Kesalahan Menggunakan Serum Yang Harus Kamu Hindari Agar Serummu Tidak Terbuang Sia-sia

Dibuat oleh blogunik

Serum merupakan salah satu skincare routine yang selalu digunakan oleh para wanita untuk merawat kulit wajah. Produk ini berbeda dari toner, karena dalam serum mengandung bahan aktif khusus yang lebih terkonsentrasi sehingga membuatnya lebih cepat mengatasi masalah pada kulit wajah.

Meskipun serum baik untuk perawatan kulit, tapi jika tidak digunakan dengan baik tentunya tidak akan berpengaruh pada kulit wajah apalagi jika sudah menggunakannya selama berbulan-bulan. Jika sudah seperti ini kemungkinan kamu melakukan kesalahan makanya manfaat dari serum tidak bisa kamu dapatkan. Nah, berikut ini beberapa kesalahan menggunakan serum wajah yang perlu kamu hindari agar serummu tidak terbuang sia-sia

1. Salah Urutan Penggunaan

Kesalahan Menggunakan Serum

photo via tezzbuzz.com

Ketika serum yang kamu gunakan tidak berefek sama sekali, kemungkinan kamu salah urutan penggunaan. Urutan pengaplikasian skincare yang tepat dimulai dengan formula atau teksturnya yang paling cair kemudian dilanjutkan dengan teksturnya yang paling kental.

2. Tidak Menggunakan Toner Dan Pelembap

Sebelum menggunakan serum, akan lebih baik kamu menggunakan toner terlebih dahulu. Toner berfungsi untuk menetralkan dan mengembalikan tingkat keasaman kulit setelah mencuci wajah. Penggunaan toner juga dimaksudkan agar kulit siap menerima produk skincare berikutnya.

Selain toner, setelah menggunakan serum kamu juga wajib mengaplikasikan pelembab. Pelembab ini berfungsi untuk mengunci semua produk yang sudah terpakai sehingga bekerja secara maksimal.

3. Memilih Serum Yang Tidak Sesuai Dengan Kebutuhan

Kesalahan Menggunakan Serum

photo via modalia.es

Kesalahan penggunaan serum selanjutnya yaitu menggunakan serum yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit. Serum memiliki banyak pilihan dan fungsinya disesuaikan dengan jenis kulit. Maka dari itu kamu harus memahami jenis kulitmu agar dapat memilih produk yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Serum Tidak Sesuai Takaran

Walaupun serum memiliki formula yang ringan bukan berarti kamu dapat menggunakannya dalam jumlah banyak. Justrus penggunaan serum yang tidak sesuai dengan takaran dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi atau permasalahan kulit lainnya timbul. Penggunaan serum yang baik hanya seukuran sebutir kacang polong saja agar efektif bagi wajah. Tapi jika kamu menggunakan untuk area leher juga, tambahkan seukuran biji kacang polong lagi.

5. Tidak Konsisten Ketika Menggunakan Serum

Kesalahan Menggunakan Serum

photo via kilat.com

Ingat serum bukanlah masker yang kalian gunakan seminggu sekali atau seminggu dua kali. Melainkan serum merupakan bagian dari perawatan kulit harian. Maka dari itu sebaiknya serum digunakan dua kali sehari, sekali dipagi hari dan sekali dimalam hari sebelum krim malam.

6. Terlalu Sering Gonta-Ganti Serum

Telalu sering gonta-ganti serum juga tidak baik lho untuk kulit wajah. Ketika kamu menggunakan 1 botol serum belum ada pengaruh apa-apa di kulit, tidak ada salahnya kamu menggunakannya lagi 1 botol dengan serum yang sama selama di kulitmu tidak terjadi iritasi. Pada umumnya efek serum baru dapat dirasakan sekitar 2 – 3 bulan setelah pemakaian, tapi tergantung dari jenis serumnya sendiri.

7. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Kesalahan Menggunakan Serum

photo via cosmeticinnovation.com.br

Kulit wajah yang terpapar sinar matahari secara langsung tentunya berdampak buruk bagi kulit. Kulit wajah dapat mengalami kerusakan hingga menimbulkan tanda-tanda penuaan dini, sering juga kulit akan terasa terbakar dan membuat kulit menjadi belang atau gelap. Jangka panjangnya dapat memicu kanker kulit.

Meskipun saat ini skincare dan make up mengandung SPF, ini tidaklah cukup maka itu dibutuhkan sunscreen untuk menangkalnya. Skincare diibaratkan sebagai penyembuhan dan sunscreen sebagai pencegah.

 

Itulah beberapa kesalahan menggunakan serum yang harus kamu hindari. Agar serum yang kamu gunakan efektif dan tidak terbuang sia-sia, jangan lakukan hal-hal diatas ya!!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait