Inspirasi Kolam Ikan di Lahan Sempit

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ingin memiliki kolam ikan tapi terhalang dengan lahan yang sempit? Tenang, inspirasi kolam ikan di lahan sempit ini bisa kamu jadikan referensi dalam membangun kolam ikan yang cantik dan estetik lho!

Bagi sebagian orang, memelihara ikan bukan hanya sekedar hobi, namun juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres dan tentunya dapat menambah nilai estetika dalam sebuah hunian. Ada yang memelihara ikan di dalam sebuah aquarium kaca dan ada juga yang memilih membangun kolam ikan di area rumah mereka.

Sayangnya, lahan yang sempit membuat sebagian orang tidak dapat membangun sebuah kolam ikan dirumah mereka. Jika kamu salah satunya, tidak perlu bingung, pasalnya ada berbagai inspirasi desain kolam ikan di lahan sempit yang bisa kamu jadikan referensi untuk ditiru.

Yang terpenting, cukup sesuaikan ukuran kolam ikan dan dekorasi kolam yang ingin digunakan dengan luas lahan yang ada, sehingga kolam ikan di lahan sempit terlihat lebih estetik. Untuk itu, berikut beberapa inspirasi kolam ikan di lahan sempit yang bisa kamu tiru. So let’s check it out guys!

1. Desain kolam renang memanjang mengikuti panjang teras rumah

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via temonggo.com

Jika kamu memiliki teras rumah yang tidak terlalu luas dan bentuknya memanjang, maka kamu bisa membuat kolam ikan sesuai bentuk teras rumah kamu yang memanjang. Dengan cara ini, kamu akan bisa memiliki kolam ikan dan juga tempat untuk bersantai di teras rumah. Kamu juga bisa menambahkan tanaman tropis dan air mancur untuk membuat kolam ikan menjadi lebih estetik.

2. Teras rumah yang dijadikan kolam ikan penuh

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via architectureartdesigns.com

Nah buat kamu yang memiliki teras belakang rumah yang sempit, kamu juga bisa meniru contoh kolam ikan di lahan sempit satu ini. Kamu bisa membuat kolam ikan dengan panjang dan lebar yang memenuhi teras rumah kamu. Agar bisa mengelilingi kolam, kamu juga bisa menambahkan jalan setapak dari kotakan beton di dalam kolam. Beberapa jenis tanaman tropis dan air mancur juga akan membuat kolam ikan menjadi lebih estetik.

3. Kolam ikan mini dari pot

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via containerwatergardens.net

Bagi kalian yang tidak memiliki halaman, kamu juga bisa memiliki kolam mini dengan menggunakan pot kolam. Cukup pilih besar pot yang sesuai dengan luas lahan yang tersedia dan kamu bisa menghiasnya dengan beberapa jenis tanaman air seperti teratai. Dengan begitu ikan peliharaan kamu akan mendapatkan oksigen serta kolam minipun terlihat lebih cantik.

4. Desain kolam ikan mini penuh tanaman hias di lahan yang sempit

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via fiverr.com

Selanjutnya ada contoh kolam ikan di lahan sempit yang dipenuhi dengan berbagai macam tanaman hias dalam pot. Kolam ikan yang kecil ini juga dipercantik dengan pagar pembatas berwarna putih dan air mancur. Contoh kolam ikan ini cocok untuk kamu memiliki teras rumah yang kecil namun ingin suasana yang sejuk dan alami.

5. Desain kolam ikan mini dengan air mancur bertingkat

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via eldahabtrade.com

Memiliki kolam ikan di lahan yang sempit juga bisa diterapkan dengan cara satu ini. Untuk bagian kolamnya dibuat kecil dan hanya cukup untuk beberapa ekor ikan saja, kemudian di bagian atasnya di beri air mancur bertingkat sehingga memberikan kesan yang lebih estetik pada kolam ikan. Desain kolam ikan ini cocok buat kamu yang ingin menambah nilai estetika pada hunian dengan menghadirkan elemen air.

6. Desain kolam ikan mini dengan bentuk hexagon

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via gardenaquarium.co.uk

Desain kolam ikan yang bisa kamu tiru selanjutnya adalah kolam ikan berbentuk hexagon atau segi enam. Desain kolam ikan ini bisa dibuat dari bahan kaca yang diframing dengan material kayu. Selain terlihat cantik, kamu juga bisa melihat ikan-ikan yang berenang di dasar kolam dari dinding kaca kolam tersebut. Sebagai pemanis, kamu juga bisa menambahkan kolam ikan mini kamu dengan tanaman air dan juga air mancur.

7. Kolam ikan mini di lahan sisa disamping rumah

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via sanvuonadong.vn

Tersisa sepetak kecil lahan kosong di samping rumah? Kamu bisa menyulapnya dengan kolam ikan nan estetik seperti gambar diatas. Kamu bisa membuat kolam ikan seukuran lahan sempit tersebut, dan hias dengan bebatuan alam dan juga beraneka tanaman tropis. Ini akan membuat kolam ikan kamu terlihat samakin cantik.

8. Desain kolam ikan dari kontainer tangki

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via homemydesign.com

Selain menggunakan pot kolam, kamu juga bisa membuat kolam ikan yang cantik dengan memanfaatkan kontainer tangki. Cara ini cocok bagi rumah yang tidak memiliki halaman namun ingin memiliki kolam ikan. Untuk memberikan kesan yang lebih cantik, kamu juga bisa menghias kolam ikan tangki kamu dengan air mancur dan beberapa tanaman hias seperti gambar diatas. Desain kolam ikan satu ini cocok banget buat kamu yang memelihara ikan hias berukuran kecil.

9. Kolam ikan mini di sudut rumah bernuansa alam

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via jbirdny.com

Meski memiliki lahan yang super sempit, kamu juga bisa menghadirkan kolam ikan bernuansa alam disudut rumah kamu lho! Caranya dengan menggunakan pot kolam yang dikombinasikan dengan beraneka ukuran batu alam. Kamu juga bisa menambahkannya dengan air mancur sehingga kolam terlihat lebih estetik. Selain ikan hias berukuran kecil, kamu juga bisa menggunakan kolam ikan ini untuk memelihara kura-kura mini.

10. Desain kolam ikan bernuansa alami ditengah taman yang sempit

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via pinterest.com/judabug

Kamu juga bisa menghadirkan kolam ikan ditengah taman yang sempit untuk menambah kesan alami pada taman kamu. Kamu bisa membuat kolam ikan kecil berbentuk bulat dengan dinding kolam dari batu alam yang ditumpuk. Selain itu, air mancur juga akan membuat tampilan kolam ikan menjadi lebih estetik.

11. Desain kolam ikan minimalis di teras belakang rumah

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via atap.co

Buat yang memiliki desain rumah yang minimalis dan modern, kamu juga bisa menghadirkan kolam ikan kecil di lahn sempit seperti contoh di atas. Kolam ikan berbentuk persegi panjang bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa menambahkan air mancur pada kolam ikan kamu. Pinggiran kolam yang sepi bisa kamu tambahkan dengan tanaman hias ataupun tidak sesuai keinginan kamu. Namun pinggiran kolam yang terbuat dari batu sikat dan juga kombinasi batu kerikil bisa membuat kolam ikan menjadi minimalis dan cantik.

12. Desain kolam ikan kecil bernuansa alam

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via pinterest.com/hostasdirect

Kolam ikan bernuansa alam yang cantik seperti contoh diatas juga bisa kamu hadirkan disudut halaman rumah kamu lho. Cukup sesuaikan dengan luas lahan yang ada, kamupun bisa meniru semua elemen yang ada pada contoh kolam ikan di atas, mulai dari batu-batu alam, hingga deck kayu yang menjadi pinggiran kolam ikan.

13. Desain kolam ikan kecil di taman depan rumah

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via terra.com.br

Meski mini, namun kehadiran kolam ikan dapat membuat nuansa rumah menjadi lebih menarik. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan kolam ikan mini da taman depan rumah kamu. Kamu bisa membuat kolam dengan bentuk melengkung sebagai dekorasi taman. Bahkan kamu bisa menambahkan air mancur modern yang menempel didinding untuk memberikan kesan gemericik pada kolam ikan kamu.

14. Kolam ikan mini diatas tanah yang dibangun dari bebatuan

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via digsdigs.com

Agar tidak menggali tanah, kamu juga bisa membuat kolam ikan yang estetik di atas tanah atau istilahnya above ground fish pond dengan menggunakan tumpukkan bebatuan alam dengan bentuk melingkar atau sesuai keinginan kalian. Kamu juga bisa menambahkan batu kerikil, air mancur dan tanaman hias untuk mempercantik kolam ikan mini kamu.

15. Desain kolam ikan dari kayu yang bisa juga digunakan sebagai coffee table

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo shop.kientruc.com

Desain kolam ikan di lahan sempit lain yang bisa kamu tiru adalah desain kolam ikan yang menyerupai meja. Desain kolam ikan ini menggunakan material kayu dengan bagian dalamnya menggunakan kolam plastik yang banyak dijual di pasaran. Pada pingggiran kolam yang terbuat dari kayu, dibuat agal lebar sehingga kamu bisa menjadikan kolam ikan sebagai coffee table yang estetik. Bahkan kamu bisa menghias kolam ikan kamu dengan air mancur hingga tanaman air.

16. Desain kolam ikan yang estetik di taman rumah yang kecil

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via magzhouse.com

Punya taman depan rumah yang kecil? Kamu bisa menghadirkan kolam ikan estetik seperti contoh diatas lho. Cukup sesuaikan dengan luas lahan, kamu bisa menghadirkan kolam ikan mini lengkap dengan air mancurnya. Untuk membuatnya terlihat estetik, kamu bisa memanfaatkan batu-batu alam atau lempengan batu sebagai pinggiran kolam yang unik. Jangan lupa tanaman hias dan jalan setapak yang menuju kolam. Ini akan membuat taman rumah kamu menjadi lebih menarik.

17. Desain kolam ikan bernuansa alam untuk sudut taman yang kecil

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via flickr.com (savannahbarnes87)

Selanjutnya ada desain kolam ikan yang cocok ditempatkan pada sudut area luar rumah kamu. Ini karena desain kolam ini memiliki bentuk yang menyudut, sehingga cocok untuk sudut-sudut rumah. Selain itu, desain kolam ini juga memanfaatkan batu-batu alam dan beraneka tanaman hias yang mengelilinya. Menghadirkan air mancur mini juga akan membuat kolam ikan mini menjadi lebih estetik.

18. Desain kolam ikan berundak untuk lahan yang sempit

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via contemporist.com

Nah buat kamu yang memiliki area outdoor yang bertingkat, maka cocok mengadaptasi desain kolam ikan berundak atau bertingkat satu ini. Setiap tingkatan kolam bisa didesain membentuk persegi panjang dan membentuk tatakan-tatakan yang didesain seperti mengelilingi halaman rumah. Desain kolam ikan ini akan memberikan tampilan yang cantik pada hunian kamu.

19. Desain kolam ikan untuk lahan sempit yang kreatif

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via freshpatio.com

Desain kolam ikan di lahan sempit ini juga bisa banget ditiru jika kalian memiliki sepetak lahan kosong di belakang rumah. Dengan desain kolam ikan ini, kamu bisa memiliki kolam ikan sekaligus patio yang estetik untuk bersantai. Pemasangan dek kayu di atas kolam ikan menjadi kunci utama yang akan membuat kolam ikan dan area bersantai terlihat estetik.

20. Desain kolam ikan bernuansa tropis untuk depan rumah yang sempit

Inspirasi Kolam Ikan Di Lahan Sempit

photo via kibrispdr.or

Satu lagi inspirasi kolam ikan di lahan sempit yang bisa kamu tiru adalah desain kolam ikan berntuk kotak dengan nuansa yang torpis. Desain kolam ikan ini dikombinasikan dengan air mancur, dek kayu, dan aneka tanaman tropis. Selain itu, disekitaran kolam juga dihias dengan bebatuan alam yang kian menambah kecantikan kolam ikan. Cocok ditempatkan pada area depan rumah sebagai pengganti taman depan.

Nah itu dia beberapa inspirasi kolam ikan di lahan sempit yang bisa kamu jadikan referensi dalam membangun kolam ikan impian kamu di rumah. Memiliki lahan sempit bukan penghalang untuk memiliki kolam ikan yang estetik. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *