Fakta Unik Tentang Brunei Darussalam



Brunei Darussalam merupakan negara yang berbentuk kerajaan monarki Islam dengan raja sekaligus perdana mentrinya. Brunei Darussalam bisa dibilang memiliki indeks pembangunan manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura. Meskipun negaranya terbilang kecil, namun negara ini termasuk salah satu negara terkaya di dunia berkat cadangan minyak dan gas bumi yang melimpah. Negara ini memiliki fakta unik yang mungkin tidak semua orang ketahui, berikut fakta unik tentang Brunei Darussalam :

 

1. Istana Nurul Iman Dibuka Saat Ramadhan Untuk Menjamu Rakyatnya

Photo via : https://sportourism.id

Istana Nurul Iman ini merupakan Istana termegah di dunia dengan berlapisan emas. Baik interior istana, pakian, mobil hingga kamar mandi yang berjumlah 257 semua berlapis emas. Istana megah ini akan dibuka untuk umum pada saat Ramadhan. Seluruh rakyat Brunei boleh mengunjungi istana dan akan dijamu raja.

 

2. Di Brunei Tidak Ada Sepeda Motor

Photo via : http://www.plateshack.com

Di Brunei bisa dibilang tidak ada sepeda motor, walaupun ada itu hanya untuk pengantar makanan cepat saji. Ketidak adaan sepeda motor ini disebabkan karena kepemilikan mobil sangat tinggi disini. Perbandingan jumlah manusia dan mobil yaitu 2:1 dimana jika ada 2 orang pastinya ada 1 mobil.

 

3. Tak Ada Kemacetan

Photo via : https://www.skyscrapercity.com

Brunei memiliki penduduk yang sedikit hanya sekitar 400.000 penduduk. Meskipun memiliki penduduk yang sedikit, Brunei adalah negara bersih, keadaan kota yang aman dan tentunya tidak ada kemacetan.

 

4. Brunei Hanya Memiliki 4 Stasiun Televisi

Photo via : http://www.brudirect.com

Sedikitnya penduduk membuat Brunei minim kriminalitas. Berita-berita buruk pun jarang terjadi disana. Menurut salah satu karyawan stasiun TV di Brunei, pemerintah melarang memberitakan hal yang buruk di negara itu. Nah, maka dari itu Brunei memang agak tertutup dengan pers.

 

5. Syariah Islam Sebagai Dasar Hukumnya

Photo via : https://flipboard.com

Brunei merupakan negara yang menganut syariah Islam. Bisa dibilang negara ini bisa dijadikan contoh dalam penerapan syariat Islam yang baik karena disana alkohol dan rokok dilarang diperdagangkan. Selain itu zina dan homoseksual hukumannya amat keras. Disana, perempuan diberikan tempat untuk bekerja dan juga hak asuh anak.

 

6. Di Brunei Terdapat Banyak Fasilitas Gratis

Photo via : http://www.moh.gov.bn

Brunei merupakan negara yang kaya akan minyak sehingga wajar saja jika negara ini termasuk negara yang sejahtera. Selain itu, negara ini juga memberikan pendidikan gratis dan kesehatan gratis untuk warganya.

 

7. Sultan Brunei Memiliki Koleksi Mobil Mewah

Photo via : http://www.ohmymedia.cc

Sultan Brune sangatlah kaya raya, saking kayanya beliau memiliki koleksi mobil mewah yang mencapai 7.000. Beliau juga merupakan pemilik mobil mewah terbanyak di dunia.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >