Jembatan-jembatan Terindah Yang Ada Di Dunia

3 bulan lalu

Jembatan biasanya berfungsi untuk menghubungkan jalan satu ke jalan lainnya, biasanya pembangunan jembatan ini dilakukan untuk mempermudah mengakses tempat yang tidak bisa dilalui karena terdapat sungai, danau atau yang lainnya. Di dunia ini ada banyak sekali jembatan-jembatan yang dibangun, entah itu digunakan untuk penghubung jalan saja atau ada juga yang digunakan sebagai landmark kota atau negara tersebut. Saat ini jembatan tidak hanya digunakan untuk penghubung jalan, namun juga digunakan untuk wisata. Banyak di negara-negara lain yang menjadikan jembatan mereka sebagai objek wisata karena memiliki arsitektur dan pemandangan yang indah. Kira-kira jembatan dari negara mana sajakah itu? Berikut ini jembatan-jembatan terindah yang ada di dunia

 

1. Jembatan Golden Gate – San Francisco

Jembatan Terindah Di Dunia - Golden Gate Bridge

Photo via : https://edition.cnn.com

Golden Gate Bridge merupakan salah satu simbol dari Amerika Serikat, dimana jembatan ini sudah diakui secara internasional. Jembatan ini menghubungkan kota San Francisco dengan Marin. Jembatan ini dibuka tahun 1937 dan membentang sepanjang 2.727 meter. Selain itu, jembatan ini juga dibuka untuk para pejalan kaki mulai dari pukul 09.00 sampai 18.00. Dibalik kemegahan jembatan Golden Gate ini, tersimpan kisah yang menyedihkan karena jembatan ini kerap digunakan sebagai tempat bunuh diri.

 

2. Jembatan Charles – Republik Ceko

Jembatan Terindah Di Dunia - Charles Bridge

Photo via : https://stmed.net

Charles Bridge merupakan jembatan yang terbuat dari batu yang melintang di sungai Vitava dan menghubungkan kota tua Praha dan kota kecil (Mala Strana). Jembatan Charles ini selesai pada awal tahun 1400-an, jembatan ini memiliki panjang 621 meter, lebar 10 meter. Jembatan ini dihiasi dengan puluhan patung di kedua sisinya. Di ujung jembatan ini kita bisa melihat pemandangan panorama kastil Praha yang indah.

 

3. Jembatan Banpo – Korea Selatan

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Banpo

Photo via : https://livingnomads.com

Jembatan Banpo adalah salah satu jembatan utama di pusat kota Seoul yang melintasi Sungai Hangang. Jembatan Banpo ini menghubungkan distrik Seocho dan Yongsan. Di jembatan ini terdapat atraksi air mancur yang paling panjang dan tercatat di Guiness World Record. Jembatan ini biasanya dijadikan tempat favorit berkencan, selain itu jembatan ini juga menjadi lokasi syuting beberapa drama Korea.

 

4. Jembatan Millau Viaduct – Prancis

Jembatan Terindah Di Dunia - Millau Viaduct

Photo via : https://joinusinfrance.com

Millau Viaduct merupakan salah satu jembatan yang berlokasi di selatan Prancis. Jembatan ini dibuka pada tahun 2004 dan memiliki tiang tertinggi di dunia sekitar 1.125 kaki di atas dasar struktur. Jembatan ini lebih tinggi dari Menara Eifel di Paris yang hanya 38 meter lebih pendek. Jembatan Millau Viaduct ini dirancang oleh Insinyur Michel Virlogeux dan arsitek Inggris Norman Foster.

 

5. Jembatan Brooklyn – New York City

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Brooklyn

Photo via : https://www.nycgo.com

Jembatan Brooklyn merupakan jembatan tertua di Amerika Serikat. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1883, jembatan ini menghubungkan borough Manhattan dan Brooklyn di New York City melintasi Sungai East. Jembatan Brooklyn merupakan jembatan suspensi terpanjang di dunia sejak pembukaannya hingga 1903 dan jembatan suspensi kabel baja pertama. Jembatan ini pada awalnya diberi nama Jembatan New York dan Brooklyn, jembatan ini diberi sebutan Jembatan Brooklyn dalam surat untuk editor Brooklyn Daily Eagle tanggal 25 Januari 1867, selain itu jembatan ini dirancang oleh Leon Moisseiff.

 

6. Jembatan Sydney Harbour – Australia

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Sydney Harbour

Photo via : http://www.omggaming.com.au

Jembatan Sydney Harbour adalah jalur utama untuk menyebrangi pelabuhan Sydney. Jembatan ini menghubungkan distrik pusat bisnis Sydney dengan wilayah utara Sydney. Dari jembatan ini kita bisa melihat Gedung Opera Sydney yang terkenal. Warga setempat menamai jembatan ini sebagai The Coathanger, akibat dari desainnya yang melengkung dibagian atas. Jembatan ini juga merupakan jembatan terlebar di dunia menurut Guinness World Records.

 

7. Jembatan Jacques Cartier – Kanada

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Jacques Cartier

Photo via : https://momentfactory.com

Jembatan Jacques Cartier adalah jembatan yang melintasi Sungai Saint Lawrence, dimana jembatan ini menghubungkan pulau Montreal menuju pantai selatan Longueuil, Quebec, Kanada. Jembatan ini termasuk jembatan tersibuk kedua di Kanada. Pembangunan jembatan ini dimulai dari tahun 1925 dan selesai pada tahun 1940. Selama musim panas jembatan ini ditutup untuk lalu lintas kendaraan untuk kompetisi kembang api yang diadakan di la Ronde. Selain itu, jembatan ini juga ditutup untuk lalu lintas Montreal Oasis Marathon setiap tahun pada bulan September.

 

8. Tower Bridge – London

Jembatan Terindah Di Dunia - Tower Bridge

Photo via : https://medium.com

Tower Bridge adalah jembatan yang membentang diatas sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini diberi nama Tower Bridge karena letaknya berdekatan dengan London Tower. Selain itu, jembatan ini menggabungkan antara dua desain yaitu angkat dan gantung. Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki. Jembatan ini bebas diakses untuk kendaraan ataupun pejalan kaki.

 

9. Jembatan Khaju – Iran

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Khaju

Photo via : http://www.orangesmile.com

Jembatan Khaju merupakan salah satu jembatan yang paling terkenal di Iran. Jembatan ini dibangun kembali oleh Shah Abbas II berdasarkan pada dasar-dasar jembatan yang lama sekitar tahun 1650 yang mempunyai luas 23 m2 dengan panjang 105 meter dan lebar 14 meter. Jembatan ini terbuat dari batu bata dan batu dimana memiliki ukuran 21 batu besar dan 26 batu ukuran kecil untuk jalan keluar dan masuk.

 

10. Jembatan Bastei – Jerman

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Bastei

Photo via : https://pixabay.com

Jembatan Bastei merupakan jembatan ini berada di tebing yang berada dikawasan Taman Nasional Saxon Switzerland, Jerman. Jembatan ini melintang sepanjang 76,5 meter diantara bebatuan tebing dan kita bisa melihat sungai Elbe, gunung Lilienstein dan pepohonan yang hijau dari atas. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

11. Jembatan Seri Wawasan – Malaysia

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Seri Wawasan

Photo via : https://www.thousandwonders.net

Jembatan Seri Wawasan merupakan jembatan yang dibangun menyerupai kapal layar. Jembatan ini memiliki panjang mencapai 240 meter dan kontruksi jembatan ini menggunakan 102 kabel. Pada malam harinya, jembatan ini sangat terang dengan keberadaan lampu yang berwarna-warni.

 

12. Jembatan The Helix – Singapura

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan The Helix

Photo via : https://www.arup.com

Jembatan The Helix adalah jembatan ini terinspirasi dari bentuk DNA (Deoksiribo Nucleic Acid) yang berupa jalinan dua Helix. Helix sendiri berarti berbentuk melingkar. Jembatan ini dibuat untuk pedestrian yang iconic untuk di daerah Marina Bay untuk menghubungkan Marina Center dengan Marina Bay. Jembatan ini juga dibuat terlihat ringan karena disamping jembatan ini terdapat jembatan mobil dengan struktur yang kelihatan lumayan berat. Jembatan ini dilengkapi dengan canopi yang terbuat dari fritted glass.

 

13. Pont du Gard – Prancis

Jembatan Terindah Di Dunia - Pont du Gard

Photo via : https://www.getyourguide.com

Jembatan Pont du Gard merupakan jembatan penampungan air yang pembangunannya diprakasai oleh Agrippa pada masa Romawi. Jembatan penampungan air ini merupakan bagian dari saluran air yang panjangnya hampir 50 km, dulunya digunakan untuk memenuhi kebutuhan air Romawi di Nimes dari Uzes.

 

14. Puente Nuevo – Spanyol

Jembatan Terindah Di Dunia - Puente Nuevo

Photo via : https://www.voyagetips.com

Jembatan Puente Nuevo merupakan jembatan yang menjadi ikon dari kota Ronda, Malaga, Spanyol selama lebih dari 200 tahun. Jembatan ini membelah sungai Guadalevin dan pembangunannya membutuhkan waktu sampai 34 tahun. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

15. Jembatan Széchenyi Chain – Hungaria

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Széchenyi Chain

Photo via : https://picsart.com

Jembatan Széchenyi Chain adalah jembatan gantung di Sungai Donau yang menghubungkan Buda dengan Pest atau bagian barat dan timur Budapest. Jembatan ini merupakan jembatan pertama di Hongaria dan jembatan permanen pertama di Sunga Donau. Jembatan Széchenyi Chain merupakan salah satu jembatan terbesar di dunia dan memiliki sepasang singa dibatas jembatan.

 

16. Pont Alexandre III – Prancis

Jembatan Terindah Di Dunia - Pont Alexandre III

Photo via : http://wazim-photos.com

Jembatan Pont Alexandre III merupakan jembatan populer yang ada di Paris. Jembatan ini sangat cantik dengan hiasan patung-patung dan tiang lampu yang indah. Jembatan ini berdiri diatas sungai Seine yang menghubungkan Grand Palais dan Petit Palais di tepi kanan sungai dan Hotel des Invalides di tepi kiri. Jembatan ini sering muncul dalam media sebagai salah satu landmark kota paris dan sering menjadi lokasi syuting.

 

17. Jembatan Dragon – Vietnam

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Dragon

Photo via : https://www.justgola.com

Jembatan Dragon merupakan jembatan raksasa yang berbentuk naga terbesar di dunia. Jembatan ini dibangun untuk merayakan 38 tahun kebebasan kota Da Nang. Jembatan ini tidak hanya memiliki struktur baja saja, namun dilapisi lebih dari 2.500 lampu light electric diode (LED). Selain itu, efek lampu membuat naga raksasa ini seperti menghembuskan api. Selain itu jembatan ini juga dapat menyemprotkan ledakan air ke udara.

 

18. Jembatan Sheikh Zayed – UAE

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Sheikh Zayed

Photo via : https://www.architravel.com

Jembatan Sheikh Zayed merupakan jembatan lengkung yang dibangun dengan struktur kantilever tanpa kabel. Jembatan sepanjang 842 meter ini dikatakan sebagai jembatan yang paling kompleks yang pernah dibangun di Abu Dhabi. Jembatan ini menjadi jembatan penghubung dua arah dengan empat jalur yaitu Khol Al Maqta, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dan kantor Abu Dhabi Municipality.

 

19. Akashi-Kaikyo – Jepang

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Akashi-Kaikyo

Photo via : https://www.dezeen.com

Jembatan Akashi-Kaikyo merupakan jembatan gantung yang membentang diatas selat Akashi yang menghubungkan Maiko di Kobe dengan kota Awaji di pulau Awaji. Jembatan ini memiliki panjang 1990 meter dan merupakan jembatan terpanjang di dunia. Selain itu, jembatan ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu yang beraneka warna. Awalnya jembatan ini dirancang untuk kendaraan bermotor dan kereta api, namun saat proyek pembangunan jembatan ini hanya untuk dilewati kendaraan bermotor saja dengan 6 jalur.

 

20. Jembatan Clifton Suspension – Inggris

Jembatan Terindah Di Dunia - Jembatan Clifton Suspension

Photo via : https://www.ice.org.uk

Jembatan Clifton Suspension merupakan jembatan gantung yang berada di daerah Bristol, Inggris. Jembatan ini menghubungkan daerah Clifton di Bristol dan Leigh Wood di Somerset. Pada awalnya jembatan ini hanya berupa jembatan batu tradisional yang dibuat pada tahun 1753. Namun karena transportasi di Inggris mulai berkembang pesat maka kerajaan merenovasi jambatan tersebut dengan struktur besi tempa agar lebih kuat dan aman.

Baca Juga