Berbagai Es Krim Yang Enak Dan Unik Di Dunia

3 minggu lalu

Es krim merupakan salah satu makanan favorit yang tidak mengenal usia, es krim ini bisa menjadi favorit banyak orang karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang legit. Selain itu, es krim juga memiliki berbagai macam rasa yang dapat kamu nikmati dan tak lupa juga es krim juga memiliki varian topping yang enak-enak. Es krim ini sangat nikmat jika dimakan pada saat cuaca sedang panas atau mereka yang tinggal di daerah tropis. Berikut ini ada berbagai macam es krim yang unik dan enak di dunia, kamu sudah coba yang mana?

1. Gelato – Italia

Es Krim Yang Unik Dan Enak Di Dunia - Gelato

Photo via : https://dissolve.com

Gelato adalah es krim yang berasal dari Italia, Gelato sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya “beku”. Es krim ini terbuat dari usu, krim dan gula, selain itu ada varian rasa mulai dari buah-buahan, kacang dan bahan perasa lainnya. Gelato sendiri biasanya disajikan dalam cup, cone, gelas, isian roti, kue atau yang lainnya. Di Italia, sesuai aturan yang diberlakukan Gelato setidaknya memiliki kandungan lemak susu minimal 3,5%, sehingga Gelato hanya mengandung antara 3 sampai 8 % lemak susu dan 25 sampai 30% udara saja.

2. Es krim mochi – Jepang

Es Krim Yang Unik Dan Enak Di Dunia - Es krim mochi

Photo via : https://jpninfo.com

Es krim satu ini paling banyak disukai oleh masyarakat yaitu es krim mochi. Es krim mochi ini adalah es krim yang berasal dari Jepang, dimana es krim ini terbuat dari mochi yang bagian dalamnya terdapat es krim yang enak. Es krim ini memiliki tekstur yang lembut seperti mochi dipadukan dengan dingin dan lembutnya es krim di dalamnya. Untuk ukurannya es krim mochi ini lebih kecil dari es krim pada umumnya.

3. Frozen Yogurt – Amerika Serikat

Es Krim Yang Unik Dan Enak Di Dunia - Frozen Yogurt

Photo via : https://www.blenderbabes.com

Frozen Yogurt merupakan salah satu es krim yang berasal dari Amerika Serikat. Dimana es krim ini menggunakan yogurt sebagai bahan utamanya, selain itu frozen yogurt ini juga bisa ditambahkan topping seperti potongan buah-buahan atau yang lainnya. Rasa asam, manis dan segarnya potongan buah dalam frozen yogurt ini sangat nikmat sehingga dapat membuatmu ketagihan. Selain itu frozen yogurt ini juga dapat dibuat sendiri di rumah, kamu hanya perlu membekukan yogurt di kulkas dan siap di nikmati.

4. Dondurma – Turki

Es Krim Yang Unik Dan Enak Di Dunia - Dondurma

Photo via : https://www.atlasobscura.com

Dondurma merupakan salah satu es krim yang berasal dari Turki, es krim ini sangat unik karena cara pedagang es krim ini menyajikannya tidak biasa. Penjual es krim ini akan menggunakan tongkat besi panjang untuk menyajikan es krim, namun biasanya para pembeli akan dihibur dulu dengan atraksi si penjual. Es krim ini memiliki tekstur yang berbeda dari es krim pada umumnya, karena es krim ini menggunakan susu kambing maka tekstur es krimnya padat.

5. Spaghettieis – Jerman

Es Krim Yang Unik Dan Enak Di Dunia - Spaghettieis

Photo via : https://oktoberfestforteens.com.au

Spaghettieis merupakan salah satu es krim unik yang berasal dari Jerman. Es krim ini berbeda dari es krim lainnya karena es krim ini dibuat diatas piring sehingga terlihat seperti spagetti. Es krim ini biasanya terbuat dari es krim vanilla yang dibentuk kecil memanjang seperti spagetti pada umumnya. Setelah itu es krim ini ditaburi dengan krim stroberi yang terlihat seperti saos.

6. Sorbetes – Filipina

Es Krim Yang Unik Dan Enak Di Dunia - Sorbetes

Photo via : https://hopepoh.wordpress.com

Sorbetes merupakan es krim tradisional yang beras dari Filipina, es krim ini bentuknya hampir sama dengan sorbet. Es krim ini banyak dijual di pinggir jalan dan biasanya disajikan dengan cone atau dengan roti. Sorbetes ini dibuat dengan menggunakan susu sapi atau santan sehingga membuat es krim sangat enak. Es krim ini juga memiliki berbagai varian rasa seperi mangga, ubi dan keju.

7. Ais Kacang – Malaysia, Singapura

Es Krim Yang Unik Dan Enak Di Dunia - Ais Kacang

Photo via : https://travel.earth

Ais Kacang merupakan es yang cukup populer di Malaysia dan Singapura, ais kacang ini juga dikenal sebagai ABC (Air Batu Campur). Selain menjadi desert khas Malaysia yang juga bisa ditemukan di Singapura, ais kacang ini juga bisa ditemukan di Brunei Darussalam. Dessert ini memiliki dua bahan utama yaitu kacang dan es kemudian diberi topping. Untuk toppingnya sendiri, para warga lokal menyukai toping durian.

8. Clotted Cream – Inggris

Es Krim Yang Unik Dan Enak Di Dunia - Clotted Cream

Photo via : http://andygrimshaw.com

Clotted Cream merupakan salah satu es krim yang berasal dari Inggris, es krim ini dibuat dengan memanaskan susu sapi full ceream dengan mengunakan uap air setelah itu di dinginkan. Hingga kandungan krim naik ke permukaan dan membntuk bekuan atau clout. Es krim ini memiliki warna kuning keemasan dan sering disajikan dengan stoberi atau selai stroberi.

9. Es Puter – Indonesia

Es Puter - Indonesia

Photo via : https://travelingyuk.com

Ternyata Indonesia termasuk salah satu es krim yang unik dan enak di dunia, es krim ini dinamai dengan Es Puter. Siapa sih yang tidak mengenal es puter? es puter menjadi salah satu makanan pencuci mulut yang hampir sama dengan es krim hanya saja es puter ini menggunakan santan sebagai pengganti susu. Es ini memiliki tekstur yang kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-putar di dalam es batu dan garam. Es krim ini biasanya disajikan dengan cone atau dua roti tawar dan bisa juga dinikmati dengan gelas. Es krim ini biasanya memiliki beberapa varian rasa mulai dari kacang, ketan hitam, buah nangka dan mutiara.

10. Paletas – Mexico

Paletas - Mexico

Photo via : https://culinarybackstreets.com

Es krim ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk kita karena es krim ini sudah banyak di jual di beberapa daerah di Indonesia. Es krim dari Mexico ini diberi nama Paletas, jika dilihat mirip dengan es krim pop dengan stik tipis sebagai pegangan. Es krim dari Mexico ini terbuat dari buah segar dan ada dua macam paletas yaitu aguas yang bahan utamanya air atau jus buah dan iche/de crema yang berarti krim. Meskipun berbeda bahan namun rasa es krim ini pastinya lezat.

11. Kulfi – India

Kulfi - India

Photo via : http://www.thelastcookie.ca

Kulfi adalah es krim yang berasal dari India dimana es krim ini terbuat dari olahan susu dan gula. Es krim ini sangat enak dinikmati pada saat cuaca sedang panas-panasnya. Es krim ini biasanya dijajakan di gerobak kaki lima biasanya ditempatkan di wadah khusus terbuat dari tembikar yang bernama matka yang berisi es batu dan garam agar tidak mudah meleleh. Es krim ini memiliki beberapa varian seperti mangga, mawar dan vanili. Selain itu, es krim ini juga ditaburi dengan rempah-rempah seperti cardamom, saffron, kacang pistachio dan sirup mawar.

12. Es krim Halva – Israel

Es krim Halva - Israel

Photo via : http://veganinathens.com

Es krim ini berasal dari Israel dimana es krim ini bernama Halva, es krim ini menjadi dessert yang wajib dimakan ketika cuaca sedang panas. Es krim ini terbuat dari biji wijen yang ditumbuk dan dicampur dengan pasta gula dan madu sehingga rasanya dingin dan manis.

13. Faloodeh – Iran

Faloodeh - Iran

Photo via : https://elements.envato.com

Faloodeh adalah salah satu es krim yang unik di dunia karena es krim ini terbuat dari bihun tipis yang dibekukan dengan tepung jagung, air mawar dan air jeruk nipis. Tentunya es krim sangat nikmat di makan ketika musim panas di Iran.

14. Akutaq – Alaska

Akutaq - Alaska

Photo via : http://sweetstateofmine.blogspot.com

Siapa bilang hanya di wilayah beriklim panas saja yang memiliki es krim, ternyata di wilayah beriklim dingin pun juga memiliki es krim seperti di kutub dan es krim ini bisa dikatakan es krim khas orang Eskimo. Es krim ini bisa dikatakan unik karena terbuat dari bahan yang tak lazim. Es krim yang disebut Akutaq ini terbuat daru campuran lemak rusa kutub dengan minyak anjing laut, berbagai buah berry, daging ikan dan salju. Es krim ini memang terbuat dari bahan yang sangat berbeda sehingga rasanya pun bisa dikatakan agak berbeda dari es krim lainnya.

Baca Juga