Yuk Cari Tahu 12 Fakta Menarik Film Mariposa Yang Tayang 12 Maret 2020

2 minggu lalu, by blogunik

Fakta-Film-Mariposa

1+

Buat pecinta film romantis remaja, pastinya kamu udah nggak sabar menyaksikan film Mariposa yang rencananya akan tayang di bioskop tanggal 12 Maret 2020 mendatang. Film satu ini akan sangat menarik karena diklaim memiliki cerita percintaan yang berbeda dari film romance lainnya. Dibintangi oleh Angga Yunanda dan Adhisty Zara yang sebelumnya sukses dengan film Dua Garis Biru, berikut beberapa fakta menarik seputar film Mariposa. Check it out guys!

1. Film Mariposa merupakan hasil kerjasama Starvision dan Falcon Pictures

Fakta-Film-Mariposa

photo via instagram.com/falconpictures_ & id.wikipedia.org

Dikutip dari IDNTimes.com, Film Mariposa merupakan hasil kerjasama antara Starvision dengan Falcon Pictures yang kedua kalinya. Kerjasa sama mereka yang pertama adalah film Buya Hamka. Digarap oleh dua rumah produksi film besar, tentu Mariposa diharapkan akan menjadi film yang sukses.

2. Diangkat dari cerita Wattpad

Fakta-Film-Mariposa

photo via id.quora.com

Mariposa merupakan sebuah tulisan karya Luluk HF yang awalnya diterbitkan di Wattpad. Kemudian dibukukan menjadi sebuah novel. Mariposa sudah dibaca oleh 97 juta orang, yang artinya kisah Mariposa ini memiliki pembaca pertama terbanyak di Indonesia. Dinilai punya jalan cerita yang menarik, inilah yang membuat Starvision dan Falcon Pictures memutuskan untuk menaikkannya ke layar lebar.

3. Mariposa berasal dari bahasa Spanyol

Fakta-Film-Mariposa

photo via youtube.com (Falcon)

Sang penulis yakni Luluk HF mengungkapkan bahwa Mariposa merupakan sebuah kata dari bahasa Spanyol yang memiliki arti kupu-kupu. Menurutnya, kupu-kupu memiliki filosofi yang sangat menarik. Kupu-kupu akan pergi saat dikejar namun kalau kita diam, kupu-kupu akan datang kepada kita. Hal ini mencerminkan bagaimana karakter utama wanita yang mengejar-ngejar karakter utama cowok dalam cerita Mariposa.

4. Pemeran utama sudah ditetapkan sejak pembuatan film direncanakan

Fakta-Film-Mariposa

photo via instagram.com/falconpictures_

Dikutip dari IDNTimes.com, pemilihan Zara JKT48 dan Angga Yunanda sebagai dua pemeran utama dalam film Mariposa ternyata sudah diputuskan sejak Chand Parwez selaku produser dari Starvision dan dari pihak Falcon berencana untuk mengangkat cerita Mariposa ke dalam layar lebar. Namun Zara JKT48 dan Angga Yunanda sudah lebih dulu memerankan film Dua Garis Biru. Dalam Mariposa, Zara JKT 48 akan berperan sebagai Acha, seorang siswi yang pintar dalam pelajaran kimia. Sedangkan Angga Yunanda akan berperan sebagai Iqbal, seorang siswa yang sama pintarnya dengan Acha namun berhati dingin.

5. Pertemuan kedua antara Zara JKT48 dan Angga Yunanda

Fakta-Film-Mariposa

photo via instagram.com/falconpictures_

Seperti yang kita tahu, Zara JKT48 dan Angga Yunanda sebelumnya dipasangkan dalam film Dua Garis Biru. Kemistri mereka yang nggak kalah dengan kemistri Cinta dan Rangga dalam film AADC membuat Zara JKT48 dan Angga Yunanda kembali dipasangkan dalam film Mariposa satu ini. Keduanya juga mengaku berusaha untuk melepaskan karakter lama mereka di film Dua Garis Biru dan beradaptasi dengan karakter yang baru.

6. Para pemeran pembantu

Fakta-Film-Mariposa-7

photo via instagram.com/falconpictures_

Selain menampilkan Angga Yunanda dan Zara JKT48, film tersebut juga akan dibintangi oleh aktor-aktor muda. Seperti Syakir Daulay, Dania Salsabila, Abun Sungkar dan Junior Roberts.

7. Disutradari oleh Fajar Bustomi

Fakta-Film-Mariposa

photo via instagram.com/fajarbustomi

Film Mariposa ini akan disutradarai oleh Fajar Bustomi yang sebelumnya sukses menggarap film Dilan 1990, Dilan 1991 dan Milea Suara Dari Dilan. Sutradara satu ini memang terkenal dengan nuansa romantis dan menyentuh dalam setiap filmnya.

8. Penulis asli cerita dilibatkan dalam pembuatan skenario

Fakta-Film-Mariposa

photo via instagram.com/fajarbustomi

Fajar Bustomi selaku sutradara dari film Mariposa mengatakan akan membuat cerita Mariposa mirip dengan cerita pada novelnya. Hanya saja ada beberapa detail yang akan berbeda dengan cerita di novel. Fajar juga melibatkan Luluk HF selaku penulis asli cerita dalam pembuatan skenario untuk memastikan tidak ada cerita yang berkembang terlalu jauh dari novelnya.

9. Disebut memiliki kemiripan dengan film Dilan

Fakta-Film-Mariposa

photo via youtube.com (Falcon)

Sesaat setelah trailer dan poster resmi dari film Mariposa diluncerkan banyak netizen yang menganggap kalau film Mariposa memiliki kemiripan dengan film Dilan.

Sebagaimana diketahui, film DILAN identik dengan adegan Dilan dan Milea menaiki motor di bawah rinai hujan. Juga poster yang menunjukkan Milea bersandar di punggung Dilan. Dan dua hal yang menjadi ciri khas dari film Dilan tersebut juga terdapat dalam film Mariposa.

Dikutip dari Kapanlagi.com, Zara JKT48 selaku pemeran utama wanita mengatakan kalau hal tersebut memang keputusan Fajar Bustomi selaku sutradara. Kebetulan Fajar Bustomi adalah sutrada yang juga menggarap film Dilan sebelumnya. Zara menambahkan, kalau ada adegan yang mirip, mungkin itu karena memang ciri khas dari Fajar Bustomi.

10. Film remaja bergenre romantis yang positif

Fakta-Film-Mariposa

photo via youtube.com (Falcon)

Fajar Bustomi juga mengatakan jika dari segi cerita, Mariposa sangat berbeda dari Dilan. Dalam film Mariposa ini, cerita akan lebih menyorot kisah cinta anak SMA yang positif dan manis.

Kalau kebanyakan cewek-cewek akan jatuh cinta dengan anak nakal atau bad boy seperti cerita Dilan, maka berbeda dengan film Mariposa. Dalam film yang akan tayang Maret ini, akan menceritakan dua orang pintar yang mengikuti olimpiade sains. Tidak hanya mengisahkan tentang percintaan, tapi juga akan ada tentang pola didik keluarga menghasilkan anak-anak yang pintar.

11. Berkat film Mariposa Zara JKT48 jadi bisa berenang

Fakta-Film-Mariposa

photo via youtube.com (Falcon)

Dikutip dari Indozone.id, syuting film Mariposa ini ternyata membuat Zara yang awalnya tidak bisa berenang dan takut air menjadi bisa berenang. Zara mengaku saat membaca skrip ada adegan tenggelam di kolam renang. Hal itu membuat Zara mengikuti pelatihan agar bisa berenang. Zara berlatih dengan seorang coach yang mengajarinya cara berenang dan juga menyelam.

Sutradara Fajar Bustomi menjelaskan, bahwa latihan berenang dilakukan berbarengan dengan masa pembacaan naskah film. Dia lalu mengapresiasi usaha Zara yang akhirnya membuahkan hasil.

12. Sinopsis film Mariposa

Fakta-Film-Mariposa

photo via instagram.com/falconpictures_

Seperti novelnya di Wattpad, Mariposa ini akan mengisahkan tentang perjuangan seorang cewek smart namun centil bernama Acha yang jatuh cinta dengan cowok yang super dingin bernama Iqbal. Acha selalu mengejar-ngejar Iqbal berharap sifat dingin Iqbal dapat ia lelehkan.

Trailer film Mariposa

Nah itulah beberapa fakta menarik seputar film Mariposa yang rencananya akan tayang serempak di bioskop tanah air mulai tanggal 12 Maret 2020. Jangan lupa simak juga daftar film bioskop yang tayang Maret 2020 ini.

1+
Artikel Terkait