Fakta Seputar Burung Hantu Beserta Mitos Yang Menyertainya

3 minggu lalu

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Pemanggil Roh

Burung hantu adalah jenis burung ordo Strigiformes, burung ini juga termasuk golongan burung buas karena pemakan daging dan burung hantu ini juga dikenal dengan hewan malam (nokturnal). Di dunia setidaknya ada sekitar 220 spesies yang telah diketahui dan menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika. Burung hantu ini dikenal karena memiliki mata yang besar dan menghadap ke depan, tak hanya itu saja paruhnya pun bengkok tajam seperti elang dan susunan bulu di kepalanya membentuk lingkaran wajah yang terkadang mengesankan dan menyeramkan.

Hewan satu ini juga memiliki keunikan sendiri yaitu memiliki leher yang lentur sehingga wajahnya dapat berputar 270 derajat ke belakang. Burung ini biasanya lebih aktif dimalam hari dan ada pula yang aktif di siang hari. Lepas dari itu semua, burung hantu ini sering sekali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mitos dan dunia magis. Di beberapa tempat ada juga yang berpendapat, kemunculan burung hantu erat kaitannya dengan kematian atau kemalangan. Nah, berikut ini ada beberapa fakta dan mitos seputar burung hantu

Berbagai Fakta Menarik Tentang Burung Hantu

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Habitat Burung Hantu

Photo via ebird.org

1. Burung hantu terdapat hampir di semua babitat

Burung hantu ini bisa kita temukan di semua habitat yang berbeda di seluruh dunia, kecuali di Antartika. Jenis burung hantu yang bisa hidup di daerah Antartika hanyalah burung hantu salju saja.

2. Ada kurang lebih 220 spesies burung hantu

Burung hantu ini memiliki setidaknya 220 spesies, tapi yang pasti hanya terdapat 19 spesies saja yang ditemukan di Amerika Utara.

3. Burung hantu hidup nomaden

Burung hantu ini kebanyakan tidak bermigrasi, mereka dapat hidup nomaden dan mencari sumber makanan.

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Ornimegalonyx

Photo via community.qd1024.com

4. Burung hantu terbesar di dunia tercatat setinggi 1,1 meter

Burung hantu terbesar pernah tercatat dari Kuba yang bernama Orinmegalonyx dimana burung hantu ini telah punah. Burung hantu ini memiliki tinggi 1,1 meter dengan kaki yang kuat dan panjang. Jika burung ini bisa terbang di udara, sudah pasti ia menjadi salah satu burung terbesar yang pernah dikenal di dunia satwa.

5. Burung hantu terkecil di dunia berukuran 5-6 inchi

Di daerah Amerika Serikat dan Meksiko terdapat burung hantu terkecil di dunia dimana memiliki ukuran 5-6 inchi dan berat 1,5 ons dan burung ini bernama Elf Owl.

6. Postur burung hantu tegak

Semua burung hantu memiliki postur badan yang tegak dan mata yang menghadap ke depan.

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Memutar Kepala Hingga 270 derajat

Photo via telegraph.co.uk

7. Burung hantu dapat memutarkan kepala hingga 270 derajat

Burung hantu ini tidak bisa mengerlingkan mata, namun burung hantu ini bisa memutar kepala hingga 270 derajat. Selain itu, mata burung hantu ini disokong oleh soket mata bertulang.

8. Burung hantu memiliki 3 kelopak mata

Burung hantu ini juga memiliki tiga kelopak mata dimana satu berfungsi untuk berkedip, untuk tidur dan untuk menjaga mata tetap bersih dan sehat.

9. Burung hantu menangkap mangsa menggunakan bulu kecil di paruh dan kaki (bulu kecil di paruh dan kaki)

Burung hantu juga tidak bisa melihat objek yang dekat dan untuk menangkap mangsanya ia menggunakan filoplumes. Filoplumes yaitu bulu kecil di paruh dan kaki yang bertindak sebagai antena, dengan bulu kecil ini burung hantu dapat melihat objek pada intensitas cahaya yang rendah.

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Telinga Asimetris Burung Hantu

Photo via catfactsblog.info

10. Ukuran daun telinga burung hantu berbeda satu sama lain

Burung hantu juga memiliki telinga asimetris dimana ukuran daun telinganya berbeda satu sama lain. Hal ini juga membuat pendengaran burung hantu lebih unggul dan memiliki kemampuan untuk menentukan posisi mangsa.

11. Beberapa burung hantu memiliki jumbai di kepala

Ada beberapa spesies burung hantu memiliki jumbai di kepala, namun itu sebenarnya bukanlah telinga. Jumbai bulu ini muncul untuk menunjukkan mood burung, membantunya dalam kamuflase atau digunakan untuk menunjukkan agresi.

12. Wajah burung hantu yang rata dan bulat membantu nya meningkatkan volume suara hingga 10 kali lipat

Bentuk wajah burung hantu yang rata dan bulat ini mampu menyalurkan suara ke telinga dan meningkatkan volumenya sebanyak 10 kali lipat untuk membantunya mendengar suara-suara yang tidak dapat dideteksi manusia.

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Bulu Burung Hantu

Photo via 500px.com

13. Burung hantu memiliki bulu khusus untuk meredam kebisingan dan mengurangi turbulensi

Burung hantu ini juga memiliki bulu khusus dengan pinggiran lunak dan bulu utama yang kaku. Bulu yang kaku ini dapat meredam kebisingan sedangkan bulu yang lunak untuk mengurangi turbulensi. Lalu bulu halus yang menutupi permukaan sayap berfungsi untuk mengurangi suara. Sayap yang lebar dan tubuh yang ringan ini membuatnya terbang senyap.

14. Burung hantu memiliki kaki Zygodactyl

Burung hantu ini memiliki kaki Zygodactyl dimana dua kaki menujuk ke depan dan dua kaki menunjuk kebelakang. Hal inilah yang membuat cengkraman burung hantu lebih kuat dan menjadi predator paling ditakuti.

15. Burung hantu adalah hewan karnivora

Burung ini termasuk hewan karnivora yang memangsa tikus, mamalia berukuran kecil atau sedang, serangga nokturnal, ikan dan burung lainnya.

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Warna Burung Hantu

Photo via frostscience.org

16. Ukuran burung hantu betina lebih besar dari burung hantu jantan

Burung hantu jenis betina memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan burung hantu jantan. Selain itu burung hantu betina juga memiliki warna yang lebih kaya dibandingkan pejantan.

17. Tidak semua burung hantu dapat mengeluarkan suara, tapi ada sebagian jenis burung hantu yang dapat membuat berbagai jenis suara. Dan selama musim bersarang, suara burung hantu akan lebih sering terdengar hingga beberapa kilometer.

18. Burung hantu ini memiliki sifat menyendiri maka dari itu tidak ada burung hantu yang berkelompok.

19. Burung hantu ini juga termasuk hewan yang setia, karena mereka hanya kawin sekali seumur hidup.

 

Berbagai Mitos Seputar Burung Hantu

1. Lambang Kematian

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Burung Hantu Lambang Kematian

Photo via intelligentcontacts.com

Di Indonesia dalam masyarakat Jawa, burung hantu dikatakan sebagai lambang kematian. Konon ketika ada burung hantu berada di depan rumah maka hal itu petanda akan ada orang yang meninggal di rumah itu dalam waktu dekat. Tak hanya di Indonesia, di India pun jika ada suara burung hanu maka itu dianggap sebagai petanda akan datangnya kematian pada seseorang.

2. Mencuri Keberkahan Yang Ada Di Dalam Rumah

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Mencuri Keberkahan

Photo via 7-themes.com

Ada juga yang mengatakan, jika ada burung hantu di depan rumah hingga masuk ke dalam rumah maka hal itu pertanda keberkahan di dalam rumah akan dicuri. Maka dari itu ada yang mengatakan jika burung hantu masuk ke dalam rumah harus dibunuh karena menjadi penyebab hilangnya keberkahan dalam rumah.

3. Pemanggil Roh dan Pertanda Adanya Hantu

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Pemanggil Roh

Photo via runningwild.co.ke

Selain dikatakan sebagai penyebab hilangnya keberkahan dalam rumah, burung hantu juga dikatakan sebagai burung pemanggil roh. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa paranormal atau orang sakti memelihara burung ini. Kehadiran burung hantu ini dikaitkan dengan kehadiran sosok mahluk gaib disekitarnya.

4. Petanda Kemenangan Bagi Pasukan Perang

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Petanda Kemenangan

Photo via birdphotographers.net

Di Yunani, burung hantu yang terbang disekitar pasukan perang mengartikan jika pasukan tersebut akan menang dalam pertempuran. Sehingga di negara tersebut, burung hantu melambangkan kemenangan.

5. Bulu Burung Hantu Dapat Memudahkan Bayi Tertidur

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Bulu Burung Hantu Dapat Memudahkan Bayi Tertidur

Photo via opencage.info

Lain halnya di Inggris, bulu burung hantu dikatakan dapat membuat bayi lebih mudah terlelap jika diletakkan disamping tempat tidurnya.

6. Pertanda Salju Akan Turun

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Pertanda Salju Akan Turun

Photo via iso.500px.com

Di Wales, mendengar suara burung hantu di malam hari pertanda bahwa salju akan datang atau pertanda bahwa salah seorang gadis desa akan mencaro kekasih dan kehilangan kesuciannya.

7. Pembawa Hoki

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Pembawa Hoki

Photo via ebird.org

Selama ini banyak yang mengatakan jika burung hantu adalah lambang kematian, berbeda dengan di China disini burung hantu dianggap sebagai pembawa keberuntungan atau hoki.

8. Burung Hantu Jelmaan Roh Orang Meninggal

Fakta dan Mitos Burung Hantu - Burung Hantu Jelmaan Roh Orang Meninggal

Photo via kunm.org

Dalam kelompok suku Aborigin, di beberapa negara seperti Australia. Burung hantu dianggap suci dan mereka mempercayai jika burung hantu adalah jelmaan dari roh orang-orang yang sudah meninggal.

Nah, itulah beberapa fakta dan mitor seputar burung hantu yang dipercayai oleh masyarakat. Mitos tersebut bisa kamu percaya atau tidak, namun pada dasarnya burung hantu tersebut diciptakan karena ada alasan tertentu pastinya.

Baca Juga