Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

Dibuat oleh blogunik

Siapa nih yang uang jajannya suka tekor gara-gara harus membeli air mineral setiap harinya saat melakukan kegiatan di luar rumah? Meskipun harganya air mineral botolan cukup murah, tetap saja jika dibeli sangat sering dan setiap hari, cukup menguras isi dompet. Jadi nggak heran jika banyak orang memilih untuk membawa bekal air minum dari rumah sendiri menggunakan tumbler minum.

Tumbler minum sendiri menjadi benda yang tengah di gemari sebagian besar masyarakat. Pasalnya tak hanya memiliki bentuk yang menarik, tumbler-tumber minum ini juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari menghemat uang karena kita tidak perlu membeli air mineral lagi karena sudah membawa bekal air minum dari rumah, membawa tumbler minum sendiri juga lebih praktis. Bahkan penggunaan tumbler minum juga membantu mengurangi jumlah sampah plastik dari kemasan botol sekali pakai dan tentunya dapat menjaga lingkungan.

Saat ini botol minum bisa dengan mudah ditemukan dengan berbagai bentuk, desain dan pilihan harga. Namun, banyak orang yang belum mengetahui bagaimana sebenarnya cara memilih botol minuman yang baik dan sesuai dengan standar kesehatan. Untuk itu berikut beberapa tips dalam memilih tumbler minum yang baik untuk digunakan sehari-hari dan sesuai dengan standar kesehatan.

Tips Memilih Tumbler Minum Yang Baik Dan Sesuai Dengan Standar Kesehatan

1. Perhatikan material pembuatnya

Tips dalam memilih botol minum atau tumbler minum yang baik pertama adalah dengan memperhatikan material yang digunakan untuk membuat tumbler tersebut. Beberapa material yang biasanya digunakan adalah poliester, polikarbonat (stainless steel), kaca, hingga aluminium. Setiap material yang digunakan memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, botol yang paling tahan lama adalah yang terbuat dari stainless steel dan alumunium. Karena bahan tersebut terbukti kuat dan awet, baik dalam suhu dingin dan panas, sehingga lebih multifungsi. Tapi perlu diperhatikan, jika penggunaan botol minum stainless steel dan alumunium sudah terlalu lama, maka bisa mengalami korosi dari waktu ke waktu. Kandungan zat besi dan serpihan alumunium akan menimbulkan rasa yang aneh pada air minum dan tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi jika air minum dalam tumbler kamu sudah terasa aneh, sebaiknya segera ganti botol minum kamu.

2. Perhatikan tanda pada botol minum plastik

Meskipun tumbler minum yang terbuat dari stainless steel dan alumunium adalah yang terbaik, namun bukan berarti tumbler minum dari plastik tidak boleh digunakan. Pasalnya, ada beberapa jenis bahan plastik yang memang aman untuk digunakan berkali-kali. Untuk mengtahui mana jenis botol minum plastik yang aman untuk digunakan berkali-kali, maka kamu perlu memperhatikan tanda yang tertera pada botol.

Tanda tersebut berupa segitiga yang di dalamnya terdapat angka. Di bawah segitiga, biasanya juga tercantum tulisan yang menjelaskan jenis plastik yang digunakan. Produk plastik dengan angka 1 hanya dapat digunakan satu kali saja. Sedangkan produk dengan angka 2 dan 4 cukup aman untuk digunakan dua atau tiga kali.

Botol minum plastik yang paling aman untuk digunakan adalah yang bersimbol angka 5 karena berbahan polipropilena yang dinilai lebih aman dari gangguan risiko kesehatan. Kekurangannya hanya satu, yakni harga botol minum ini terbilang cukup mahal.

Sementara itu, kalian harus berhati-hati dengan botol minum yang bernomor 3, 6, dan 7. Pasalnya, botol tersebut dinilai cukup berbahaya dan berisiko tinggi mencemari air yang dikonsumsi.

3. BPA-Free

Tips memilih tumbler minum yang aman berikutnya adalah dengan memilih botol plastik yang mencantumkan label BPA-Free. Botol dengan label BPA-Free berarti bebas kandungan Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam kemasan makanan dan minuman. Bahan kimia ini sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan telah dikaitkan dengan berbagai macam efek bahaya bagi kesehatan, mulai dari cacat lahir, masalah dengan otak dan fungsi sistem saraf, kelainan reproduksi, dan beberapa jenis kanker.

4. Pilih bahan yang ringan

Selanjutnya, kamu bisa memilih tumbler minum yang berbahan ringan. Ini karena tumbler minum dengan material tebal dan berat tidak selalu menjadi ukuran dan jaminan kalau botol minumnya berkualitas dan memiliki standar kesehatan.

Dengan memperhatikan bahan pembuatnya, tanda pada botol dan juga label BPA-Free nya, kamu bisa bisa memilih jenis tumbler minum yang berbobot ringan. Tumbler yang ringan akan memudahkan kamu dalam membawanya kemana-mana dan tak akan terlalu menambah beban tas kamu.

5. Pilih botol dengan lingkaran leher yang lebar

Meskipun ada banyak desain tumbler minum yang menarik, namun sebisa mungkin, pilih botol minum yang lingkar lehernya cukup lebar. Pasalnya dengan lingkar leher yang cukup lebar akan memudahkan kamu untuk mencuci bagian dalamnya hingga ke bagian dasarnya.

Sedangkan ketika kamu memilih botol minum dengan lingkar leher yang kecil, kamu kamu akan sulit untuk membersihkannya, akibatnya botol tersebut lebih rentan ditumbuhi bakteri, jamur, atau bahkan lumut di dalamnya dan menimbulkan bau tak sedap dalam botol minum tersebut.

6. Perhatikan sistem pembuka dan penutup tumbler minum

Tips penting lainnya dalam memilih tumbler minum yang baik adalah dengan memperhatikan sistem pembuka dan penutupnya. Jangan sampai kamu memilih tumbler minum yang bocor sehingga akan membasahi semua isi dalam tas ketika kamu memasukkannya ke dalam tas kamu. Sebaiknya pilih tumbler minum dengan sistem anti bocor pada penutupnya.

7. Pilih tipe tumbler minum sesuai kebutuhan

Selanjutnya disarankan agar memilih tipe tumbler yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Meski sebagian besar menggunakan tubler untuk menampung kebutuhan air minum, namun ada juga yang ingin menggunakan tumbler untuk menampung kopi atau teh yang praktis dibawa ketika ke kantor ataupun saat piknik. Maka dari itu, sesuaikan tumbler minum kamu dengan kebutuhan. Jika kamu sering membawa bekal air hangat, kopi ataupun teh, maka kamu bisa memilih tumbler minum yang bisa menjaga suhu minuman tetap hangat dalam waktu yang lebih lama.

8. Pilih ukuran yang tepat

Satu lagi tips memilih tumbler minum yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih ukuran tumbler minum yang tepat sesuai kebutuhan. Hal ini bisa disesuaikan dengan aktifitas kalian sehari-hari ataupun kebutuhan air minum harian kamu. Jika kalian bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang lama ataupun melakukan aktivitas fisik lainnya yang menguras keringat seperti olahraga, hiking atau traveling, maka kamu bisa memilih ukuran tumbler yang lebih besar, agar bisa menampung air lebih banyak.

Ide Tumbler Minum Yang Kece

Setelah mengetahui beberapa tips yang penting dalam memilih tumbler minum. Berikut ini ada beberapa ide tumbler minum yang kece yang bakal membuat kamu lebih rajin untuk minum air guna memenuhi cairan tubuh kamu. So let’s check it out guys!

1. Wood grain tumbler

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via instagram.com/glam_resin_studio

Desain tumbler minum yang kece diawali dengan tumbler minum yang terbuat dengan stainless steel yang dilapisi dengan material kayu dan kaca sehingga membuat tumbler minum terlihat klasik dan estetik. Tumbler minum ini bisa menjaga minuman kamu tetap dingin ataupun tetap hangat. Cocok dijadikan tumbler minum di tempat kerja kamu agar tidak gonta-ganti gelas maupun botol air plastik.

2. Sun flower and glitter stainless steel tumbler

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via etsy.com

Selanjutnya ada tumbler minum yang didesain dengan gambar bunga matahari dan hiasan glitter sehingga membuatnya tampak cantik. Tumbler minum yang juga bisa berfungsi sebagai cup ini bisa digunakan untuk menampung minuman dingin ataupun hangat. Desainnya yang kece bakal membuat kamu rajin minum deh!

3. Tumbler minum minimalis dengan straw dan berwarna pastel

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via etsy.com

Nah buat kamu yang sedang mencari tumbler minum sebagai souvernir pernikahan ataupun ulang tahun, maka kamu bisa memilih desain tumbler yang minimalis namun manis satu ini. Desain tumbler minum ini hadir dengan warna-warna pastel dan dilengkapi dengan straw. Ukurannya ringkas sehingga cocok untuk dibawa kemana-mana.

4. Beach tumbler with handle

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via etsy.com

Ide tumbler minum yang kece yang cocok sebagai hadiah ataupun souvenir adalah tumbler glitter bertema pantai dengan handle atau pegangan. Desain tumbler yang cantik ini cocok bagi kamu yang sering menjatuhkan tumbler karena licin. Handle akan membuat kamu bisa menggenggam tumbler dengan baik.

5. Tumbler dari kaca dengan penutup dari kayu dan lubang sedotan

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via etsy.com

Tumbler minum berikutnya merupakan tumbler minum dari kaca dengan penutup kayu. Tumbler minum ini juga dilengkapi dengan selongsong silikon dan sedotan dengan warna yang serasi. Tutup kayu membuat minuman kamu tetap segar dan dapat dengan mudah digunakan saat bepergian. Selongsong silikon warna-warni memberikan pegangan tanpa selip sehingga kamu tidak akan mudah menjatuhkannya. Botol minum yang minimalis ini bagi digunakan untuk minuman dingin ataupun panas.

6. Zodiak astrologi tumbler

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via etsy.com

Nah buat kamu yang suka dengan hal-hal berbau zodiak, maka desain tumbler minum bertema astrologi dan memiliki desain sesuai zodiak ini cocok untuk kamu miliki. Botol minum ini merupakan botol minum dari stainless steel dengan permukaan luar yang mate dan antigores. Digambar dengan tinta yang dapat menyala dikegelapan sehingga membuat gambar pada tumbler menjadi bercahaya ketika gelap. Tumbler minum yang kece ini mampu membuat minuman tetap dingin selama 24 jam, dan panas selama 12 jam. Dilengkapi dengan tutup dorong yang anti bocor dan sedotan yang serasi. Dan yang paling penting tidak beracun dan bebas BPA.

7. Textured tumblers

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via instagram.com/lc.budget_momma

Nah buat kamu yang ingin tumbler yang simple namun terkesan keren dan mewah, maka kamu bisa mencari jenis tumbler yang memiliki permukaan luar yang berteksture seperti contoh tumbler pada gambar di atas. Tumbler berwarna hitam ini memiliki tektur seperti geometri 3D sehingga tak hanya membuatnya menjadi anti selip tapi juga membuatnya terlihat lebih keren.

8. Tumbler minum simple berbentuk balok dengan holder dibagian penutup

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via society19.com

Sedang mencari desain tumbler minum yang simple namun menarik? Kamu bisa mencari model tumbler minum berbentuk balok dengan holder di bagian penutup ini. Material pembuatnya yang agak transparan membuat kamu bisa melihat isi dari dalam botol minum tersebut. Tak hanya cocok untuk air putih, namun tumbler minum ini juga cocok untuk membuat infused water.

9. Tumbler minum dari kaca dengan kristal di bagian dalam

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via sojienergy.com

Agar lebih rajin minum air, kamu bisa mencoba mengganti tumbler minum kamu dengan tumbler minum yang cantik dan estetik. Salah satunya seperti tumbler minum kaca dengan hiasan kristal didalamnya. Tak hanya berfungsi sebagai botol minum, tapi juga cocok sebagai suvenir, hadiah bahkan pajangan rumah yang keren.

10. Tumbler minum bertema kartun yang cocok untuk anak-anak

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via etsy.com

Buat kamu yang memiliki adik atau anak-anak yang susah meminum airnya, maka kamu bisa mencoba memberikannya tumbler minum yang lucu seperti tumbler minum bertema karakter kartun favoritnya. Tumbler minum ini akan menarik perhatian anak-anak sehingga bisa lebih rajin untuk meminum air.

11. Double straw tumbler

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via m.shein.com

Ide tumbler minum yang kece berikutnya adalah tumbler minum dengan double straw. Tak hanya double straw namun bagian tengah tumbler juga disekat sehingga kamu bisa menambahkan 2 jenis minuman yang berbeda didalamnya. Seperti kamu ingin susu ataupun kopi dalam waktu yang bersamaan. Maka tumbler minum ini cocok untuk kamu miliki.

12. Tumbler minum yang dapat dilipat

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via spot.ph

Cocok untuk kalian yang suka traveling, ada tumbler minum kekinian yang bisa dilipat. Ketika tumbler minum kosong, kamu bisa melipatnya menjadi ukuran yang kecil, namun ketika diisi dengan air, maka tumbler minum dapat berubah menjadi botol minum yang dapat menampung ratusan ml air. Sangat praktis dan tentunya aman untuk kesehatan.

13. Textured tumblers with handle

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via asos.com

Mungkin banyak di antara kalian yang malu membawa tumbler yang ukurannya cukup besar, namun dengan desain tumbler ini, tentu tidak akan ada kata malu. Pasalnya tumbler minum yang berukuran cukup besar ini didesain dengan minimalis namun terlihat mewah. Botol minum ini dilengkapi dengan handle dan memiliki tekstur geometri pada permukaan botol. Menariknya, penutup botol minum ini didesain dengan sentuhan emas yang membuatnya terlihat elegan.

14. Galaxy tumbler with handle

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via joyfulalwaysdesigns.com

Buat kamu yang membutuhkan tumbler yang bisa juga digunakan sebagai cup kopi ataupun gelas untuk minuman dingin. Maka kamu bisa memilih jenis tumbler dengan handle yang ukurannya tidak terlalu besar satu ini. Saat ini kamu bisa custom desain luar dari tumbler, dan salah satu desain tumbler yang menjadi favorit adalah desain bernuansa galaxy dengan glitter-glitter.

15. Tumbler minum praktis dengan warna gradasi yang cantik

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via shopee.ph

Jenis tumbler minum satu ini sangat mudah ditemukan dipasaran dan menjadi salah tipe botol minum favorit banyak orang. Ini karena tumbler minum berbentuk tumbler ini didesain sangat praktis dan memiliki ukuran yang ringkas sehingga cocok dibawa ketika berkegiatan diluar rumah, terlebih ketika traveling. Desainnya yang kece dan kekinian dengan gradasi warna cantik, sangat cocok untuk remaja.

16. Flat tumbler yang ringan dibawa

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via lazada.co.id

Ada juga flat tumbler buat kalian yang tidak ingin membawa barang yang terlalu berat. Desain tumbler ini tipis sehingga tidak akan mengambil ruang terlalu banyak didalam tas kamu. Meskipun lingkaran lehernya kecil, namun botol ini bisa dibersihkan dengan sikat botol khusus. Jadi kamu tidak usah khawatir jika memilih tipe botol minum satu ini. Hanya saja kamu tidak bisa membawa cukup banyak air dengan botol minum satu ini.

17. Tumbler dengan motif etnik

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via thefringedpineapple.com

Ide tumbler minum yang kece berikutnya adalah tumbler minum dengan ornamen yang etnik seperti pada gambar di atas. Tumbler minum yang baik digunakan untuk minuman panas ataupun dingin ini memiliki motif ataupun ornamen yang keren sehingga akan membuat kamu rajin untuk menggunakannya.

18. Tumbler dengan motif etnik dan glitter

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via tumblerisland.com

Tumbler minum yang memiliki motif etnik berpadu glitter ini juga sangat kece untuk digunakan. Tak hanya berfungsi sebagai botol minum sehari-hari, namun tumbler ini juga bisa kamu jadikan sebagai hadiah ulang tahun pada seseorang ataupun untuk suvenir pernikahan ataupun ulang tahun.

19. Tumbler minum kayu dengan holder

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via bio.site

Ide tumbler minum yang kece berikutnya adalah tumbler minum berbentuk tabung yang pada desain luarnya dilapisi dengan material kayu sehingga terlihat lebin fresh. Tumbler minum yang cocok untuk minuman panas ataupun dingin ini juga dilengkapi dengan holder berupa jaring-jaring dari tali yang memudahkan kamu dalam membawanya.

20 Honey bees tumbler

Ide Tumbler Minum Yang Kece Beserta Tips Memilihnya

photo via etsy.com

Satu lagi desain tumbler minum yang kece dan bakal membuat kamu rajin untuk minum adalah tumbler dengan desain honey bees satu ini. Pada permukaan tumbler, kamu bisa melihat sarang lebah yang dibuat dengan glitter kemudian ada lelehan madu dan tentu saja lebah yang dibuat dari permata. Tumbler dengan desain yang keren ini sangat menarik sehingga cocok dijadikan sebagai hadiah untuk someone special.

Nah itu dia beberapa ide tumbler minum yang kece yang bisa kamu jadikan inspirasi ketika kamu ingin custom botol air minummu sendiri. Jadi tertarik memiliki tumbler minum yang kece?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *