Fakta Menarik Seputar Lebah Selain Menghasilkan Madu

Dibuat oleh blogunik

Serangga yang dikenal hidup berkelompok ini memiliki tiga kasta yaitu ratu lebah, lebah betina dan lebah jantan. Setiap kasta lebah memiliki tugasnya masing-masing. Lebah ratu menjadi induk dari semua lebah dalam satu koloni dan hanya ada satu, mereka bertugas untuk bertelur selama hidupnya. Lebah betina memiliki tugas bekerja untuk mengumpulkan serbuk sari dan nektar, selain itu ada juga yang bertugas untuk membersihkan sarang dan merawat telur serta anak-anak lebah. Sedangkan lebah jantan bertugas untuk mengawini lebah ratu.

Selama ini lebah kerap dikenal sebagai serangga penyengat, lebah sering menggunakan sengatan ekornya ketika merasa terusik. Ketika itu lebag akan menusukkan sengatan ekornya pada lawan sehingga lawan merasa kesakitan. Namun apa yang dilakukan lebah malah membuat kantungnya lepas dan beberapa menit kemudian akan mati. Selain sengatan lebah, ada beberapa fakta menarik seputar lebah yang menarik untuk di bahas. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

11 Fakta Menarik Seputar Lebah

1. Dalam satu koloni terdapat sekitar 50.000 ekor lebah

Fakta Menarik Seputar Lebah

photo via roysfarm.com

Dalam satu koloni lebah setidaknya terdapat sekitar 50.000 ekor lebah ysng terdiri dari satu ekor lebah ratu. Lebah ratu ini akan mengawal semua kegiatan lebah betina dan lebah jantan.

2. Ratu lebah hanya kawin sekali seumur hidup

Ratu lebah hanya melakukan perkawinan sekali seumur hidupnya, perkawinan ini dilakukan dengan cara terbang tinggi pada saat cuaca cerah dan pejantan yang bisa mengejarnya dapat mengawini sang ratu lebah. Setelah perkawinan ratu lebah akan menyimpan sekitar 100 juta sperma dalam spermatheca-nya sepanjang hidupnya.

3. Seekor ratu lebah hanya dapat bertelur dua kali setiap hari

Fakta Menarik Seputar Lebah

photo via backyardbeekeeping.iamcountryside.com

Lebah ratu yang aktif mampu bertelur kira-kira 2.500 butir telur sehari. Mereka biasanya makan susu lebah (royal jelly) dan harapan hidupnya sekitar 3 tahun.

4. Lebah memiliki 4 sayap, 6 kaki dan 5 mata

Hidup sebagai serangga, lebah memiliki 6 kaki, 4 sayap dan 5 mata. Matanya ini termasuk 3 mata sederhana dan 2 mata majemuk yang masing-masingnya terdiri dari 7000 segi atau lensa.

5. Lebah lebih baik melihat warna biru ketimbang warna merah

Fakta Menarik Seputar Lebah

photo via honeybeesuite.com

Lebah dapat melihar warna biru dengan baik, hal ini dapat membantu mereka untuk menavigasi jalan agar menemukan bunga ketika mereka akan menyerbuki. Namun lebah tidak dapat membedakan warna merah dengan baik sama sekali.

6. Seekor lebah dapat mengepakkan sayapnya hingga 200 kali per detik

Diketahui seekor lebah dapat mengepakkan sayapnya sebanyak 200 kali per detik. Kepakkan sayapnya ini menghasilkan dengungan yang begitu khas. Kepakan sayap lebah yang cepat ini dapat menghasilkan muatan positif kecil yang mampu menarik serbuk sari ke tubuhnya yang berbulu dari bunga uang bermuatan negatif secara alami.

7. Lebah pekerja berkomunikasi dengan tarian

Fakta Menarik Seputar Lebah

photo via deccanherald.com

Untuk berkomunikasi dengan para pekerja, lebah pekerja akan menari. Lebah ini akan menari dengan cepat menggoyangkan tubuhnya dari sisi ke sisi ke arah tertentu untuk memberi tahu lebah pekerja lainnya ke arah mana dan seberapa jauh sumber makanan yang dapat ditemukan.

8. Lebah akan mengumpulkan dan menghasilkan lebih dari sekedar madu

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui lebah hanya menghasilkan madu. Tapi selain madu, lebah juga menghasilkan madu, nectar, beeswax, pollen. bee bread, propolis, royal jelly, racun lebah dan bee hive air.

9. Seekor lebah dapat menghasilkan 1/2 sedok teh madu selama hidupnya

Fakta Menarik Seputar Lebah

photo via beeculture.com

Lebah pekerja bertugas untuk mengumpulkan serbuk sari dan nektar dalam memproduksi madu. Sepanjang hidupnya seekor lebah pekerjahanya dapat memproduksi 1/2 sedok teh madu.

10. Tujuan hidup lebah jantan adalah kawin dengan ratu lebah

Lebah jantan atau drone berbeda dari lebah pekerja, dimana mereka tidak memiliki sengat. Selain itu mereka juga tidak mengumpulkan nektar atau serbuk sari. Tujuan hidup lebah jantan hanya satu yaitu kawin dengan ratu lebah.

11. Lebah jantan tidak memiliki ayah

Fakta Menarik Seputar Lebah

photo via qz.com

Terakhir fakta dari lebah, lebah jantan tidak memiliki ayah mereka hanya memiliki seorang ibu dan seorang kakek. Lebah jantan dibuahi dari telur yang tidak dibuahi dan mewarisi semua genetika dari ibu dan kakeknya, ini dikenal sebagai partenogenesis.

 

Itulah beberapa fakta menarik seputar lebah selain menghasilkan madu. Semoga penjelasan diatas bermanfaat ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *