Fakta Unik Kalajengking Dan Mengapa Racun Kalajengking Mahal

1 tahun lalu

Siapa sangka binatang kecil jenis kalajengking bisa membuat kalian kaya raya? Yup kalajengking saat ini memang ramai dibicarakan oleh masyarakat Indonesia hingga tokoh dan petinggi negara Indonesia. Pasalnya baru-baru ini Presiden Joko Widodo dalam pidatonya menyebutkan bahwa racun paling mahal didunia adalah racun kalajengking. Presiden Joko Widodo juga menyebut jika harga perliter racun kalajengking bisa mencapai Rp.145 Milyar. Wow, jadi kalau sobat ingin kaya, maka mulailah berburu kalajengking!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Peneliti zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mereka mengatakan jika molekul aktif yang terdapat pada racun kalajengking bisa menyerang sistem saraf dan kemudian melumpuhkan musuh, cukup dengan setetes racun saja. Pasalnya dalam satu tetes racun kalajengking berisi ratusan molekul aktif.

photo via : http://www.latimes.com

Tapi kenapa bisa harganya sangat mahal? itu karena ternyata kalajengking masih sangat susah ditemukan di daerah Indonesia. Selain itu rata-rata seekor kalajengking hanya menghasilkan sedikit racun yakni sekitar 0,5 mg racun saja. Bayangkan saja untuk mencapai 1 liter racun, berapa kalajengking yang harus dicari dan berapa lama waktu yang diperlukan?. Sedangkan kita tahu untuk menemukan kalajengking saja susah. Dalam setahun saja belum tentu liat kalajengking berkeliaran di halaman belakang rumah kamu, bener gak? Jadi intinya mahalnya racun kalajengking, salah satunya adalah karena sangat susah dicari, beda dengan ular yang habitatnya mudah ditemukan.

photo via : www.goldshotexterminating.net

Dan sekedar informasi saja, untuk mengumpulkan atau memerah racun kalajengking itu bisa sangat membahayakan nyawa saat melakukannya. Pasalnya proses memerah racun kalajengking itu sangat sulit, salah-salah malah kita yang tersengat oleh ekor kalajengking yang menyimpan racun tersebut. Namun ada beberapa metode yang digunakan peneliti untuk mengekstrak racun kalajengking adalah sebagai berikut:

1. Menusuk kelenjar racun kalajengking, atau disebut juga pembedahan perut. Namun teknik ini dirasa kurang efektif, selain itu juga dapat menyakiti binatang

photo via : www.newsweek.com

2. Menstimulasi dengan listrik, perut kalajengking dirangsang menggunakan listrik untuk melepaskan racun. Teknik ini dapat menghasilkan racun dalam jumlah yang besar

photo via : medicalxpress.com

3. Mengekstrak racun menggunakan robot. Para peneliti telah berhasil mengembangkan robot untuk mengekstrak racun kalajengking. Robot ini mudah untuk dibawa dan dirancang sedemikian rupa. Sehingga tidak membahayakan binatang. Robot ini dapat dioperasikan oleh satu orang baik di laboratorium maupun lapangan.

Nah selain karena susah ditemukan dan proses mengumpukan racunnya yang berbahaya, mahalnya racun scorpion itu juga dipengaruhi oleh segala manfaat positif dari racun kalajengking sendiri. Rupanya, racun kalajengking ini sangat berguna dalam dunia pengobatan. Beberapa manfaat dari racun kalajengking untuk dunia medis di antaranya:

1. Protein dari racun kalajengking menunjukkan aktivitas anti mikroba. Sehingga dapat dijadikan sebagai bahan tambahan pada obat antibiotik

2. Racunnya juga menunjukan sifat anti malaria

3. Dapat digunakan dalam pengembangan obat baru. Obat yang disebut Vidatox, diperoleh dari kalajengking biru, yang dikenal sebagai “obat ajaib Kuba”. Obat tersebut menunjukkan aktivitas anti kanker yang menjanjikan, dan menunjukkan hasil positif melawan berbagai jenis kanker.

photo via : lantoa.net

4. Beberapa peneliti menggunakan racun kalajengking untuk mengembangkan obat penghilang rasa sakit

5. Racun kalajengking memiliki protetin khusus yang mampu menekan sistem imunitas manusia. Membuat racun ini memungkinkan untuk digunakan sebagai obat penyakit-penyakit auto imun (Sistem imun yang menyerang tubuh Anda sendiri) seperti rematik, lupus, radang usus, dll.

Wow pantas saja harga racun kalajengking sangat mahal, ternyata manfaatnya juga gak main-main. Nah setelah kamu tahu kenapa racun kalajengking tersebut sangat mahal, kamu juga wajib tahu fakta-fakta unik dari spesies bernama kalajengking ini, berikut fakta-faktanya :

1. Scorpions atau kalajengking adalah jenis hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda), yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida. Kalajengking juga masih berkerabat dekat dengan laba-laba. Ada sekitar 2 ribu jenis kalajengking, dan semua spesiesnya memiliki tingkat bisa yang berbeda-beda.

photo via : www.reddit.com

2. Hewan Kalajengking ini tersebar hampir diseluruh dunia dan memiliki spesies hampir lebih dari 1200 jenis. Banyak dari mereka yang berada di zona hangat.

3. Ukuran dari Kalajengking ini sangat beragam ada yang berukuran 1.3 cm hingga 18 cm.

4. Ada bagian dari bumi yang tidak tersentuh oleh hewan ini. Daerah yang jauh dari hewan Kalajengking ini adalah Greenland, Antartika, Selandia Baru dan juga pulau kecil lainnya.

5. Kalajengking ini memiliki tubuh Cepalothorak dimana ia memiliki kepala dan juga dada yang menyambung. Tubuhnya diperpanjang dengan perut yang disebut dengan ekor yang berujung dengan area beracun.

6. Kalajengking dan juga saudaranya yaitu laba-laba tidak seperti serangga lain yang mempunyai antena.

7. Hewan beracun ini memiliki 4 pasang kaki untuk berfungsi sebagai kaki berjalan.

8. Serangga ini adalah salah satu hewan nocturnal yang bersembunyi di siang hari dan aktif di malam hari.

9. Kalajengking bisa kamu temukan di bawah batuan, dibawah daun dan juga di daerah bangunan yang telah lama ditinggalkan ketika siang hari. Jika kamu beruntung, kamu bisa menemukannya bersembunyi di dekat pakaian kamu, di sepatu dan juga di tempat tidur kamu.

10. Racun kalajengking ada 2 jenis yaitu yang memiliki kemampuan untuk melumpuhkan invertevrata yang tidak lebih berbahaya dari sengatan lebah dan satu lagi racun mematikan yang dapat membunuh manusia dewasa.

photo via : http://someinterestingfacts.net

11. Racun yang mematikan tersebut dapat membunuh seekor anjing dalam waktu 7 menit, dan juga menusia dewasa dalam waktu beberapa jam jika tidak mendapatkan pertolongan.

12. Spesies kalajengking yang berukuran besar biasanya memiliki jenis racun yang tidak mematikan. Sebaliknya, spesies kalajengking yang berukuran kecil hingga medium memiliki racun yang sangat mematikan.

13. Spesies kalajengking beracun mematikan berasal dari family buthidae yang memiliki 500 jenis spesies dan spesies ini banyak ditemukan di Afrika dan juga Amerika.

14. Spesies yang paling mematikan dari Kalajengking ini berasal dari genis Androctonus yang berada di Afrika utara.

photo via : alchetron.com

15. Hewan beracun ini memiliki kemampuan mengendus. Cara ini dilakukan untuk mendeteksi lokasi dari mangsanya. Selain dengan menggunakan penciuman, Kalajengking juga mendeteksi lokasi mangsa dengan memanfaatkan getaran dari tanah.

16. Kalajengking hanya mengkonsumsi cairan dan juga jaringan lunak dari mangsanya. Mereka mencari mangsa yang memiliki ukuran yang besar agar mereka tidak perlu keluar mencari makanan setiap malam. Selain makanan mereka juga mengkonsumsi air dengan efisien.

17. Kalajengking melakukan reproduksi selama hampir berjam-jam.

18. Kalajengking mengandung telur dalam waktu 1 tahun. Setelah waktu 1 tahun, anak-anak hewan beracun ini akan lahir dengan jumlah beragam. Biasanya rangenya dari 1 hingga 100. Proses kelahiran bisa berlangsung selama beberapa hari dan bisa berlangsung dengan jeda.

19. Hingga tulang keras anak-anak dari hewan ini tumbuh, anak-anak keturunan dari seranga beracun ini akan hidup diatas punggung ibunya.

photo via : tosea.wordpress.com

20. Berdasarkan penelitian, fosil dari kalajengking pertama yang pertama di kisarkan hidup pada 400 milyar tahun yang lalu. Bentuk dari fosil yang direkonstruksi ini tidak jauh berbeda dari bentuknya pada masa modern. Ukuran terbesar dari fosil yang pernah ditemukan memiliki panjang sebesar 2.8 meter.

21. Kalajengking dan juga kecoa adalah hewan purba yang memiliki kemampuan hidup yang luar biasa. Keduanya adalah hewan yang berasal dari masa purba, melewati banyak rintangan dan proses seleksi alam termasuk dengan radiasi senjata nuklir.

22. Kalajengking memiliki kemampuan untuk menerima rangsangan UV. Tubuh dari hewan ini akan bersinar ketika mendapat sinar UV sehingga peneliti dapat menemukannya pada malam hari.

photo via : http://idanimage.com

23. Kalajengking menyukai tempat-tempat yang terbuat dari kain, seperti pakaian, celana, kaos kaki dll. jadi jangan heran jika suatu saat kamu menemukan kalajengking sedang berteduh didalam sepatu kamu.

24. Beberapa spesies kalajengking memiliki jumlah mata hingga mencapai 10, namun tetap saja mereka memiliki penglihatan yang buruk.

25. Setelah kawan, kalajengking betina akan menjadi agresif, dan mulai memakan pasangannya, Mereka bahkan akan memakan anak-anaknya bila merasa kelaparan.

photo via : 6legs2many.wordpress.com

26. Habitat asli kalajengking adalah gurun pasir, karena itu mereka telah terlatih untuk dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum sampai berbulan-bulan.

27. Kalajengking dapat membunuh dirinya sendiri dengan cara menyengat tubuhnya sendiri, apabila mereka tersiram dengan cairan cuka.

Baca Juga