Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Wanita Yang Bertubuh Gemuk

3 minggu lalu, by blogunik

Bagi setiap orang khususnya wanita yang hendak melangsungkan pernikahan, salah satu yang paling menguras perhatian pastinya adalah baju pengantin yang akan digunakan di hari bahagia tersebut. Ya, gaun pengantin menjadi sangat krusial saat persiapan menjelang pernikahan. Pasalnya memilih busana pengantin atau gaun pengantin bukanlah perkara mudah, terlebih bagi mereka yang memiliki bentuk tubuh yang plus size atau gemuk. Perlu banyak yang dipertimbangkan dan diperhatikan untuk mendapatkan gaun pengantin yang tepat, pas di badan, dan terlihat sempurna membalut tubuh berisimu.

Tips Memilih Gaun Pengantin Untuk Wanita Yang Bertubuh Gemuk

Nah buat kamu yang akan segera melangsungkan pernikahan khususnya bagi yang memiliki postur tubuh yang berisi atau gemuk, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih busana dan gaun pengantin yang tepat agar membuat penampilan kamu terlihat sempurna di hari pernikahan nanti. Check it out guys!

1. Pilihlah gaun dengan potongan kerah V atau tube bentuk hati

Tips memilih gaun pengantin untuk orang gemuk yaitu dengan memilih gaun yang memiliki model kerah V ataupun kerah dengan tube bentuk hati. Kerah V atau tube bentuk hati ini akan mengurangi kesan lebar pada dada kamu. Selain itu, kerah V juga akan membuat leher kamu terkesan lebih tinggi. Dua efek tersebut akan secara otomatis membuat tubuh kamu terkesan lebih proporsional.

2. Pilihlah gaun dengan model rok A-line

Wanita sering kali minder dengan bentuk tubuhnya, terlebih bagi wanita berpostur tubuh gemuk dan pendek. Nah buat kamu yang memiliki postur tubuh yang gemuk, nggak usah khawatir deh, pasalnya dalam memilih gaun pengantin yang tepat untuk acara pernikahanmu nanti, kamu bisa menggunakan gaun pengantin dengan potongan rok A-line.

Potongan gaun pengantin ala princess ini akan membuat kakimu terlihat lebih jenjang, serta bokong besarmu akan tersamarkan dengan rok yang melebar. Potongan A-line juga akan membuat ilusi pinggang yang lebih kecil dan ramping. Disarankan, agar gaun pengantin untuk yang bertubuh plus size adalah baju yang pres di pinggang ke atas dan mengembang di pinggang ke bawah.

3. Hindari gaun yang terlalu ketat

Tak perlu memaksakan diri untuk terlihat seksi dan menawan dengan menggunakan gaun yang ketat di hari pernikahan nanti. Sebab tanpa gaun yang fit body atau ketatpun kamu bisa terlihat seksi dan menawan dengan caramu sendiri. Bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh yang gemuk, justru harus menghindari gaun pengantin yang terlalu ketat. Pasalnya gaun pengantin yang ketat akan membuat tumpukan lemak pada tubuh akan terlihat dengan jelas. Selain itu, baju yang kamu gunakan juga akan terlihat begitu sesak sehingga tidak enak dipandang.

Hindari juga gaun pengantin yang terlalu tertutup, sebab gaun pengantin yang terlalu tertutup dapat membuamu terlihat lebih gemuk. Sebaiknya gunakan gaun pengantin yang lebih terbuka, selain membuat terlihat lebih seksi, juga untuk menghindari keluarnya keringat terlalu banyak. Karena sebagian besar orang gemuk akan mengeluarkan keringat jauh lebih banyak dibanding dengan orang kurus.

4. Bahan

Tips selanjutnya dalam memilih gaun pengantin yang tepat untuk pengantin wanita berbadan gemuk adalah dengan memperhatikan bahan yang akan digunakan. Hindari gaun dengan bahan tipis seperti chiffon karena kain tipis memiliki kecenderungan untuk melekat dengan mudah pada kulit sehingga dapat menunjukkan detil paling kecil sekalipun. Untuk wanita gemuk, jenis kain yang disarankan biasanya adalah renda, organza, taffeta, dan satin.

5. Warna

Untuk menghindari kesan berat dan penuh, maka kamu yang memiliki tubuh gemuk, sebaiknya memilih warna-warna bernuansa pastel seperti salem dan broken white untuk gaun pengantinmu. Bisa juga memilih warna solid, seperti fuschia, biru toska, maroon, atau hijau. Hindari memilih gaun dengan warna gelap, bahan rajutan atau model susun karena akan membuat tampilan terlihat penuh dan sesak.

6. Hindari detail terlalu besar

Tips memilih gaun pengantin yang tepat untuk wanita bertubuh gemuk selanjutnya adalah dengan menghindari gaun yang memiliki detail terlalu besar. Pasalnya ketika dirimu menggunakan pakaian dengan detail yang mendominasi pada suatu bagian tubuh hal itu akan membuat bagian tubuh tersebut menjadi lebih menonjol. Misalnya saja jika gaun pengantinmu memiliki detail besar di bagian pinggang, maka otomatis hal itu akan menimbulkan kesan pinggang yang lebih lebar. Oleh karena itulah tips memilih gaun pengantin untuk orang gemuk adalah hindari gaun yang memiliki detail terlalu besar atau mendominasi. Pilihlah gaun dengan detail simpel saja, asalkan memiliki keunikan tersendiri.

7. Pilih gaun dengan desain sederhana

Usahakan untuk memilih gaun pengantin yang cukup sederhana. Jangan memilih gaun yang terlalu banyak aksesoris, renda, atau apapun sehingga membuat baju tersebut terlihat sangat meriah. Aksesoris dan desain yang berlebihan justru akan membuat kamu terlihat makin gemuk. Aksesoris ini tidak jarang juga akan membuat volume baju semakin berlebihan.

8. Hindari aksen asimetris

Meskipun aksen asimetris memberikan kesan yang modern dan kekinian, namun kamu yang memiliki tubuh gemuk ada baiknya untuk mengindari penggunaan gaun pengantin dengan model asimetris. Aksen asimetris hanya akan menambah volume baju. Sebaiknya, kamu yang bertubuh plus size memilih baju dengan potongan yang ordinary saja.

9. Tutupi lengan besar dengan gaun yang lengannya tertutup

Kebanyakan perempuan yang berisi minder dengan ukuran lengannya. Jika kamu salah satunya, maka kamu nggak perlu khawatir sebab kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan gaun pernikahan dengan lengan yang dibuat sepanjang bawah siku. Akan lebih baik lengannya menggunakan aksen brokat. Namun hindari memilih gaun dengan lengan balon karena akan membuat lenganmu terlihat lebih besar.

10. Akali perut berlemakmu dengan korset

Jika kamu nggak percaya diri dengan ukuran perutmu, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan korset perut agar lemak di daerah perut bisa tersamarkan dan perut terlihat lebih rata. Namun pastikan untuk memilih bahan korset yang berkualitas dan nyaman digunakan. Dengan penggunaan korset perut, penampilan gaun saat digunakan juga akan terlihat lebih menarik di badan.

11. Sesuaikan dengan kepribadian atau karakter

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, dalam memilih gaun pengantin, kamu juga harus menyesuaikannya dengan kepribadian dan karakter kamu. Jika kamu tidak percaya diri dalam menggunakan gaun pengantin dan mengekspose bagian bahumu, maka jangan paksakan untuk menggunakan gaun pengantin dengan model off shoulder. Pilihlah gaun pengantin yang membuatmu merasa percaya diri saat menggunakannya.

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Wanita Yang Berbadan Gemuk

Setelah mengetahui tips dan cara memilih gaun pengantin untuk kamu yang berbadan plus size, berikut Blog Unik bagikan kepada kalian beberapa inspirasi gaun pengantin buat kamu yang bertubuh gemuk agar terlihat cantik dan anggun di hari pernikahan nanti. Check it out guys!

1. Ballgown dengan perpotongan V-neck yang rendah

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via essensedesigns.com

Inspirasi gaun pengantin untuk kamu yang berbadan plus size pertama adalah gaun pengantin dengan model rok ballgown. Dress tanpa lengan dengan perpotongan V-neckline yang rendah membuat leher terlihat lebih jenjang. Pada bagian pinggang kebawah dress satu ini memiliki lapisan yang flowy dari tulle yang dilipat menambah kesan drama. Dress dengan model A-line satu ini membuah pinggangmu terlihat lebih kecil.

2. Trumpet dress dengan sentuhan organza

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via essensedesigns.com

Jika kamu memiliki bentuk tubuh yang besar, namun tinggi, alternatif lain jika kamu tidak ingin menggunakan wedding dress jenis ballgown, maka kamu bisa menggunakan gaun pengantin model trumpet. Trumpet dress sendiri merupakan model gaun pengantin yang memiliki siluet pas badan di bagian atas hingga paha, sementar bagian bawahnya cenderung melebar layaknya bunga terompet. Selain memberikan kesan profesional, gaun pengantin satu ini juga memberikan kesan yang berkelas. Jangan malu untuk memamerkan bahumu yang lebar, sebab hal itu bisa menjadi pesona tersendiri dari penampilan kamu.

3. Mermaid dress untuk si tubuh curvy

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via moncheribridals.com

Pada dasarnya, buat kamu yang memiliki bentuk tubuh curvy akan cocok menggunakan segala model gaun pengantin. Namun kamu yang ingin terlihat seksi di hari pernikahan nanti, kamu bisa menggunakan mermaid dress dengan siluet yang pas di badan. Bentuk tubuh curvy biasanya memiliki ukuran pinggang yang ramping namun ukuran dada dan pinggul yang besar sehingga terlihat gemuk, padahal bentuk tubuh ini masih sangat proporsional bahkan terlihat seksi jika kamu bisa memilih busana yang tepat. Untuk itu, kamu bisa memilih jenis mermaid dress yang dapat membungkus tubuhmu agar terlihat menawan.

4. Fit and flare dress dengan sentuhan brokat yang indah

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via martinthornburg.com

Untuk tampil memukau di hari pernikahan, tentunya gaun pengantin yang kamu gunakan harus mampu membuatmu tampil maksimal. Nah buat kamu yang memiliki tubuh yang sintal, fit dress dengan sentuhan flare dibagian belakang mulai dari pinggang hingga bawah bisa menjadi pilihat yang tepat buat kalian.  Fit dress dengan sentuhan brokat yang indah akan membalut tubuh curvymu. Sedangkan sentuhan flare dengan kain organza akan menambahkan kesan dramatis pada gaun dan juga dapat menutupi pinggul lebarmu dan membuat pinggang terlihat lebih ramping.

5. Gaun pengantin sederhana untuk kamu yang ingin tampil anggun dan berkelas

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via essensedesigns.com

Bagi yang memiliki bentuk tubuh yang gemuk, memilih gaun pengantin memang memerlukan lebih banyak perhatian. Sebab, salah detail dan salah potongan akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal bahkan terlihat tidak menarik. Nah bagi kamu yang tidak suka terlalu ribet, kamu bisa memilih gaun pengantin sederhana tanda detail sedikitpun. Hanya memanfaatkan potongan dan model, gaun pengantin ini terbuat dari kain matte yang ringan dan mengalir mengikuti gerakan dengan indah. V-neck yang rendah juga akan membuat lehermu terlihat lebih panjang. Model dress A-line juga akan membuat bentuk tubuhmu menjadi lebih proporsional.

6. Full brocade wedding dress

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via camdencharter.com

Buat kamu yang gak terlalu suka dengan dress jenis ballgown, kamu bisa menjadikan flare dress sebagai alternatif yang cemerlang, pasalnya, meski jatuhnya lebih sederhana namun flare dress tetap menampilakan kesan anggun dan cantik pada pemakainya. Rancanglah gaun pengantin impianmu dengan flare dress berbahan brukat. Usahakan agar perpotongan kerah berbentuk v-neck agar leher terlihat lebih panjang.  Jika kamu minder dengan lenganmu yang besar, maka kamu bisa membuat gaun pengantinmu menjadi lengan panjang. Gaun pengantin ini akan membuat penampilan kamu di hari spesial nanti terlihat effortless beauty.

7.  Gaun pengantin dramatis dengan tumpukan kain tulle

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

 

photo via apracticalwedding.com

Gaun pengantin selanjutnya yang bisa kamu sipemilik tubuh plus size jadikan inspirasi untuk gaun pernikahan impian kalian adalah gaun pengantin yang menggabungkan 2 material seperti tulle dan brukat atau renda yang sedikit menerawang memperlihatkan kulit tubuhmu. Dengan aksen flower dan manik-manik yang indah, bagian atas gaunmu akan terlihat sangat menawan saat kamu memakainya. Tumpukan tulle yang memberikan kesan dramatis dan romantis membuat semua pasang mata akan tertuju hanya padamu.

8. Nude color and ballgown

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via thewhitegown.com

Bagi wanita bertubuh gemuk, maka hindarilah detail-detail yang membuat tubuh khususnya bagian atas terlihat lebih besar dan pengap saat dilihat. Buat penampilan kamu menjadi segar dengan menggunakan gaun sederhana yang minim akan detail-detail berlebih. Kalian juga bisa memilih warna yang tidak terlalu menonjol untuk menutupi bagian atas tubuh kamu seperti warna nude, pastel dan warna-warna netral lainnya yang mendekati warna kulit kamu. Dengan ini, bagian atas tubuh kamu akan terlihat lebih kecil dan tidak pengap saat dilihat. Sebaliknya, kamu bisa membuat dress bagian bawahnya selebar mungkin seperti ballgown. Pasalnya semakin lebar bagian rok pada dressmu maka pinggangmu akan terlihat semakin kecil dan pinggul yang lebar terlihat lebih proporsional.

9.  Floral mermaid dress and v-neck

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via azazie.com

Gaun ini memberikan kesan romantis dan feminin dengan siluet mermaid yang indah. Potongan leher v-neck akan membuat leher terlihat lebih panjang dan membuat kesan seksi pada penampilan kamu. Motif-motif flower yang indah dengan hati-hati ditempatkan di seluruh bagian guna mendapatkan kesan yang romantis. Gaun ini akan memberikan kenyamanan dan juga keindahan saat kamu menggunakannya di hari pernikahan nanti.

10. Ballgown and v-neck

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via azazie.com

Untuk wanita bertubuh gemuk, salah satu dress yang paling tepat untuk digunakan adalah jenis ballgown yang mengembang dari bagian pinggang kebawah. Karena dengan itu maka pinggul lebarmu terlihat lebih proporsional. Selain itu, kerah v-neck juga menjadi hal yang perlu diperhatikan sebab mampu memberikan kesan leher yang tenggelam pada orang gemuk menjadi terlihat semakin jenjang dan panjang sehingga saat menggunakan gaun pengantin kamu tidak terlihat penuh sesak. Buat kamu yang minder dengan ukuran lenganmu yang bergelambir kerena lemak, kamu bisa menyiasatinya dengan long sleeve agar lemak lenganmu dapat tertutupi.

11. Gaun pengantin hijab sederhana

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via instagram.com/mutlulukbekcisi

Memilih gaun pengantin bagi yang bertubuh gemuk saja memerlukan perhatian ekstra apalagi bagi wanita gemuk yang berhijab, tentu hal tesebut bukanlah perkara mudah. Inpirasi gaun pengantin wanita bertubuh gemuk yang berhijab satu ini bisa kalian jadikan pedoman untuk memilih gaun pengantin hijab yang tepat. Hindari hijab yang memiliki lipatan yang memenuhi area leher dan dada karena akan membuat penampilan kamu menjadi penuh sesak.Untuk mengakalinya kamu bisa memilih gaun pengantin dengan perpotongan leher yang tinggi dan juga memilih jenis hijab minimalis.

12. Gaun pengantin bernuansa hijau mint

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via instagram.com/fotografevim

Bosan dengan warna putih, kamu yang berhijab juga bisa memilih warna hijau mint sebagai warna gaun pengantin kalian. Warna ini akan memberikan kesan sejuk dan segar pada penggunanya. Cocok buat kamu yang memiliki bentuk tubuh plus size serta menggunakan hijab. Dengan lilitan hijab sederhana dan payet-payet yang tidak terlalu mencolok, gaun pengantin dengan model a-line ini akan menjadi gaun pengantin sempurna bagi mereka yang berbadan plus size.

13. Hijab turban dan ballgown

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via instagram.com/elifduzenliphotography

Ballgown memang menjadi gaun sempurna untuk menutupi bentuk tubuh besar sehingga terlihat lebih proporsional. Untuk itu salah satu pilihan tepat buat kamu yang bertubuh gemuk dan berhijab dalam memilih gaun pengantin adalah dengan menggunakan gaun pengantin dengan model ballgown yang memiliki lengan panjang dan kerah agak tinggi. Untuk memberikan kesan yang lebih tinggi untuk tubuh pendek besarmu, kamu bisa menggunakan hijab turban sebagai pelengkap busana pengantin hijab kamu. Hijab turban tidak akan memberikan kesan menumpuk dan tebal pada leher dan dada kamu sehingga penampilan menjadi lebih maksimal.

14. Flare wedding dress dan hijab sederhana

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via  instagram.com/nisanursiirt

Buat kamu yang memiliki bentuk tubuh curvy, maka tak ada salahnya memilih gaun pengantin dengan model flare. Gaun ini akan membuat dirimu terlihat lebih tinggi dan ramping. Hiasi dengan payet-payet bunga yang indah dan fokuslah pada warna putih saja. Dengan memokuskan hanya satu warna maka, penampilanmu akan terkesan bersih dan anggun. Padukan dengan hijab sederhana dan hindari detail atau tumpukan kain di area leher maupun dada yang akan membuat penampilan kamu semakin pengap dan penuh.

15. A-line wedding dress dengan hijab

Inspirasi Gaun Pengantin Untuk Yang Bertubuh Gemuk

photo via instagram.com/saidmhamadofficial

Satu lagi guys, inspirasi gaun pengantin buat kamu yang memiliki ukuran tubuh plus size adalah dengan menggunakan gaun pengantin model a-line dengan tambahan hijab bagi kamu yang berhijab. Gaun dengan perpotongan a-ling akan membuat pinggulmu yang bersar tersamarkan sekaligus membuat efek yang lebih ramping pada pinggangmu. Untuk hijab, gunakan hijab sesuai bentuk wajah agar wajah bulatmu tersamarkan.

Nah itu dia beberapa inspirasi gaun pengantin bagi kamu yang bertubuh gemuk yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih gaun pengantin agar di hari pernikahan nanti kamu bisa tampil semaksimal mungkin. Memilih gaun pengantin memang cukup rumit, namun dengan menerapkan beberapa tips dalam memilih gaun pengantin, niscaya akan memudahkan kamu dalam menentukan gaun pengantin yang tepat dan sesuai yang kamu inginkan. Selain itu, dengan ini, kamu juga nggak perlu diet ekstrem demi terlihat langsing saat menikah nanti. Badan berisi pun sebenarnya cantik. Apalagi sudah banyak model gaun pernikahan yang cocok untuk dikenakan perempuan plus size seperti contoh di atas. Dengan  ini, maka tidak akan ada lagi yang akan mencela ukuran tubuh kamu yang besar. Karena meskipun besar dan gemuk kamu tetap bisa terlihat cantik dan menawan. Semoga artikel kali ini bermanfaat guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *