Fakta Sungai Cheonggyecheon di Korea



Sebelumnya saat, presiden Joko Widodo datang ke Korea Selatan, beliau sempat mengunjungi salah satu tempat disana yakni Sungai Cheonggeyecheon. Salah satu sungai yang ada di Korea Selatan ini merupakan sungai yang bersih dan indah serta cocok untuk digunakan sebagai tempat – tempat nongkrong terutama untuk anak muda.

Jokowi pun berpendapat jika sungai inibisa dijadikan sebuah inspirasi yang bagus untuk diterapkan di sungai Ciliwung di Jakarta. Sama seperti CIliwung, dulunya sungai Cheonggyecheon ini merupakan sebuah daerah pemukiman kumuh yang dipulihkan kembali oleh pemerintah Korea Selatan.

Sekarang saat sungai ini telah menjadi bersih dan juga indah, selain merupakan sebuah objek wisata yang populer dikalangan wisatawan, sungai ini juga kerap dijadikan tempat syuting untuk beberapa drama Korea yang ada.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Penasaran seperti apa sungai Cheonggyecheon yang ada di Korea Selatan ini? Berikut ini adalah fakta – fakta yang perlu kamu ketahui tentang sungai ini.

1. Sebuah Gambaran kemiskinan di masa lampau

photo via : kumparan.com

Di tahun 1950-an, sungai ini merupakan sebuah gambaran kemiskinan yang dialami oleh rakyat Korea Selatan. Dimana saat awal mula industrilisasi Korea Selatan, Sungai Cheong gyecheon ini merupakan sebuah daerah amat sangan kumuh. Bahkan salah seorang misionaris asal Jepang yang bernama Nomura Motoyuki mempertanyakan keberadaan tuhan saat meliha daerah tersebut.

2. Sungai yang direstorasi

Sungai yang sebelumnya kumuh dan sekarang setelah berubah menjadi sungai yang indah, merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh wali kota Seoul Le Myung-bak di tahun 2003 silam. Dirinya melakukan restorasi sungai ini di jaman tersebut. Restorasi sungai ini sendir bahkan sampai menelan biaya USD 384 juta. Pengerjaan proyek berskala besar ini, awalnya menuai kritik banyak pihak mengenainya terutama dari besarnya anggaran yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki sungai tersebut. Namun, setelah akhirnya resmi dibuka pada tahun 2005, sungai ini justru menjadi sangat populer di kalangan masyarakat lokal dan juga turis mancanegara.

3. Tempat Wisata

photo via : beritagar.id

Setelah sungai ini berhasil direstorasi dan menjadi bersih dan indah seperti saat ini, sungai ini menjadi amat populer bagi masyarakat lokal maupun bagi wisatawan asing. Saking terkenalnya, bahkan sungai ini menjadi salah satu destinasi wisata top yang dimiliki oleh negri ginseng tersebut.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

4. Tempat syuting Drama Korea

Dengan keindahan dari tempat ini, tentu saja berbagai aktivitas dapat dan bisa dilakukan di tempat ini. Salah satu yang sering dilakukan di tempat ini adalah digunakannya tempat ini sebagai objek lokasi syuting beberapa serial drama Korea. Seprti yang kita ketahui, saat ini drama korea memang banyak sekali disukai oleh orang – orang di dunia. Dan beberapa judul drama korea yang melakukan proses syuting ditempat ini adalah drama iris yang dibintangi oleh aktor senior Lee Byung Hun dan Kim Tae Hee. Dan juga drama Mask yang diperankan Ju Ji Hoon dan Soo Ae.

5. Tempat Festival

Selain sebagi tempat wisata dan juga hiburan bagi masyarakat korea, Sungai ini kerap kali digunakan untuk menyelenggarakan beberapa festival Korea.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. Dapat mengabulkan permintaan

photo via : Sungai Cheonggyecheon

Kalau yang ini mungkin hanyalah sebuah kepercaayaan biasa yang bisa dibilang bisa percaya bisa juga tidak. Adapun caranya adalah cukup dengan melemparkan koin di bawah jembatan Mojeongyo dan apabila koinnya masuk, maka harapanmu dipercaya bisa cepat terkabul.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >