17 Jenis Tanaman Rumput Hias Untuk Mempercantik Rumah Kamu

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Setiap orang tentunya ingin memiliki sebuah taman dirumah, kehadiran sebuah taman di rumah ini mampu meredakan stres setelah seharian beraktifitas di luar rumah. Taman yang indah tentunya dilengkapi dengan berbagai tanaman termasuk rumput hias. Rumput hias ini banyak dipilih oleh orang-orang karena mampu menampilkan suasana yang sejuk dan nyaman. Selain itu rumah pun terlihat lebih asri dengan hadirnya rerumputan hijau tersebut. Buat kamu yang kini berencana menggunakan rumput hias untuk rumah, pastinya bingung memilih rumput hias mana sih yang bagus. Agar kamu tidak bingung lagi, berikut ini ada beberapa jenis rumput hias untuk mempercantik rumah.

17 Jenis Tanaman Rumput Hias

1. Rumput Bermuda

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via wikipedia.org

Rumput Bermuda ini sangat cocok sekali ditanam diiklim yang hangat cenderung panas, maka dari itu sangat cocok ditanam di halaman rumah. Rumput ini akan sangat cantik sekali jika terkena sinar matahari. Namun yang perlu diperhatikan yaitu jika rumahmu berada di daerah yang cenderung dingin, sebaiknya tidak memilih rumput hias jenis ini sebab rumput ini tidak akan bisa hidup dengan baik.

2. Rumput Bahia

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via tropicalforages.info

Selanjutnya ada jenis rumput hias Bahia, sama seperti rumput sebelumnya. Rumput Bahia ini akan sangat cocok ditanam di wilayah yang bersuhu panas. Rumput ini memiliki tektsur yang kuat sehingga cocok sekali digunakan dihalaman rumah sebagai tempat bermain anak-anak. Agar rumput ini rumbuh dengan baik kamu hanya perlu memastikan jika semua bagian rumput terkena sinar matahari langsung dan jangan memotongnya terlalu pendek.

3. Rumput Cynodon dactylon

Rumput Cynodon dactylon merupakan salah satu jenis rumput hias yang dikenal juga sebagai rumput golf. Sebab rumput ini memang banyak ditanam untuk lapangan golf. Rumput Cynodon dactylon ini memiliki bentuk bergelombang dengan tekstur yang lembut. Karena rumputnya berbentuk vertikal cara memotongnya jadi lebih mudah.

4. Rumput Centipede

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via pennington.com

Jika kamu tinggal di wilayah tropis dan lembab, sepertinya rumput Centipede ini sangat cocok ditanam di halaman rumah. Perawatan dari rumput hias ini juga tidak sulit. Kamu hanya perlu menanamnya di daerah yang sering terkena hujan namun juga bersuhu hangat. Tapi rumput ini sangat tidak cocok digunakan dihalaman yang melakukan aktivitas berat sebab rumput hias jenis ini sangat mudah rusak.

5. Rumput Fescue

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via tokopedia.com

Rumput ini memiliki bentuk lurus pipih dan tumbuh keatas. Rumput jenis Fescue ini sangat cantik sekali ketika dipagi hari terlebih ketika terkena bulir embun. Jenis rumput ini memang cocok ditanam di daerah beriklim cenderung dingin sehingga ketika musim panas tiba jangan lupa untuk menyiraminya dengan rajin agar tidak mati.

6. Rumput Gajah Mini

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via 99.co

Dari sekian banyak jenis rumput hias yang ada, jenis rumput gajah mini ini paling banyak ditanam di halaman rumah. Rumput jenis ini tumbuh kesamping dan cenderung tidak tinggi sehingga tidak perlu dipangkas rutin. Selain itu, rumput gajah mini ini juga sangat cocok disegala cuaca dan perawatannya juga cukup mudah. Tekstur rumput ini juga terbilang kuat sehingga aman digunakan dalam berbagai aktivitas diatasnya.

7. Rumput Gajah Mini Varigata

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via olx.co.id

Selain rumput gajah mini terdapat juga rumput gajah mini varigata. Rumput ini memiliki ukuran yang sama dengan gajah mini hanya saja memiliki garis-garis putih pada daunnya. Memiliki dua warna dalam satu daun tentunya membuat rumput ini sangat cantik untuk menghiasi halaman. Perawatan dari rumput hias ini juga cukup mudah dan mampu bertahan dalam kondisi cuaca apapun.

8. Rumput Gajah Besar

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via artikel.rumah123.com

Ada juga rumput gajah besar sebagai salah satu solusi yang tepat untuk menghias halamanmu dengan rerumputan. Seperti namanya, rumput gajah ini memiliki ukuran daun yang besar dan cukup kuat sebab rumput ini tahan terhadap pijakan kaki manusia. Meskipun rumput ini kekurangan air, rumput ini masih bisa bertahan.

9. Rumput Jepang

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via shopee.co.id

Meskipun bernama rumput Jepang, rumput ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan Jepang. Rumput ini memiliki ukuran pendek, kasar dan ujung meruncing karena itu disebut juga rumput jarum. Jenis rumput ini sangat cocok digunakan untuk taman karena dapat tumbuh merata, rapat dan tampak halus, tapi meskipun begitu rumput ini kurang nyaman diduduki. Agar rumput ini tumbuh dengan baik jangan lupa untuk rutin memangkasnya sebulan sekali dan menyiramnya.

10. Rumput Kucai

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via bibitbunga.com

Rumput yang berasal dari Asia ini memiliki daun yang panjang dengan daun berwarna hijau gelap tingginya sendiri bisa mencapai 4 cm. Jenis rumput hias ini dapat bertahan hidup disegala cuaca sehingga bisa kamu jadikan pilihan untuk menghias halaman rumah.

11. Rumput Kentucky Bluegrass

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via amazon.com

Buat kalian yang tinggal di wilayah yang cuacanya dingin, jenis rumput ini cocok untuk ditanam yaitu rumput Kentucky Bluegrass. Jenis rumput hias ini memiliki bentuk yang pipih serta dibagian ujungnya meruncing. Rumput ini memang bisa ditanam dicuaca sedikit panas, hanya saja kamu harus menjaga kelembabannya agar rumput hidup dengan sehat.

12. Rumput Manila

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via tokopedia.com

Rumput Manila atau Zoysia Matrella merupakan salah satu jenis rumput hias yang kerap digunakan untuk penghijau lapangan sepak bola. Rumput ini memiliki elastisitas yang baik dengan warna hijau yang segar. Berkat warna hijaunya yang cantik ini, rumahmu akan terasa sejuk dan cantik. Selain itu rumput manila ini juga dapat hidup di tanah berpasir dan sangat ideal untuk mengendalikan erosi. Walaupun rumput ini tahan terhadap pijakan kaki, kamu juga harus merawatnya secara rutin agar rumput tetap terjaga kesegarannya.

13. Rumput Perennial Ryegrass

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via hancockseed.com

Jenis tanaman rumput hias selanjutnya yang cocok untuk mempercantik halaman yaitu Rumput Perennial Ryegrass. Rumput ini sangat cocok untuk daerah dingin, namun mampu juga bertahan dalam cuaca yang panas. Jenis rumput ini memiliki tekstur yang kuat sehingga cocok digunakan untuk berbagai aktivitas.

14. Rumput Peking

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via bestprato.com

Bentuk dari rumput peking ini kurus, runcing dan rapi. Jika diperhatikan rumput ini mirip dengan rumput Jepang hanya saja helai daunnya lebih panjang dan teksturnya lebih lembut. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan rumput jenis ini, kamu harus merawatnya dengan baik. Sebab rumput ini akan tumbuh lebat dan tebal serta bagian bawah rumput akan menguning jika tidak dirawat dengan baik.

15. Rumput Swiss

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via tokopedia.com

Paling populer, rumput ini dikenal paling halus dan rumbuh rapi. Karena hal ini harga rumput Swiss jauh lebih mahal dari yang lainnya. Rumput Swiss ini memerlukan perawatan ekstra, selain itu rumput ini setidaknya mendapatkan minimal 80 persen pecahayaan, dipotong minimal sebulan sekali dan diberi pupuk urea ahar tanaman liar tidak tumbuh disekitarnya.

16. Rumput St. Augustine

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via delphipages.live

Next ada rumput St. Augustine, rumput jenis ini paling sering ada di halaman rumah orang-orang. Sebab rumput ini mudah ditanam untuk pemula dan perawatannya juga sangat mudah. Meskipun begitu, rumput ini terlihat sangat cantik.

17. Rumput Sintetis

Jenis Tanaman Rumput Hias

photo via lazada.co.id

Terakhir ada rumput Sintetis, rumput ini biasanya sering dipilih banyak orang. Rumput ini banyak dipilih jika dirumah sulit ditumbuhi dengan rerumputan atau malas merawat rumput biasa. Rumput ini juga tahan terhadap segala jenis cuaca sehingga cocok sekali dijadikan pengindah halaman rumah. Jenis ini juga mudah dipasang dimana saja baik di dalam maupun di luar ruangan. Ukurannya pun dapat dipilih sesuai keinginan.

 

Itulah beberapa jenis rumput hias yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik rumah. Dari deretan diatas, kamu tertarik menggunakan yang mana?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *