Jajanan Khas Medan Yang Paling Terkenal Dan Cocok Dijadikan OLeh-Oleh



Kemanapun kalian pergi untuk jalan-jalan, pastinya gak lengkap kalau belum membeli oleh-oleh khas dari daerah yang kamu kunjungi. Nah begitupun dengan Medan, pastinya kamu udah punya daftar apa saja yang akan kamu beli nanti sebagai oleh-oleh khas Medan. Buat kalian yang belum punya daftar oleh-oleh khas Medan yang cocok dan tahan lama untuk dibawa pulang, gak usah khawatir, karena berikut ini adalah daftar oleh-oleh atau jajanan khas Medan yang cocok dijadikan oleh-oleh keluarga ataupun sahabat tercinta.

1. Bika Ambon

photo via : resepkoki.id

Eits, jangan salah mengira dulu, walaupun namanya bika ambon, tapi ternyata jajanan ini bukan berasal dari Ambon melainkan dari Medan loh!. Jadi gak heran kalau kamu ke Medan akan banyak melihat jajanan ini dijual di toko oleh-oleh yang ada di Medan. Bika Ambon memiliki tekstur berserat dengan rasa legit terbuat dari tepung tapioka, gula, santan, telur dan air nira. Tempat yang sangat populer di Medan untuk mendapatkan Bika Ambon ada di Bika Ambon Zulaikha yang letaknya di Jalan Mojopahit No. 62 dan 96 DEF. Ada beberapa varian rasa mulai dari original, pandan, hingga keju. Oleh-oleh Medan ini bisa bertahan hingga empat hari.

2. Bolu Meranti Medan

photo via : deskgram.org/jualbolumeranti

Kalau ke Medan kalian harus mencoba bolu Meranti yang terkenal lezat. Bolu Meranti memiliki tekstur yang lembut dan rasa legit. Kue gulung bolu Meranti bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang sangat cocok untuk dibawa pulang. Bolu Meranti hanya bertahan tiga hari, tapi jika ingin bertahan lebih lama maksimal 7 hari bisa didiamkan di mesin pendingin. Ada beragam varian rasa seperti keju, nanas, mocca, strawberry, kacang hingga bluberry yang semuanya memiliki rasa yang lezat.

3. Pancake Durian Medan

photo via : rebanas.com

Medan memang terkenal dengan duriannya, namun jika kalian kerepotan membawa buah durian sebagai oleh-oleh orang rumah, cobalah pilih Pancake Durian Medan untuk oleh-oleh. Pancake Durian ini berbeda dari pancake biasanya. Pancake Durian Medan berbentuk seperti dadar gulung terbuat dari kulit adonan tepung diisi dengan daging durian yang rasanya luar biasa. Banyak varian rasa yang bisa kamu temukan dari mocca, original, coklat hingga pandan. JIka berkunjung ke Medan, sempatkan untuk berkunjung kesalha satu tempat menjuah pancake durian yang cukup terkenal yakni di Durian House beralamat di Jalan Sekip No.67 H, Medan Petisah. Pembuatannya pun dihasilkan dari durian dengan kualitas terbaik, karenanya saat mencicipi pancake langsung lumer di mulut.

4. Buah Durian

photo via : independensi.com

Kalian yang sukanya makan durian utuh tanpa diolah menjadi pancake tadi, maka gak usah khawatir untuk membeli buah durian yang terkenal enak di Medan. Dan salah satu tempat untuk membeli buah durian tanpa takut kehabisan adalah di Ucok Durian. Selain membeli buahnya, kamu juga bisa menyantap langsung durian di tempat. Kamu juga gak perlu khawatir saat membawanya sebagai oleh-oleh karena durian akan dikemas dengan rapi dalam kotak yang rapat dilengkapi daun pandan juga kopi hingga aromanya tersamarkan.

5. Sirup Buah Markisa

photo via : www.jalanjalankita.com

Selain durian, sirup buah markisa juga sangat terkenal di Medan. Jadi kalau berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk membeli sirup buah markisa sebagai oleh-oleh. Sirup segar ini dipercaya mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Ada banyak penjual sirup buah markisa, khususnya di pusat oleh-oleh khas Medan.

6. Teri Medan

photo via : n7n4.wordpress.com

Kalian ingin mencari kuliner atau oleh-oleh yang lain daripada yang lain, kamu bisa memilih ikan teri Medan yang terkenal lezat. Ada banyak olahan ikan teri di Medan, namun yang paling terkenal adalah Teri Bajak Medan. Produk ini mengemas ikan teri menjadi sambal ikan teri dengan berbagai rasa, seperti sambal cabai merah dan cabai rawit. Harga teri bajak dijual dipasaran dengan harga 40 ribu rupiah per 200 gram dengan kemasan zip lock plastic. Untuk mendapatkannya ada di toko oleh-oleh seperti di Jalan SM Raja Medan, Jalan T Amir Hamzah Nomor 17.

7. Kopi Sidikalang

photo via : www.pegipegi.com

Lagi mikirin oleh-oleh yang pas buat ayah kamu, mungkin Kopi Sidikalang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ayahnya suka ngopi. Rasanya yang enak dan unik, membuat kopi ini mampu bersaing dengan kopi Brazil yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Dari segi harga, kopi Sidikalang cukup terjangkau. Cara mendapatkannya pun mudah karena kopi ini sudah banyak dijual pasar tradisional, pasar swalayan hingga warung kopi.

8. Kacang Sihobuk

photo via : www.tokopedia.com

Kalau ke Medan belum lengkap rasanya kalau belum nyoba garingnya kacang Sihobuk. Kacang Sihobuk adalah kacang tanah yang dimasak dengan pasir (sangrai) dalam kuali besar hingga garing secara merata. Untuk mendapatkan cemilan ini, bisa dijumpai di hampir semua toko maupun kedai yang berada di dekat kedai menuju Danau Toba dan diberbagai toko oleh-oleh khas Medan. Kacang Sihobuk dipilih dari kacang dengan kualitas terbaik sehingga rasanya tidak bisa diragukan lagi.

9. Manisan Jambu

photo via : twitter.com/arieparikesit

Kamu penyuka manisan, jangan lupa mencicipi manisan jambu khas Medan yang belum tentu kamu dapatkan di tempat lain. Manisan jambu sebenarnya bisa ditemui di setiap pinggir jalanan dengan mudah. Namun, salah satu tempat terkenal yang menjual manisan jambu adalah Toko Aguan yang terletak di Jalan Kruing No 3D. Jika kamu ingin membawa manisan jambu sebagai oleh-oleh, sebaiknya membeli manisan dalam bentuk yang masih utuh agar mampu bertahan hingga tiga hari.

10. Medan Napoleon

photo via : travelingyuk.com

Kamu yang ngefans berat dengan artis iRwansyah, jangan lewatkan untuk mencicipi bolu miliknya yang bernama Medan Napoleon. Medan Napoleon merupakan kue yang dibuat dari perpaduan antara bolu gulung dari Medan dan Napoleon Cake asli Perancis. Medan Napoleon dibuat dari tiga lapisan pastry yang diberi olesan selai dan diluarnya ditutup dengan bolu dan topping beraneka ragam. Rasa renyah dari kulit pastry dan lembutnya bolu plus selai, menjadi perpaduan yang sangat enak pada kue blasteran ini. Untuk mendapatkan satu kotak Medan Napolean dihargai mulai dari 65 ribu rupiah, namun khusus yang red velvet memang lebih mahal. Kamu bisa dapatkan oleh-oleh ini di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 46/35, Babura.

11. Risol Spesial Gogo

photo via : www.garnesia.com

Risol adalah jajanan yang gak bisa kamu lewatkan jika sedang berkunjung ke Medan. Risol atau bisa juga disebut dengan risoles adalah makanan yang dibuat dengan kulit pastry yang diisi dengan isian berupa sayuran atau daging cincang. Di Medan ada yang namanya Risol Spesial Gogo yang berdiri sejak tahun 1981 oleh Juliani Chandra. Kelebihan produk ini dari risoles lain adalah kulitnya yang lebih tipis dan tepung panirnya lebih halus dari kebanyakan. Untuk mendapatkan Risol dengan harga lebih murah dan masih hangat, langsung data ke tempat pembuatnya di Jalan Mojopahit No. 53, Petisah Tengah. Untuk isian risoles, ada dua jenis isi yang diusung oleh Risol Spesial Gogo yaitu isi sayuran yang diiris halus ditambah dengan potongan telur dadar dan isi yang menggunakan cincangan daging ayam.

12. Pia Tamiang

photo via : http://www.klikhotel.com

Selain Risol, Pia Tamiang juga gak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Medan. Jajanan satu ini cocok dijadikan oleh-oleh karena dapat bertahan lama hingga berhari-hari. Salah satu produk pia di Medan yang populer sejak 40 tahun lalu adalah Pia Tamian yang dulunya bernama Pia Hou Chen dan dipopulerkan oleh Gwe Yen Huat, seorang turunan Tionghoa. Kamu bisa dapatkan pia Tamian sebagai makanan kering khas Medan di Jalan Tamiang No. 16.

13. Tempe Medan

photo via : www.dutamedan.com

Medan ternyata memiliki jenis tempenya tersendiri loh!. Berbeda dari tempe kebanyakan yang kita ketahui, tempe Medan memiliki bentuk yang lebih tembem dan kedelai yang digunakan lebih besar. Warna asli dari tempe ini adalah kuning, begitu pula saat dimasak, warnanya tetap masih kuning. Rasa yang dihasilkan dari tempe ini sangat khas dan ada rasa renyah yang dipadu dengan rasa gurih. Nah kalian yang doyan tempe bisa mendapatkan Tempe Medan ini di Jalan Setia Luur, Hanafi.

14. Ikan Sale

photo via : www.tokopedia.com

Bukan hanya ikan teri yang cocok dijadikan oleh-oleh khas Medan. Jalan-jalanmu gak akan lengkap jika kamu belum membeli ikan sale sebagai oleh-oleh ibu dirumah. Ikan Sale Medan adalah ikan yang dimasak dengan cara diasapi atau dijemur serta ikan yang dibutuhkan adalah ikan lele Limbat. Ikan sale ini bisa diolah menjadi gulai khas Mandailing atau hanya digoreng dengan irisan bawang dan cabai. Untuk mendapatkan ikan sale bisa langsung ke Jalan MT Haryono yang berada di pusar central belakang Medan Mall dengan harga 40 ribu rupiah.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >