15 Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Saat ini tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang banyak diincar-incar oleh masyarakat. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya demi mendapatkan tanaman hias yang diinginkan. Memiliki warna yang cantik, bermotif menarik serta ukurannya yang cenderung kecil membuat tanaman hias ini dapat dipilih untuk menghiasi rumah ataupun ruangan.

Beberapa tanaman hias pun ada yang bisa digantung di teras atau diletakkan di meja kecil sebagai hiasan meja. Dengan adanya tanaman hias ini, rumah pun terlihat lebih indah dan minimalis. Namun dalam merawat tanaman hias kamu tidak boleh sembarangan sebab kamu harus memperhatikan pemupukan, keadaan tanahnya hingga disiram secara teratur agar tumbuh sempurna.

Buat kalian yang memiliki kesibukan bekerja atau mengurus anak tapi ingin sekali memelihara tanaman hias yang tidak ribet. Berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari.

1. Bougenville

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via plantcaretoday.com

Tanaman hias ini termasuk yang tidak perlu disiram setiap hari. Bougenville ini memiliki bunga berwarna cerah yang akan membuat perkarangan rumah menjadi lebih indah. Saat ini sudah banyak orang yang membuat bonsai Bougenville dalam pot, sehingga Bougenville ini dapat diletakkan di dalam ruangan juga.

Meskipun tanaman ini tidak perlu disiram setiap hari, kamu harus menyiram bunga Bougenville yang baru saja tumbuh agar akarnya kuat. Jika akarnya sudah kuat, kamu bisa menyiramnya kembali setelah tanahnya mengering. Sebaiknya hindari penyiraman tanaman ini jika tanahnya masih basah karena akarnya bisa cepat busuk.

2. Begonia

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via fr-fr.bakker.com

Tanaman ini memiliki ciri khas daun lebar berwarna kontras yang mampu memberikan sentuhan segar pada ruangan. Tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari ini cocok sekali diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai penambah dekorasi.

Begonia termasuk tanaman yang bisa bertahan hidup dalam kondisi minim air. Bahkan kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari karena tanaman ini sensitif terhadap air yang berlebih. Siram kembali Begonia ini ketika daunnya sudah sedikit layu dan berikan air secukupnya saja.

3. Bunga Kamboja Jepang

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via casa.abril.com.br

Kamboja Jepang atau adenium merupakan tanaman hias dengan batang yang besar dan bagian bawahnya menyerupai umbi. Bunga ini juga disebut mawar padang pasir karena berasal dari daerah kering. Kamboja Jepang ini akan tumbuh dengan baik pada kondisi kering maka dari itu menjadi salah satu tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari.

4. Bunga Pentas

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via bhg.com

Dalam setahun bunga pentas ini bisa berbunga hingga 4 kali, bunga ini berwarna merah cerah dan sangat cocok untuk menghiasi kebun. Bunga Pentas ini termasuk tanaman hias yang tahan panas tapi daunnya mudah terbakar sehingga pastikan tanaman hias ini ditanam ditempat yang sejuk.

5. Daun Dolar

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via ecovibestyle.com

Daun dolar atau zamioculcas zamiifolia (ZZ) adalah spesies tumbuhan merambat yang berasal dari Genus ficus yang berasal dari Asia Timur dan Tenggara. Tanaman satu ini sempat diincar para pecinta tanaman hias karena cocok untuk memperindah dekorasi ruangan.

Selain itu, tanaman hias ini juga dipercaya membawa hoki untuk pemiliknya. Daun dolar ini memiliki ciri-ciri bentuk daunnya oval dan tumbuh dengan baik ditempat yang minim cahaya dan air. Tanaman ini juga lebih menyukai tanah kering ketimbang lembap, maka dari itu tidak perlu disiram setiap hari.

6. Dracaena

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via johnlewis.com

Tanaman hijau ini berasal dari Madagaskar, Dracaena ini termasuk salah satu tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari. Tumbuhan ini bisa hidup ditanah yang sedikit air dan minim cahaya matahari sehingga cocok sekali diletakkan di dalam ruangan.

Meskipun dapat hidup minim cahaya, Dracaena ini juga perlu dijemur di tempat dengan cahaya tidak langsung sekitar 3 minggu sekali saja. Untuk penyiramannya lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu saja.

7. Kaktus

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via pinterest.com

Bukan rahasia lagi jika kaktus bisa tumbuh dengan baik dalam waktu lama tanpa air. Kaktus bisa ditemukan di daerah-daerah yang kering, di habitat aslinya tanaman ini memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang nantinya diserap akan disimpan dalam ruang dibatangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun.

8. Kembang Sepatu

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via thedomesticdilettante.wordpress.com

Kembang Sepatu menjadi tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari. Tanaman ini memiliki bunga yang besar berwarna merah dan tidak berbau. Pada umumnya tinggi tanaman ini sekitar 2 hingga 5 meter, daunnya berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun meruncing. Di daerah tropis tanaman ini berbunga sepanjang tahun sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur. Siramlah tanaman ini dengan penyemprot agar tetap lembap tapi hindari menyiramnya hingga basah kuyup.

9. Lidah Mertua

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via theplantproject.co.nz

Tanaman yang memiliki warna hijau bercampur kuning ini termasuk tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari. Tumbuhan ini tidak berbungan, hanya daun saja yang tumbuh tajam. Bahkan kamu bisa meninggalkannya hingga 2 – 3 minggu tanpa disiram.

Jika disimpan di dalam atau diluar ruangan, tumbuhan ini bisa tumbuh dengan baik disuhu 38 derajat celcius. Selain mudah dirawat, lidah mertua ini juga dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan agar menjadi lebih bersih.

10. Lidah Buaya

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via society19.com

Tak hanya cocok digunakan untuk mempercantik dekorasi ruangan, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menyembuhkan luka bakar. Tanaman ini cenderung sangat mudah dirawat dan tidak perlu menyiramnya setiap hati. Karena tanaman ini memiliki sifat yang tahan udara panas dan tanah kering. Lidah buaya ini bisa kamu siram satu kali dalam 2 – 3 minggu saja.

11. Lili Paris

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via anselandivy.com

Selain dapat mempercantik rumah, tanaman ini juga berfungsi sebagai penjernih udara. Lili Paris atau yang dikenal dengan nama latin Chlorophytum comosum ini masuk kedalam jenis tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari. Cara merawat tanaman ini cukup dengan meletakkannya di tempat sinar matahari langsung dan siram satu kali seminggu saja. Tapi pastikan untuk mengganti tanahnya jika sudah mulai mengeras.

12. Nolina

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via crocus.co.uk

Nolina atau ponytail palm ini berasal dari Meksiko dan termasuk ke dalam tanaman yang tidak harus disiram setiap hari. Tanaman ini memiliki daun yang panjang dan kurus dengan batang yang besar. Semakin panjang daunnya maka akan semakin indah penampilannya. Memiliki batang yang besar, tanaman ini dapat menampung air sehingga tidak perlu menyiramnya terlalu sering. Cara merawat tanaman ini cukup mudah, letakkan tanam ini di tempat dengan sinar matahari dan siram 2 minggu sekali.

13. Palem

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via houseofplants.co.uk

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman tahan banting sebab mampu bertahan dalam kondisi hujan maupun panas sekalipun, maka dari itu tanaman ini banyak di pilih. Palem ini mendapat asupan air langsung dari tanah sehingga tidak perlu terlalu sering disiram. Tanaman ini cocok untuk kalian yang tidak memiliki waktu untuk merawat tanaman namun ingin rumah terlihat asri.

14. Sirih Gading

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via hortology.co.uk

Jika kamu yang baru belajar merawat tanaman hias, sirih gading ini menjadi pilihan yang tepat. Tanaman ini mudah dirawat dan tidak perlu disiram setiap hari. Selain itu, tanaman ini juga dapat hidup dengan baik dengan cahaya matahari yang sedikit dan tanah yang kering. Sirih gading ini cocok diletakkan di ruang kerja atau kamar tidur. Cara merawat tanaman ini cukup mudah siram setiap dua atau tiga hari sekali dipagi hari agar tanah tidak terlalu lembap.

15. Sukulen

Aneka Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

photo via springergarden.com

Terakhir ada Sukulen sebagai salah satu tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari dan sebagai salah satu tanaman yang banyak dicari. Bentuk dan warna tanaman hias ini cukup beragam mulai dari warna ungu hingga hijau bentuknya pun bervariasi. Karena memiliki daun yang cukup tebal tanaman ini mampu menyimpan air sehingga tidak memerlukan penyiraman setiap hari. Cukup siram ketika tanah sudah mengering saja.

Itulah beberapa aneka jenis tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari. Pilihlah tanaman hias yang cocok dengan rumahmu dan mampu memberikan kesan menyejukkan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *