Hal-Hal Yang Seharusnya Kamu Lakukan Atau Berikan Kepada Orang Tuamu Sebelum Kamu Tinggal Menikah

3 bulan lalu

Setiap anak didunia ini pasti akan tumbuh menjadi orang dewasa dan nantinya akan menikah dan hidup dengan keluarga barunya. Meninggalkan orang tua yang melahirkannya untuk membangun rumah tangganya sendiri dengan suami ataupun istrinya kelak. Tentunya buat para wanita hal ini sering terjadi, pasalnya kebanyakan wanita di Indonesia setelah menikah akan tinggal dirumah suaminya.

lalu bagaimana orang tua kita? Pastinya para orang tua akan sangat kesepian ketika putra/putrinya meninggalkan mereka untuk membangun rumah tangga sendiri. Terus apakah kamu tega meninggalkan mereka dan menikah begitu saja tanpa berusaha membahagiakan mereka?

Pastinya semua anak didunia ini ingin membahagiakan orang tuanya bukan? Pasalnya, membahagiakan orang tua merupakan tugas seorang anak untuk membalas budi orang tua. Walaupun orang tua tidak pernah meminta imbalan karena telah merawat kita, namun membahagiakan orang tua jelas menjadi impian kita semua, apalagi sebelum menikah.

Untuk itu guys, sebelum kalian menikah hendaknya kamu harus melakukan sesuatu untuk membahagiakan orang tua dan memastikan kalau kalian tak akan meninggalkannya begitu saja. Tapi dengan cara apa saja? Gak usah khawatir guys, kali ini Blog Unik akan membagikan beberapa hal yang harus kamu lakukan ataupun berikan kepada orang tua sebelum kamu tinggal menikah. Check it out guys!

1. Membantunya meringankan beban

photo via : http://www.yakutsk.ru

Orang tua memang tak pernah mengeluh dan merasa terbebani dalam merawat dan menyayangi anak-anaknya. Seorang ayah akan bekerja keras menjadi kepala keluarga dan membuat anak-anaknya tak pernah kekurangan apapun terutama dalam hal materi. Sedangkan ibu, dari mengandung hingga kamu dewasa selalu memberikan kasih sayang yang tulus pada anak-anaknya. Bahkan mereka rela berkorban demi anak-anak mereka.

Jadi tak ada salahnya saat kamu beranjak dewasa, kamu mengurangi sedikit beban mereka. Hal yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah membantu orang tua menyelesaikan pekerjaan rumah. Itung-itung sebagai latihan agar nanti saat kamu telah menikah kamu tidak akan kaget dengan pekerjaan rumah tangga yang amat melelahkan.

Ingat, menyelesaikan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, memasak dan lainya bukan pekerjaan mudah. Butuh tenaga dan waktu yang cukup banyak untuk melakukannya. Bayangkan, betapa lelahnya Ibu kita. Dengan usianya yang semakin bertambah, beliau masih dengan tekunnya membersihkan rumah agar nyaman ditempati oleh keluarganya. Setidaknya dengan membantu beliau melakukan pekerjaan rumah tangga akan membuat beliau merasa senang dan merasa dihargai oleh anak-anaknya.

Selain itu contoh lainnya adalah dengan ikut serta dalam perbaikan-perbaikan yang ada dirumah guys! Misalnya saat rumah kamu akan direnovasi, kamu yang sudah bekerja bisa menyumbangkan sedikit uangmu untuk membantu orang tua dalam mendanai renovasi rumah. Walaupun sedikit, namun itu sangat membantu dalam meringankan beban mereka.

2. Memberikan sedikit rezeki kita pada orang tua

photo via : www.educenter.id

Sebelum kalian menikah, tentunya kalian harus bekerja dulu dan memiliki kehidupan yang mapan kan? Kalau nggak uang dari mana buat ngasih anak istri kalian makan? Nah buat kalian yang udah bekerja gak ada salahnya kamu menyisihkan sedikit uang gaji kamu untuk diberikan kepada orang tua setiap bulannya.

Kalau dulu orang tua yang memberikan kamu uang jajan, saat kamu dewasa dan telah bekerja giliran kamu memberikan mereka uang jajan. Sebagai bentuk perhatian kamu pada mereka guys! Gak mungkin kan kamu tega menbiarkan orang tua kalian yang sudah berumur untuk tetap bekerja untuk mencukupi kehidupan mereka. Sebagai anak yang telah berpenghasilan, wajib hukumnya untuk memberikan perhatian pada mereka minimal dengan membagi uang gaji kamu dengan mereka walaupun hanya sedikit. Karena pada dasarnya orang tua yang baik tak akan mengaharapkan balasan apapun dari anaknya.

Kenapa memberikan sedikit rezeki yang kamu miliki pada orang tua ini wajib? Karena saat kamu menikah dan memiliki anak nanti, walaupun tidak semua orang, namun sebagian besar orang pasti akan menyimpan rezeki yang dimiliki untuk anak-anak mereka, dan anak-anak akan menjadi prioritas utama mereka. Jadi manfaatkan kesempatan untuk berbagi rezeki kepada orang tua kalian sebelum kalian menikah.

3. Mengajak mereka membuat kenangan yang tak terlupakan

photo via : www.saga.co.uk

Kalau sudah menikah apalagi memiliki anak, waktu kalian pasti akan habis untuk mengurusi anak-anak dan rumah tangga kalian. Sehingga waktu untuk bertemu apalagi berkumpul dengan orang tua menjadi sangat jarang, apalagi kalau rumah kamu dan suami/istri jauh dengan orang tua. Untuk itu, selagi masih ada kesempatan, ajak orang tua kalian untuk membuat kenangan yang tak terlupakan dimana kamu masih menjadi anak gadis ataupun anak bujang mereka. Seperti mengajak mereka berlibur bersama, pergi piknik bersama, pergi memancing ataupun shoping ke mall dan lain-lain yang bisa membuat mereka senang dan bahagia. Nikmati quality time kalian dengan orang tua sebelum kalian menjadi milik orang lain.

4. Memberikan hadiah-hadiah kecil

 

photo via : http://sixtyandme.com

Sekali-kali berikan kejutan buat orang tua kalian dengan memberikan hadiah-hadiah kecil guys! Gak usah hal mewah, emas ataupun berlian. Cukup hal sederhana yang menjadi favorit mereka. Seperti sepasang sepatu atau jam tangan buat ayah kalian, atau seperangkat skincare buat ibu kalian. Hal sederhana saja sudah dapat membuat orang tua kalian senang karena diperhatikan oleh anak-anaknya. Walaupun nanti setelah menikah, hal ini masih bisa dilakukan, tapi gak ada salahnya dong memberikan hadiah pada orang tua dengan duit hasil kerja keras sendiri? Apalagi status kalian yang masih menjadi anak bujang dan anak gadis mereka, pasti rasanya akan berbeda setelah kalian menikah.

5. Berterima kasih kepada orang tua

photo via : www.guideposts.org

Terimakasih adalah salah satu hal yang paling sederhana diucapkan oleh seseorang untuk membalas jasa seseorang. Tapi hal ini sering kita lupakan terutama untuk orang tua. Kita sering lupa untuk berterima kasih pada orang tua atas pengorbanannya dalam merawat dan memberikan kasih sayang pada kita sampai dewasa bahkan akan segera menikah. Walaupun orang tua tak pernah mempermasalahkannya, namun kita sebagai anak wajib untuk mengucapkannya. Tak perlu menggunakan toa atau pengeras suara untuk berterimakasih. Cukup dengan memberikannya pelukan, ciuman hangat, dan perhatian meraka akan merasa dihargai dan disayangi sebagai orang tua. Begitupun sebelum kalian meninggalkan mereka untuk menikah, kalian wajib berterimakasih pada mereka. Masak kalian tega meninggalkan mereka, setelah berbagai hal yang mereka lakukan untuk membesarkanmu, kamu malah pergi begitu saja. Ya setidaknya sebagai anak yang berbakti, tunjukan rasa terimakasih kamu pada orang tua.

6. Buatlah mereka bangga memiliki anak seperti kalian

photo via : /lasvegasweekly.com

Poin selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk orang tua adalah membanggakan mereka. Buat mereka bangga memiliki putra maupun putri seperti kalian khususnya buat para cewek sehingga mereka tak merasa malu melepas kalian sebagai istri orang dan masuk ke lingkungan keluarga baru. Bukan membanggakannya dengan menjadi sukses dan kaya raya, namun setidaknya banggakan orang tua dengan prestasi akademik yang memuaskan, tunjukkan kalau kamu punya sopan santun dan dapat melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga, telah memiliki pekerjaan tetap dan berbagai hal membanggakan lainnya. Membanggakan orang tua ini cenderung untuk menjaga nama baik orang tua kamu dan dirimu sendiri guys.

Pasalnya banyak kasus perselisihan menantu dan mertua karena mertua menganggap menantunya tidak becus dalam mengatur rumah tangga. Dan ujung-ujungnya akan berimbas ke nama orang tua kalian. Gak mau kan itu terjadi? Maka dari itu dari sekarang kamu harus mampu mebanggakan orang tua dengan menjadi orang yang mandiri dan pandai melakukan pekerjaan rumah tangga dan berbagai hal lainnya.

7. Biarkan orang tua menilai calon suami/istri kamu dulu, karena sarannya sangat bermanfaat dikemudian hari

 

photo via : elguardian.com.mx/

Sebelum kamu menikah, pastikan orang tua kalian mengenal dengan baik calon suami/istri kamu dulu guys! Biasanya orang tua memiliki sebuah rasa yang akan mengetahui mana orang yang benar-benar baik dan mana yang buruk untuk bersanding dengan putra/putrinya. Walaupun tak semua benar, namun kebanyakan penilaian orang tua terhadap pasangan anak-anaknya rata-rata benar guys! Jadi kalau nantinya orang tua kamu merasa tak menyukai calon yang kamu bawa, tanyakan alasannya, dan kalau menurut kamu alasannya benar, tak ada salahnya untuk mengikuti saran orang tua kamu. Biar bagaimanapun orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak mereka. Agar nantinya si anak tidak menyesal dengan pilihannya.

Dengan mengenalkan calon kamu kepada orang tua, mereka juga merasa dihargai dan dihormati sebagai orang tua guys, karena mereka menganggap sang anak selalu melibatkan mereka dalam setiap keputusan yang diambil oleh anak mereka. Jadi kalau ada anak yang kawin lari atau nikah tanpa memberi tahu orang tua, mereka akan sakit hati guys! Jadi sebelum kalian menikah, pastikan kamu mendapat restu dari orang tua kalian.

8. Pastikan calon istri/suami kamu kalau mereka juga menerima orang tua kalian sebagai bagian dari hidupnya

photo via : www.huffpost.com

Ada yang bilang kalau menikah itu, kamu tidak hanya menikah dengan orangnya, namun kamu juga harus menikah dengan keluarganya. Keluarga pasanganmu akan menjadi keluargamu sebagaimana keluarga kandungmu. Untuk itu guys, sebelum kamu menikah, pastikan calon kamu menerima keluargamu apa adanya dengan tulus ikhlas. Pastikan kalau calon kamu akan menganggap kedua orang tua kamu sebagai orang tuanya dan menerima orang tuamu apa adanya, seperti dirinya menerima dirimu apaadanya. Para orang tua pastinya juga akan senang memiliki calon menantu yang baik dan perhatian dengan mereka. Sehingga orang tua kalian tak akan ragu untuk merestui hubungan kalian.

9. Yakinkan orang tua kalau kalian sudah dewasa dan layak untuk memulai kehidupan berumah tangga

photo via : www.understood.org

Tak jarang orang tua selalu menganggap kalau putra/putri mereka masihlah anak-anak yang perlu bantuan dari mereka, padahal anak-anak mereka sudah beranjak dewasa. Karena rasa sayang, mereka menganggap kalau kamu masihlah bayi mereka yang harus mereka lindungi dan jaga. Sehingga banyak orang tua yang khawatir jika nantinya putra/putri mereka menikah dan membangun rumah tangga tanpa mereka didekatnya.

Untuk itu guys, sebelum kamu menikah, yakinkan orang tuamu kalau kamu sudah dewasa dan layak untuk berumah tangga. Tunjukan pada mereka keterampilan kamu dalam mengurus rumah tangga dengan membantu ibu kamu membereskan rumah, memasak dan melakukan pekerjaan rumah tangga yang lain. Tunjukkan juga pada orang tua kalian, kalau kalian sudah bisa hidup mandiri dan menghasilkan uang sendiri. Dengan itu, pastinya orang tua kamu akan yakin melepas dirimu untuk membangun rumah tangga dengan suami/istrimu kelak.

10. Hargai waktu-waktu terakhir kamu menjadi anak gadis ataupun anak bujang mereka sebelum kamu menikah

photo via : aptparenting.com

Setelah menikah, rata-rata orang akan disibukkan dengan rumah tangga mereka, apalagi setelah memiliki anak. Percayalah beban dan tanggung jawab kamu setelah menikah dan memiliki anak akan bertambah berkali-kali lipat dari saat masa-masa lajangmu. Nah sebelum kamu disibukkan dengan hal itu, sebaiknya kamu manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk bercengkrama dan bermanja-manja kepada kedua orang tuamu. Pasalnya nanti setelah kamu memiliki anak, kamu tidak akan bisa bermanja-manja lagi dengan orang tua kalian. Perbanyak momen menyenangkan dengan mereka selagi kamu masih lajang.

Orang tua kalian juga pasti mengharapkan kesempatan seperti ini. Karena mereka tentu saja ingin menyiapkan hati mereka untuk melepas dirimu untuk masuk kedalam keluarga baru. Coba deh bayangin bagaimana perasaan orang tua kalian, dimana anaknya yang sewaktu kecil selalu mereka rawat, sayang, jaga dan sering bermanja pada mereka saat remaja tiba-tiba tidak lagi mau dimanja, saat remaja anak-anak punya kesibukan mereka sendiri sehingga lupa memberi pelukan pada orang tuanya. Setelah beranjak dewasa anak-anak mereka disibukkan dengan pekerjaan mereka sehingga waktu bertemu dengan orang tua menjadi berkurang. Nah setidaknya sebelum kamu menikah, berikan mereka waktu penuh untuk mengobati kerinduan mereka dengan anak-anak mereka. Karena setelah kalian menikah, hal tersebut akan semakin jarang terjadi.

11. Yakinkan orang tua kalau kalian tidak akan melupakan mereka begitu saja

photo via : luxcarelifestyle.com

Salah satu ketakutan orang tua ketika memberikan anak-anak mereka restu untuk menikah, adalah mereka takut anak-anak mereka akan melupakan mereka. Mereka takut anak-anak mereka yang telah menikah hanya sibuk dengan urusan mereka sehingga melupakan orangtuanya yang semakin menua. Untuk itu guys, sebelum kamu menikah, yakinkan orang tua kamu kalau kamu tidak akan melupakan mereka begitu saja. Sebagaimanapun kamu sibuknya dengan rumah tangga dan pekerjaan kamu nanti. Kamu tidak boleh melupakan dan menelantarkan mereka. Janji ini harus kamu ingat selalu guys!

12. Khusus umat muslim, bila memungkinkan berikan orang tua kalian tiket untuk Naik Haji

photo via : konsultasisyariah.com

Membahagiakan orang tua adalah memang impian seluruh anak di dunia ini. Setelah bertahun-tahun mereka membesarkan dan merawat kita, wajarlah jika seorang anak ingin menghadiahkan sesuatu yang spesial bagi orang tuanya. Ada sangat banyak jenis hadiah di dunia ini, namun yang paling bikin hati orang terenyuh itu, adalah hadiah pergi ke tanah suci. Dapat beribadah haji saja sudah sangat luar biasa, apalagi kalau ternyata itu adalah hadiah dari anak sendiri, pasti deh orang tua kalian akan sangat bersyukur dan bangga memiliki anak seperti kamu. Kamu juga akan merasa lega meninggalkan mereka untuk menikah dan membangun rumah tangga dengan pasangan kelak.

13. Optional: Sebelum menikah pastikan orang tua kalian menempati rumah yang nyaman untuk mereka tempati

photo via : http://www.news-bulletin.com

Nah poin yang satu ini opsional guys, bisa dilakukan sesuai kemampuan kamu. Sebelum kamu menikah, pastikan kalau orang tua kamu menempati rumah yang nyaman mereka tempati, apalagi kalau hanya kamu satu-satunya anak yang mereka miliki, sehingga tak akan ada orang yang bisa menjaga mereka setiap harinya setelah kalian menikah nantu. Jadi tak ada salahnya kamu mengeluarkan budget untuk merenovasi rumah orang tua kamu agar lebih nyaman atau membelikan mereka rumah yang jauh lebih nyaman dari rumah sebelumnya. Semua sesuai kemampuan kamu guys.

Baca Juga