Hewan dan Tanaman Ini Terlihat Cantik, Namun Sangat Mematikan



Dunia kita kaya akan tumbuhan dan hewan yang unik dan cantik. Namun ada diantaranya yang terlihat cantik namun mematikan, bahkan bisa melumpuhkan dan mematikan manusia juga. Penasaran hewan dan tumbuhan apa saja itu ? Beikut ini hewan dan tanaman yang terlihat cantik namun mematikan :

Tanaman

1. Opium Poppy

Photo via : argaali522.wordpress.com

Opium Poppy merupakan salah satu bunga yang paling beracun di dunia. Bunga ini telah banyak menelan korban. Bunga ini terkenal di dunia sebagai dasar narkotika yang digunakan untuk memproduksi heroin. Bunga yang terlihat indah ini bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat, jadi jangan coba-coba menanam atau memetiknya ya.

 

2. Poison Hemlock

Photo via : http://www.mda.state.mn.us

Bunga ini dikenal dengan sebutan Conium Macalatum. Tanaman ini dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling mematikan. Walaupun tanaman ini memiliki efek yang mematikan, namun anehnya tanaman ini merupakan salah satu keluarga dari wortel. Poison Hemlock dikenal juga sebagai Devil Porridge karena memiliki alkaloid coniine. Efek dari tanaman ini yaitu mengakibatkan sakit perut, mual dan muntah di gejala awal. Namun bisa juga membuat manusia lumpuh dan berujung maut.

 

3. Lily Of The Valley

Photo via : trbbbbb.com

Bunga ini melambangkan cinta suci, kesetiaan dan ketulusan, bunga ini masih tergolong dalam keluarga Lily.  Namun bunga yang cantik ini ternyata memiliki racun yang sangat berbahaya. Racun yang terkandung dalam bunga ini dapat merusak sistem peredaran darah dan pencernaan. Dosis kecil dapat mengakibatkan muntah, diare, mual dan sakit perut. Sedangkan dalam dosis besar, racun di dalam bunga ini dapat mengakibatkan kematian. Walaupun mematikan bunga ini pernah digunakan sebagai bunga pengantin oleh Kate Midleton dan Song Hye Kyo pada saat acara pernikahannya.

 

4. Ranunculus

Photo via : order.eurobulb.nl

Bunga ini sekilas mirip dengan bunga mawar, namun Ranuculus bukanlah keluarga dari mawar. Bunga ini sering digunakan sebagai bunga hias, namun penggunaannya harus dalam pengawasan yang ketat. Bunga ini mengandung racun mematikan untuk manusia dan hewan. Jika ada hewan atau manusia yang memakan bunga ini makan akan terjadi gejala kerusakan pencernaan akibat racunnya seperti diare disertai darah, liur berlebih, sakit perut parah dan rusaknya selaput lendir. Selain itu bunga ini juga memberi efek samping jika disentuh, saat dipegang bunga ini akan mengeluarkan zat protonomin yang dapat mengakibatkan dermatitis atau gangguan kulit pada manusia. Maka dari itulah dilarang kontak langsung dengan tanamam ini melainkan harus menggunakan sarung tangan. Racun dalam bunga ini dapat hilang jika melalui proses pengeringan.

 

5. Mauntain Laurel

Photo via : wagwalking.com

Bunga yang cantik ini memiliki wanra yang indah dan wangi yang enak, namun kamu perlu hati-hati karena bunga ini memiliki racun. Nectar di dalam bunga ini bisa menyebabkan muntah, sakit perut dan kematian. Walaupun banyak orang yang keracunan karena bunga ini namun bisa di sembuhkan, tapi racunnya bisa membunuh perlahan jika tidak ditangani dengan tepat. Bunga ini bisa menyebarkan racunnya melalui lebah yang menghisap nectarnya, lebah ini akan menghasilkan madu yang beracun.

 

6. Autumn Crocus

Photo via : http://www.tricitynews.com

Autumn Crocus merupakan salah satu tumbuhan yang paling beracun di dunia. Bunga ini mengandung senyawa mematikan yang biasanya digunakan untuk perawatan encok. Racun yang terkandung dalam bunga ini adalah sejenis dengan aksonik dan tidak ada obatnya. Keracunan bunga ini dapat mengakibatkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung. Namun dilain sisi cosisium dikenal karena kemampuannya untuk memperlambat bahkan dapat mematikan kanker. Perlu di ingat, karena cosisium adalah racun maka penggunaannya harus dibatasi dan berada di tangan yang tepat.

 

7. Foxglove

Photo via : http://plantinfo.co.za

Foxglove merupakan bunga yang pernah menduduki tempat teratas sebagai bunga yang paling berharga di Eropa. Namun dibalik keindahan bunga ini, ternyata memiliki racun yang sangat berbahaya. Bunga ini mengandung zat seperti deslanoside, digitoksin dan digitalis glikosida. Zat tersebut dapat menyerang jantung.

 

8. Wolfsbane

Photo via : http://www.caedes.net

Wolfsbane terlihat sangat indah, bunga ini berwarna ungu dan tumbuh dikawasan utara pada musim panas. Meskipun terlihat indah, bunga ini ternyata mengandung racun yang dapat membunuh manusia dan hewan. Pada zaman dulu, bunga ini digunakan untuk mengusir hewan, namun bunga ini juga bisa berakibat fatal terhadap manusia.

 

9. Death Camas

Photo via : montucky.wordpress.com

Bunga ini merupakan salah satu bunga lili. Bunga cantik ini memiliki racun yang menyebabkan kematian kepada manusia. Bunga ini dapat membunuh hewan ternak dalam hitungan jam lebih kejamnya lagi hewan ternak ini akan muntah dengan mengeluarkan busa.

 

10. Milkweeds

Photo via : bukalapak.com

Bunga cantik ini mengandung racun yang bisa mengakibatkan kematian. Bunga cantik ini, getahnya mengandung alkaloid dan kardenoloid, snyawa basah yang sering digunakan sebagai obat. Tentu saja getah ini tidak boleh digunakan sembarangan. Bunga ini memiliki racun sebagai pola pertahan terhadap serangan ulat dan hewan perusak buah. Jika seseorang tidak sengaka memasukan racun ini ke dalam tubuhnya maka kemungkinan akan terjadi dermatitis tringer atau gangguan kulit hingga kematian. Namun bunga inimenghasilkan bau yang harum dikebun dan akan mengalahkan harum bunga-bunga yang lain.

 

Hewan

1. Mantis shrimp

Photo via : imgur.com

Udang cantik ini terlihat indah namun berbahaya. Kaki depan undang ini yang mirip dengan kaki depan belalang sembah ini mampu menendang hingga memutuskan capit kepiting. Bayangkan saja jika kaki atau jari kalian ditendang oleh udang cantik imut ini. Udang ini hidup dilubang-lubang dan umumnya keluar pada malam hari untuk mencari mangsa. Udang ini mencari makan dengan memanfaatkan cakarnya yang terletak didekat kepalanya yang berguna sebagai alat pertahanan. Selain cakar, udang ini memiliki ekor yang berduri tajam. Jadi disarankan jika menemukan hewan ini jangan ditangkap atau dipegang.

 

2. Box Jellyfish

Photo via : http://raisingpetjellyfish.blogspot.co.id

Box Jellyfish merupakan jenis ubur-ubur yang memiliki racun mematikan. Namun sebenarnya Box Jellyfish ini hanya menggunakan sengatan tentakelnya untuk mencari makan. Tapi karena ubur-ubur ini sering berenang di perairan dangkal, jadinya banyak perenang yang ikut tersengat. Ubur-ubur ini tinggal di laut Australia dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

 

3. Rabbitfish

Photo via : http://sciencythoughts.blogspot.co.id

Rabbitfish atau ikan baronang merupakan salah satu ikan yang memiliki racun. Meskipun ikan ini terasa enak jika sudah di olah, namun para ibu-ibu harus hati-hati dengan sirip yang ada dibagian punggung, perut dan anal. Hal ini karena durinya terdapat racun, racun ini cukup membuat nyeri dalam waktu yang lama.

 

4. Surgeonfish

Photo via : www.aquainfo.org

Ikan ini jenis ikan herbivora yang hidup di daerah terumbu karang dan pada umumnya dikonsumsi oleh masyarakat pesisir. Jika kamu perhatikan ikan ini, dibagian pangkal sirip ekor terdapar duri yang menyerupai mata pisau dan setajam pisau bedah. Jika kalian sedang diving jangan memegang ekornya ya.

 

5. Lionfish

Photo via : http://www.indigenoussarasota.com

Ikan ini memiliki sirip yang memanjang, pada bagian ujung siripnya terdapat kelenjar racun. Apabila terkena tubuh manusia akan menyebabkan sakit yang berlangsung selama 6 jam.

 

6. Southern blue ringed octopus

Photo via : aquatutus.org

Southern blue ringed octopus merupakan gurita yang memiliki lingkaran biru di tubuhnya. Gurita ini sangat berbahaya jika dalam kondisi terancam, gurita ini memiliki racun pada setiap gigitannya yang mampu membunuh 10-25 orang.

 

7. Crown Of Thorns Sea Star

Photo via : daily.jstor.org

Crown Of Thorns Sea Star memiliki duri dengan racun yang kuat dan dapat menembus wesuit, sarung tangan sampai boots. Intinya jangan menyentuh langsung hewan ini, karena setiap durinya terdapat jarum-jarum kecil yang dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada tubuh serta bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

 

8. Mosaic Sea Star

Photo via : www.pinterest.com

Bintang laut satu ini sangat berbahaya jika di sentuhan langsung dengan kulit, karena dapat menyebabkan kulit mati rasa untuk semnetara waktu.

 

9. Cone

Photo via : http://www.australiangeographic.com.au

Hewan gastropoda ini memiliki berbagai macam dan motif, dibalik corak-coraknya yang indah ada beberapa jenis yang memiliki sengat yang beracun yang dapat menyebabkan kematian. Hewan ini menyengat dengan cara menembakkan tombak sepanjang 25 mm dan seperti halnya selang, tombak tersebut akan diairi dengan racunnya. Berikut ini cone yang harus kamu waspadai : Geography cone, Striated Cone, Textile cone, Parian Cone, Seagrave’s Cone, Marble Cone, Tulip cone, Cat cone.

 

10. Sea Anemone

Photo via : http://naturewatch.org.nz

Pada umumnya Anemon memiliki racun yang mematikan jenis-jenis ikan kecil dan invertebrata laut, namun tidak berefek besar terhadap manusia kecuali Armed Sea Anemone, Warty Sea Anemone, White Striped Anemone, Griffith’s Sea Anemone dan lainnya. Jika tersentuh dengan kulit dapat menyebabkan rasa terbakar dan perih.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >