Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan

4 bulan lalu, by blogunik

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan

Selain dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga dikenal memiliki kuliner yang beragam. Mulai dari makanan tradisionalnya hingga beberapa jenis es khas Indonesia. Di Indonesia es menjadi salah satu minuman yang sangat menyegarkan dikala musim panas menyerang. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis es yang di jual, nah berikut ini berbagai jenis es khas Indonesia yang menyegarkan

1. Es Cendol

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Cendol

Photo via twitter.com/warungtekko

Es Cendol adalah salah satu es khas Indonesia yang berasal dari Sunda, es cendol ini terdiri dari butiran berwarna hijau terang yang padat dan lengket. Es ini terbuat dari tepung beras yang dicetak pada cetakan khusus sehingga menghasilkan cendol yang berbentuk lonjong memanjang. Es cendol sendiri terdiri dari cndol, serutan es, santan dan gula merah.

2. Es Campur

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Campur

Photo via kisikisisoaldanmateripelajaran329.blogspot.com

Es satu ini tentunya sudah sangat populer di seluruh Indonesia, nama es ini adalah es campur. Es campur ini sangat mudah ditemukan dan es ini kerap dijadikan pilihan saat musim panas tiba. Es campur ini terdiri dari roti, kolang kaling, dawet, irisan buah alpukat, nangka, nanas dan cincau hitam. Kemudian es ini disajikan dengan es batu dan sirup manis atau susu kental manis.

3. Es Doger

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Doger

Photo via pic-stalker.com

Es Doger adalah salah satu es khas Indonesia yang berasal dari Cirebon, es satu ini juga hingga saat ini masih banyak diburu oleh penggemarnya. Es Doger ini diambil dari dua kata yaitu “dorong gerobak” yang kemudian disingkat menjadi doger. Es Doger ini terdiri dari es serut yang ditambah dengan parutan kelapa, tape, ketan hitam, pacar cina. Kemudian es ini disiram dengan susu kental manis yang nikmat. Rasa manis dan asam pun bercampur jadi satu di dalam es doger ini.

4. Es Dawet

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Dawet

Photo via travelingyuk.com

Es berikut ini berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah dimana es ini bernama es dawet. Es dawet ini menggunakan bahan dasar tepung beras yang diolah kemudian diberi pewarna hijau dari daun suji. Es ini biasanya disajikan bersama santan dan gula merah cair.

5. Es Dawet Ireng

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Dawet Ireng

Photo via gramho.com

Es Dawet Ireng adalah salah satu jenis es khas Indonesia yang menyegarkan. Tak seperti es dawet umumnya yang berwarna hijau, es dawet satu ini berwarna hitam. Warna hitam ini didapatkan dari merang dan uniknya penyajian es dawet ini lebih banyak daripada kuahnya.

6. Es Goyobod

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Goyobod

Photo via republika.co.id

Es satu ini bisa dikatakan sebagai es campurnya orang Sunda, es goyobod ini berarti basah kuyup dalam bahasa Sunda. Es goyobod ini terdiri dari irisan tepung hunkwe, tape singkong, tape hitam, buah alpukat, ketan, kolang kaling dan kelapa muda serut. Setelah itu, es ini disiram dengan santan, susu kental manis dan air kelapa.

7. Es Gempol Pleret

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Gempol Pleret

Photo via travelingyuk.com

Jika kamu sedang berjalan-jalan ke daerah Jawa Tengah jangan lupa untuk mencicipi es gempol pleret. Es ini memiliki dua isian yang ikonik yaitu gempol dan pleret, dimana gempol dan pleret ini terbuat dari tepung beras, tapioka dan air yang dicampur menjadi adonan. Adonan ini kemudian dibulatkan (digempol) dan ada yang dipipihkan (dipleret). Pada umumnya adonan gempol dibuat dengan warna putih sedangkan untuk pleret berwarna hijau, merah muda atau coklat. Es gempol pleret ini biasanya disajikan dengan siraman sirup manis, santan dan juga es batu.

8. Es Kacang Merah

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Kacang Merah

Photo via twitter.com/asiangames2018

Es kacang merah ini wajib kamu cicipi dimana es kacang merah ini memiliki dua versi yaitu es kacang merah Palembang dan es kacang merah Manado. Perbedaan es kacang merah ini terletak pada pemakaian susu kental manis coklat di Manado dan sirup cocopandan berwarna merah di Palembang. Namun meskipun begitu, es kacang merah ini memiliki rasa yang manis, legi dan kacang merah yang empuk.

9. Es Kuwut

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Kuwut

Photo via superadventure.co.id

Berkunjung ke Bali tentunya tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi es kuwut. Kuwut dalam bahasa Bali berarti kelapa karena memang bahan utaman es ini adalah kelapa muda. Es kuwut ini terdiri dari air kelapa, serutan kelapa muda, jeruk nipis dan gula cair. Selain itu terdapat juga, es kuwut yang ditambahkan biji selasih.

10. Es Legen

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Legen

Photo via budaya-indonesia.org

Es Legen adalah salah satu jenis es khas Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu Dimana es ini masih dapat ditemukan di beberapa kota Jawa Tengah dan Jawa Timur. Es legen ini terbuat dari sadapan air pohon aren yang memiliki rasa manis sedikit asam dengan aroma harum khas gula.

11. Es Laksamana Mengamuk

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Laksamana Mengamuk

Photo via semuaminuman.blogspot.com

Es Laksamana Mengamuk adalah es khas Riau yang terdiri dari buah mangga kweni, selasih, serutan kelapa. Kemudian es ini ditambah dengan santan, sisi dan air gula putih. Konon es ini terinspirasi dari seorang laksamana yang mengamuk di kebun mangga kweni.

12. Es Lahang

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Lahang

Photo via wikipedia.org

Es Lahang adalah es khas Indonesia yang berasal dari Sunda, es satu ini bisa dikatakan minuman isotonik tradisional. Es ini terbuat dari nira atau sadapan buah aren.

13. Es Lontrong Slawi

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Lontrong Slawi

Photo via twitter.com/infotegal

Jika berkunjung ke Slawi (Tegal) jangan lupa untuk mencicipi es lontrong Slawi. Es ini disebut lontrong karena di daerah Slawi, es ini dijual di sebuah gang kecil bernama gang Lontrong. Es ini pada dasarnya terbuat dari es serut yang berisi kacang hijau, cincau, sirup merah, es batu dan santan. Terkadang ditambah dengan kolang-kaling dan potongan roti tawar.

14. Es Lidah Buaya

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Lidah Buaya

Photo via brilio.net

Lidah buaya tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit saja, namun tanaman satu ini juga dapat dijadikan minuman menyegarkan. Di Pontianak, Kalimantan Barat lidah buaya diolah menjadi minuman yang menyegarkan yang diberi nama es lidah buaya. Es lidah buaya ini terdiri dari potongan lidah buaya, air gula kemudian ditambah dengan es batu.

15. Es Nona

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Nona

Photo via twitter.com/amrazing

Es nona ini berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat, es ini bernama es nona karena dijajakan oleh seorang perempuan dengan sapaan “nona”. Es nona ini terdiri dari kacang merah, potongan buah pepaya yang direndam air kapur, pacar cina, tape singkong dan roti tawar. Kemudian es ini disajikan dengan serutan es dan ditambah dengan susu kental manis.

16. Es Oyen

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Oyen

Photo via blog.titipku.com

Jika di lihat-lihat es ini hampir mirip dengan es campur, es ini menggunakan bahan dasar alpukat dan kelapa muda yang kemudian disiram kuah susu kental manis dan es batu. Yang membedakan es oyen ini dengan es campur adalah menggunakan cincau dan pacar cina sehingga terlihat warna-warni.

17. Es Pisang Ijo

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Pisang Ijo

Photo via travelingyuk.com

Siapa yang tidak mengenal es yang sudah terkenal seantero Indonesia ini yaitu es pisang ijo. Es pisang ijo ini merupakan es khas Makassar, Sulawesi Selatan yang berbahan dasar pisang yang dibalut dengan kulit hijau. Kulit hijau ini terbuat dari adonan tepung beras, tepung kanji, santan dan air daun suji. Es ini dilengkapi juga dengan mutiara cina, bubur sumsum, kacang tanah sangrai dan siraman sirup merah. Tak lupa, es pisang ijo ini juga ditambah dengan serutan es dan susu kental manis.

18. Es Podeng

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Podeng

Photo via sotoyreview.wordpress.com

Es Podeng adalah salah satu jenis es khas Indonesia yang berasal dari Madura. Sesuai namanya podeng dalam bahasa Madura berarti putar, es ini dibuat secara tradisional dengan cara diputar. Es podeng ini disajikan dengan taburan kacang tanah yang dicincang kasar, meses dan susu kental manis coklat.

19. Es Pleret

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Pleret

Photo via resepkoki.id

Es Pleret ini berasal dari Blitar dimana es ini menggunakan bahan utama tepung tapioka, tepung beras dan air. Adonan ini kemudian dibentuk gempol atau bulat kecil dan adonan yang dipipihkan. Es ini nantinya di siram dengan sirup cocopandan, kuah santan dan es batu.

20. Es Palu Butung

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Palu Butung

Photo via womantalk.com

Jika dibandingkan dengan es pisang ijo, es palu butung ini memang kalah populer karena penampilannya yang kalah menarik dari es pisang ijo. Es Palu Butung ini terdiri dari potongan pisang, bubur sumsum, santan, es batu, sirup merah dan susu kental manis. Pisang yang biasa digunakan untuk es yaitu pisang raja yang memiliki rasa manis dan lembut.

21. Es Selendang Mayang

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Selendang Mayang

Photo via resepkoki.id

Es Selendang Mayang adalah salah satu jenis es khas Indonesia yang berasal dari Betawi. Es ini biasanya ada dalam acara pernikahan orang Betawi atau Lebaran. Es Selendang Mayang ini terbuat dari kue lapis yang terbuat dari tepung sagu dan tepung hunkwe yang diberi aneka warna. Kemudian diberi saus gula merah dan santan serta es batu.

22. Es Serbat Kweni

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Serbat Kweni

Photo via holamigo.id

Es Serbat Kweni ini sangat pas dinikmati ketika berkumpul bersama keluarga, es satu ini bisa dibilang masih langka di restoran atau warung makan. Es Serbat Kweni ini terbuat dari irisan mangga kweni, air gula dan es batu yang membuat es ini semakin menyegarkan. Selain itu, biasanya Es Serbat Kweni ini juga ditaburi dengan butiran selasih seperti topping.

23. Es Teler

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Teler

Photo via masakapaya.com

Es satu ini sudah ada sejak tahun 1957 dimana es ini dibuat oleh ibu Samijem Darmo Putro. Es satu ini sangat mudah ditemukan dan banyak digilai oleh masyarakat. Es ini terdiri dari apel, anggur, nangka, semangka, alpukat, serutan kelapa, susu kental manis dan es.

24. Es Tambring

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Tambring

Photo via travelingyuk.com

Es Tambring adalah salah satu jenis es khas Indonesia yang berasal Bali. Minum ini bisa dikatakan untuk karena menggunakan putih telur sebagai salah satu bahan utamanya. Meksipun terbuat dari putih telur, es ini tidak menciptakan bau amis. Selain itu, es ini juga terdiri dari campuran gula jawa, air kelapa dan gula pasir.

25. Es Timun Serut

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Timun Serut

Photo via tripzilla.id

Es satu ini berasal dari daerah Aceh dimana es satu ini selalu ada di daftar menu tempat makan yang menyajikan masakan Aceh. Es timun serut ini disajikan dengan sirup gula atau sirup kemasan yang berwarna merah kental. Kemudian es ini disiram dengan perasan air jeruk nipis sehingga menciptakan rasa manis, asam dan memiliki aroma timun yang khas.

26. Es Tebak

Berbagai Jenis Es Khas Indonesia Yang Menyegarkan - Es Tebak

Photo via arafoodstory.blogspot.com

Es Tebak adalah es yang berasal dari Sumatera Barat dimana es ini pada dasarnya adalah es campur. Sama seperti es campur biasa, es tebak ini berisi potongan nangka, kolang kaling, cincau, serutan kelapa muda, alpukat, tape dan tebak. Tebak sendiri adalah sejenis makanan di Sumatera Barat yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mie dan ketika dimasak menyerupai cendol. Kemudian es ini ditambah dengan es batu yang membuat es ini semakin menyegarkan.

 

Nah, itulah berbagai jenis es khas Indonesia yang menyegarkan. Bagaimana, es mana yang sudah pernah kamu cicipi atau ingin kamu cicipi saat ini?

Artikel Terkait