15 Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Sejarah

6 bulan lalu, by blogunik

Industri perfilman Indonesia memang semakin maju pesat. Beberapa tahun terakhir ini, ada banyak judul film dalam berbagai genre yang dirilis oleh rumah-rumah film Indonesia yang tentunya memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Bahkan kualitas film Indonesia saat ini tak kalah dari film luar negeri lho! Yah walaupun tidak menggunakan teknologi secanggih Hollywood namun kisah yang menarik dan akting para pemainnya memang layak bersanding dengan film-film dari luar negeri.

Kesuksesan film-film Indonesiapun terbukti dari antusias warga Indonesia yang berbondong-bondong untuk menyaksikan film-film favorit mereka. Bahkan ada beberapa daftar film yang memiliki jumlah penonton terbanyak sekaligus pendapatan terbanyak. Dikutip dari Wikipedia dan Filmindonesia.or.id berikut 15 daftar Film Indonesia dengan pendapatan paling besar hingga saat ini. Biar gak penasaran, berikut ulasannya.

15. Ada Apa dengan Cinta? (2002) Rp 65 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Ada Apa dengan Cinta

photo via : www.cinematerial.com

Ditahun 2002, hari-hari kita diramaikan oleh film romantika antara kisah Cinta dan Rangga satu ini. Film AADC ini bisa dikatakan menjadi film yang paling populer dimasanya. Terbukti ditahun 2002, film ini berhasil menarik sebanyak 2.700.000 penonton dan meraup pendapatan kurang lebih sebesar Rp 65 miliar.

14. Cek Toko Sebelah (2016) – Rp 92,5 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Cek Toko Sebelah

photo via : sinekdoks.com

Selanjutnya ada film Cek Toko Sebelah yang rilis tahun 2016 lalu. Film yang dibintangi oleh Dion Wiyoko, Ernest Prakasa dan aktris serta aktor lainnya ini berhasil menarik penonton sebanyak 2.642.957 penonton. Pendapatannyapun gak main-main guys, Film yang dibuat berdasarkan pada realitas etnis Tionghoa saat anak beranjak dewasa, kuliah yang tinggi, mirisnya ujung-ujungnya bekerja di toko orang tuanya sendiri ini meraih pendapatan sebesar Rp 92,5 miliar.

13. Danur (2017) – Rp 101 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Danur

photo via : www.imdb.com

Siapa sih yang gak tau film Danur? Film Horor dari buku karya Risa Saraswati ini memang sukses mencuri perhatian publik. Pasalnya kisah buku sekaligus filmnya ini berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang gadis indigo. Nah karena keunikannya ini film Danur sukses mengundang sebanyak 2.736.157 penonton untuk menyaksikkan filmnya. Dengan penonton lebih dari 2,7 juta tersebut, Danur berhasil meraup pendapatan sebanyak Rp 101 miliar.

12. Ayat Ayat Cinta 2 (2017) – Rp 105 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Ayat Ayat Cinta 2

photo via : /www.imdb.com

Film ini merupakan kelanjutan dari film sebelumnya bercerita Fahri Abdullah yang diperankan oleh Fedi Nuril yang saat ini hidup sendiri di Edinburgh, bersama asistennya Hulusi setelah kehilangan Aisha saat instrinya tersebut menjadi sukarelawan di jalur Gaza. Mengulang kesuksesannya di film pertama tahun 2008 silam, Ayat Ayat Cinta 2 juga sukses mencatat kesuksesan dengan menarik penonton sebanyak 2.840.159 penonton dan meraup penghasilan sebanyak Rp 105 miliar.

11. My Stupid Boss (2016) – Rp 106 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - My Stupid Boss

photo via : www.imdb.com

Diposisi 11 ditempati oleh film berjudul My Stupid Boss. Film bernuansa komedi ini mengisahkan tentang hubungan antara seorang karyawan dan bossnya yang berkelakuan super ajaib. Diperankan oleh oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. Nah film komedi yang dirilis tahun 2016 ini mendatangkan penonton sebanyak 3.052.657 penonton dan sukses meraup pendapatan sebanyak kurang lebih Rp 106 miliar.

10. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018) – Rp 123,8 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Suzzanna: Bernapas dalam Kubur

photo via : http://movieden.net

Diurutan 10 ada film horor Suzzanna: Bernapas dalam Kubur. Tentunya kalian masih ingat jelas dengan film Suzzanna terbaru satu ini. Diperankan Luma Maya, sosok asli Suzzanna seakan kembali hidup dan siap membuat kalian ketakutan dengan tatapan tajamnya. Nah film yang merupakan film remake dari film legendaris Suzzanna terdahulu ini ini sukses menyedot sebanyak 3.346.185 penonton dengan pendatapan kurang lebih Rp 123,8 miliar.

9. Ayat-ayat Cinta (2008) – Rp 125 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Ayat-ayat Cinta

photo via : www.imdb.com

Selanjutnya ada Ayat-ayat Cinta guys. Film romantis yang dirilis 2008 silam ini memang laris manis. Kisahnya yang romantis dan mengharukan memang mampu menghipnotis para penontonnya masuk kedalam cerita. Jadi tak heran film yang diperankan oleh Fedi Nuril dan Rianti Cartwright mampu menyedot banyak perhatian publik. Terbukti film cinta dengan latar belakang agama ini sukses menyedot sebanyak 3.676.135 dan berhasil meraih pendapatan sebanyak Rp 125 miliar.

8. Ada Apa Dengan Cinta? 2 (2016) – Rp 128 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Ada Apa Dengan Cinta? 2

photo via : http://www.rafzantomomi.com

Ada Apa Dengan Cinta? 2 merupakan sekuel dari Ada Apa dengan Cinta? yang rilis tahun 2002. Film ini tayang di Indonesia pada 28 April 2016. Film ini masih dibintangi oleh pemeran film sebelumnya, termasuk Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga. Film ini berhasil meraih 3.665.509 penonton dan menjadi film Indonesia terlaris kedua dimasanya. Selain itu kesuksesan ini juga melampaui pencapaian film pertamanya. Ada Apa Dengan Cinta? 2 sukses meraih pendapatan sebanyak Rp 128 miliar.

7. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 (2017) – Rp 151 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2

photo via : www.bukalapak.com

Di posisi ke-7, ada film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2. Film komedi yang dirilis tahun 2017 ini merupakan adaptasi dari film-film Warkop DKI dan sequel dari film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang dirilis tahun 2016. Diperankan oleh Abimana Aryasatya sebagai Dono,
Vino Bastian sebagai Kasino dan Tora Sudiro sebagai Indro. Format baru Warkop DKI ini seakan memberi nuasa segar pada film legendaris tersebut. Nah film satu ini sukses mengundang sebanyak 4.083.190 penonton dan meraup penghasilan sebanyak Rp 151 miliar.

6. Pengabdi Setan (2017) – Rp 155 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Pengabdi Setan

photo via : http://www.rizapahlevi.com

Siapa sih yang bisa melupakan kisah mengerikan dari film horor Pengabdi Setan? Film yang sukses membuat penontonnya berteriak ketakutan satu ini memang menjadi film horor paling populer saat pertama kali dirilis tahun 2017 lalu. Nah film yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang mengalami teror mengerikan setelah ibunya meninggal karena sakit ini mampu menyedot perhatian publik dengan mendatangkan sebanyak 4.206.103 penonton dan meraup penghasilan sebanyak Rp 155 miliar.

5. Habibie & Ainun (2012) – Rp 160 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Habibie dan Ainun

photo via : www.bukalapak.com

Diposisi ke-5 ada film Habibie & Ainun yang rilis tahun 2012 silam. Film drama romantis yang dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari ini memang mencuri perhatian para pencinta film karena kisah yang tak biasa. Yup seperti judulnya, film ini memang mengisahkan perjalanan cinta Pak BJ Habibie bersama Ibu Ainun, istri tercinta. Kisah perjalanan cinta sang tokoh penting negara ini memang mampu menyedot penonton sebanyak 4.583.641 dengan kisaran pendapatan kurang lebih Rp 160 miliar.

4. Laskar Pelangi (2008) – Rp 165 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Laskar Pelangi

photo via : www.bukalapak.com

Film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa selanjutnya adalah Laskar Pelangi. Film yang dirilis tahun 2008 ini dipenuhi kisah tentang tantangan kalangan pinggiran, dan kisah penuh haru tentang perjuangan hidup menggapai mimpi, serta keindahan persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia, dengan latar belakang sebuah pulau indah yang pernah menjadi salah satu pulau terkaya di Indonesia. Nah dari kisah yang menarik ini, Laskar Pelangi sukses menarik penonton sebanyak 4.719.453 penonton dengan pendapatan yang ditafsir sebesar Rp 165 miliar.

3. Dilan 1991 (2019) – Rp 194 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Dilan 1991

photo via : reviewbekasi.com

Kesuksesan film Dilan 1990 kembali terulang pada film kelanjutannya yakni film Dilan 1991. Film yang diadaptasi dari Novel Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 karya Pidi Baiq ini bercerita soal jalinan asamara Dilan dan Milea setelah berpacaran. Tentunya para penggemar Dilan tak mau melewatkan lanjutan dari kisah cinta Dilan dan Milea terdahulu. Terbukti film romance satu ini berhasil menarik sekitar 5.253.411 penonton dan meraup pendapatan sebesar Rp 194 miliar.

2. Dilan 1990 (2018) – Rp 233 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Dilan 1990

photo via : www.pegipegi.com

Diposisi ke-2 ada Dilan 1990 guys! Yup film ini sukses meraup 6 juta lebih penonton pada Februari 2018 lalu. Kisah cinta yang fresh beralatar tahun 90an ini memang sangat menarik untuk ditonton. Jadi gak heran kalau film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini dibanjiri oleh penonton yang kebanyakan adalah remaja-remaja Indonesia. Nah film ini sukses menarik penonton sebanyak 6.315.664 dan meraih pendapatan sebenar Rp 233 miliar.

1. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016) – Rp 240 miliar

Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Terbesar - Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part 1

photo via : http://www.theinigo.com

Menempati urutan pertama dalam 15 Daftar Film Indonesia Dengan Pendapatan Paling Besar, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 meraup pendapatan sebesar Rp 240 miliar. Pendapatan tersebut didapat dari jumlah penonton yang mencapai 6.858.616 penonton. Film komedi yang dirilis tahun 2016 ini merupakan adaptasi dari film-film Warkop DKI yang telah legendaris. Jadi tak heran jika film ini mendapatkan antusias yang luar biasa,Hari pertama penayangan nya mendapat penonton 270.000 penonton.dan Menurut akun twiter resmi Falcon Pictures, dalam 16 hari penayangannya di berbagai bioskop di Indonesia, “Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1” telah meraih 5.275.000 penonton. Dan dalam waktu 22 hari film komedi satu ini sukses meraih 6,5 juta penonton.

Nah itu dia ke 15 film Indonesia dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah yang perlu kalian ketahui. Daftar tersebut diatas akan selalu Blog Unik update sesuai dengan perkembangan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *