiap hari dirumahnya.

Seperti kata pepatah “cinta tumbuh karena terbiasa bertemu” itulah yang dirasakan Seung Jo saat ini. Seung Jo merasa hidup bersama Ha Ni sangat menyenangkan. Namun siapa yang menduga jika Ha Ni memutuskan untuk melupakan dan tidak akan tertarik lagi pada dirinya lagi.

3. City Hunter (2011)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via asianwiki.com

Selanjutnya terdapat drakor City Hunter, drakor yang perdana tayang pada tanggal 25 Mei 2011 ini dibuat berdasarkan manga Jepang karya dari Tsukasa Hojo dengan judul yang sama.

Drama Korea bergenre romantis, action dan thriller ini dibintangi oleh Lee Min Ho, Park Min Young, Lee Joon Hyuk, Hwang Sun Hee dan Goo Hara. Pada masanya, drakor ini menjadi salah satu drakor action terbaik yang patut kamu tonton.

Drakor City Hunter ini menceritakan tentang Lee Yoon Sung (Lee Min Ho) yang bekerja di Blue House untuk Tim Jaringan Komunikasi Nasional. Ia lulusan dari M.I.T. di Amerika Serikat dan memiliki keterampilan elit sebagai I.T. insinyur.

Di Blue House ini ia bertemu dengan Kim Na Na (Park Min Young) yang bekerja sebagai pengawal disana. Seiring dengan berjalannya waktu mereka berdua saling mencintai, namun Yoon Sung diingatkan untuk tidak jatuh cinta kepada siapun karena misi utamanya kembali ke Korea Selatan adalah untuk balas dendam.

Awal balas dendam ini dipicu dari para pejabat tinggi Korea Selatan yang merencanakan operasi rahasia untuk pergi ke Korea Utara dan membunuh agen Korea Utara. Naasnya ketika para prajurit melakukan operasi rahasia, para pejabat berubah pikiran saat operasi berlangsung dan memutuskan untuk menyerah pada 21 anggota pasukan khusus yang mengambil bagian dalam operasi rahasia tersebut.

Ternyata salah satu dari pasukan khusus tersebut adalah ayah kandung dari Lee Yoon Sung.

4. Dr. Jin (2012)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via asianwiki.com

Kisah drama ini diambil dari sebuah serial manga Jepang yang berjudul “Jin” yang ditulis oleh Matoka Murakami. Latar belakang dari drakor ini diubah dari aslinya yaitu periode Edo ke masa Dinasti Joseon dan tokoh sejarah Jepang Sakamoto Ryoma digantikan dengan tokoh politik Joseon Lee Ha Eung.

Drama bergenre medis fantasi ini berpusat pada ahli bedah saraf jenius bernama Dr. Jin Hyuk (Song Seung Heon). Ia menemukan dirinya mengalami perjalanan waktu ke 150 tahun yang lalu pada tahun 1860 semasa pemerintahan dinasti Joseon. Pada masa itu teknologi medis masih tahap awal, namun ia tetap berupaya sekuat tenaga untuk mengobati dan merawat rakyat bahkan ia juga berupaya untuk mengembangkan alat-alat medis dan obat-obatan dengan usahanya sendiri.

Di masa tersebut ia jatuh cinta pada seorang gadis cantik bernama Hong Young Rae (Park Min Young), gadis ini ternyata mirip sekali dengan kekasihnya di dunia modern yang terbaring koma karena kecelakaan.

Dr. Jin pun bimbang, apakah ia ingin bertahan di zaman ini atau pulang ke masa asalnya.

5. To The Beautiful You (2012)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via mydramalist.com

Buat para penggemar Choi Minho pastinya mengenal drama Korea satu ini yaitu To The Beautiful You. Drama yang di produksi oleh SM Entertainment ini diadaptasi dari serial shōjo manga Jepang “Hanazakari no Kimitachi e” yang ditulis oleh Hisaya Nakajo. Drakor yang memiliki jumlah 16 episode ini dibintangi oleh Choi Sulli, Choi Minho dan Lee Hyun Woo.

Di ceritakan Goo Jae Hee (Sulli) merupakan seorang gadis Korea yang tinggal di Amerika Sertikat. Pada suatu hari, ia melihat sebuah lomba atletik dan tertarik pada Kang Tae Joon (Minho SHINee). Tae Joon merupakan seorang atlet lompat tinggi yang mengalami cedera parah. Jae Hee pun memutuskan untuk pindah ke Korea Selatan agar bisa satu sekolah dengan Tae Joon.

Namun sayangnya Jae Hee menghadapi kesulitan karena ternyata Tae Joon bersekolah di sekolah khusus laki-laki. Bertekad kuat, Jae Hee pun memutuskan untuk menyamar menjadi laki-laki.

6. My ID is Gangnam Beauty (2018)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via asianwiki.com

My ID is Gangnam Beauty merupakan salah satu drama Korea dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel. Drama yang tayang pada tahun 2018 ini diadaptasi dari webtoon bernama sama karya dari Gi Maeng Gi. Salah satu yang menjadi penyebab populernya drama ini tak lepas dari visual tampan dari Cha Eun Woo. Siapa sih yang tak tersihir sama pesona tampan idol kpop satu ini?

Drama yang tayang di JTBC ini menceritakan tentang Kang Mi Rae (Im Soo Hyang) yang memutuskan untuk menjalani operasi plastik setelah bertahun-tahun diganggu karena penampilannya. Bak terlahir kembali tampaknya operasi plastik ini berhasil membuat kehidupannya tenang. Namun ketika memasuki kehidupan perkuliahan, perubahan dirinya ini mulai menjadi bumerang.

Tekanan menjadi gadis cantik mulai menyerang dan buruknya lagi mereka yang bisa melihat melalui penampilan hasil operasi mengejeknya dan menandainya sebagai monster operasi plastik Gangnam. Di tengah krisis percaya diri yang dialaminya, Mirae bertemu dengan Do Kyung Seok (Cha Eun woo) salah satu pria idaman di kampusnya. Do Kyung Seok ternyata tidak terlalu mementingkan penampilan fisik Mirae.

7. What’s Wrong with Secretary Kim (2018)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via mydramalist.com

Hingga saat ini drakor satu ini masih asyik dibahas, hal ini tentunya tak lepas dari chemistry pada pemainnya yang kuat yaitu Park Seo Joon dan Park Min Young. Drama Korea yang diadaptasi dari webtoon berjudul “Kimbiseoga Wae Geureolgga” karya dari Jung Kyung Yoon ini mulai ditayangkan di tvN pada tahun 2018.

Seperti judulnya, drama ini mengisahkan antara wakit ketua narsis di sebuah perusahaan besar bernama Lee Young Joon (Park Seo Joon) dan sekertarisnya bernama Kim Mi So (Park Min Young). Kesalahpahaman pun muncul ketika Kim Mi So memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya setelah bekerja untuk Lee Young Joon selama sembilan tahun.

Tak hanya menghadirkan visual yang kuat diantara pemainnya, drakor ini juga memiliki cerita yang seru dan patut ditonton.

8. Strangers From Hell (2019)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via mydramalist.com

Bagi kalian para penggemar drama bergenre misteri dan thriller, maka tak ada salahnya mencoba menonton drakor berjudul Strangers From Hell ini. Drama ini adalah seri kedua dari proyek “Dramatic Cinema” OCN yang berdasarkan webtoon Naver dengan judul yang sama karya dari Kim Yong Ki.

Drakor ini menceritakan tentang seorang pemuda berusia 20-an tahun yang pindah ke Seoul untuk pekerjaan baru. Ia tinggal di sebuah apartemen murah yang ternyata masing-masing penghuni di dalamnya memiliki rahasia kelam dan mengerikan.

9. Extraordinary You (2019)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via mydramalist.com

Drakor ini diadaptasi dari webtoon berjudul July Found by Chance oleh Moo Ryu. Drama ini ditayangkan di MBC pada tahun 2019 dan dibintangi oleh Kim Hye Yoon, Kim Ro Woon, Lee Jae Wook, Lee Na Eun, Jung Gun Joo, Kim Young Dae dan Lee Tae Ri.

Extraordinary You ini bercerita tentang seorang siswi bernama Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) yang bersekolah disebuah akademi bergengsi. Pada suatu hari ia mengetahui jika ia dan semua orang disekolahnya sebenarnya adalah karakter dalam manhwa yang berjudul Secret. Dalam cerita ini, Dan Oh memiliki kondisi jantung yang memburuk dan ditakdirkan segera meninggal.

Tidak puas dengan takdirnya, ia pun memutuskan untuk membuat takdirnya sendiri dengan mencoba menentang alur cerita dan menemukan cinta sejati. Kemudian ia bertemu dengan siswa nomor 13 bernama Haru (Kim Ro Woon) dan kejadian disekitar Dan Oh dan nomor 13 secara bertahap mulai terhubung dengan karya penulis sebelumnya.

Drakor yang memiliki cerita tentang anak sekolahan ini tentunya sangat menarik bagi para remaja, sehingga tak heran jika drama ini memperoleh rating yang cukup menjanjikan.

10. Her Private Life (2019)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via asianwiki.com

Ayo para fanboy sama fangirl ngumpul sini, pasalnya drakor satu ini bisa dikatakan mirip sekali dengan kehidupanmu. Drakor ini diadaptasi dari webtoon berjudul Noona Fan Dot Com karya Kim Sung Yeon yang dipublikasi pada tahun 2007.

Sung Deok Mi (Park Min Young) adalah seorang kepala kurator berbakat di Cheum Museum of Art yang diam-diam menjadi penggemar fanatik Cha Shi An (Jung Jae Won) dari grup White Ocean. Selain itu, Deok Mi diam-diam juga menjadi pengembang situs web penggemar “Shi An is My Life” yang terkenal.

Diceritakan juga Ryan Gold (Kim Jae Wook) yang merupakan seorang seniman individualis dan karena ia mengalami sindrom Stendhal ia akhirnya pensiun sebagai seniman. Kini ia menjadi direktur baru dari Cheum Museum of Art tempat Deok Mi bekerja.

Hubungan keduanya pun pada akhirnya menumbuhkan bibit-bibit cinta. Namun apakah Ryan Gold akan mengetahui siapa sebenarnya Deok Mi?

11. Love Alarm (2019)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via mydramalist.com

Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi juga dapat mempengaruhi kehidupan seperti yang diceritakan pada drakor satu ini yaitu Love Alarm. Drama ini diangkat berdasarkan webtoon dengan judul Joahamyun Woolrineun karya dari Chon Kye Young. Serial Original Netflix ini konon katanya sukses membuat banyak orang baper dengan kisah cinta segitiga antara Kim Jo Jo, Hwang Sun Oh dan Lee Hye Young.

Love Alarm berkisah tentang sebuah aplikasi Love Alarm yang dapat mendeteksi orang yang menyukai penggunanya dalam jarak 10 meter. Kim Jo Jo (Kim So Hyun) merupakan seorang yatim piatu yang tinggal di rumah bibinya. Kehidupan di rumah bibinya bukan hal yang mudah karena ia juga harus bekerja sepulang sekolah

Kim Jo Jo sudah lama berteman dengan Lee Hye Young (Jung Ga Ram) dan sebenarnya Lee Hye Young menyukai Kim Jo Jo. Namun karena keduanya tidak menggunakan aplikasi yang sedang populer yaitu JoAlarm mereka pun tidak mengetahuinya.

Di satu sisi munculah Hwang Sun Oh (Song Kang), ia sering menggunakan aplikasi JoAlarm dan aplikasi miliknya sering berbunyi karena banyak yang menyukainya. Hingga akhirnya Hwang Sun Oh pun menyukai Kim Jo Jo yang ternyata sahabatnya Lee Hye Young juga menyukai Kim Jo Jo.

12. The Tale of Nokdu (2019)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via asianwiki.com

Drama satu ini tentunya tidak boleh terlewatkan dong jika membicarakan drama yang diadaptasi dari webtoon. The Tale of Nokdu ini merupakan drama yang dibintangi oleh Jang Dong Yoon, Kim So Hyun, Kang Tae Oh dan Jung Joon Ho. Drama ini diangkat dari webtoon karya Hye Jin yang diterbitkan pada tahun 2014 di Naver Webtoon.

Berlatar belakang era dinasti Joseon, Jeon Nok Du (Jang Dong Yoon) tinggal disebuah pulau bersama ayah dan kakak laki-lakinya. Dia pintar dan pendekar pedang yang baik. Semenjak kecil, ayahnya tidak mengizinkannya belajar atau pergi kedaratan.

Pada suatu hari, ayah dan kakak laki-lakinya diserang oleh sekelompok pembunuh wanita. Jeon Nok Du pun mengejar salah satu pembunuh tersebut ke ibu kota. Kemudian ia bertemu dengan Dong Dong Ju (Kim So Hyun), dimana kala itu ia ingin menembak Raja dengan anak panahnya namun Neok Du menyelamatkannya dari masalah.

Sementara itu, pembunuh yang dikejar Neok Du memasuki desa janda. Untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, Neok Du pun menyamar sebagai wanita dan memasuki desa janda. Tak disangka disana ia bertemu kembali dengan Dong Dong Ju yang mangang sebagai seorang gisaeng.

13. Itaewon Class (2020)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via mydramalist.com

Usaha tidak akan mengkhianati hasil itulah salah satu pesan yang dapat dipetik dari drakor Itaewon Class. Drama yang diadaptasi dari webtoon karya dari Gwang Jin ini menjadi salah satu drama berperingkat tertinggi kedua di JTBC. Ada banyak sekali pelajaran yang dapat kamu petik dari drama Korea yang dibintangi oleh Park Seo Joon dan Kim Da Mi ini. Maka dari cobalah untuk menontonnya.

Itaewon Class menceritakan tentang mantan terpidana Park Sae Roy (Park Seo Joon) yang hidupnya telah terbalik setelah ia dikeluarkan dari sekolah karena meninju pembulli dan ayahnya tebunuh dalam suatu kecelakaan fatal.

Mengikuti langkah ayahnya, Sae Roy pun membuka restoran bar bernama DanBam di Itaewon. Bersama dengan manajer dan stafnya, ia berusaha keras untuk menuju kesuksesan dan mencapai tingkat yang lebih tinggi.

14. Sweet Home (2020)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via asianwiki.com

Sweet Home merupakan salah satu serial Korea produksi Netflix yang sangat dinantikan kehadirannya karena diadaptasi dari webtoon populer yang berjudul sama karya dari Kim Kan Bi dan Hwang Young Chan. Semenjak kemunculannya, drama ini sukses menuju puncak secara global dan meskipun berjudul sweet home aslinya drama ini sangat menegangkan jauh dari kata sweet home yang sebenarnya.

Diceritakan setelah kematian keluarganya dalam sebuah kecelakaan, Cha Hyun Soo (Song Kang) yang penyendiri pindah ke apartemen baru. Tidak lama, kehidupannya yang tenang terganggu karena insiden-insiden aneh yang mulai terjadi di gedung apartemennya.

Para monster mulai menyerang apartemennya dan moster tersebut mampu mengubah manusia menjadi monster. Para penghuni yang masih hidup pun berusaha bersatu untuk melawan monster tersebut.

15. True Beauty (2020)

Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon Dan Manga Jepang

photo via asianwiki.com

True Beauty merupakan drama yang diadaptasi dari webtoon populer berjudul sama karya Yaongyi, webtoonnya sendiri sudah dibaca sebanyak 4 juta kali di berbagai dunia. Tak heran jika banyak yang menantikan kehadiran drakor True Beauty ini di layar kaca.

Salah satu yang membuat drama ini banyak ditunggu tak lain karena para pemainnya yang dikenal memiliki visual yang tidak biasa seperti Mun Ka Young, Cha Eun Woo, Hwang In Yeop dan Park Yoo Na.

True Beauty ini menceritakan tentang Im Ju Gyeong (Mun Ka Young) yang merupakan siswi SMA yang menjadi terkenal sebagai gadis cantik setelah menguasai seni rias dari YouTube. Dia berubah menjadi dewi karena keterampilan rias wajahnya ini. Tapi ia lebih memilih mati daripada menunjukkan wajahnya tanpa riasan kepada siapapun.

Diceritakan juga Lee Su Ho (Cha Eun Woo) yang merupakan anak laki-laki yang menarik dan tampan namun tampak dingin karena masa lalunya yang kejam, tapi sebenarnya ia sangat perhatian. Mereka berdua pun bertemu untuk berbagi rahasia dan menemukan cinta satu sama lain. Namun dapatkan Su Ho membuat Ju Gyeong menemukan kecantikan sejatinya?

 

Meskipun kita sudah mengetahui jalan cerita dari drama tersebut karena telah membacanya terlebih dahulu. Namun tidak ada salahnya juga mencoba menontonya dalam versi drama, apalagi disuguhkan dengan para pemeran yang memiliki visual memukau, selain itu pastinya dalam versi drama ada sedikit pengembangan cerita agar lebih menarik lagi. Tapi tidak bisa dipungkiri juga, terkadang ada juga yang tidak sesuai dengan webtoon atau manga yang sebenarnya dan membuat kita sedikit kecewa. Namun tak ada salahnya kita menghargai usaha mereka kan? Apalagi mereka juga pastinya sudah berjuang untuk menampilkan drama yang terbaik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *