Yuk Intip Mewahnya Gedung 4 Agensi Kpop Terbesar di Korea Selatan

by blogunik
 1  

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan

Dalam dunia kpop pastinya kalian sudah mengenal tiga agensi terbesar di Korea Selatan atau yang sering dikenal dengan “The Big Three”. Dimana “The Big Three” ini terdiri dari SM Entertainment, YG Entertainment dan JYP Entertainment. Agensi-agensi ini bisa dikatakan sudah berdiri sejak lama dan agensi ini dikenal mencetak idol yang berhasil di pasar domestik dan juga internasional. Namun kali ini media Korea Selatan melaporkan jika era “The Big Three” ini sudah berakhir dan kali ini industri Korea memasuki era agensi big 4. Dimana agensi ini terdiri dari Big Hit Entertainment, SM Entertainment, YG Entertainment dan JYP Entertainment. Nah, buat kalian yang masih terbilang kpopers baru tentunya kalian penasaran dong bagaimana penampakan gedung-gedung agensi yang menaungi idol kpop kesayangan kalian. Berikut ini 4 gedung agensi kpop terbesar di Korea Selatan

1. Big Hit Entertainment

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan - Gedung Big Hit Entertainment

Photo via pinterest.com

Pendiri : Bang Si Hyuk
Pemilik : Bang Si Hyuk
Didirikan : 1 Februari 2005
Kantor Pusat : Seoul, Korea Selatan
Anak Perusahaan : Source Music, Superb Corp

Big Hit Entertainment adalah salah satu agensi terbesar di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 2005 oleh Bang Si Hyuk. Agensi ini mendebutkan beberapa idol terkenal seperti Bangtan Boys (BTS) dan Tomorrow X Together (TXT). Kabarnya Big Hit Entertainment akan pindah ke gedung baru yang lebih besar tahun depan. Dimana gdung ini sedang dibangun dan dinamakan Yongsan Trade Center dan akan selesai pada akhir tahun ini. Jika sesuai rencana, nantinya Big Hit akan pindah pada bulan Mei 2020 mendatang.

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan - Big Hit Entertainment

Photo via twitter.com/bts_national

Bangunan ini sendiri terdiri dari tujuh tingkat bawah tanah dan 19 lantai atas akan disewa oleh Big Hit dan perusahaan yang berafiliasi. Gedung baru ini akan mencakup berbagai ruang untuk label afiliasi dan perusahaan, disini juga nantinya terdapat ruangan khusus untuk para penggemar. Namun sebelumnya, Big Hit Entertaniment menempati gedung dua lantai dimana gedung tersebut bukan sepenuhnya milik Big Hit. Tentunya di gedung ini kamu tidak bisa masuk ke dalam, namun dibagian bawah gedung para penggemar atau biasa disebut ARMY membubuhkan rasa cintanya kepada BTS melalui tulisan di dinding.

2. SM Entertainment

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan - SM Entertainment

Photo via twitter.com/scredvelvetclub

Pendiri : Lee Soo Man
Pemilik : Lee Soo Man
Didirikan : 14 Februari 1995
Kantor Pusat : Seoul, Korea Selatan
Anak Perusahaan : Keyeast Entertainment, Label SJ, Mystic Entertainment, SM Culture & Content, Baljunso, ScreaM Records, Million Market

SM Entertainment adalah agensi terbesar di Korea Selatan dan agensi tertua di Korea Selatan. Dimana agensi ini rumah bagi sederet artis ternama seperti BoA, S.E.S, TVXQ, TRAX, The Grace, Super Junior, Girls’ Generation, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, NCT dan WayV. Dulunya agensi ini juga merintis grup seperti H.O.T, Fly to the Sky dan Shinhwa. Memiliki banyak artis tidak heran jika SM Entertainment memiliki beberapa gedung yaitu SM Entertainment Communication Center, SM Studio Center dan SM Celebrity Center. Salah satu gedungnya yang sering terexpost media adalah SM Entertainment Communication Center.

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan - Gedung SM Entertainment

Photo via koreaboo.com, klook.com, kpopchart.net

Gedung ini bisa dikatakan gedung baru SM Entertainment dan gedung ini sering didatangi oleh artis-artis SM Entertainment. Di lantai satu terdapat SUM Cafe dan Restaurant dimana interiornya bergaya modern dan terbuka untuk publik. Di B1 terdapat SUM Market dan SM Studio. Di SM Studio ini terdapat sebuah ruang latihan yang biasanya kalian lihat di video practice dance idol SM. Ruangan ini bisa dikatakan sangat luas dilengkapi dengan kaca-kaca besar dengan lantai kayu. Selain itu di ruangan ini juga terdapat sebuah ruangan untuk beristirahat para idol yang dilengkapi dengan sopa. Yang menarik di ruang latihan ini yaitu terdapat sebuah jendela kaca yang bisa ditutup. Beralih ke SUM Market, disini menjual beraneka ragam pernak-pernik idol SM dan makanan ringan. Mulai dari lantai dua adalah kantor dari SM Entertainment.

3. YG Entertainment

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan - YG Entertainment

Photo via blacklink.co.kr

Pendiri : Yang Hyun Suk
Pemilik : Yang Hyun Suk, Yang Min Suk
Didirikan : 24 Februari 1996
Kantor Pusat : Seoul, Korea Selatan
Anak Perusahaan : YGEX, YGK Plus, YGPlus, Highgrbd, The Black Label, Nona9on, Moonshot, YG Golf Academy, 3geori Butchers

YG Entertainment adalah salah satu agensi terbesar di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1996 oleh Yang Hyun Suk. Nama “YG” sendiri diambil dari nama panggilan sang pendiri yaitu “Yang Gun”. Agensi ini merupakan rumah bagi sejumlah idol kpop ternama yang berhasil dikancah nasional dan internasional seperti Jinusean, 1TYM, Sechs Kies, Big Bang, 2NE1, Akdong Musician, Winner, iKON dan Blackpink. Sejak didirikannya, YG banyak mengalami perubahan yang luar biasa termasuk bangunan kantor resmi mereka. Gedung mereka dikenal karena desain arsitekturnya yang unik dan luas. Dalam gedung berlantai tujuh ini ada banyak sekali fasilitas yaitu gym, studio musik, studio seni dan kafetaria. Jika dilihat gedung ini didominasi dengan warna hitam bahkan hingga ke ruang latihannya. Warna ini pun sangat cocok dengan imej YG.

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan - Gedung YG Entertainment

Photo via pnaykpop.wordpress.com

Gedung agensi kpop terbesar di Korea Selatan inipun semakin terlihat menkajubkan dengan adanya barang-barang mewah dan elegan di dalamnya yang juga berwarna gelap. Sebelumnya diketahui YG telah membeli tanah disebelah kantor pusat mereka saat ini. Disini nantinya akan dibangun kantor yang lebih besar lagi. Hal ini dapat dilihat dari postingan Yang Hyun Suk.Sebelumnya Yang Hyun Suk membagikan foto-foto desain untuk gedung baru YG Entertainment. Sesuai dengan image yang selama ini dimiliki YG, gedung barunya ini mengusung konsep chic dan modern. Di berbagai sudut menampilkan kemegahan serta sisi keren dari agensi dari Blackpink ini. Di dalam gedung ini, nantinya terdapat beberapa fasilitas seperti eskalator disetiap lantai, ruang rekaman untuk setiap idola YG. Nantinya anak perusahaan dan karyawan yang saat ini bekerja di 6 gedung yang berbeda dapat berkumpul setelah markas besar YG Enterainment ini selesai.

4. JYP Entertainment

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan - JYP Entertainment

Photo via wikipedia.org

Pendiri : Park Jin Young
Didirikan : Mei 1997
Kantor Pusat : Seoul, Korea Selatan
Anak Perusahaan : Studio J, J. Tune Entertainment

JYP Entertainment adalah salah satu agensi terbesar di Korea Selatan yang di didirkan oleh Park Jin Young pada tahun 1997. Artis-artis yang berada dibawah naungan ini yaitu 2PM, JJ Project, 15&, Got7, Jus2, Twice, Stray Kids, Day6 dan Itzy. Selain itu mantan artisnya yang juga populer yaitu Wonder Girls, Miss A, G.O.D dan Rain. Baru-baru ini kantor JYP Entertainment pindah lokasi ke gedung baru dimana gedung barunya ini lebih besar dari sebelumnya. Pada awalnya agensi ini berada di area Cheongdam-dom dan kini pindah ke daerah Jamsil Sungnae-dong. Gedung baru JYP Entertainment ini terdiri dari 14 lantai dan menawarkan ruangan lebih dari 76 ribu sq ft yang sangat cocok untuk sebuah agensi besar. Selain itu, JYP juga membeli seluruh parkiran yang terletak di belakang gedung barunya ini.

Gedung Agensi Kpop Terbesar Di Korea Selatan - Gedung JYP Entertainment

Photo via kpopmap.com

Gedung JYP ini dilengkapi dengan sistem baru yang sangat mewah. Di dalam gedung ini terdapat lobby, conference room, organic cafe, 9 dance studios, 18 vocal rooms, 7 producting rooms, 11 recording booths, 2 mixing room, actor’s room, organic dining lounge dan dilengkapi dengan roof top. Gedung baru JYP Entertainment ini juga memiliki sumber tangki oksigen sendiri untuk kamar-kamar tertentu dan lift juga dilaporkan ramah lingkungan. Gedung ini juga dilengkapi dengan kafe organik yang berada di lantai dasar yang dapat diakses oleh publik. Gedung baru JYP juga memiliki sebuah kafetaria yang menyajikan masakan organik dimana kafetarianya ini bernama JYP BOB. Pendiri JYP ini juga sempat mengaku jika tak segan-segan untuk mengeluarkan biaya yang besar demi memberikan makanan yang sehat untuk tranee dan para artisnya. Dalam setahun saja agensi ini bisa menghabiskan sekitar 2 miliar won untuk makanan.

Nah itulah 4 gedung agensi kpop terbesar di Korea Selatan. Jika kamu sedang berlibur ke Korea Selatan tidak ada salahnya kamu berkunjung ke agensi-agensi ini. Meskipun ada beberapa agensi yang tidak memperbolehkanmu masuk kedalam setidaknya ada beberapa agensi yang memiliki kafeteria dan disana kamu bisa menunggu idol-idol kesayangan kalian. Beruntung-beruntung kalian bisa bertemu langsung dengan idol kalian.


Komentar (1)

  1. Titi berkata:

    Ehh min,gk ada tuh yg namanya agensi big 4,emng ad rumusnya,cmn ad agensi big 3,ngrti kan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait