Fakta Unik Seputar McD Sarinah Yang Ditutup Kemarin

Dibuat oleh blogunik

Gerai makanan cepat saji McDonald’s atau McD pertama di Indonesia yang berlokasi di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat,resmi ditutup pada Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB. Kabar duka bagi penikmat makanan di restoran cepat saji asal Amerika itu pun telah dibenarkan oleh pihak McDonald’s Indonesia.

Gerai McDonald’s pertama di Indonesia tersebut terpaksa ditutup lantaran manajemen gedung Sarinah akan melakukan renovasi, dan mengubah strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah itu.

McD sendiri merupakan salah satu restoran cepat saji yang begitu populer di masyarakat Indonesia. Apalagi, McD Sarinah sendiri merupakan gerai pertama yang dibangun di Indonesia.

Jadi nggak heran, kalau penutupan McD Sarinah ini menuai beragam reaksi dari masyarakat. Bahkan menjadi trending di Twitter. Banyak yang mengaku bahwa mereka memiliki kenangan-kenangan berkesan di restoran yang sudah berusia hampir 30 tahun itu. Tak hanya itu, McD Sarinah juga menyimpan bebagai fakta menarik sayang untuk dilupakan. Kira-kira fakta menariknya seperti apa? Let’s check it out guys!

1. Cabang McD Indonesia Pertama

Fakta-Unik-Seputar-McD-Sarinah-Yang-Ditutup

photo via cnnindonesia.com

McDonalds Sarinah pertama kali dibuka pada 23 Februari 1991 dan menjadi gerai McDonalds pertama di Indonesia. McDonald’s Sarinah Thamrin juga merupakan flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia.

Kini sudah hampir 30 tahun restoran itu ada di sana. Pada 2009, McDonald’s pernah meninggalkan Sarinah Thamrin dan berganti jadi TonyJack’s. Namun McDonald’s kembali lagi dua tahun kemudian berkat proses tender.

2. Saksi bisu dari suatu peristiwa bersejarah

Fakta-Unik-Seputar-McD-Sarinah-Yang-Ditutup

photo via travel.tempo.co

McD Sarinah juga menjadi saksi bisu berbagai peristiwa yang terjadi di daerah sekitarnya. Letak restoran McDonald’s yang persis di bagian depan mejadikan pengunjung dapat memperhatikan lalu lalang orang dan kendaraan di sepanjang Jalan MH Thamrin. Begitu juga aktivitas di gedung perkantoran dan instansi pemerintah di sekitarnya.

Banyak peristiwa terjadi di sekitar Sarinah. Mulai dari banjir, serangan teror bom, hingga kerusuhan. Pada 2013, kawasan perbelanjaan Sarinah diterjang banjir sampai lutut orang dewasa untuk pertama kalinya.

Pada 14 Januari 2016, Mcdonald’s Sarinah juga menjadi saksi bisu teror bom di Thamrin. Bom meledak di gerai Starbucks Gedung Cakrawala, gedung yang letaknya berseberangan dengan gerai Mcdonald’s Sarinah, dan pos polisi Sarinah.

Pada 22 Mei 2019, Mcdonald’s Sarinah juga menjadi saksi bisu demonstrasi di depan gedung Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu yang terletak di seberang McD Sarinah yang berujung rusuh.

3. Patung Ronald di atap digusur

Fakta-Unik-Seputar-McD-Sarinah-Yang-Ditutup

photo via id.berita.yahoo.com

Rumah makan cepat saji ini sempat identik dengan maskot badut bernama Ronald yang diletakkan di bagian atap yang ukurannya sangat besar. Namun sekitar 2011, patung ini tak terlihat lagi. Hal itu tak hanya terjadi di gerai Sarinah, tapi juga di semua gerai McD di seluruh dunia. Kabarnya, Ronald dipensiunkan setelah lebih dari 550 praktisi dan organisasi kesehatan menandatangani sebuah surat yang ditujukan kepada perusahaan McDonald agar mereka berhenti mempromosikan junk food kepada anak-anak dan memberhentikan Ronald.

4. Rumah kedua

Fakta-Unik-Seputar-McD-Sarinah-Yang-Ditutup

photo via wartaekonomi.co.id

Letak restoran McDonald’s yang persis di bagian depan Sarinah Thamrin menjadi spot terbaik untuk menikmati suasana. Karena itu, banyak yang menganggap restoran ini sebagai rumah keduanya, apalagi sejak memakai konsep buka 24 jam. Seperti di rumah, pengunjung bisa makan sambil bekerja dan duduk-duduk di sana sampai larut malam, bahkan hingga hari berganti.

5. Memiliki konsep flagship store

Fakta-Unik-Seputar-McD-Sarinah-Yang-Ditutup

photo via tribunnews.com

McDonald’s Sarinah memiliki konsep flagship store , yang merupakan representasi brand tersebut dengan gerai yang dinilai paling unggul, bersejarah, atau tempat andalan untuk memperkenalkan inovasi-inovasi baru. Jadi tak heran, kalau McD Sarinah kerap menjadi lokasi utama peluncura beragam inovasi maupun menu baru dari restoran tersebut.

6. Pernah dikunjungi Muhammad Ali

Fakta-Unik-Seputar-McD-Sarinah-Yang-Ditutup

photo via tribunnews.com

Dikutip dari Liputan6.com, Petinju legendaris, Muhammad Ali, ternyata pernah mentraktir sekitar 100 orang Jakarta untuk sarapan di McDonald’s Sarinah di sela-sela kunjungannya ke Indonesia pada 1996 untuk misi kemanusiaan. Kabarnya, Ali yang waktu itu datang tanpa pengawalan dan hanya didampingi seorang temannya, diam-diam sarapan di McD Sarinah. Saat melihat banyak orang yang mendatanginya, ia pun mengatakan akan mentraktir semua yang ada di tempat tersebut yaitu sekitar 100 orang.

7. Lokasi syuting video klip Base Jam

Fakta-Unik-Seputar-McD-Sarinah-Yang-Ditutup

photo via youtube.com (Musica Studio’s)

Selain dikunjungi Muhammad Ali, McDonald’s Sarinah juga sempat menjadi tempat syuting beragam acara. Tapi yang cukup bersejarah adalah sebagai salah satu tempat syuting video klip grup Base Jam yakni “Aku Jatuh Cinta” pada 1997

Kemungkinan itu adalah video klip Indonesia pertama yang mengekspos gerai McD Sarinah sebagai tempat syuting. Salah satu lokasi yang digunakan adalah bagian luar gerai McD Sarinah. Hal itu terlihat jelas dalam beberapa adegan di klip tersebut, dimana restoran cepat saji tersebut tersorot kamera. Hal ini semakin menegaskan betapa McD Sarinah menyimpan berjuta kenangan banyak orang.

8. Banjir kenangan

Fakta-Unik-Seputar-McD-Sarinah-Yang-Ditutup

photo via liputan6.com

Banyak netizen yang mengaku memiliki kenangan bersejarah di restoran yang sudah berdiri 30 tahun itu. Ada yang mengaku memiliki kenangan masa kecil saat bersantap di McD Sarinah, hingga melakukan aktivitas bersejarah seperti pre-wedding. Apalagi bagi anak-anak muda. Sudah tidak asing lagi kalau McDonald Sarinah dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda. Mulai dari tahun 90an sampai sekarang. Tempat yang tidak pernah sepi ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak muda untuk berkumpul bersama. Tutupnya McDonald’s Sarinah tentu akan membuat anak-anak muda kehilangan tempat nongkrong terbaik mereka.

Sementara itu, meski gerai ditutup, karyawan McDonald’s Sarinah tetap dipertahankan alias tidak dirumahkan. McDonald’s memastikan seluruh karyawan yang selama ini bekerja di restoran tersebut akan tetap mempertahankan pekerjaannya dan direlokasi ke berbagai restoran McDonald’s lainnya,

Itulah tadi fakta seputar McD Sarinah yang telah ditutup. Meskipun kini logo kuning menyala dari McDonald’s yang bertengger di depan gedung Sarinah tak akan kita lihat lagi, tapi kenangannya akan selalu melekat di hati para pengunjungnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.