Siapkan Tisu!! Inilah 14 Film Sedih Yang Bakal Bikin Kamu Banjir Air Mata

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Buat sebagian orang, menonton film menjadi salah satu hiburan yang menyenangkan ditengah kesibukan rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Dari beragam genre film yang ada, film yang memiliki kisah sedih masih menjadi favorit bagi para pecinta film. Film sedih ini mampu membuat para penonton larut dalam emosi karena terbawa ke dalam jalan ceritanya. Tak heran jika ketika menonton film sedih kita akan marah hingga menangis sesenggukan karena seperti ikut merasakan atau yang dialami sebuah karakter dalam film. Nah buat kamu yang saat ini sedang mencari film sedih, berikut ini ada beberapa rekomendasi film sedih yang akan membuatmu banjir air mata

1. Taiyou No Uta (2006)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Film sedih terbaik asal Jepang ini wajib sekali kamu tonton, dijamin kamu bakal menangis ketika menontonnya. Taiyou No Uta atau dikenal juga dengan nama internasional Midnight Sun menceritakan tentang seorang gadis bernama Kaoru Amane yang berusia 16 tahun. Kaoru tampak seperti remaja pada umumnya, tapi ternyata kehidupannya yang dijalaninya berkebalikan dengan orang normal. Kaoru akan beraktivitas ketika matahari terbenam dan akan berdiam diri dirumah ketika matahari terbit. Hal ini tanpa alasan, pasalnya ia mengidap penyakit Xeroderma Pigmentosum (XP). Penyakit ini mengharuskan penderitanya untuk menghindari paparan sinar matahari karena jika terkena dapat membuat reaksi yang luar biasa ke penderitanya.

Pada suatu hari, Kaoru melihat seorang laki-laki yang berdiri dengan papan selancar ditangannya dari jendela kamarnya. Hal ini pun menjadi sebuah rutinitas sebelum ia tidur setiap harinya. Laki-laki tersebut adalah Koji Fujishiro seorang remaja SMA. Singkat cerita mereka pun sering bertemu untuk sekedar berbagi cerita. Kaoru ternyata juga memiliki bakat bermusik yang luar biasa, pada malam harinya ia akan membawakan karya-karyanya di jalanan kota diiringi dengan gitar kesayangannya.

Awalnya Koji tidak mengetahui penyakit yang Kaoru miliki sehingga tanpa sadar ia mengajak Kaoru berjalan-jalan hingga pagi menjelang. Kaoru yang menyadari hal ini tergesah-gesah untuk pulang kerumah karena matahari akan terbit. Nah, disinilah Koji mulai curiga dan akhirnya mengetahui penyakit apa yang diderita Kaoru. Apa Koji akan meninggalkan Kaoru karena penyakitnya? Buat yang penasaran kalian bisa menemukan jawabannya di film ini. Oh iya jangan lupa siapkan tisu ya!

2. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Kisah kesetiaan seekor anjing ini akan menyentuh hati siapa saja yang menontonnya. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang seekor anjing jenis Akita Inu bernama Hachiko. Hachi: A Dog’s Tale bercerita tentang Ronnie seorang cucu laki-laki yang harus memberikan presentasi lisan tentang seorang pahlawan pribadi. Teman-teman sekelasnya tertawa mendengar cerita Ronnie tentang kakeknya Profesor Parker Wilson yang menemukan seekor anjing yang hilang di stasiun kereta api dan akhirnya membawanya pulang.

Hubungan Parker dan Hachi sangat dekat, pada suatu hari Parker berangkat kerja dan Hachi akan mengikutinya ke stasiun kereta api dan menolak pergi hingga Parker pulang. Kesetiaan Hachi menunggu pulang Parker pulang dari bekerja membuatnya terkejut. Kegiatan ini kemudian menjadi rutinitas sehari-hari.

Pada suatu hari, Hachi menolak mengantar Parker yang ingin berangkat bekerja. Parker akhirnya berangkat sendirian tetapi Hachi mengejarnya sambil membawa bola. Parker terkejut tapi senang akhirnya Hachi mau diajak main bola. Parker tidak ingin terlambat mengajar dan ia pun pergi meskipun dilarang Hachi yang terus mengginggong. Siang itu, Parker yang  mengajar sambil memegang bola milik Hachi terjatuh tak sadarkan diri dan meninggal dunia.

Di stasiun Hachi dengan sabar dan setia menunggu kedatangan kereta api yang biasanya dinaiki Parker ketika pulang. Namun Parker tidak juga pulang-pulang, Hachi terus menunggu dan menunggu hingga Michael membawanya pulang. Keesokan harinya, Hachi kembali pergi ke stasiun dan menunggu tuannya sepanjang hari dan sepanjang malam. Tahun demi tahun berlalu dan Hachi masih tetap menunggu di stasiun.

3. Wedding Dress (2010)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Film ini menjadi film sedih terbaik selanjutnya yang bikin banjir air mata. Wedding Dress merupakan film sedih Korea yang berkisah tentang Ko Woon, seorang ibu tunggal yang bekerja sebagai desainer, ia memiliki seorang putri cantik bernama So Ra. Akibat dari pekerjaannya ini ia tidak memiliki waktu yang lebih untuk anaknya, hal ini membuat So Ra lebih senang hidup sendiri. Pada suatu hari Ko Woon merasa ada yang tidak beres dengan kesehatannya dan dokter mengatakan jika ia memiliki penyakit kanker lambung stadium akhir.

Mengetahui hidupnya tidak lama lagi, Ko Woon yang sibuk mulai menyempatkan diri untuk bermain dan merawat So Ra. Sebelum meninggal, Ko Woon memiliki keinginan untuk menghabiskan sisa hidupnya bersama So Ra. Selain itu, Ko Woon juga mempersiapkan gaun pengantin untuk So Ra kelak.

So Ra sangat suka sendirian maka dari itu teman-temannya tidak ingin mendekatinya. Ia juga sering nolos karena tidak ingin bertemu temannya. Setiap pulang sekolah, So Ra akan les ballet tapi bukannya masuk ke tempat ballet ia justru masuk ke les bela diri. Selama ini So Ra tidak mengetahui penyakit ibunya sebab paman dan bibinya berusaha untuk menutupinya dari So Ra. Tapi lama kelamaan So Ra melihat ada perubahan pada ibunya ini dan So Ra pun mengetahui jika ibunya sedang sakit.

4. Hello Ghost (2010)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Meskipun judulnya terkesan horor, film ini menyuguhkan adegan-adegan komedi di awal dan diakhiri dengan air mata. Hello Ghost menceritakan tentang seorang pria yang hidup sebatang kara bernama Sangman, ia sering sekali melakukan percobaan bunuh diri tapi selalu saja gagal.

Suatu hari ia bangun di ruang perawatan dan menemukan pria berjas duduk disampingnya sambil merokok. Karena ada larangan merokok diruangan perawatan ia menegurnya. Tapi seorang perawat justru menegur Sangman yang merokok, ia semakin terkejut ketika menemukan sebatang rokok menyelip dijarinya.

Semanjak itu ia selalu saja bertemu dengan beberapa hantu yang aneh dari seorang wanita cengen, kakek yang jongkok hingga anak laki-laki. Kemudian Sangman pun bertemu dengan paranormal dan ia disarankan untuk meminjamkan tubuhnya ke beberapa hantu yang ditemuinya. Semakin hari, semakin banyak kisah sedih yang terkuak.

Sepanjang meminjamkan tubuh ke hantu yang ada di sekitarnya, ingatan Sangman yang hilang mulai muncul. Di ingatan Sangman, hantu-hantu tersebut muncul jadi sosok terdekatnya.

5. The Intouchables (2011)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Film sedih ini mengangkat kisah nyata dari seorang bangsawan yang menderita kelimpuhan bernama Philippe yang menjalin persahabatan dengan Driss, seorang imigran kulit hitam yang baru keluar dari penjara.

Berawal dari Philippe yang sedang mencari penjaga untuk merawatnya sehari-hari. Ada begitu banyak pelamar dari berbagai latar belakang tapi tak satu pun yang membuatnya terkesan hingga suatu hari Driss memaksa masuk dan seenaknya mendapatkan tanda tangan Philippe sebagai syarat mendapatkan tunjangan pengangguran, ia tak berniat untuk merawat Philippe.

Tapi Philippe menyukai karakter Driss yang berbeda dari yang lainnya ini sehingga ia meminta Driss untuk datang kembali keesokan harinya. Keesokan harinya bukannya mendapatkan tanda tangan yang diinginkan Driss, Philippe justru menawatkan pekerjaan sebagai perawatnya. Driss pun menerima tawaran tersebut dan sejak itu kisah persahabatan mereka di mulai.

6. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Film sedih terbaik satu ini tak boleh dilewatkan begitu saja, drama ini sukses membuat air mata tak henti-henti berjatuhan. Miracle in Cell No. 7 berkisah tentang seorang ayah Yong Goo yang memiliki keterbelakangan mental yang sangat mencintai putri semata wayangnya bernama Ye Seung.

Suatu ketika, Ye Seung sangat ingin memiliki sebuah tas kuning bergambar Sailor Moon. Tas tersebut ada disebuah toko tas yang sering dilewati mereka. Tapi sayangnya Yong Goo belum memiliki uang untuk membelinya. Untuk mewujudkan keinginan sang anak, Yong Goo bekerja dengan giat dan akhirnya uangnya cukup untuk membeli tas tersebut. Sayangnya tas tersebut sudah ada ditangan pembeli lain yaitu anak dari Komisaris Polisi.

Selang beberapa hari, anak Komisaris Polisi itu menemui Yong Goo dan memberitahu jika ada toko lain yang menjual tas serupa. Yong Goo pun mengikuti anak tersebut tapi ditengah perjalanan anak tersebut terjatuh dan meninggal.

Dengan cepat Polisi memanfaatkan kecacatan Yong Goo dan Yong Goo pun terjebak dalam sebuah kasus dengan tuduhan penculikan, kekerasan seksual hingga pembunuhan. Yong Goo pun dipenjara ia berbagi dengan lima narapidana lainnya. Di penjara Yong Goo sangat ingin bertemu dengan putrinya Ye Seung. Kelima narapidana itu pun berencana untuk membuat keajaiban terjadi, yang akan mempertemukan ayah dan anak tersebut.

7. Hope (2013)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Sangat memilukan, film ini diangkat dari kisah nyata kasus Nayoung  pada tahun 2008 di Korea Selatan. Hope menceritakan tentang seorang anak perempuan berusia 8 tahun bernama Sowon. Pada suatu hari, hujan turun dan ia terlambat masuk ke sekolah.

Awalnya Min Hee ibu Sowon ingin mengantarkan Sowon ke sekolah, tapi Sowon menolak dan memilih pergi sekolah ditemani hujan. Dalam perjalanan menuju sekolah, Sowon bertemu dengan laki-laki yang meminta dipayungi.

Dirumah, Min Hee mendapatkan telepon dari Ibu Young Soek teman Sowon, jika di luar sekolah banyak sekali polisi dan seorang gadis kecil ditemukan sekarat di sebuah gedung dekat sekolah. Ternyata gadis tersebut adalah Sowon yang ditemukan dalam kondisi luka parah dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Polisi yang menangani kasus ini curiga, sebab di beberapa bagian tumbuh Sowon mengalami goresan dan kerusakan organ dari dubur hingga usus. Sowon pun harus dioperasi untuk mengangkat usus besar dan usus halusnya. Akibat dari peristiwa ini Sowon harus menggunakan kantong kolostomi seumur hidupnya dan mengalami trauma berat. Trauma yang dialami Sowon ini membuatnya enggan berbicara ataupun bertemu dengan laki-laki dewasa termasuk ayahnya.

8. Ayla: The Daughter of War (2017)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Beberapa waktu lalu, film ini sempat banyak diperbincangkan masyarakat sebab film ini diangkat dari kisah nyata seorang sersan Turki yang ditugaskan membantu ketika peperangan saudara di Korea Selatan.

Suleyman datang ke sebuah desa yang seluruh masyarakatnya telah habis dibantai ketika perang. Tak diduga disana ia bertemu dengan anak kecil yang selamat dan diberi nama Ayla. Ayla dibawa ke kamp dan disana ia diasuh oleh Suleyman dan beberapa teman-teman Suleyman.

Ketika perang sudah usai, Suleyman berniat membawa Ayla pulang ke Turki tetapi tak diperbolehkan. Dengan berat hati Suleyman menitipkan Ayla di panti asuhan dan berjanji akan datang suatu hari nanti.

Sesampai di negaranya Suleyman mencari tau keadaan Ayla, tapi tak berhasil. 60 tahun berlalu, Suleyman masih tetap berusaha mencari anak kesayangannya itu, hingga suatu hari stasiun televisi mendengar kisahnya dan berniat membantu Suleyman bertemu Ayla.

9. The Preparation (2017)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

The Preparation menceritakan kisah seorang ibu bernama Ae Soon yang menjalankan sebuah toko kecil di kota. Tokonya tidak mewah dan hanya berpenghasilan pas-pasan. Tapi berkat penanganan keuangan yang cerdas dan semangat yang tinggi, ia mampu menghidupi dirinya sendiri serta putra kesayangannya.

Putranya bernama In Gyu berusia 30 tahun yang mengalami cacat mental. Ia tak mengerti apapun selain tidur, makan dan bermain. Hingga suatu hari Ae Soon didiagnosis kanker dan diprediksi tidak memiliki waktu yang banyak. Tak ingin putranya terlantar, Ae Soon pun melatih putranya agar dapat hidup mandiri tanpa bantuan dirinya.

10. Kim Ji Young: Born 1982 (2019)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Wajib ditonton, film ini menggambarkan realita kehidupan ibu rumah tangga yang mengalami depresi. Kim Ji Young: Born 1982 bercerita tentang seorang ibu muda yang hidup bahagia bersama keluarga kecilnya.

Ji Young memiliki suami penyayang bernama Jung Dae Hyun dan putri kecil mereka. Pada awalnya Ji Young bekerja sebagai pegawai kantoran. Tapi setelah menikah ia berhenti bekerja dan memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga.

Sehari-hari Ji Young menjalani hari-hari dengan mengurus rumah dan putrinya tanpa bantuan asisten atau pengasuh. Ji Young sangat rindu pada pekerjaan lamanya yang sangat disukainya. Demi mengobati rasa rindunya ia mencoba untuk melamar pekerjaan paruh waktu tapi karena pekerjaan rumah terlalu banyak tak jadi.

Tak disadari, aktivitas menjemukan dan rasa lelah perlahan-lahan mengubah diri Ji Young. Beberapa kali sang suami mendapati istrinya bertingkah seperti orang lain. Jika ada hal yang mengganggu pikiran atau suasana hatinya, Ji Young akan berbicara sendiri. Melihat kondisi istirnya seperti ini Dae Hyun menemui psikolog untuk meminta bantuan.

11. The Sky is Pink (2019)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

The Sky is Pink merupakan salah satu film sedih terbaik yang mengisahkan pasangan bernama Aditi Chaudhary dan Niren Chaudhary yang telah menjalin hubungan selama 25 tahun. Mereka dikaruniai seorang anak bernama Tanya Chaudhary, sayangnya Tanya meninggal dunia sebelum menginjak usia setahun karena  penyakit imun langka.

Niren sempat menyalahkan dirinya atas kematian Tanya karena merasa gagal menjaga putrinya itu. Beberapa waktu kemudian, Aditi dan Niren kembali dikaruniai anak kedua yang diberi nama Ishaan Chaudhary. Kebahagiaan mereka bertambah saat Aisha lahir beberapa tahun kemudian.

Namun kebahagiaan mereka tak lama sebab, Aisha mengidap penyakit yang sama seperti anak sulung mereka dulu. Belajar dari pengalaman sebelumnya, kali ini mereka benar-benar melakukan berbagai cara demi menyembuhkan Aisha. Film ini akan membuat penonton tersentuh dan juga akan dibuat tertawa dengan adegan komedi yang diselipkan.

12. Birthday (2019)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Sakitnya masih membekas hingga saat ini, film ini mengambil latar belakang tragedi tenggelamnya kapal feri Sewol pada tahun 2014. Dimana dalam kejadian ini, sebanyak 304 orang meninggal yang kebanyakan merupakan siswa SMA yang sedang melakukan perjalanan wisata.

Film Birthday ini menceritakan anak dari pasangan Jung il dan Song Nam menjadi salah satu korban dari tragedi Sewol tahun 2014 ini. Jung il merasa bersalah karena tidak bersama keluarganya ketika anak laki-laki mereka meninggal.

Akibatnya hubungan Jung il dan Song Nam renggang akibat tidak ada upaya untuk saling mengerti dan menerima satu sama lain tapi keduanya masih berusaha untuk bertahan demi anak perempuan mereka. Mereka tak lupa untuk merayakan hari ulang tahun anak laki-lakinya itu setiap tahunnya.

13. Dil Bechara (2020)

Film Sedih Terbaik

photo via imdb.com

Film India ini diangkat dari novel karya John Green berjudul The Fault in Our Starts. Film ini bercerita tentang Kizie Basu yang menderita kanker tiroid yang telah mempengaruhi paru-parunya. Sakitnya itu membuatnya harus mendapatkan pasokan oksigen lewat sebuah tabung kecil yang selalu dibawanya kemana saja. Berkat dukungan kuat ayah dan ibunya, ia begitu senang tapi disisi lain ia merasa sedih karena tidak bisa menjalani hari-hari seperti gadis normal seumurannya.

Suatu hari, ia bertemu dengan Manny dan pertemuan mereka berlanjtu di grup pendukung penderita kanker. Kizie yang pendiam dan tertutup agar berhati-hati menghadapi Manny yang ceria. Namun pada akhirnya Kizie dapat menerima Manny, ternyata Manny survival dari osteosarcoma dan kankernya sudah berkurang.

Mereka mulai dekat, Manny bahkan memutuskan untuk melakukan apapun untuk memenuhi keinginan lama Kizie. Dari situlah mereka akhirnya jatuh cinta, namun takdir lain pun harus mereka hadapi.

14. Fatherhood (2021)

Film Sedih Terbaik

photo via wikipedia.org

Fatherhood menceritakan tentang seorang ayah yang kehilangan istrinya ketika melahirkan putri mereka. Matthew Logelin pun mengalami kesulitan karena harus membesarkan bayi perempuannya sendirian. Walau sulit, Matthew Logelin bertekad untuk bisa memberikan kehidupan terbaik untuk Maddy. Namun ternyata hal itu tidak semudah yang dipikirkan. Tapi yang pasti hubungan antara ayah dan anak ini mampu membuat hati siapapun tersentuh ketika menontonnya. So, buat kamu yang ingin menyaksikan kisah ayah dan anak ini kalian bisa mengunjungi Netflix.

Itulah beberapa deretan film sedih terbaik yang sukses membuat banjir air mata. Jangan lupa siapkan tisu ketika menontonnya ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.