Konsep Desain Rumah Vertikal Ini Sangat Unik, Jadi Pengen Punya Satu

2 tahun lalu, by blogunik

Terbatasnya lahan di kota besar membuat gaya desain rumah vertikal minimalis modern menjadi pilihan banyak orang. Tapi tentu saja membuat desain rumah minimalis modern dengan konsep vertikal tidaklah mudah. Namun bukan berarti mustahil menjadikan desain rumah minimalis modern verikal sebagai hunia yang nyaman dan estetis. Berikut ini beberapa desain rumah minimalis modern dikutip dari dekoruma.com, cekidot

 

1. Desain Rumah Minimalis Modern Vertikal House di Smuggler’s Nest, Vermont – Axis Mundi Architects

Photo Via : http://axismundi.com

Pada umumnya konsep rumah vertikal pada desain rumah minimalis modern diterapkan pada lahan terbatas untuk memaksimalkan ruang, hal ini berbeda dengan desain rumah karya John Beckmann dari Axis Mundi Architects. Dengan perpaduan material beton ekspos, kayu dan bingkai besi, desain rumah minimalis modern ini berada dilahan terbuka, sehingga konsep vertikanya memungkinkan untuk menikmati lingkungan sekitar. Rumah ini berada dilahan miring, kamu akan melewati jembatan untuk mengakses rumah vertikal ini yang akan mengarahkanmu langsung pada dapur, ruang keluarga dan ruang makan. Naik kebagian atas merupakan area pribadi berupa kamar dan terdapat sebuah taman atap terbuka yang berada di puncak dari desain rumah minimalis modern vertikal ini.

 

2. Desain Rumah Minimalis Modern di Kobe, Jepang – Fujiwaramuro Architects

Photo Via :  www.dekoruma.com

Desain rumah minimalis modern konsep vertikal ini merupakan karya dari Fujiwaramura Architects di Kobe, Jepang. Rumah dengan tiga lantai ini memiliki lahan yang sempit sehingga untuk memberikan kesan luas, desain rumah minimalis modern ini dibangun tinggi. Fasad pada desain rumah minimalis modern ini juga tampil sederhana namun hangat dengan dominasi tekstur kayu. Meskipun terlihat dari fasad, bangunan ini terlihat memiliki bukaan yang minim, namun setiap ruangan di dalam tetap mendapatkan pencahayaan yang cukup karena penggunaan skylight.

 

3. Desain Rumah Minimalis Modern Keenan House di Fayetteville, Arkansas – Arsitek Marlon Blackwell

Photo Via : www.dekoruma.com

Keenan House adalah desain rumah minimalis modern dengan bentuk vertikal lainnya yang dibuat oleh Arsitek Marlon Blackwell. Rumah ini sendiri terbuat dari struktur besi yang tinggi dan dikombinasikan dengan berbagai material lain seperti beton dan bambu. Dengan kombinasi material ini, dapat memberikan kesan dinamis dibalik desain rumah yang minimalis. Dengan rangka besi dan bambu sebagai fasad, cahaya yang masuk ke dalam desain rumah minimalis modern yang tinggi inipun menjadi jauh lebih menarik.

 

4. Desain Rumah Minimalis Modern “Narrow Vertical House” di Sumida ward, Tokyo, Jepang – Apollo Archictects

Photo Via :  www.dekoruma.com

Jepang memang merupakan negara dengan berbagai arsitektur menarik, khususnya jika kita berbicara mengenai rumah vertikal. “Narrow Vertical House” karya Apollo Architects ini adalah salah satunya. Lahan yang sempit menjadi tantangan, tapi bukan hambatan untuk menghasilkan desain rumah minimalis modern yang nyaman dan menarik. Dengan gubahan masa yang membentuk sudut siku, desain rumah minimalis modern ini berhasil menangkap cahaya yang cukup untuk memaksimalkan aktivitas di dalam ruangan, meski rumah ini berada di kawasan yang sangat padat. Jika berbicara mengenai rumah kecil, pencahayaan dan juga pemilihan furniture memang faktor penting yang akan menentukan kenyamanan dari rumah. Cahaya yang cukup akan membantu ruangan terlihat lebih lega dan luas di lahan yang terbatas

 

5. Desain Rumah Minimalis Modern dengan Beton dan Taman Vertikal di Vietnam – Vo Trong Nghia Architects

Photo Via :  www.lifeguide.com.ua

Saat memaksimalkan lahan untuk desain rumah minimalis modern dengan gaya vertikal, taman dan ruang terbuka kerap jadi bagian hunian yang dikorbankan. Namun hal ini diakali oleh VO Trong Nghia Architects saat mewujudkan desain rumah minimalis modern di Vietnam yang dikombinasikan dengan kehadiran taman vertikal. Kehadiran taman dalam desain rumah minimalis modern ini memberikan kenyamanan lebih dan membuat tampilan dari rumah vertikal ini jauh lebih menarik. Warna putih yang mendominasi bangunan juga menonjolkan vegetasi yang ada pada desain rumah minimalis modern ini sehingga terlihat bahwa taman dan vegetasi adalah elemen utama pada bagunan, meskipun kehadirannya sebenarnya hanya sebagai pelengkap.

 

6. Desain Rumah Minimalis Modern “Split House” di Shanghai – Neri & Hu Design and Research Office

Photo Via : Pinterest

Desain rumah minimalis modern selanjutnya berasal dari Shanghai yang merupakan karya dari Neri & Hu Design Research Office. Dihimpit oleh townhouse lama bersejarah, bangunan ini dibangun dengan fasad minimalis yang eksentrik sehingga tampil menonjol daripada bangunan disekitarnya. Bukaan yang lebar pada bagian depan serta warna hitam yang mendominasi juga menjadikan desain rumah minimalis modern ini lebih menonjol dari bangunan lainnya. Selain itu, hal ini juga membantu rumah vertikal ini mendapatkan pencahayaan lampu yang mencukupi.

 

7. Desain Rumah Minimalis Modern “The Tower Home” – Gluck+ Architects

Photo Via : Pinterest

Salah satu konsep rumah vertikal yang ditujukan untuk memaksimalkan view dari area sekitar adalah “The Tower Home” karya Gluck+ Architects. Jika umumnya bagian dasar rumah memiliki ruang yang lebih besar, rumah ini justru sebaliknya. Berada ditengah-tengah lingkungan hutan yang asri, desain rumah minimalis modern ini seperti menara yang menahan gubahan masa horisontal yang berada di paling atas. Dengan bukaan yang maksimal juga, seluruh pemandangan yang indah bisa kamu nikmati dengan maksimal lewat desain rumah minimalis modern satu ini.

8. Desain Rumah Minimalis Modern ”Promenade House” di Shiga, Jepang –  Studio FORM

Photo Via : http://luciafiorella.blogspot.co.id/

Satu lagi desain rumah minimalis modern dengan konsep vertikal asal Jepang adalah “Promenade House” di Shiga. Dengan layout sederhana dan geometrik, gubahan masa dari hunian ini memanjang keatas dan ramping kebelakang untuk menyiasati lebar lahan yang hanya 4 meter saja. Walaupun sempit, desain rumah ini masih bisa menyisakan ruang untuk taman pada sisi bangunan. Dengan fasad minimalis dan penempatan bukaan yang efektif, pencahyaan dari rumah ini tidak kalah maksimal dari rumah-rumah dengan gubahan masa yang lebih lapang.

 

9. Desain Rumah Minimalis Modern Vertikal dengan Taman Terbuka – Ryue Nishizawa

Photo Via : http://iwan.com

Lahan yang sempit memang menjadi tantangan di kota-kota besar di Jepang. Seorang arsitek asal Jepang Ryue Nishizawa menyiasatinya dengan mendesain rumah minimalis modern dengan konsep vertikal dan bukaan serta taman yang menyatu dengan bangunan utama dari rumah. Dengan adanya ruang terbuka dan taman, walapun rumah ini sempit tetap memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang maksmial.

 

10. Light Grain by Yoshiaki Yamashita Architect & Associates

Photo Via : www.designboom.com

Light Grain merupakan rumah yang berlokasi di Osaka untuk pasangan muda dan satu anak lelaki. Rumah yang didesain unik ini dlingkupi dengan dinding berlubang untuk memberikan keseimbangan antara pencahayaan, ventilasi, dan juga privasi. Cahaya masuk ke dalam rumah melalui jendela dan dinding berlubang depan rumah. Dinding berlubang pada rumah ini menggunakan material metal yang berlubang kecil dan banyak yang mempercantik tampak luar bangunan. Light grain merupakan rumah keluarga yang memecahkan permasalahan privasi, cahaya, dan ventilasi dengan cara yang cantik.

Artikel Terkait