15 Film Detektif Korea Terbaik Dengan Alur Cerita Yang Seru

Dibuat oleh blogunik

Mau tahu film detektif Korea terbaik? Simak ulasannya berikut ini.

Film Korea dikenal memiliki beragam genre yang menarik untuk disimak dan salah satu genre yang dapat kamu tonton yaitu film korea genre detektif. Film Korea tentang detektif ini memiliki keseruan tersendiri bagi para penontonnya, dimana film ini menyuguhkan cerita yang sangat menarik, menegangkan dan seru. Film ini dapat kamu pilih sebagai alternatif, jika kamu merasa bosan dengan film Korea bergenre romantis.

Hal menarik yang membuat film detektif ini banyak disukai terletak pada alur cerita yang tidak mudah ditebak atau tidak terduga hingga memiliki banyak teka-teki di dalamnya. Ketika menonton film genre ini kita juga tidak dapat mengalihkan mata atau meninggalkan satu adegan pun. Karena bisa jadi terdapat kunci dari jawaban dari teka-teki yang diberikan.

Film Korea detektif ini pun semakin menarik karena diperankan oleh artis-artis yang berbakat dan sangat totalitas. Tak heran jika kalian akan kagum melihat aksinya di dalam film tersebut. Nah dari sekian banyak film Korea bergenre detektif, kira-kira mana yang memiliki alur cerita terbaik? Inilah rekomendasi 15 film detektif Korea terbaik versi BlogUnik.com

15 Film Detektif Korea Terbaik

1. Cold Eyes (2013)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via imdb.com

Film Korean bertema detektif pertama yang dapat kamu saksikan keseruannya yaitu Cold Eyes. Film ini diliris pada 3 Juli 2013 dan disutradarai oleh Cho Ui Seok dan Kim Byung Seo. Dibintangi oleh Sol Kyung Gu, Jung Woo Sung, Han Hyo Joo, Jin Kyung dan Lee Junho.

Film ini mengisahkan tentang detektif unit khusus kepolisian yang bekerja sama menangkap sebuah organisasi perampokan bank. Han Yoon Joo (Han Hyo Joo) mengikuti serangkaian ujian untuk bergabung dengan kepolisian. Ia dinyatakan lulus ujian dan ditempatkan sebagai anggota divisi pengawasan. Divisi tersebut dipimpin oleh seorang detektif bernama Hwang (Sol Kyung Gu).

Pada saat bersamaan terjadilah aksi perampokan yang dilakukan oleh James (Jung Woo Sung). Detektif Hwang dan tim pun ditugaskan untuk menangkap organisasi perampokan James. Namun mereka menemukan kesulitan karena James berserta komplotannya selalu menggunakan topeng yang membuatnya sulit untuk di identifikasi.

2. Children (2011)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via hancinema.net

Children merupakan salah satu film Korea yang diangkat dari kisah nyata dari kasus hilangnya lima anak disebuah bukit bernama Wayoung pada tahun 1991. Kasus satu ini cukup menyita perhatian masyarakat dan dikenal sebagai “Frog Boys atau Gaegurisonyeon”. Investigasi ini terus dilakukan hingga kasus ini menemui masa kadaluarsa pada 26 Maret 2007.

Film ini dibuka dengan menghilangnya lima anak yang awalnya pamit pergi ke gunung untuk mencari katak, namun mereka tidak pernah kembali lagi. Polisi hingga produser TV bahkan mencoba memecahkan kasus tersebut. Pencarian pun dilakukan secara besar-besaran namun tidak membawakan hasil. Sebelas tahun kemudian, polisi menemukan jasad dari kelima anak tersebut. Apa yang sebenarnya tejadi dengan mereka? Kalian bisa menyaksikannya langsung.

3. Dark Figure of Crime (2018)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via imdb.com

Dark Figure of Crime merupakan film Korea yang diperankan oleh Kim Yoon Seok, Ju Ji Hoon, Eo Ju Seon dan Jin Seon Kyu. Film ini menceritakan tentang seorang detektif di Busan bernama Hyung Min.

Hyung Min adalah detektif yang fokus dalam menyelesaikan kasus dan tak ambil pusing mengenai masalah mendapatkan promosi. Melalui seorang informan, Hyung Min bertemu dengan seorang pemuda bernama Tar O disebuah restoran. Pemuda tersebut mengaku menerima uang untuk menguburkan tubuh seseorang.

Namun ketika ia akan mengungkap dimana lokasi penguburannya, tiba-tiba polisi muncul di restoran tersebut dan menangkap Tae O atas tuduhan pembunuhan. Tae O pun dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena kejahatannya itu.

Pada saat di dalam penjara, Tae O menelepon detektif Hyung Min. Ia memberikan pernyataan bahwa sebelumnya ia pernah melakukan sejumlah pembunuhan lain. Mendengar hal tersebut Hyung Min bingung antara harus mempercayai kata-kata Tae O yang mungkin saja hanya permainan semata atau itu memang sebuah kebenaran.

4. Extreme Job (2019)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via imdb.com

Film Korea satu ini tentunya sangat menarik untuk disaksikan, karena dikemas dengan komedi laga yang sayang untuk dilewatkan. Extreme Job ini dibintangi oleh Ryu Seung Ryong, Lee Hanee, Jin Seon Kyu, Lee Dong Hwi dan Gong Myung.

Mengisahkan tentang sekelompok detektif narkotika muda yang terdiri dari 5 orang yaitu Kepala Pasukan Detektif Go (Ryu Seung Ryong), Detektif Jang (Lee Hanee), Detektif Ma (Jin Seon Kyu), Detektif Young Ho (Lee Dong Hwi) dan Detektif Jae Hoon (Gong Myung).

Setelah gagal dalam misi terakhir mereka, Kapten Ko dan timnya ditawari satu kesempatan terakhir untuk menyelamatkan karir mereka. Dimana mereka harus melakukan pengawasan rahasia terhadap geng narkoba internasional. Lokasi pengintaian mereka adalah restoran ayam. Mungkin mereka mengira semuanya akan berhasil, tapi mereka dihadapi oleh satu masalah yaitu restoran tersebut akan segera gulung tikar.

Tak ingin karir mereka dipertaruhkan, tim pun mencoba untuk menjatuhkan organisasi kriminal tersebut sambil menyamar. Para detektif ini kemudia mulai bekerja sebagai karyawan disebuah restoran ayam. Bahkan mereka berimprovisasi pada menu, tanpa diduga restoran ayam mereka justru menjadi terkenal. Karena popularitas restiran yang tidak terduga, para detektif pun menemukan diri mereka dalam situasi yang tidak pernah mereka duga.

5. Forgotten (2017)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via asianwiki.com

Film besutan B.A Entertainment ini tayang perdana pada tahun 2017 yang dibintangi oleh beberapa pemeran terkenal seperti Kang Ha Neul, Kim Mu Yeol, Na Young Hee dan Moon Seung Keun. Film berjudul Forgotten ini sangat menarik untuk ditonton karena menyuguhkan kisah misteri yang menarik.

Kisanya bermula ketika Jin Seok (Kang Ha Neul) yang menderita penyakit neurasthenia kronis, pindah ke rumah baru bersama keluarganya. Mereka pindah ke rumah baru pada tahun 1997, ketika itu Jin Seok baru berusia 21 tahun dan ia juga sedang dalam masa kuliah.

Pada awalnya semua berjalan dengan mulus bagi Jin Seok, namun situasinya menjadi aneh ketika ada beberapa kejanggalan mulai terjadi. Di mulai dari adanya suara bunyi-bunyian di kamar pojok yang selalu terkunci, mimpi tentang laki-laki menyeramkan hingga kebiasaan aneh kakanya yang kerap keluar kamar pada malam hari.

Karena rasa penasaran yang tinggi, Jin Seok pun sengaja bangun malam untuk membuntuti sang kakak. Namun kejadian tersebut diketahui sang kakak. Yoon Seok sempat mengajak Jin Seok berbincang di luar rumah, namun ketika akan masuk ke dalam rumah ternyata Yoo Seok diculik oleh segerombolan lelaki yang menggunakan mini van hitam. Dan ketika diselidiki, mobil yang menculik Yoon Seok bukanlah kendaraan resmi di Korea. Lalu sebenarnya apa yang terjadi?

6. Man On High Heels (2014)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via asianwiki.com

Man On High Heels mengisahkan tentang Yoon Ji Wook yang merupakan detektif pembunuhan keras yang dikenal atas kemampuan dirinya yang tidak terbantahkan dalam menangkap penjahat yang kejam. Ji Wook dihormati sebagai legenda dalam kepolisian dan disaat yang sama ditakuti antara mafia sebab kebrutalan Ji Wook dalam menindak kejahatan.

Namun dibalik itu semua Ji Wook memiliki rahasia yang harus disembunyikan. Ia lahir sebagai laki-laki namun ia ingin menjalani kehidupan sebagai seorang wanita sejak masa remajanya. Ia berusaha untuk menekan keinginannya itu namun semua sia-sia.

Ketika ia mencapai titik yang aman, ia memutuskan mengambil resiko untuk melakukan operasi penegasan gender. Tapi sebelum ia melaakukannya, kejadian tak terduga merusak rencananya tersebut. Dimana sebuah geng melakukan balas dendam padanya.

7. Memories Of Murder (2003)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via tumbral.com

Jika kamu termasuk orang yang gemar menonton film bergenre misteri yang dipadukan dengan kisah detektif, coba saja menonton film Korea berjudul Memories Of Murder. Film Memories Of Murder ini sebenarnya diangkat berdasarkan kisah nyata pembunuhan berantai pertama di Korea dalam sejarah yang dilakukan oleh Lee Choon Jae. Kejadian ini terjadi antara tahun 1986 – 1991 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi.

Kasus ini bermula pada tahun 1986 dimana seorang perempuan muda diperkosa dan ditemukan tewas dibunuh di selokan. Tak lama setelahnya, seorang perempuan lainnya ditemukan tewas terbunuh di sebuah lapangan yang tak jauh dari lokasi pertama.

Park Doo Man (Song Kang Ho) mengalami kesulitan dalam menyelesaikan misteri ini sebab tak pernah ada kasus seperti ini. Bahkan teknologi forensik belum ada di era 1980-an serta sulitnya menemukan bukti, tak heran jika Park Doo Man merasa kewalahan menangani kasus ini. Kemudian, Seo Tae Yoon (Kim Sang Kyung) datang dan menawarkan bantuan. Namun bantuan tersebut malah berujung pertengkaran sebab mereka berdua memiliki cara berbeda dalam mencari tersangka dan menyelesaikan perkara.

Setelah bertengkar, mereka perlahan mulai mengenali metode dan ciri khas dari tersangka. Mereka pun mulai menemukan titik terang dari kasus ini. Mereka juga sempat mengirimkan data ke Amerika Serikat untuk meminta bantuan dalam mengecek DNA yang diduga pelaku pembunuhan berantai.

Bagaimana jalan ceritanya cukup seru kan?

8. Phantom Detective (2016)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via imdb.com

Film satu ini ditulis dan diarahkan oleh Sutradara Jo Sung Hee, Phantom Detective ini pertama kali tayang di Korea pada 4 Mei 2016 dan menghasilkan lebih dari US$10,4 juta dari box office lokal.

Film Phantom Detective ini menceritakan tentang Hong Gil Dong (Lee Je Hoon) yang menjalankan agensi detektif ilegal bersama presiden Hwang (Go Ara). Mereka berusaha menangkap orang-orang jahat seperti yang diinginkan mendiang ayaH Presiden Hwang.

Hong Gil Dong selama ini mampu melacak hampir semua orang dalam satu jam. Namun ia selalu gagal melacak Kim Byeong Duk (Park Geun Hyung), pembunuh ibu Hong Gil Dong yang telah menghilang selama bertahun-tahun.

Pada suatu hari, Hong Gil Dong mengetahui posisi Kim Byeong Duk dan ia bergegas kesana. Namun sayangnya Kim Byeong Duk hilang diculik. Di lokasi hanya terlohat Dong Yi (Roh Jeong Eui) dan Mal Soon (Kim Ha Na), cucu Byeong Duk. Bertekad untuk balas dendam, Hong Gil Dong pun membawa Dong Yi dan Mal Soon untuk menemukan Kim Byeong Duk.

Lantas, bagaimana cerita selanjutnya? Apakah Hong Gil Dong mampu menemukan Kim Byeong Duk?

9. Part Time Spy (2017)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via asianwiki.com

Part Time Spy merupakan salah satu film Korea yang mengusung tiga genre sekaligus yaitu kriminal, aksi dan komedi. Bisa dibayangkan betapa serunya film satu ini, selain menyajikan cerita tentang menyelidiki sebuah kasus. Film ini juga dikemas dengan beberapa adegan konyol yang menghibur.

Film ini menceritakan tentang Jang Young Shil (Gang Ye Won) yang bekerja di NSA. Yong Shil hanyalah pegawai kontrak yang secara tiba-tiba menerima pemutusan kontrak kerja. Ketika ia akan berpamitan kepada bosnya, tak sengaja ia mendengar jika bosnya sedang mendapatkan masalah keuangan. Karena baru saja menjadi korban voice phising. Kemudian Yong Shil direkrut oleh bosnya untuk menjadi mata-mata disebuah perusahaan yang sering melakukan voice phising.

Awalnya ia menolak tawaran tersebut, namun perlahan ia menjadi tertarik dengan tawaran itu karena sang bos menjanjikan akan diangkat menjadi pegawai tetap di NSA. Jika ia berhasil mengembalikan uang bosnya yang hilang tersebut.

Selain Yong Shil, Jung An yang merupakan seorang polisi wanita yang suka berbicara kotor juga memiliki misi menjadi mata-mata di perusahaan dimana Yong Shil akan ditugaskan. Jung An juga mencoba membokar perusahaan voice phishing tersebut. Karena mereka memiliki misi yang sama, mereka berdua pun bekerja sama.

Mampukah mereka berdua menuntaskan misinya?

10. Silenced (2011)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via imdb.com

Satu lagi film yang diangkat dari kisah nyata yang wajib kamu tonton yaitu Silenced. Film ini mengangkat kisah nyata tentang kejadian pelecehan seksual yang dialami oleh para siswa sekolah khusus difabel di Korea Selatan yaitu Gwangju Inhwa School.

Film ini menceritakan tentang pelecehan seksual yang dialami oleh beberapa siswa di Sekolah Gwangju Inhwa yang merupakan sekolah khusus anak tuli.

Kang In Ho (Gong Yoo) merupakan guru baru disana, ia merasakan suasana aneh sejak datang ke sekolah tersebut. Bahkan beberapa murid menunjukkan gelagat aneh dan mencurigakan diantaranya yaitu Kim Yeon Doo, Jin Yoo Ri dan Jeon Min Soo. Mereka bertiga seperti menutupi sebuah rahasia.

Setelah menyaksikan beberapa kejadian yang mencurigakan, Kang In Ho pun menyadari jika siswa-siswa tersebut mengalami pelecehan seksual. Ia pun berusaha untuk melaporkan kasus tersebut sebagai bentuk dari pelanggaran hak asasi anak yang dibantu oleh Seo Yoo Jin selaku karyawan di Pusat Hak Asasi Manusia Mujin.

Awalnya ketiga siswa tersebut enggan untuk mengaku, namun pada akhirnya mereka menceritakan segala kejadian yang mereka alami. Mereka pun terkejut mengenai faktanya jika pelakunya adalah Kepala Sekolah dan guru di sekolah tersebut.

Kasus ini pun sampai di meja hukum, namun banyak kalangan yang kurang percaya dan adanya penyuapan yang merugikan korban. Ketiga korban pelecehan seksual ini juga berusaha sekuat mungkin untuk memberikan pernyataan di dalam persidangan. Meskipun awalnya publik yidak percaya dengan pernyataan mereka, namun berkat bukti yang ada pernyataan yang korban ucapkan memang benar adanya.

Film ini wajib kamu tonton karena di film ini kamu akan mendapatkan beberapa pelajaran dan nilai yang dapat dipetik.

11. The Outlaws (2017)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via imdb.com

Buat kalian penggemar film action maupun thriler tentunya tak asing lagi dengan aktor satu ini yaitu Ma Dong Seok. Kali ini ia membintangi film berjudul The Outlaws. Selain Ma Dong Seok, film ini juga dibintangi oleh Yoon Kye Sang, Jo Jae Yun dan Choi Gwi Hwa.

Film ini menceritakan tentang Jang Chen (Yoon Kye Sang) yang berasal dari Tiongkok dan bekerja menjadi rentenir di daerah kumuh di Seoul, Korea Selatan. Di tempat ini ia memiliki kaki tangan yaitu Jin Seon Kyu dan Yang Tae, mereka dikenal sebagai orang-orang yang haus darah.

Sementara itu, di China Town terdapat seorang detektif bernama Ma Suk Do yang memiliki keinginan untuk menjaga perdamaian di daerah tersebut. Sementara itu terdapat dua geng yang kerap bertarung di China Town. Ma Suk Do bersama polisi pun menyusun strategi untuk menangkap Jang Chen beserta kaki tangannya tersebut.

12. The Prison (2017)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via asianwiki.com

The Prison menceritakan tentang seorang mantan polisi bernama Song Yoo Geon (Kim Rae Woon) yang kini dipenjara. Dulunya ia merupakan polisi pemberani yang selalu berhasil mengungkap kasus kriminal yang ditanganinya.

Pada suatu hari ia dituduh melakukan aksi tabrak lari, penghancuran barang bukti seta penyuapan hingga ia pun dijebloskan ke dalam penjara.

Di penjara ia memiliki sikap temperamen, mudah marah dan sering menyerang narapidana lainnya. Karena sikapnya ini membuat seorang tahanan lainnya yaitu Jug Ik Ho (Han Suk Kyu) tertarik.

Di ketahui ternyata Jug Ik Ho merupakan seorang pemimpin sindikat kriminal yang dijalankan di dalam penjara. Selama ini ia mengendalikan sindikat kriminal tersebut dari penjara dengan bantuan sesama tahanan lainnya. Menariknya lagi ternyata kepala sipir dan pejabat juga terlibat dalam sindikat ini. Merasa tertarik dengan sikap pemberani Song Yoo Geon, Jug Ik Ho pun merekrutnya sebagai anggota sindikat.

Ternyata masuknya Song Yoo Geon ke dalam penjara dan bergabung dengan Jug Ik Ho bukan tanpa alasan. Ia ternyata memiliki misi dari atasnya untuk mengungkap sindikat kriminal yang dipimpin oleh Jug Ik Ho tersebut.

Lantas mampukan Song Yoo Geon menyelesaikan misinya tanpa ketahuan?

13. The Chaser (2008)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via asianwiki.com

Meskipun film ini dirilis pada tahun 2008, film ini tetap masuk kedalam film detektif Korea terbaik yang patut kamu tonton. Film ini ternyata diangkat dari kisah nyata seorang pembunuh berantai di Korea Selatan bernama Yoo Young Chul.

Film ini menceritakan tentang Eom Joong Hoo (Kim Yun Seok) yang merupakan mantan detektif yang kini berprofesi sebagai mucikari. Pada awalnya bisninya ini terbilang lancar, namun pada suatu hari ia mengalami kerugian finansial yang besar karena para gadisnya banyak yang menghilang tanpa sempat melunasi hutangnya.

Pada suatu hari ia mendapat panggilan dari seorang pelanggan, namun karena kehabisan persediaan gadis ia pun mengirim Mi Jin (Yeong Hee). Sebenarnya Mi Jin dalam kondisi yang tidak sehat, namun karena sedang kesulitan finansial ia pun menyanggupi permintaan mucikari tersebut. Hal ini ia lakukan untuk menghidupi sang anak meskipun dirinya sendiri dalam kondisi yang sedang sakit.

Masalah pun mulai terjadi, Joong Hoo mulai menyadari jika nomor pelanggan tersebut sama dengan nomor terakhir yang diterima sebelum para gadisnya menghilang tanpa jejak. Ia pun khawatir dengan keselamatan Mi Jin dan ia pun memutuskan untuk menyelidiki dan berhasil meringkus Jae Yeong Min (Jeong Woo) yang dicurigai sebagai pelakunya. Namun ternyata itu hanya permulaan saja, ia pun menghadapi kasus kriminal paling pelik dimana ia akan berhadapan langsung dengan sosok pembunuh berantai paling sadis.

14. The Client (2011)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via imdb.com

Film satu ini mungkin akan membuatmu sedikit pusing karena film ini menceritakan tentang kasus pembunuhan yang cukup sulit di ungkap.

Diawali dengan ulang tahun pernikahannya, Chulmin (Jang Hyuk) berkendara menuju tempat parkir kompleks apartemennya, ia pun melihat banyak orang berkumpul di dekat pintu masuk apartemennya.

Pada waktu itu Chulmin sedang memegang buket bunga untuk sang istri. Namun bukan kebahagiaan yang menghampirinya, ia melihat beberapa petugas polisi mengumpulkan bukti. Dan ternyata di kamar tidurnya terdapat genangan darah yang menetes ke lantai, sedangkan istrinya sendiri tidak terlihat dimanapun. Kemudian Chulmin pun ditangkap dan dibawa ke kantor polisi.

Sedangkan Jang Ho Won (Sung Dong II) yang merupakan seorang broker pengacara yang membawa kasus Chul Min ke pengacara Kang Sung Hee (Ha Jung Woo). Dia memberi tahu pengacara jika tubuh korban pembunuhan tidak pernah ditemukan, polisi juga belum menemukan bukti langsung yang menghubungkan Chulmin dengan kasus pembunuhan istrinya ini. Chul Min ditangkap berdasarkan bukti tidak langsung. Kang Sung Hee yang menangani kasus ini pun mengajukan permohonan ke pengadilan untuk persidangan juri.

Sementara itu, seorang jaksa bernama Ahn Minho (Park Hee Soon) yang bertanggung jawab terhadap kasus pembunuhan Chulmin memiliki sedikit keraguan atas kesalahan Chul Min. Mengkonfirmasi kecurigaannya ini, ia menemukan bahwa Chul Min ditangkap sebagai tersangka utama dalam kasus pembunuhan berantai tetapi kemudian dibebaskan karena bukti yang tidak cukup.

Apakah Chul Min seorang pembunuh berdarah dingin atau korban penyamaran?

15. The Accidental Detective (2015)

Film Detektif Korea Terbaik

photo via asianwiki.com

Film Korea ini diproduksi pada tahun 2015, film ini dibintangi oleh Kwon Sang Woo dan Sung Dong II. Dalam film ini ada beberapa adegan yang terinspirasi oleh film Strangers on a Train.

The Accidental Detective ini menceritakan tentang Dae Man (Kwon Sang Woo) yang merupakan seorang maniak kejahatan. Ia memiliki sebuah blog khusus yang mengupas berbagai macam kasus kejahatan di negerinya sendiri. Dae Man sebenarnya memiliki cita-cita menjadi seorang detektif, namun sayangnya ia tidak pernah lolos ketika mengikuti tes.

Pada suatu hari, Dae Man dikejutkan dengan kabar bahwa Soo Joon (Park Hae Joon) dijerat kasus pembunuhan istrinya. Tergugah untuk menolong sahabatnya yang tak bersalah dalam kasus ini, ia pun melakukan investigasi untuk menyelamatkan sahabatnya.

Ketika ia melakukan investigasi, ia justru bertemu dengan detektif tua Noh (Sung Dong II). Mereka berdua pun bersatu untuk menyelidiki kasus yang sama.

Mampukah Dae Man menolong sahabatnya tersebut?

Bagaimana seru-seru bukan deretan film detektif Korea terbaik diatas, bahkan beberapa film diatas diangkat dari kisah nyata lho. Dari deretan film diatas, judul film mana yang ingin kamu tonton saat ini?

Jika rekomendasi film diatas belum cukup, BlogUnik.com juga sudah merangkumkan film Korea terbaik sepanjang masa yang bisa kamu masukan dalam daftar film untuk kamu tonton.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait