Keindahan Bunga Sakura yang Mekar di Seluruh Dunia

    Alam, Info

Sakura merupakan jenis tumbuhan yang dapat berbunga asli Negara Jepang. Di Jepang sendiri, hampir tiap jengkal di negara ini terdapat bunga sakura disekitarnya maka tak aneh bila negara ini juga memiliki julakan negri sakura. Sakura biasnya berbunga sangat banyak pada musim semi dan di Jepang juga terdapat kebiasaan menikmati indahnya bunga Sakura seperti kamping dibawah pohon – pohon ini.

Namun saat ini, bunga sakura tidak hanya ada di Jepang saja. Karena kepopuleran tumbuhan ini, banyak tempat di berbagai belahan dunia yang tertarik dan telah menanam tumbuhan ini. Jadi kamu tidak usah heran jika menemui bunga sakura tidak di negara Jepang. Nah berikut ini adalah penampakan keindahan mekarnya bunga Sakura di berbagai tempat di dunia.

1. Taman Takatojoshi Koen (Jepang)

photo via : matcha-jp.com

Taman yang satu ini merupakan salah satu taman bunga yang amat luas yang ada di Jepang. Berlokasi di daerah Shinshu, Prefektur Nagano Jepang, taman ini selalu dikunjungi oleh sekitar 200.000 orang wisatawan manca negara tiap tahunnya. Taman ini sebelumnya merupakan sebuah bekas istana Takatojoshi yang akhirnya dihancurkan pada masa Haiha-Chiken( Masa yang berlangsung di era Meiji dimana adanya penghapusan sistem domain dan pembentukan sistem prefektur untuk wilayah-wilayah yang ada di Jepang).

Tepatnya pada tahun 1875, daerah istana ini diubah menjadi sebuah taman yang didalamnya terdapat ribuan tumbuhan bunga sakura. Ada sekitar 1.500 pohon sakura yang ditanam di taman ini merupakan sebuah jenis Ohiganzakura yang hanya tumbuh di daerah ini. Di antaranya, ada juga yang sudah berusia lebih dari 140 tahun dan menjadi monumen alam prefektur ini. Pada saat musim semi tiba, taman ini selalu mengadakan sebuah acara Sakura Matsuri (acara yang diadakan pada periode mekar bunga sakura) dan saat itu biasanya dimanfaatkan oleh orang Jepang dan Wisatawan Mancanegara berbondong-bondong melihat keindahan bunga sakura.

2. Guchun Park (Shanghai, China)

photo via : lostinshanghainesetranslation.wordpress.com

Beberapa ada yang menganggap jika Bunga Sakura sebenarnya berasal dari China, namun anggapan tersebut sering kali disanggah oleh masyarakat Jepang. Selain di Jepang, salah satu negara tetangganya yakni China juga bisa dijadikan salah satu tujuan tempat untuk menikmati bunga sakura. Di China sendiri tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat bunga sakura adalah di taman Guchun Park. Guchun Park sendiri baru saja dibuka beberapa tahun yang lalu dan memiliki areal yang amat luas. Saking luasnya, taman ini dibagi kedalam 4 buah area yakni : Forest Walking Park, The Children’s Forest Carnival Park dan dua buah Countryside Forest Park. Di taman dengan ukuran super besar ini, selian didalmnya teradapa lebih dari 50 jenis sakura yang bisa kamu temui maupun kamu ajak selfian, Selain berselfie ria bersama pohon Sakura, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya di taman ini seperti bersepeda, berain tenis, basket, pikni atau mungkin hanya sekedar berjalan mengelilingi taman sembari menikmati keindahan tanaman yang ada disana.

3. Pulau Jeju (Korea Selatan)

photo via : says.com

Meskipun bunga sakura berasal dari Jepang, bukan berarti di negara lain tidak ada. Selain China, negara tetangga Jepang yakni Korea Selatan juga memiliki Bunga Sakura. Bahkan sebuah pohon sakura yang diberi julukan rajanya pohon saura yakni King Cherry Tree ada di Korea selatan, tepatnya di Pulau Jeju. Tapi jika kalian ingin melihat sakura yang ada di pulau ini, ada baiknya kamu bergegas karena pohon saura yang ada disini hanya mekar 2 sampai 3 har saja. Di Korea Selatan sendiri ada banyak festival yang diadakan setiap tahunnya yang berkaitan dengan pohon sakura ini. Namun dari sekian banyak festival yang ada, festival Jinhar Gunhangje merupakan yang terbesar yang ada di Korea dan biasanya diadakan pada tanggal 1 hingga 10 April. Festival ini sendiri biasanya dikunjungi sekitar 2 juta wisatawan tiap tahunnya dan dimeriahkan oleh berbagai parade dan kegiatan seperti parade band militer, kembang api, dan acara peringatan untuk Admiral Yi Sun Shin.

4. Yangmingshan National Park (Taiwan)

photo via : www.herworld.com

Selain beberapa negara tetangga tersebut, Taiwan juga merupakan salah satu destinasi tujuan untk melihat bunga sakura dan tempat yang terbaik untuk melihat bunga sakura di Taiwan adalah Yangmingshan National Park.  Di taman ini sendiri terdapat festival bunga terbesar di Taiwan yakni Yangmingshan Flower Festival.

5. Vancouver, Kanada

photo via : www.karizma.photography

Tak mau kalah dengan negara lainnya, di negara baratpun bisa menikmati bunga sakura. Bermula dari hungunan diplomatik yang ada, di Vancouver Kanda saat ini telah ada sekitar lebih dari 90 ribu pohon sakura yang banyak tersebar di kota ini.  Hal tersebut dimulai semenjak adanya beberapa pohon sakura yang disumbangkan oleh walikota Kobe dan Yokohama di tahun 1930-an. Karena pertumbuhan dari pohon sakura ini, saat ini hampir di seluruh penjuru kota bisa ditemui pohon Sakura.  Untuk tiap tahunnya juga di Vancouver diadakan festival sakura di seluruh taman – taman kota yang juga diisi oleh berbagai aktivitas mulai dari lomba sepeda hingga kelas – kelas seni dilakukan di sini.

6. Cherry Walk (Kew Gardens, Inggris)

photo via : blog.misteraladin.com

Jika sebelumnya di benua Amerika, kini kita beranjak ke Eropa tepatnya di Inggris. Di negara yang satu ini juga terdapat sebuah tempat yang paling pas untuk menikmati indahnya bunga sakura. di Kew Gardens Inggris tepatnya di taman Cherry walk merupakan taman sakura terbesar di London. Taman Cherry Walk ini sendiri telah dibangun semenjak 1909. Cherry Walk ini sendiri merupakan sebuah jalan setapak yang menghubungkan 3 landmark di taman ini; Palm House, King William’s Temple, dan Temperate House.

7. Musim bunga Cherry di Bonn, Jerman

photo via : www.voaindonesia.com

Setiap musim semi, tepatny sekitar bulan april tiap tahunnya, jalan – jalan tenang di bekas ibukota Jerman Barat ini mengalami sebuah transformasi yang mengejutkan ketika banyaknya pohon – pohon sakura yang bermekaran. Terowongan yang sebelumnya gelap ini pada bulan April akan memiliki warna yang yang amat fantastik dan menjadi sebuah pemandangan super menarik untuk dilihat.

8. Botanical Garden of Curitiba, Curitiba (Brasil)

photo via : www.agron.com.br

Di kota Curitiba, Brasil membentang dari arah barat daya Sao Paolo adalah sebuah kebun raya yang memiliki koleksi berbagai jenis pohon sakura terbanyak di Amerika Slatan. Untuk di daerah Brazil, pohon – pohon sakura ini akan mekar beberapa waktu selama Bulan Juli. Untuk parawisatawan biasnya menyempatkan dirinya untuk mengunjungin kebun ini beberapa lama.

9. Paris, Prancis

photo via : www.erabaru.net

Tidak hanya terkenal sebagai kota mode dan juga Menara Eiffel-nya, di Paris juga bisa menikmati bunga sakura layaknya di Jepang pada bulan April. Akan ada banyak orang yang mendatangi tempat di mana bunga-bunga Sakura bermekaran sembari menikmati suasana dan hawa musim semi yang sejuk. Memang spot yang paling bagus adalah di Ella Fitzgerald di Count Basie, namun ada beberapa tempat lainnya yang dapat Anda kunjungi ketika di Paris untuk menikmati keindahan bunga Sakura, seperti di Trocadero Gardens, Bois de Boulogne sampai dengan The Gardens of Musee Albert-Kahn.

10. Kebun Raya Cibodas (Indonesia)

photo via : www.ifanobi.com

Bukan hanya di Jepang saja dan negara luar negeri lainnya yang ada pohon sakura, di Indonesia juga ada dan bisa  dinikmati keindahannya. Salah satu tempat di Indonesia yang ada pohon sakuranya adalah di Kebun Raya Cibodas yang tak jauh dari bogor. Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran. Ditempat ini, pohon sakura ditanam menyebar di beberapa tempat, seperti salah satunya adalah di gerbang masuk pintu 2. Pohon-pohon Sakura ini dapat tumbuh dan bunganya mampu bermekaran karena iklim dan suhu di daerah tersebut kurang lebih sama seperti di daerah Jepang saat musim semi.

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >