Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

Dibuat oleh blogunik

Saat ini tanaman hias begitu populer dikalangan masyarakat, saking populernya banyak yang tak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak agar mendapatkan tanaman hias yang diinginkan. Memiliki tanaman hias di rumah memang menjadi salah satu cara untuk mempercantik atau memperindah tampilan rumah. Rumah pun terasa segar dan asri dengan tanaman hias terutaman jenis tanaman hias daun.

Tanaman hias daun ini kebanyakan di pilih karena perawatannya lebih mudah apalagi jika diletakkan di dalam ruangan.

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias daun beserta harganya yang mungkin kamu tertarik untuk memilikinya.

21 Jenis Tanaman Hias Daun

1. Begonia Rex

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via thespruce.com

Tanaman hias daun ini tergolong ke dalam famili Begoniaceae, spesies ini juga bagian dari ordo Cucurbitales. Begonia Rex ini memiliki warna daun yang begitu cantik dengan urat daun yang berwarna lebih pekat. Tanaman hias ini sangat cocok diletakkan di dalam ruang dengan menggunakan pot berwarna putih. Jenisnya juga tidak membutuhkan cahaya yang cukup banyak sehingga cocok digunakan sebagai dekorasi dalam rumah.

Harga : mulai dari Rp. 35.000 – Rp. 100.000

2. Calathea Ornata

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via mygarden.com.co

Calathea Ornata ini dikenal sebagai tanaman doa, tanaman hias ini berasal dari Amerika Selatan dan dibudidayakan di negara-negara beriklim sedang sebagai tanaman hias. Calathea Ornata ini memiliki daun yang cukup besar dengan didominasi dengan warna hijau tua serta urat-urat daun berwarna keputihan. Dibelakang daunnya berwarna merah tua. Tanaman hias ini bisa kamu pilih untuk mempercantik halaman karena daunnya memiliki ciri khas tersendiri.

Harga : mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 35.000

3. Calathea Black Lipstick

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via etsy.com

Selain Calathea Ornata terdapat juga Calathea Black Lipstick yang bisa kamu pilih sebagai tanaman hias dirumah. Tanaman hias ini memiliki daun yang lebar berbentuk elips atau oval memiliki daun keunguan dengan corak bergaris merah muda. Daunnya ini sangat sensitif terhadap cahaya gelap sehingga akan lebih baik dijadikan tanamam hias indoor saja.

Harga : mulai dari Rp. 80.000 – Rp. 125.000

4. Daun Puring

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via crocus.co.uk

Ternyata daun puring ini memiliki manfaat sebagai tanaman berkhasiat obat dan dapat menyerap unsur timah hitam yang berasal dari sisa pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor. Tanaman hias ini memiliki bentuk dan warna daun yang bervariasi, ada warna hijau, kuning, jingga, merah, ungu serta campurannya. Sedangkan bentuk daunnya sendiri bermacam-macam ada yang memanjang, oval, tepi bergelombang hingga helainya terputus-putus.

Harga : mulai dari Rp. 40.000 – Rp. 90.000

5. Daun Dollar

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via bhgrekh.com

Meskipun namanya daun dollar, daunnya sama sekali tidak berbentuk uang. Tanaman hias ini memiliki daun yang tebal dan mengkilap layaknya tanaman palsu. Spesies tumbuhan merambat ini berfungsi untuk menghiasi dinding atau pagar rumah. Maka dari itu lebih baik ditanam di sekitar tembok atau pagar rumah saja. Konon katanya, daun dollar ini mampu mendatangkan keberuntungan lho.

Harga : Rp. 35.000

6. Gelombang Cinta

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via lazada.co.id

Sebelumnya tanaman gelombang cinta ini sempat populer pada masanya dan kini harganya tidak semahal yang dulu. Gelombang Cinta ini dianggap memiliki bentuk daun yang cantik karena memiliki efek bergelombang dengan daun yang panjang-panjang berwarna hijau. Tanaman hias ini dapat kamu jadikan tanaman hias untuk teras rumah atau penghias sudut rumah.

Harga : mulai dari Rp. 20.000 – Rp. 80.000

7. Janda Bolong

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via piantica.com

Janda Bolong atau dikenal juga dengan nama kerennya Monstera adansonii ini banyak ditemui di sebagian besar Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selama masa pandemi, tanaman hias ini begitu populer di kalangan masyarakat. Tanaman ini memiliki ciri khas pada daunnya yaitu dihiasi dengan lubang-lubang di tengah daunnya. Daunnya juga memiliki warna hijau yang menyejukkan mata ketika melihatnya.

Harga : mulai dari Rp. 23.000 – Rp. 120.000

8. Kuping Gajah

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via zielony-parapet.pl

Daunnya sangat lebar berbentuk seperti jantung yang berwarna hijau dengan urat yang berwarna puith. Pada daunnya sendiri terdapat guratan urat yang menonjol berwarna putih seperti kristal yang dinamakan crytallinium. Kuping gajah ini mirip dengan tanaman hias keladi-keladian hanya saja ukuran daunnya lebih besar. Tanaman ini juga paling populer di masyarakat karena cocok dijadikan penghias rumah.

Harga : mulai dari Rp. 20.000 – Rp. 55.000

9. Kadaka

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via tokopedia.com

Asplenium scolopendrium yang dikenal sebagai lidah hart atau pakis lidah hart adalah pakis hijau di genus Asplenium dari Belahan Bumi Utara. Tanaman hias ini memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau cerah dan bentuknya memanjang dengan sedikit bergelombang pada pinggirnya. Jika diperhatikan, daunnya yang bergelombang ini mirip dengan gelombang cinta hanya saja ukurannya lebih kecil.

Harga : mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 40.000

10. Keladi Hias

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via aufeminin.com

Lihat kebunku penuh dengan keladi, yaps….saat ini tanaman keladi masih menjadi incaran para masyarakat. Tumbuhan dari genus Caladium ini memiliki jenis yang sangat banyak. Memiliki bentuk daun yang bervariasi serta warna yang bervariasi membuat orang-orang berbondong-bondong untuk mencarinya. Setidaknya disetiap rumah pasti memiliki satu atau dua keladi hias untuk dekorasi rumahnya. Beberapa jenis keladi ada yang bisa kamu letakkan di dalam ruangan lho untuk mempermanis ruangan.

Harga : mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 45.000

11. Lidah Mertua

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via palmenmann.de

Sansevieria atau lidah mertua, tanaman hias ini cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Lidah mertua ini memiliki karakteristik daun yang keras, tegak dan merunjung di ujungnya. Daunnya berwarna hijau dengan aksen menguning pada bagian pinggirnya. Tak hanya cantik, tanaman hias ini juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia.

Harga : mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 50.000

12. Lili Paris

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via crocus.co.uk

Lili Paris disebut juga dengan tanaman laba-laba, tanaman hias ini bisa kamu jadikan alternatif ketika memiliki lahan terbatas. Lili Paris ini tak hanya dapat ditanam dalam pot saja, namun juga dapat ditanaman langsung ditaman atau dijadikan tanaman gantung. Tanaman ini juga sangat mudah dirawat karena dapat beradaptasi dengan segala lingkungan. Cocok juga dijadikan tanaman outdoor ataupun indoor.

Harga : mulai dari Rp. 10.000

13. Monstera

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via elmanana.com.mx

Tanaman hias jenis satu ini sedang digemari dan diburu banyak kalangan. Ciri khas dari tanaman ini terletak pada daunnya yang berlubang-lubang, tapi ada juga yang tidak berlubang. Monstera ini sangat banyak digunakan untuk dekorasi rumah atau properti foto karena memang sangat estetik dan instagramable.

Harga : mulai dari Rp. 168.000 – Rp. 350.000

14. Pucuk Merah

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via tokopedia.com

Seperti namanya, tanaman hias ini memiliki bagian pucuk berwarna merah. Memiliki tampilan yang unik dan cantik, tak heran banyak yang menyukainya. Tanaman hias ini berbeda dari yang diatas karena pucuk merah ini dapat tumbuh besar dan tinggi sehingga akan lebih baik ditanam di luar ruangan saja seperti taman atau sebagai pagar taman.

Harga : mulai dari Rp. 22.500

15. Philodendron

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via palmenmann.de

Tanaman ini sejenis tumbuhan dari suku Araceae yang memiliki banyak sekali spesies. Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, tanaman hias ini banyak disukai dan dijadikan tanaman hias ruangan atau taman. Beberapa spesiesnya ada yang tumbuh merambat dan ada yang tumbuh disemak. Philodendron juga dapat tumbuh di berbagai kondisi lingkungan.

Harga : mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 170.000

16. Sirih Gading

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via etsy.com

Sirih gading adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Tanaman ini dijadikan penghias ruangan karena memiliki bentuk daun yang cantik menyerupai hati dan berwarna hijau dengan sidikit warna putih kekuningan. Menariknya, Sirih Gading ini dapat tumbuh mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm. Karena merambat, banyak yang menjadikannya tanaman hias gantung.

Harga : mulai dari Rp. 25.000

17. Suplir

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via crocus.co.uk

Tanaman paku yang saat ini sedang naik daun sebagai penghias ruangan atau taman ini tergolong dalam anaksuku Vittarioideae, suku Pteridaceae. Suplir memiliki ukuran daun yang kecil dan berwarna hijau. Tanaman ini sangat menyukai tempat yang lembap, udara bersih dan sedikit matahari. Selain dapat diletakan di pojokan ruangan, tanaman ini juga dapat digantung sebagai tanaman hias gantung.

Harga : mulai dari Rp. 35.000

18. Sri Rejeki

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via spaldingbulb.co.uk

Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Tanaman hias daun ini cukup populer di Indonesia dan sering dijadikan hiasan di dalam ruangan. Salah satu alasan mengapa tanaman hias ini banyak disukai yaitu kepercayaan masyarakat yang percaya jika tanaman hias ini membawa keberuntungan.

Harga : mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 60.000

19. Tanduk Rusa

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via pinterest.com

Tumbuhan ini memiliki penampilan yang khas karena memiliki dua tipe ental dengan fungsi dan bentuk yang berbeda. Salah satu tipe entalnya bercabang-cabang berbentuk seperti tanduk rusa. Tanaman ini juga dikenal sebagai simbar menjangan dan tumbuh liar di berbagai daerah tropika dan subtropika. Agar bisa menanam tanaman ini, biasanya pohon dijadikan inang agar tanaman ini bisa hidup.

Harga : mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 50.000

20. Walisongo (Schefflera Dianne)

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via Walisongo (Schefflera Dianne)

Walisongo atau Schefflera Dianne merupakan tanaman hias daun yang memiliki daun berukuran besar berwarna hijau muda dan mengkilap. Daunnya berupa daun majemuk yang setiap tangkainya terdiri dari 4-12 abak daun. Tapi rata-rata terdiri dari 9 anak daun. Tangkainya panjang lurus yang dapat menyangga rimbunnya daun.

Harga : mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 75.000

21. Zamia

Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Harganya

photo via thespruce.com

Terakhir ada Zamia, tanaman ini memiliki daun majemuk dengan anak daun tersusun berhadapan. Daunnya bisa mencapai panjang hingga 100 cm. Tanaman hias daun ini tidak memerlukan banyak air, cukup hanya menyiramnya 3 hari sekali saja. Zamia ini bisa kamu letakkan juga di dalam ruangan.

Harga : mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 150.000

Nah, itulah beberapa jenis tanaman hias daun yang bisa kamu pilih untuk mempercantik rumah. Dari yang berukuran kecil hingga besar pun ada, tinggal kamu pilih sesuai dengan yang kamu sukai saja.

*Note: harga yang tercantum diatas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung dari daerah masing-masing.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait