Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

Dibuat oleh blogunik

Siapa sih yang nggak suka dengerin lagu ataupun musik? Mau anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua gemar mendengarkan musik disela-sela kegiatan sehari-hari mereka. Siapa nih yang kalau ngerjain PR atau lagi kerja selalu dengerin musik menggunakan headphone atau headset? Bisa dibilang musik adalah penyemangat saat kamu melakukan kegiatan, musik juga berguna untuk mengusir kantuk disaat jam-jam kerja kantor yang padat dan mampu membuat pikiranmu menjadi lebih santai.

Meskipun setiap orang menyukai lagu dan musik, tapi kesukaan mereka terhadap musik ternyata berbeda-beda lho. Ada yang suka dengan dangdut, ada yang suka dengan genre lagu pop, jazz, rock bahkan ada juga yang suka dengan genre lagu metal dan cadas. Nah, genre lagu apa nih yang kalian sukai dan sering kalian dengarkan bahkan setiap hari? Karena tanpa kalian sadari, ternyata genre lagu yang kalian suka berhubungan erat dengan karakter dan kepribadian kalian juga lho! Kira-kira seperi apa kepribadian kamu berdasar genre musik yang kamu suka? Yuk cari tahu jawabannya dibawah ini!

Karakter dan kepribadian berdasarkan genre musik

1. Penyuka Genre Musik Jazz

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via dontourism.ru

Jazz merupakan salah satu jenis musik yang sudah terkenal dimana-mana termasuk di Indonesia. Jazz merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Secara umum, ciri ciri musik jazz adalah menggunakan instrument khusus jazz yang lazim digunakan seperti terompet, piano, bass, saksofon, gitar, drum, serta biola. Seiring berjalannya waktu, jazz pun berkembang sangat pesat dan memiliki penggemarnya sendiri yang tersebar diseluruh dunia.

Bila kamu salah satu penggemar genre musik Jazz, bisa jadi kamu termasuk satu golongan dengan orang-orang kreatif yang menghargai diri sendiri, outgoing, santai dan memiliki pemikiran terbuka, kreatif dan reflekti. Mereka nggak ragu untuk mengambil pengalaman baru secara spontan dan bebas. Mereka menikmati musik ini sebagai asupan untuk otak mereka. Maka, nggak jarang kalau penggemar musik yang seperti ini jago Improvisasi dan punya kreativitas yang beda.

Pencinta jazz juga merupakan orang yang teliti, ingin segalanya terlihat sempurna termasuk penampilannya, nyentrik, dan selalu tampak fresh. Ide-idenya unik dan kreatif. Pembawaannya juga tenang. Namun kalau sudah badmood, bakalan agak susah diatasi. Dia juga penyayang, romantis, terbuka, suka hal-hal baru, harga dirinya cukup tinggi, dan cenderung tenang seperti alunan musik jazz yang biasanya tenang dan lembut.

2. Penyuka Genre Musik Klasik

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via cmuse.org

Secara umum, musik klasik adalah jenis musik yang diproduksi dalam seni yang sangat luas dan biasanya lebih mengarah pada jenis kesenian musik Barat, sekuler, musik kristiani dan musik orkestra. Musik ini mencakup periode yang sangat luas mulai dari abad ke-9 hingga abad ke-21. Definisi secara umum musik klasik yaitu suatu jenis musik yang lahir dan dibuat dari berbagai jenis musik yang banyak.

Selain itu, musik yang mempunyai sifat mendunia ini telah diteliti dan teruji manfaatnya untuk perkembangan otak manusia. Mulai dari peningkatan IQ, peningkatan daya ingat manusia, lebih cepat merespon dan tanggap, lebih meningkatkan kinerja otak kanan, mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam memperhatikan visual, mengurangi resiko tidak bisa tidur, mengurangi resiko gangguan jiwa atau stress, bisa membantu dalam proses relaksasi kehamilan, dapat menghilangkan nyeri setelah operasi bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah yang berlebih.

Nah buat kamu yang suka mendengarkan musik-musik klasik seperti karya Beethoven, Bach, dan Mozart, bisa jadi kamu termasuk orang yang punya harga diri tinggi dan kreatif. Selain itu, penggemar musik klasik juga identik dengan orang pintar dan cerdas. Mereka juga menyukai hal yang kompleks dan bersimfoni. Karakter yang mereka punya adalah pikiran yang kreatif dan bisa membawa diri dengan baik dan cenderung bersikap tenang. Namun mereka yang suka dengan musik klasik juga sedikit introvert atau tertutup kepada lingkungan sekitarnya.

3. Penyuka Genre Musik Hip Hop/Rap

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via forbes.com

Musik hip hop atau musik rap adalah genre musik yang tercipta di Amerika Serikat pada tahun 1970an yang melibatkan teknik rap, yaitu cara berbicara yang disuarakan melalui rima yang ritmis, yang disertai oleh musik latar yang ritmis. Teknik ini kemudian berkembang sebagai bagian dari hip hop, sebuah cabang kebudayaan yang memiliki 4 unsur kunci: MCing/rapping, DJing/scratching dengan turntable, breakdancing, dan graffiti writing. Ketukan sampling atau bassline dari rekaman (atau ketukan dan suara penyintesis) dan beatboxing ritmik juga termasuk sebagai bagian dari musik hip hop.

Rap sendiri merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap diiringi oleh DJ atau oleh sebuah band. Penampilan para musisi rap dan hip hop biasanya juga sangat nyentrik dan cenderung menarik perhatian. Ini membuktikan kalau para pencinta musik rap dan hip hop adalah orang-orang berjiwa seni, kreatif, suka menciptakan hal luar biasa, mempunyai harga diri, serta kepercayaan diri yang tinggi.

Selain itu, kalau kamu juga hobi mendengarkan musik-musik bikinan para rapper mumpuni macam Eminem, Timbaland, Rich Brian, atau Drake, kemungkinan besar kamu adalah orang yang mudah bersosialisasi namun kamu juga memiliki sedikit karakter yang agak arogan.

4. Penyuka Genre Musik Blues

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via flowerimg.pw

Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Masyarakat Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari lagu rohani, lagu kerja, hollers lapangan, teriakan, dan narasi sederhana berirama balada. Istilah blues sendiri mengacu pada “Blues Devil”, yang berarti melankolis dan kesedihan. Jadi nggak heran jika ada istilah yang berbunyi “I’m feeling so blue” yang memiliki arti “merasa sedih”.

Nah buat kamu yang suka dengerin lagu-lagu bertemakan blues, pada umumnya kamu memiliki 5 karakteristik yakni kreatif, mencintai diri sendiri, mudah bergaul, dan cenderung easygoing dalam menghadapi banyak hal.

5. Penyuka Genre Musik EDM (electronic dance music)

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via 365.tomorrowland.com

Bisa dibilang saat ini genre musik EDM sedang merajai industri musik. Musik bertempo keras, cepat, dan berat ini bisa dibilang banyak penikmatnya. EDM sendiri merupakan musik yang memayungi berbagai genre musik eletronik, termasuk tekno, house, trance, hardstyle, drum dan bass, dubstep, trap, dan nightcore. Sama halnya dengan genre musik upbeat lainnya, EDM juga memainkan peran sebagai irama yang membangkitkan semangat. Semakin cepat irama yang dilantunkan, tubuh akan meresponnya dengan memproduksi hormon yang menciptakan rasa euforia.

Mereka yang suka mendengarkan jenis musik ini cenderung suka bersosialisasi dan santai. Mereka juga adalah orang yang memiliki semangat tinggi dan selalu positif dalam berpikir. Selain itu, mereka juga pintar dalam berinteraksi dengan orang lain karena pribadinya menyenangkan dan ramah. Ia juga memiliki kreativitas yang cukup tinggi, namun biasanya para penggila musik dancefloor juga kurang lembut, malahan cenderung lugas.

6. Penyuka Genre Musik Indie

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via generation-g.id

Selain EDM, banyak juga penikmat musik yang menyukai jenis musik Indie. Makna indie sendiri diambil dari kata independent yang berarti berdiri sendiri, merdeka, berjiwa bebas. Musik yang satu ini memang beda dari yang lain, alias anti mainstream, dari lirik hingga gaya bermusiknya.

Buat kamu yang suka dengan musik ini, biasanya memiliki kreativitas dan kecerdasan yang tinggi. Apalagi mengingat aliran musik satu ini yang memang sedikit berbeda. Jadi, gak heran kalau penggemarnya juga memiliki pemikiran yang berbeda dari orang kebanyakan. Tapi dilain sisi, penyuka aliran musik indie juga biasanya cenderung tertutup, dan tidak suka pekerjaan yang terlalu menghamburkan tenaga. Namun ia juga kreatif. Menurut para peneliti, mereka cenderung memiliki self respect yang relatif rendah, kemudian sering merasa cemas, rendah diri, dan kurang sensitif.

7. Penyuka Genre Musik Rock

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via fansshare.com

Selama ini, para musisi rock, hingga penggemar musik dengan genre rock selalu dikaitkan dengan karakter yang keras, sangar, kasar dan berbagai stereotip yang negatif. Tetapi tahukah kamu, ternyata sebuah penelitian menunjukkan kalau para pecinta genre musik ini justru memiliki kepribadian yang cukup sensitif. Mereka umumnya punya jiwa kreatif dan selow, tetapi memiliki rasa bangga yang rendah terhadap diri sendiri, kurang suka bekerja keras, dan sedikit sulit bersosialisasi. Walaupun terlihat keras dan kasar, namun sebetulnya mereka lemah lembut dan suka memendam perasaannya sendiri. Mereka juga dikenal sebagai pekerja keras yang ambisius, tapi tahu kapan harus berhenti berusaha.

8. Penyuka Genre Musik Country

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via theithacan.org

Musik country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an. Dibandingkan dengan genre musik lainnya musik country bisa jadi yang paling sedikit fansnya. Lagu ini bisa dibilang kurang populer terutama di kalangan anak muda. Tapi bukan berarti penggemar genre ini tidak menarik untuk dibahas. Pasalnya menurut penelitian, pecinta musik country memiliki karakter empati yang tinggi, ekstrovert, mudah bergaul dan pekerja keras. Namun sayangnya orang yang menyukai genre ini kurang terbuka pada perubahan dan memiliki pemikiran yang konservatif.

9. Penyuka Genre Musik Reggae

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via whatson.ae

Reggae adalah suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Sekalipun kerap digunakan secara luas untuk menyebut hampir segala jenis musik Jamaika, istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady.

Salah satu musisi yang terkenal dalam dunia musik Reggae di Indonesia adalah Steven & Coconut Treez. Namun Musik Reggae awalnya dipopulerkan oleh Bob Marley. Lagu ini identik dengan Jamaika dan gaya hidup bebas. Para penggemar genre musik ini umumnya memiliki kreativitas tinggi, sensitif, santai, dan mudah bersosialisasi. Tetapi karena selalu santai dalam menyikapi hidup, penggemar musik ini menjadi dicap sebagai orang yang kurang mau bekerja keras.

10. Penyuka Genre Musik Pop

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via antarafoto.com

Mungkin genre musik pop adalah salah satu jenis musik yang paling dapat diterima oleh semua kalangan. Karena memang jenis musik ini adalah yang paling digemari dimayarakat. Musik pop sendiri adalah musik yang bersifat easy listening yang bisa didengarkan tanpa membutuhkan perhatian banyak atau lebih secara khusus. Musik pop seringkali berhubungan dengan nada-nada populer dan pengekspresian perasaan sehari-hari seperti cemburu, cinta, kehilangan dll.

Nah buat kamu yang gemar mendengarkan musik-musik pop, kemungkinan besar kamu adalah orang yang ramah serta bisa menjaga harga diri. Namun, sayangnya mereka kurang bisa mengekspresikan sisi kreatifnya. Walaupun demikian, kamu bukan orang yang tertutup. Justru sebaliknya, kamu bisa mengekspresikan diri sendiri dan terbuka. Dalam pekerjaan, kamu nggak gampang mengeluh jika harus bekerja keras.

11. Penyuka Genre Musik Heavy Metal

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via 2ser.com

Mungkin kebanyakan dari kalian berpikir kenapa ada orang yang menyukai genre musik metal, padahal lagu metal terdengar seperti teriakan-teriakan yang tak jelas. Ya, meskipun tak sebanyak penggemar musik pop, namun penggemar musik metal maupun heavy metal nggak bisa dibilang sedikit.

Meskipun banyak orang yang menganggap jika orang yang menyukai musik heavy metal memikili karakter yang kasar, keras dan negatif, namun ternyata mereka merupakan orang-orang yang tergolong kreatif. Mereka sangat suka dengan gagasan dan refleksi diri. Mereka yang suka musik cadas ini diberi label oleh masyarakat umum sebagai orang yang keras. Tapi kenyataannya, mereka memiliki sifat yang lembut dan memiliki kepribadian yang cukup sensitif.

12. Penyuka Genre Musik RnB

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via zalebs.com

(Singkatan dari Rhythm and Blues) yaitu genre musik popular yang mencampurkan jazz, gospel, serta blues, aliran style ini pertama kali di perkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Musik RnB lebih dekat dengan pop, jazz, dan soul. Dibandingkan Hip Hop yang menomorsatukan Rap, RnB lebih menitikberatkan pada kualitas vokal yang baik, lirik yang lebih santai dan alunan musik yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Walaupun tetap ada Rapnya, tapi porsi rap musik RnB tak sebanyak Hip Hop, dan alunan musik RnB lebih santai daripada Hip Hop. Beberapa musisi yang beraliran RnB antara lain adalah Alicia Keys, Chris Brown, Trey Songz, Usher, Boyz II Men, Michael Jackson, Whitney Houston dan Rihanna.

Nah buat kamu yang gemar mendengarkan lagu-lagu RnB dari musisi-musisi diatas, kemungkinan kamu adalah orang yang selalu mengikuti kata hati. Kamu suka mengekspresikan emosi yang dialami, kedalam musik. Kamu juga termasuk orang yang menyenangkan dan bisa menjadi pendengar yang baik. Bisa dibilang kamu adalah tipe orang yang mudah suka dengan sesuatu yang baru.

13. Penyuka Genre Musik Folk

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via  aeb-tuscanweddings.it

Folk berbeda dengan world music. World music memiliki aturan (kode etik) tertentu dalam memainkannya, kebanyakan aturan tersebut bersifat sakral. Musik folk tidak seperti itu. Folk tidak terikat dan bebas dalam mengekspresikan corak musik, tidak jarang juga musisi-musisi folk menggabungkan beberapa musik etnik yang berbeda dalam satu lagu. Musik folk bisa diartikan sebagai musik tradisional/musik kerakyatan yang tersebar di setiap negara. Musik folk juga bisa diartikan sebagai genre musik yang muncul di pertengahan abad ke-20, atau lebih dikenal dengan nama The (Second) Folk Revival atau Contemporary Folk Music yang mencapai puncaknya di era 60-an.

Meski di Indonesia genre musik ini masih terdengar asing, namun penggemar musik satu ini nggak bisa dianggap remeh. Penggmar musik folk, memiliki karakter yang hampir sama dengan penggemar musik klasik. Mereka punya pemikiran terbuka, kreatif, dan reflektif. Mereka nggak ragu untuk mengambil pengalaman baru secara spontan dan bebas. Selain itu tak jarang kalau penggemar musik yang seperti ini jago Improvisasi dan punya kreativitas yang beda.

14. Penyuka Genre Musik Dangdut

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via celebrity.okezone.com

Siapa sih yang nggak goyang saat mendengarkan lagu dangdut? Bisa dibilang kalau lagu dangdut adalah lagu yang paling merakyat. Musik dangdut sendiri adalah kombinasi antara musik melayu dan musik india, lalu musik ini berkembang dan menghadirkan dengan ciri khasnya yang berbeda dengan musik melayu. Ciri khas musik dangdut ini yaitu menggunakan alat musik tabla, sejenis alat musik perkusi yang menghasilkan suara ndut.

Musik Dangdut memiliki irama yang ringan, inilah yang membuat penyanyi dan penikmat musik ini untuk menggoyangkan anggota badannya. Musik dangdut sangat mudah diterima masyarakat karena liriknya yang sederhana sehingga mudah dicerna. Nah buat kamu yang gemar mendengarkan lagu dangdut, bisa dikatakan kalau penggemar dangdut biasanya suka dengan hal-hal yang menggembirakan dan ceria. Cara berpikir mereka simpel dan jauh dari kata rumit. Namun mereka tidak senang dengan masalah yang datang dalam hidupnya dan cenderung menghindari masalah.

15. Penyuka Genre Musik Lawas/Tembang Kenangan

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik Yang Disukai

photo via poskotanews.com

Meskipun identik dengan orang-orang yang telah berumur 40an keatas, tapi ada banyak lho anak-anak muda yang suka mendengarkan tembang lawas. Nah kalo kamu atau temenmu ada yang suka mendengarkan lagu-lagu lawas era 60 atau 70-an, biasanya mereka adalah orang yang suka hidup dan berpenampilan sederhana, mereka tidak suka menjadi pusat perhatian, tidak terlalu suka keramaian, dan selalu mencari tempat yang menurut mereka nyaman. Biasanya mereka merupakan pemikir konservatif.

Nah itulah berbagai karakter yang dapat dilihat dari selera musik masing-masing. Bagaimana


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.