Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan

3 bulan lalu

Saat orang-orang mendengar kata Nusa Kambangan, mungkin satu hal yang ada di benak kalian adalah sel, penjara seram dengan banyaknya kasus kematian. Memang benar adanya, pulau Nusa Kambangan merupakan sebuah daerah pulau yang memiliki tempat lembaga permasyarakatan yang paling menyeramkan yang pernah ada dan juga termasuk dalam tempat yang tidak bisa dipisahkan dari hal-hal yang berbau kriminal dan juga mistis.

Para napi yang biasanya ditangkap dan juga dipenjara ditempat ini biasanya adalah mereka para penjahat yang memiliki kesalahan ataupun tindak kejahatan yang amat berat. Contoh saja para teroris pelaku bom Bali Amrozi CS yang ditahan di tempat ini. Dengan berbagai kisah seram yang dimiliki oleh tempat ini, berikut ini adalah beberapa fakta mengerikan seputar Nusa Kambangan.

1. Kriminal kelas kakap dipenjara ditempat ini

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Kriminal kelas kakap dipenjara ditempat ini

photo via : www.kerenbgt.com

Mirip dengan penjara-penjara super ketat seperti Alcatraz ataupun Guantanamo yang memiliki tahanan dengan kriminalitas tinggi, penjara Nusa Kambangan ini juga merupakan penjara terbesar dan dengan tingkat keamanan tinggi seperti yang dimiliki oleh negara-negara lain tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika ada tahanan yang dimasukkan ke penjara yang satu ini, bisa dibilang tahanan tersebut memiliki tindak kesalahan yang amat besar. Contoh saja para tahanan seperti Amrozi, Imam Samudera, dan juga Ali Gufron.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

2. Penjara dengan level pengamanan maksimum

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Penjara dengan level pengamanan maksimum

photo via : kampucheathmey.com

Tentu saja dengan banyaknya para napi dengan tingkat kejahatan yang tinggi di tempat ini, membuat tingkat keamanan penjara ini amat bagus. Bahkan kalau di AS ada Alcatras, di Indonesia Nusa Kambangan adalah penajara dengan tingkat keamanan super maksimal. Di sekitar penjara ini terdapat pasukan bersenjata lengkap yang selalu ada untuk menjaga penjara dari luar hingga sel yang ada didalamnya.

3. Bukit Nirbaya, lahan eksekusi

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Bukit Nirbaya, lahan eksekusi

photo via : kampucheathmey.com

Dengan beratnya kasus-kasus kejahatan yang dimiliki oleh para kriminal yang ada di penjara ini, tentu saja tidak jarang terdapat napi yang telah divonis mati dan tinggal menunggu pelaksanaan hukumannya saja. Dalam hal ini, salah satu tempat yang biasanya digunakan untuk tempat eksekusi mati adalah di Bukit Nirbaya. Tempat ini merupakan pelabuhan terakhir bagi mereka yang akan dieksekusi mati. Dengan seramnya bukit ini sebagai tempat eksekusi mati, tentu saja ada banyak rumor mengenai adanya mahluk halus di tempat ini.

4. 100 orang menunggu kematian

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan 100 orang menunggu kematian

poto via : regional.kompas.com

Siapa bilang kalau Indonesia tidak sering melakukan eksekusi mati untuk para tahanannya. Bahkan sebenarnya ada banyak hingga seratusan orang napi yang hanya menunggu waktu saja untuk eksekusi mereka. Eksekusi mati ini dilakukan buat para penjahat yang melakukan tindak kejahatan yang teramat sangat. Sebagian besar pelaksanaan eksekusi mati seorang tahanan tidaklah dilakukan secara terbuka dan diberitakan kepada halayak umum, jadi mungkin kalian akan tahu sedikit saja para napi yang mendapat hukuman mati. Padahal sebenarnya, sudah ada banyak napi yang dieksekusi mati dan ada banyak pula yang menunggu waktu eksekusi mati.

5. Dikelilingi hutan dengan hewan buas

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Dikelilingi hutan dengan hewan buas

photo via : tekno.tempo.co

Pulau Nusa Kambangan sendiri terlihat masih amat asri dengan berbagai pemandangan dan kehidupan yang ada didalamnya termasuk hutan-hutan yang terjaga dengan baik disekitar lapas. Konon menurut penduduk sekitar, percaya jika hutan-hutan yang ada di Nusa Kambangan ini masih dihuni oleh hewan-hewan buas seperti macan hitam sampai ular-ular yang amat berbisa. Jadi, kabur dari penjara ini bukanlah sebuah pilihan yang bijak, karena alam buas disekitar lapas yang akan mengakhiri hidup mereka.

6. Banyak cerita mistis

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Banyak cerita mistis

photo via : tribunnews.com

Cerita mistis baik didalam maupun diluar lapas sering kali terjadi. Diketahui, selalu saja ada cerita mistis dan seram yang meliputi daerah ini. Salah satunya adalah bagaimana angkernya daerah hutan yang ada di tempat ini yang bisa membuat orang yang masuk kedalam hutan ini tidak bisa pulang selamanya. Bahkan dulu ada cerita bagaimana petugas lapas yang tidak bisa menemukan jalan pulang saat mereka terjebak di dalam hutan yang ada di Nusa Kambangan ini.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. Lokasi pasti eksekusi mati dirahasiakan

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Lokasi pasti eksekusi mati dirahasiakan

photo via : boombastis.com

Meskipun eksekusi mati para napi dilakukan di daerah Bukit Nirbaya, namun untuk lokasi titik pasti dari pelaksanaan eksekusi ini tdak ada yang tahu pasti tentangnya. Di lembah Nirbaya sendiri terdapat sebuah kebun jeruk yang dimiliki oleh koperasi Nusa Kambangan yang dirawat oleh beberapa pekerja. Hanya saja beberapa minggu sebelum sebuah ekseusi mati dilakukan, para pekerja ataupun orang yang ada di daerah Bukit Nirbaya diminta untuk mengungsi dari daerah tersebut. Oleh karenanya tidak ada pekerja kebun ataupun sipir yang mengetahui lokasi pasti eksekusi tersebut, karena merupakan sebuah tempat yang terlarang untuk didekati oleh orang-orang.

8. Penampakan di Pertelon Kamboja

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Penampakan di Pertelon Kamboja

photo via : 60detiknews.com

Pertelon sendiri merupakan bahasa Jawa yang artinya pertigaan. Di daerah Nusa Kambangan ini, terdapat sebuah pertigaan yang terkenal angker yang terletak di sekitar 3 km dari pos kepolisian Nusa Kambangan. Tempat ini memang terkenal sebagai tempat yang memiliki berbagai cerita mistis. Bahkan di pertigaan ini sering kali ditemukan penampakan-penampakan mahluk halus. Salah satu penampakan yang paling sering terlihat ditempat ini adalah adanya penampakan hantu wanita berambut panjang dengan pakaian putih dan juga mahluk misterius yang memiliki wajah pucat yang sering kali menampakkan diri saat lewat di tempat ini.

9. Legenda Hantu Mbah Sukur

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Legenda Hantu Mbah Sukur

photo via : intialamgaib.blogspot.com

Tempat narapidana dan eksekusi mati yang telah ada sejak jaman Belanda, tentu saja membuat tempat ini jadi memiliki banyak cerita mistis. Salah satu sosok hantu yang paling terkenal di tempat ini adalah sosok hantu Mbah Sukur. Sosok hantu ini sendiri merupakan sosok hantu yang sangat menyeramkan dan konon katanya, hantu yang satu ini adalah dedengkot seluruh arwah yang ada di Nusa kambangan dan merupakan arwah dari seorang narapidana yang dihukum mati di Nusa Kambangan. Sayangnya, hantu yang satu ini tidak hanya ditembak mati, namun Mbah Sukur juga konon kepalanya dipenggal. Oleha karena kematian miliknya yang amat tragis inilah yang membuat arwahnya terus bergentayangan di Nusa Kambangan.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

10. Steril

Fakta Mengerikan Seputar Nusa Kambangan Steril

Tempat yang satu ini bisa dibilang amatlah steril baik dari sisi orang-orang yang ada didalamnya ataupun petugas penjaga lapas. Apalagi untuk Nusa kambangan sendiri merupakan sebuah pulau yang ada di kabupaten Cilacap. Karena letaknya yang ada di dalam pulau, tentu saja sarana transportasi yang ada di tempat ini untuk hubungan dengan luar pulau, hanya bisa menggunakan jalur laut. Buat para napi pun pastinya akan berpikir dua kali untuk kabur dari penjara yang satu ini, karena aksesnya yang sedikit. Selain itu, pada tahun 2000 yang lalu, dua buah kontainer yang semuanya berisi ular kobra, diketahui dibuang di sekitar pulau Nusa Kambangan

Baca Juga