15 Film Detektif Terbaik Dengan Alur Cerita Yang Keren Abis

2 bulan lalu, by blogunik

Film-Detektif-Terbaik

0

Pencinta film detektif pastinya udah nggak asing dengan film animasi Detective Conan. Salah satu film anime detektif terbaik ini memiliki banyak penggemar karena menghadirkan cerita yang unik dan berbeda dari film animasi Jepang kebanyakan. Seperti judulnya, Detective Conan menyajikan kisah-kisah misteri tentang kejahatan yang penuh dengan teka-teki serta sulit untuk dipecahkan. Penonton pun semakin dibuat penasaran dan ikut menabak-nebak siapa sih pelaku kejahatan yang sebenarnya. Jadi nggak heran kenapa Detective Conan memiliki banyak penggemar yang selalu setia menantikan seri terbarunya.

Selain Detective Conan yang memiliki banyak penggemar dari segala usia, masih banyak film-film bergenre detektif yang kisahnya nggak kalah menarik dari Detektif Conan, sebut saja seperti film The Da Vinci Code yang bercerita tentang pemecahan kode rahasia yang berkaitan dengan lukisan Legendaris Monalisa karya Leonardo Da Vinci, selain itu, ada juga film detektif Sherlock Holmes yang mengisahkan tentang kehebatan seorang detektif dalam menyeselesaikan kasus pembunuhan tersulit di London.

Nah buat kamu yang suka dengan film bertema detektif, kali ini Blog Unik rangkumkan 15 film detektif terbaik yang alur ceritanya keren abis! Check it out guys!

1. The Da Vinci Code (2006)

Film-Detektif-Terbaik-The-Da-Vinci-Code

photo via justwatch.com

Film detektif pertama yang memiliki alur cerita yang keren dan nggak akan membuat kamu bosan menontonnya adalah film detktif yang berjudul The Da Vinci Code. Film detektif terbaik satu ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Dan Brown yang bercerita tentang pemecahan kode rahasia yang berkaitan dengan lukisan legendaris Monalisa karya Leonardo Da Vinci.

Berdurasi 149 menit, film The Da Vinci Code yang tayang perdana di Amerika pada 16 Mei 2006 silam ini dibintangi oleh Tom Hanks yang memerankan tokoh utama bernama Robert Langdon, seorang ahli simbol yang bekerja di Harvard University, yang bekerjasama dengan polisi untuk menyelidiki kematian seorang kurator museum yang sebelumnya telah meninggalkan beberapa kode rahasia yang sulit dipecahkan.

2. Sherlock Holmes (2009)

Film-Detektif-Terbaik-Sherlock-Holmes

photo via imdb.com

Setelah The Da Vinci Code, pada tahun 2009 hadir film Sherlock Holmes yang merupakan salah satu film detektif terbaik yang pernah ada. Film ini merupakan film kesekian kalinya yang dibuat berdasarkan tokoh detektif fiksi asal Inggris yang terkenal, yaitu Sherlock Holmes. Film ini juga menampilkan Robert Downey Jr. sebagai Sherlock Holmes dan Jude Law sebagai John Watson. Sherlock Holmes menjadi salah satu film detektif paling populer.

Mengusung genre misteri sebagai tema utama, film detektif terbaik ini juga memiliki unsur thriller dan adventure di dalamnya. Beberapa unsur mistis juga ditambah untuk membuat kasus yang ada semakin terlihat misterius. Film satu ini mengisahkan tentang petualangan Sherlock Holmes dan rekannya, Dr. John Watson dalam menggagalkan aksi penjahat Lord Henry Blackwood yang meresahkan penduduk London.

3. Shutter Island (2010)

Film-Detektif-Terbaik-Shutter-Island

photo via imdb.com

Film detektif terbaik berikutnya adalah film Shutter Island. Shutter Island merupakan salah satu film detektif yang memiliki teka-teki terbaik dengan plot twist yang cerdas didalamnya. Film detektif ini dibintangi oleh aktor kondang Leonardo DiCaprio yang kualitas aktingnya udah nggak perlu di ragukan lagi.
Shutter Island yang tayang perdana tahun 2010 ini menceritakan tentang usaha seorang detektif untuk menemukan pasien RSJ bernama Rachel Solando yang hilang di Shutter Island. Saat menonton film ini, kamu harus fokus menontonnya karena alur cerita dari film ini dibuat maju mundur dan berubah dengan cepat sehingga membuat penonton harus teliti untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi siapa dalang sebenarnya dari kasus ini.

4. Searching (2018)

Film-Detektif-Terbaik-Searching

photo via imdb.com

Film Searching yang dirilis tahun 2018 lalu juga merupakan salah satu film detektif terbaik yang wajib kamu tonton. Film detektif terbaik satu ini bercerita tentang seorang single dad bernama David Kim yang diperankan oleh John Cho yang kehilangan putrinya.

Sejak istrinya meninggal, dia membesarkan putrinya seorang diri. Awalnya semua berjalan baik-baik saja, namun suatu hari, putrinya menghilang seakan lenyap ditelan bumi. Pihak berwajib tidak dapat membantu banyak untuk mencari putrinya yang hilang. Maka dari itu, usaha untuk menemukan putrinyapun dimulai dari mengikuti jejak digital putrinya di semua media social.

Uniknya, film ini menggunakan gaya visual tidak biasa. Sepanjang film diceritakan melalui berbagai layar monitor dan aplikasi. Baik komputer, smartphone maupun perangkat lain yang terhubung dengan sambungan internet.

5. Memento (2000)

Film-Detektif-Terbaik-Memento

photo via imdb.com

Film detektif terbaik selanjutnya adalah Memento. Film yang dirilis tahun 2000 ini digadang-gadang sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa. Film yang disutradarai Christopher Nolan ini menceritakan seorang pengidap amnesia yang tidak dapat membuat ingatan baru, dan ingatannya akan hilang setiap 5 menit.

Ia dan istrinya pernah diserang oleh orang yang tidak dikenal. Dalam penyerangan tersebut sang istri meninggal dunia dan dirinya harus mengalami gangguan ingatan. Hal inilah yang memicunya mencari tahu siapa pelaku penyerangan dan pembunuh istrinya, dengan cara menggunakan foto polaroid dan tato pada sekujur tubuhnya.

Film Memento sukses menggambarkan ambiguitas moral dalam isu yang menjadi inti cerita. Selain gaya bercerita yang tidak biasa, penonton juga akan dibuat kaget dengan plot twist di akhir cerita.

6. Spotlight (2015)

Film-Detektif-Terbaik-Spotlight

photo via wildfiremotionpictures.com

Spotlight sebenarnya bukan film yang menghadirkan tokoh detektif dalam ceritanya, namun film satu ini bisa dibilang sebagai film yang penuh misteri dan teka-teki terbaik yang wajib kamu tonton. Diperankan dengan apik oleh Rachel McAdams dan Mark Ruffalo, film yang dirilis tahun 2015 ini bercerita tentang usaha para wartawan investigasi koran The Boston Globe yang berusaha mengubak suatu kasus yang dianggap tabu. Kasus ini terkait kejahatan pada anak, yang diduga dilakukan oleh pastor gereja. Awalnya mereka mengira kasus ini hanya terjadi sekali dua kali saja. Namun, berkat kegigihan dan insting kuat wartawan, terbongkarlah bahwa kejahatan sebenarnya ini terjadi masif dan sengaja ditutupi oleh pihak gereja.

7. Zodiac (2007)

Film-Detektif-Terbaik-Zodiac

photo via whyilovemovies.com

Zodiac merupakan film detektif terbaik yang diangkat dari kisah nyata. Diperankan oleh Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr., dan Mark Ruffalo, Zodiac bercerita tentang pembunuhan berantai yang meneror Kota San Francisco selama 25 tahun. Pembunuh ini menjadi terkenal karena jati dirinya tidak pernah terungkap, bahkan hingga kasusnya ditutup secara resmi oleh kepolisian.

Di film ini, dua orang wartawan koran lokal, Paul Avery dan Robert Graysmith, berusaha membongkar jati diri sang pembunuh berantai. Namun, usaha ini tidak mudah. Film yang dibuat oleh David Fincher ini dapat disebut sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa.

8. Gone Baby Gone (2007)

Film-Detektif-Terbaik-Gone-Baby-Gone

photo via imdb.com

Gone Baby Gone merupakan film yang berdasarkan adaptasi novel berjudul sama karya Dennis Lehane. Film yang disutradarai oleh Ben Affleck ini mendapatkan berbagai pujian dari banyak kritikus film dan disebut sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa.

Film detektif, Gone Baby Gone yang rilis tahun 2007 ini mengisahkan tentang Patrick Kenzie (Casey Affleck) dan pacarnya Angie Gennaro (Michelle Monaghan) yang bekerja sama untuk menelusuri ke mana perginya Amanda McCready, bocah berusia empat tahun yang diculik di Boston.

Penyelidikan tentang Amanda pun tidak berjalan mulus, apalagi kasus ini jauh lebih kompleks dari sekadar kasus anak hilang biasa. Patrick dan Angie juga harus berhadapan dengan pengedar narkoba, pedofil, serta fakta-fakta lain di luar dugaan. Bahkan gara-gara kasus ini, Patrick dan Angie sampai berselisih paham sehingga hubungan pribadi mereka terancam kandas.

9. Flightplan (2005)

Film-Detektif-Terbaik-Flightplan

photo via amazon.com

Dikisahkan Kyle Pratt (Jodie Foster), seorang janda yang baru ditinggal mati suaminya dan menerbangkan peti matinya kembali ke AS. Di suatu tempat antara Berlin dan New York City, diketinggian sekitar 37.000 kaki, saat Kyle tertidur, anak perempuannya yang masih berusia 6 tahun, Julia (Marlene Lawston), tiba-tiba menghilang.

Kyle menuduh dua orang Arab dalam pesawat terlibat dalam hal ini. Ia juga juga menduga orang Arab itu pernah mengintip apartemennya di Berlin malam sebelumnya. Salah satu orang Arab yang dituduh, Ahmed (Assaf Cohen), mengatakan apa yang dituduhkan Kyle padanya begitu menggelikan.

Dalam kebingungan, Kyle jadi sosok yang penuh kecurigaan. Situasi makin rumit karena sang Ibu juga mulai meragukan kewarasannya sendiri. Film ini akan membuat kalian terjebak dalam kegelisahan sang pemeran utama yang berusaha mencari petunjuk keberadaan anaknya yang hilang di dalam pesawat.

10. Mystic River (2003)

Film-Detektif-Terbaik-Mystic-River

photo via themarckoguy.wordpress.com

Film detektif terbaik berikutnya yang memiliki alur cerita yang mengejutkan adalah Mystic River. Film yang dirilis pada tahun 2003 ini menceritakan tentang 3 sahabat masa kecil, Jimmy Markum, David Boyle dan Sean Devin yang hidup terpisah setelah dewasa. 30 tahun berselang, ketiganya berkumpul kembali akibat kasus pembunuhan anak perempuan Jimmy yang tidak terungkap.

Sebagai seorang teman, Sean berjanji untuk memecahkan misteri pembunuhan ini. Meski demikian, Jimmy justru memutuskan melakukan investigasi rahasia. Akhirnya, dia pun berhasil mendapatkan titik terang dan mencurigai salah satu sahabatnya sendiri sebagai pelaku pembunuhan. Film detektif terbaik ini sukses memenangkan dua penghargaan bergengsi Academy Awards.

11. Se7en (1995)

Film-Detektif-Terbaik-Se7en

photo via imdb.com

Di tahun 1995, Se7en menjadi film detektif terbaik sepanjang masa yang wajib kalian tonton. Film ini berkisah tentang dua orang detektif beda generasi. William Somerset (Morgan Freeman) adalah detektif senior yang bekerja sama dengan detektif muda bernama David Mills (Brad Pitt) untuk memecahkan kasus pelik tentang pembunuhan berantai.

Setelah diselidiki lebih jauh, kedua detektif ini sadar bahwa pembunuhan dilakukan berdasarkan pada 7 dosa besar manusia yakni sombong, serakah, iri, nafsu, marah, malas, dan rakus. Penyelidikan pun mengarah pada seorang psikopat bernama John Doe yang ternyata sudah menyiapkan rencana khusus untuk mereka.

12. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Film-Detektif-Terbaik-The-Girl-with-the-Dragon-Tattoo

photo via imdb.com

Film The Girl with the Dragon Tattoo merupakan salah satu film detektif terbaik yang bisa kamu tonton. Diangkat dari novel berjudul sama karya Stieg Larsson, film detektif terbaik satu ini mengisahkan tentang investigasi seorang wartawan untuk mengungkap misteri hilangnya seorang wanita dari keluarga kaya selama  40 tahun.

Dalam investigasi ini, ia dibantu oleh seorang wanita berpenampilan sangar yang bernama Lisbeth Salander. Lisbeth merupakan wanita yang memiliki tato naga di salah satu bagian tubuhnya yang selama ini dia tutupi. Jalan cerita yang menarik dan penuh teka-teki akan kamu temukan saat menonton film satu ini.

13. Prisoners (2013)

Film-Detektif-Terbaik-Prisoners

photo via imdb.com

Selanjutnya ada film detektif berjudul Prisoners yang nggak kalah menarik dengan film-film detektif lainnya. Film yang diklaim sebagai salah satu film detektif terbaik ini mengisahkan tentang seorang detektif bernama Loki yang diminta untuk menemukan penculik anak-anak yang beraksi saat Thanksgiving.

Anak perempuan dari Keller Dover yang saat itu berusia 6 tahun tiba-tiba menghilang saat dia keluar dengan teman sebayanya. Sempat menaruh kecurigaan kepada sang sopir, Keller pun memutuskan untuk mencari sendiri keberadaan anaknya yang sampai beberapa waktu belum dapat terlacak. Film ini penuh teka-teki dan sangat menegangkan untuk ditonton.

14. Memories of Murder (2003)

Film-Detektif-Terbaik-Memories-of-Murder

photo via dramabeans.com

Memories of Murder merupakan salah satu film detektif terbaik yang diangkat dari kisah nyata. Film detektif asal Korea Selatan ini disutradarai oleh Bong Joon-Ho dan mengangkat tentang kasus pembunuhan yang pernah terjadi di Korea Selatan pada tahun 1986. Dalam filmnya, kasus ini diselidiki oleh detektif Park Doo-man yang sering menggunakan kekerasan saat menginterogasi seseorang. Namun Doo-man kesulitan menemukan pelaku pembunuhan, selain teknik investigasi yang acak-acakan, saat itu teknologi forensik belum secanggih sekarang.

Saat itulah datang seorang detektif dari Seoul bernama Soo Tae-yoon untuk membantu penyelidikan. Bertolak belakang dari Doo-man, cara penyelidikan Tae-yoon lebih rapi dan memiliki kemampuan analisis yang baik. Bahkan, Tae-yoon pula yang pertama kali sadar bahwa mereka sedang berhadapan dengan pembunuh berantai. Dengan watak dan teknik penyelidikan yang berbeda, kedua detektif inipun bekerja sama memecahkan kasus pembunuhan. Mereka berkejaran dengan waktu sebelum timbul korban yang lebih banyak lagi.

15. Silence of The Lambs (1991)

Film-Detektif-Terbaik-Silence-of-The-Lambs

photo via imdb.com

Satu lagi film detektif terbaik yang nggak boleh kelewatan untuk dibahas adalah Silence of The Lambs yang rilis tahun 1991 silam. Silence of The Lamb berkisah tentang psikiater sekaligus pembunuh berantai, Hannibal Lecter (Anthony Hopkins) dan seorang agen FBI muda, Clarice Sterling (Jodie Foster).

Clarice Sterling yang merupakan kadet muda FBI meminta bantuan kepada Hannibal Lecter yang merupakan seorang psikopat untuk menemukan lokasi psikopat lain, yakni seorang pembunuh yang menguliti para korbannya.

Film ini memenangkan lima Oscar, yakni Best Picture, Best Actor in a Leading Role (Anthony Hopkins), Best Actress in a Leading Role (Jodie Foster), Best Director, dan Best Writing, Screenplay Based on Material Previously Produced or Published. Jadi nggak heran kenapa film Silence of The Lambs dinobatkan sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa.

Itulah deretan film detektif terbaik sepanjang masa yang memiliki alur cerita yang menarik, penuh teka teki dan mengejutkan yang bisa kalian tonton. Kira-kira yang mana nih yang sudah pernah kalina tonton atau menjadi film favorit kalian?

0
Artikel Terkait