Indonesia U16 Berhasil Lolos Ke Final Setelah Menang 1 – 0 atas Malaysia

1 tahun lalu

Akhirnya timnas Indonesia U16 berhasil melaju Ke Final Piala AFF U16 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor tipis 1 – 0. Pertandingan semi final antara Indonesia U16 vs malaysia U16 ini terjadi di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis 9 Agustus 2018.

Dalam pertandingan tadi malam, sejak menit awal pertandingan, Indonesia terus tampil menyerang dan menekan pertahanan Malaysia. Sementara timnas Malaysia bermain taktis bertahan dan mengandalkan long pass serangan balik sesuai dengan instruksi dari pelatih timnas Malaysia. Di menit – menit awal pertandingan, terlihat beberapa pemain Malaysia bermain agak keras dan kasar dan menurut catatan terdapat 3 orang pemain Indonesia yang menjadi korban.

photo via : antaranews.com

Ketiga pemain tersebut adalah Muhammad Supriadi, David Maulana, dan Andre Oktaviansyah. Untung saja pemain Indonesia mampu menahan emosi dan tetap bermain stabil dan tidak mengalami cidera yang serius sehingga permainan dapat dilanjutkan. Meskipun timnas indonesia tampil begitu mendominasi sejak menit awal pertandingan, namun justru timns Malaysia yang pertama kali mendapatkan peluang emas.

Tepatnya pada menit ke -15,  salah seorang pemain Malaysia yakni pemain gelandang yang bernama Alif Daniel Abd Aziz. Untung saja sepakannya masih melambung diatas gawang Indonesia. Untuk Indonesia sendiri mamp[u mendapatkan peluang emas pertamanya pada menit ke 27 lewat David Maulana, David yang sama sekali sudah tidak terkawal pemain belakang Malaysia, gagal melakukan sebuah tendangan akurat ke gawang malaysia.

photo via : goal.com

Di menit 31, timnas Indonesia kembali mendapatkan peluang emas, namun sepakan Suypriadi masih berhasil digagalkan oleh mistar gawang Malaysia. Hingga menit akhir babak pertama skor masih tetap imbang 0 – 0 .

Di babak kedua, Indonesia tetap tampil menyerang dengan beberapa perubahan pemain dimana masuknya Sutan Zico sejak menit awal babak kedua. Dengan masuknya Zico, permainan Indonesia lebih menusuk. Bahkan saat pertandingan baru berjalan 1 menit tepatnya pada menit ke 41, Zico yang hanya tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, gagal mengkonversi peluang menjadi sebuah gol.

photo via : ngopibareng.com

Berbagai peluang emas terus tercipta dalam lanjutan laga ini, namun belum ada yang menghasilkan gol. pada menit ke 67, Coach Fakhri Husaini memasukkan Hamsa Lestaluhu menggantikan Andre Oktaviansyah. Terbukti dengan masuknya lestaluhu yang memberikan tenaga baru membuat serangan kembali hidup dan timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Supriadi di jatuhkan di kotak penalti.

Bagus Kahfi sang eksekutor penalti akhirnya berhasil menyarangkan bola ke gawang timnas Malaysia. Skor 1 – 0 untuk keunggulan timnas Indonesia bertahan hingga babak kedua usai. Dengan kemenangan ini, memastikan timnas U16 Indonesia untuk melaju ke babak Final menghadapi timnas Thailand yang sebelumnya telah memastikan dirinya lolos ke final setelah menang 1 – 0 atas Myanmar.

 

Baca Juga