Ingin Rambut Selalu Sehat dan Berkilau Tanpa Ke Salon ? Berikut 10 Tips Cara Merawatnya

3 tahun lalu, by blogunik

Rambut adalah mahkota wanita, untuk itu kamu pasti menjaga kesehatan dan keindahan rambutmu dengan baik. Untuk melakukan perawatan itu, kamu tidak harus pergi ke salon karena kamu juga bisa merawatnya di rumah asalkan perawatannya rutin dan berkala. Berikut ini tips merawat rambut agar selalu sehat dan berkilau :

1. Shampoo dan conditioner

Photo via : pharmeasy.in

Setiap jenis rambut tentunya menggunakan sampo yang berbeda. Jika kamu memiliki rambut yang rusak maka gunakanlah sampo yang memiliki kandungan formula kompleks seperti polyquaternium, guar hydroxypropyltrimonium chloride, or hydroxyethyl dimonium chloride. Jika kamu memiliki rambut yang berketombe maka gunakanlah sampo khusus anti dandruff. Selain itu kamu juga tak lupa untuk menggunakan conditioner agar rambut kamu selalu lembut dan berkilau.

 

2. Hair mask

Photo via : http://www.pusatkosmetik.com

Selain sampoo dan conditioner kamu juga menggunakan hairmask agar rambutmu semakin kuat dan tidak mudah patah. Gunakanlah hair mask dengan deep moisturizing jika kamu memiliki rambut yang di warna. Jika rambutmu terasa kering dan mengembang gunakan masker rambut yang mengandung keratin agar rambutmu tetap sehat.

 

3. Masker rambut setiap hari

Photo via : beautyeditor.ca

Terpapar sinar matahari dan bahan kimia dapat membuat rambutmu rusak, karena itu gunakan masker rambut setiap hari setelah keramas.

 

4. Jangan terlalu sering terkena panas

Photo via : www.huffingtonpost.com

Salah satu penyebab rambut rusak adalah seringnya rambut terkena panas seperti hairdryer maupun catokan. Jika itu terus terjadi maka rambutmu akan kering dan rontok. Ada baiknya kamu menghindari mengerikan rambut dengan hair dryer dan biarkan rambut kering dengan angin alami. Jika kamu memiliki rambut keriting ada baiknya setelah keramas kamu keringkan dengan kaos lama yang berbahan katun dibandingkan menggunakan handuk agar rambut tidak cepat kering.

 

5. Gunakan serum rambut

Photo via : www.dove.com

Tidak seperti minyak rambut yang dapat terserap ke dalam kutikel rambut. Serum rambut dapat membuat rambut kamu lebih lembut, kuat dan berkilau. Serum rambut juga berfungsi untuk melindungi rambut dari segala kerusakan.

 

6. Potong rambut

Photo via : http://www.alanlisi.com

Rambut yang dipotong dengan tepat dapat membuat rambutmu menjadi terlihat lebih sehat dan penampilanmu tampak segar. Kamu harus menyesuaikan potongan rambut kamu dengan bentuk wajahmu, agar wajahmu bisa tampak lebih segar.

 

7. Rutin memotong ujung rambut

Photo via : www.beautyedulab.com

Cara untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong ujung rambutmu. Jika kamu tidak memotong rambut bercabangmu nantinya rambut kamu akan mudah patah dan rontok.

 

8. Gunakan minyak rambut

Photo via :  http://www.ezyhero.com

Minyak rambut dapat membuat rambutmu terasa lembab., sehingga mudah untuk diatur. Gunakan setelah keramas ketika rambutmu basah.

 

9. Jangan keramas setiap hari

Photo via : www.rd.com

Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada rambut sehingga bisa membuat rambut menjadi kering. Jika rambut kamu lepek dibagian kulit kepala, sebaiknya gunakan dry shampoo dibandingkan keramas setiap hari. Lakukanlah keramas dua kali dalam seminggu agar rambutmu tidak menjadi kering.

10. Tidur gunakan sarung bantal sutra

Photo via : kawaiibeautyjapan.com

Ketika kamu tidur, rambutkamu akan tergesek-gesek dengan sarung bantal sehingga menjadi kering dan mengembang. Oleh karena itu kamu gunakan sarung bantal dari sutra agar rambutmu tidak mengembang keesokan harinya. Jika kamu tidak memilikinya ikat rambutmu namun jangan terlalu kencang, untuk mengurangi gesekan antara rambut dan sarung bantal.

Artikel Terkait