Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya

2 minggu, by blogunik

Jenis ikan cupang dan harganya

Memelihara ikan hias memang menjadi salah satu hobi menyenangkan bagi sebagian orang. Bahkan beberapa peneliti menyimpulkan bahwa memelihara ikan hias dapat menghilangkan stress. Mendengar suara gemercik air dan melihat dari warna-warni ikan membuat kepala jadi lebih ringan. Salah satu jenis ikan hias yang populer untuk dipelihara adalah ikan cupang. Ikan cupang atau Betta SP merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang habitat aslinya adalah bebrapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Ikan hias ini memiliki bentuk yang mungil dengan warna-warna yang cantik, tak hanya itu, ikan cupang juga memiliki sirip dan ekor yang lebar dan terlihat anggun dan indah. Tak heran jika ikan cupang banyak diminati sebagai ikan hias yang dipelihara untuk menghilangkan stress.

Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan cupang ada yang dikenal dengan mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut serta ada juga yang membangun sarangnya dengan busa atau bublle nest. Melansir dari Fish Base, hingga saat ini setidaknya ada 52 jenis ikan cupang yang dimiliki perairan Indonesia. Namun tak semua jenis ikan cupang populer dan bernilai tinggi.

Bagi kamu yang ingin mengoleksi ikan cupang, berikut aneka jenis ikan cupang lengkap dengan harganya. Let’s check it out guys!

15 Jenis Ikan Cupang Dan Harganya

1. Ikan Cupang Aduan (Rp 150 ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Aduan

photo via bukalapak.com

Jenis ikan cupang yang populer dikalangan pecinta ikan hias yang pertama adalah ikan cupan aduan. Ikan cupang aduan digemari banyak orang karena tubuhnya yang ramping dan warnanya yang mencolok. Jari-jari sirip ikan cupang aduan sangat gagah dan lebar, membuat mereka terlihat sangar. Ikan cupang aduan tidak akan segan-segan menghabisi lawan dihadapannya. Harga ikan cupang aduan memang tidak begitu mahal sekitar Rp 150 ribuan per ekor, tetapi jenisnya banyak diminati banyak orang sehingga akan tetap menguntungkan bagi kita.

2. Ikan Cupang Slayer (Rp 250 ribuan – Rp 300 ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Slayer

photo via cikimm.com

Jenis ikan cupang selanjutnya adalah ikan cupang slayer. Ikan cupang slayer merupakan hasil persilangan dari cupang serit dan halfmoon. Persilangan jenis ini membuat tampilan cupang slayer terlihat unik. Siripnya lebar dan lembut seperti halfmoon, tetapi memiliki badan yang ramping dan imut seperti cupang serit.

Di pasaran, harga ikan cupang slayer berbeda-beda, tergantung ukuran dan umurnya. Ikan cupang slayer dewasa bisa mencapai Rp 250 sampai Rp300 ribuan, terutama mereka yang memiliki warna terang seperti oranye, merah, atau biru metalik. Namun, untuk cupang Slayer anakan di kisaran harga Rp 25 ribuan.

3. Ikan Cupang Halfmoon (Rp 500 ribuan – Rp 3 juta)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Halfmoon

photo via indiamart.co

Seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran atau setengah bulan. Varian warnanya juga sangat menarik, mulai dari merah menyala, kuning, bahkan putih. Jadi nggak heran ikan cupang Halfmoon ini dikenal dan dipelihara karena keindahannya. Karena keindahanya itu juga, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan cupang yang memiliki nilai jual tinggi. Cupang halfmoon termasuk jenis aduan, tetapi akan lebih baik jika dipelihara sebagai ikan hias untuk menjaga kecantikan sirip dan warnanya. Di berbagai marketplace yang dijual di Indonesia, harga ikan cupang half moon dibanderol sekitar Rp 500 ribuan – Rp 3 juta.

4. Ikan Cupang Double Tail (Rp 100 ribuan – Rp 2 jutaan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Double Tail

photo via mydaily241.blogspot.com

Disebut double tail karena bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua. Kedua ekor cupang ini bisa berbeda warna, menghasilkan gradasi yang lebih indah. Jenis ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangkan. Oleh karena itu, keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran dan terkenal langka. Tak heran jika ikan cupang jenis ini memiliki harga jual lebih mahal. Untuk harga ikan cupang double tail anakan biasanya berkisar di antara Rp 100.000 dan ikan cupang double tail juara berkisar antara Rp 2.000.000.

5. Ikan Cupang Plakat (Rp 50 ribuan – Rp 2 jutaan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Plakat

photo via shopee.co.id

Jenis ikan cupang selanjutnya yang populer dikalangan pecinta ikan hias adalah ikan cupang plakat. Plakat merupakan jenis ikan cupang aduan yang bisa dipelihara sebagai ikan hias. Ikan cupang plakat sering digunakan sebagai ikan adu. Walaupun bentuknya indah, ikan cupang plakat mempunyai kesan sirip yang tegas dan kekar. Gerakan ikan cupang plakat juga tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar. Harga ikan cupang plakat melambung tinggi karena warna dan jenisnya yang cukup langka. Warna pada tubuh ikan cupang plakat sangat terang dan tidak akan pudar walaupun sedang bertarung. Harga dari ikan cupang plakat biasanya bervariatif mulai dari harga ikan cupang plakat anakan berkisar Rp 50.000 hingga Rp 2.000.000 untuk ikan cupang plakat yang menjadi juara dalam kontes aduan.

6. Ikan Cupang Fancy (Rp 100 ribuan – Rp 2 jutaan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Fancy

photo via gerava.com

Ikan cupang fancy juga merupakan salah satu jenis ikan cupang yang populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak besar seperti ikan cupang halfmoon, tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang cantik. Ikan cupang fancy terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik. Kombinasi warna pada tubuh dan sirip ikan cupang fancy terlihat seperti bergerak ketika berenang, membedakannya dari jenis ikan cupang lainnya.

Untuk harganya, harga ikan ini juga dikenal cukup mahal tetapi tergantung dengan corak warna yang dimilikinya. Untuk ikan cupang fancy anakan berkisar Rp 100.000 dan untuk ikan cupang fancy dewasa bisa mencapai harga Rp 2.000.000.

7. Ikan Cupang Kachen Worachai (Rp20 Jutaan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Kachen Worachai

photo via news.okezone.com

Selanjutnya adalah jenis ikan cupang Kachen Worachai. Jenis ikan cupang ini disebut sebagai ikan cupang termahal didunia karena ikan cupang Kachen Worachai dewasa bisa bernilai Rp20 juta per ekor di pasaran. Keunikan ikan cupang termahal ini terlihat dari warnanya. Ikan cupang Kachen Worachai memiliki tiga warna yang terlihat seperti bendera Thailand. Jenis ikan cupang aduan, betta splendens ini dinamai sesuai dengan nama pemiliknya Kachen Worachai berasal dari Bangkok, Thailand.

8. Ikan Cupang Giant (Rp 500 ribuan – Rp 1 jutaan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Giant

photo via olx.co.id

Ikan cupang giant juga merupakan salah satu jenis ikan cupang yang banyak diburu oleh pecinta makanan hias. Jenis ikan cupang giant ini merupakan persilangan dari berbagai jenis cupang. Ikan cupang giant merupakan sebutan untuk ikan cupang yang memiliki badan yang jauh lebih besar daripada cupang biasanya. Bahkan, ikan cupang giant ini ada yang panjangnya bisa mencapai 10-15 cm. Karena ukurannya yang besar ini maka harganya juga lebih mahal dari ikan cupang biasa. Untuk harga ikan cupang giant untuk anakan saat ini berkisar Rp 50.000 hingga ikan cupang giant yang menjadi juara petarung yang berkisar di harga Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000

9. Ikan Cupang Serit/crown tail (Rp 15 ribuan – Rp 300 ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Serit/crown tail

photo via review.bukalapak.com

Selanjutnya, Ikan Cupang Serit atau dikenal dengan istilah crown tail. Jenis ikan cupang ini cukup unik karena mempunyai sobek-sobek seperti habis bertarung dengan cupang lainnya. Sobekan ikan inilah yang membuatnya menjadi terlihat mahal. Selain itu, disebut crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja. Untuk Ikan hasil perkembangbiakan para breeder Jakarta ini mempunyai harga anakan kisaran Rp 15 ribuan. Sementara, untuk harga indukan dan juara ikan serit sekitar Rp 60 ribuan dan Rp300 ribuan.

10. Ikan Cupang Aduan HMPK (Rp 100 ribuan – Rp 250 Ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Aduan HMPK

photo via cachoiducanh.blogspot.com

Selanjutnya ada ikan cupang aduan HMPK. Ikan cupang HMPK adalah hasil breeding dari ikan cupang jenis plakat dan halfmoon lalu disingkat menjadi HMPK. HMPK menuai banyak pujian karena bentuk dan warnanya yang indah nan menawan. Walaupun sisiknya cenderung terlihat pucat, warna sirip ikan mungil ini sering mendapat pujian karena kontras dengan badannya. Jenis ikan cupang ini dijual dengan kisaran harga mulai Rp 100 ribuan hingga Rp 250 Ribuan.

11. Ikan Cupang Sawah (Rp 100 ribuan – Rp 300 Ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Sawah

photo via bukalapak.com

Cupang alam atau cupang sawah adalah cupang yang belum mengalami persilangan, dan ikan ini jauh dari jangkauan manusia. Ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan liar yang bisa dipelihara di rumah. Warna tubuhnya bergaris kuning dan biru. Harga ikan cupang sawah ini bervariasi. Jika semakin bagus dan langka maka bisa sangat mahal. Namun, sebaliknya jika sudah umum ikan cupang ini harganya bisa sangat murah bahkan gratis. Kisaran harga ikan cupang sawah ini mulai Rp 100 ribuan hingga Rp 300 Ribuan.

12. Ikan Cupang Sarawak (Rp 80 ribuan – Rp 200 Ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Sarawak

photo via cupanghalfmoon.wordpress.com

Selanjutnya ada ikan cupang Sarawak yang menjadi salah satu jenis ikan cupang yang banyak diburu untuk diadu. Ciri-ciri khusus dari cupang jenis ini adalah adanya semacam garis yang berada di sisi kanan kiri ikan dari kepala hingga pangkal ekor. Cupang Sarawak biasanya sangat mudah beradaptasi di alam. Cupang jenis ini juga lebih dari mampu hidup dengan sangat nyaman di daerah air dengan tekanan yang tinggi. Jenis ikan alam yang satu ini warnanya agak sederhana dan transparan. Di pasaran, ikan cupang jenis ini dijual mulai Rp 80 ribuan hingga Rp 200 Ribuan.

13. Ikan Cupang Hias Surga (Rp 100 ribuan – Rp 300 Ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Hias Surga

photo via kibrismanset.com

Jenis Cupang Surga banyak terdapat di Asia Tenggara seperti beberapa daerah di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, dan Bali. Ikan ini termasuk cupang liar yang saat ini sudah semakin sulit ditemukan sehingga harganya tergolong mahal. Warnanya putih dengan kilat kecoklatan dan siripnya memanjang. Ukurannya bisa mencapai 10 cm, cukup besar untuk ukuran cupang. Jenis ikan cupang ini dijual mulai dari kisaran Rp 100 ribuan hingga Rp 300 Ribuan.

14. Ikan Cupang Paradise (Rp 15 ribuan – Rp 200 ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Paradise

photo via commons.wikimedia.org

Cupang paradise atau ilmiahnya Marcopodus opercularis, banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri khas dari ikan ini adalah ekornya yang bercabang, warnanya bergaris-garis vertikal dengan warna hijau muda. Di marketplace, ikan cupang paradise dijual dengan kisaran Rp 15 ribuan hingga Rp 200 ribuan.

15. Ikan Cupang Emas (Rp 400 ribuan – Rp 500 ribuan)

Aneka Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Harganya - Ikan Cupang Emas

photo via inkuiri.com

Ikan cupang emas kerap ditemukan di sawah, selokan, sungai, dan rawa. Sebutan latin cupang emas adalah Betta unimaculata yang berarti warnanya agak ke emas-emasan. Di marketplace harga ikan cupang emas cukup mahal yakni sekitar Rp 400 ribuan hingga Rp 500 ribuan.

Nah itulah beberapa jenis ikan cupang yang populer dikalangan pecinta ikan hias, lengkap beserta harganya. Bagaimana menurut kalian guys? Tertarik memelihara ikan cupang sebagai hiburan?

Artikel Terkait