15 Kota Dengan Suhu Terendah di Dunia, Ada Yang Hingga Minus 129 Derajat Celsius Lho

Dibuat oleh blogunik

Setiap negara memiliki suhu yang berbeda-beda, ada yang suhu rata-ratanya panas dan ada juga negara yang memiliki suhu rata-rata dingin.

Pada umumnya negara yang bersuhu dingin terletak di dekat kutub bumi. Bahkan suhu dinginnya lebih ekstrim ketimbang di tempat lainnya. Tak heran jika beberapa diantaranya menjadi negara paling dingin. Beberapa diantaranya ada juga yang memiliki cuaca dingin sepanjang tahun.

Lantas, untuk beberapa kota di dunia, suhu yang sangat dingin berada dimana saja ya? Berikut ini kota yang memiliki suhu terendah di dunia

1. Utqiagvik, Alaska

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via portalleiamais.com.br

Utqiagvik merupakan salah satu kota terbesar dan ibu kota North Slope Borough di negara bagian Alaska. Sebelumnya kota Utqiagvik ini bernama Barrow. Kota ini memiliki suhu rata-rata terendah dari semua kota di Alaska, diperburuk dengan seringnya tertutup awan dan angin ekstrim hingga 60 mil per jam.

Matahari tetap berada dibawah cakrawala selama 65 hari setiap tahun, sementara itu rata-rata hanya 120 hari dalam setahun yang mengalami suhu tinggi diatas titik beku. Namun, meskipun rekor terendah -56 F/ -49 C ada banyak alasan untuk mengunjungi kota ini. Seperti budaya, keindahan alam dan kesempatan untuk menyaksikan cahaya utara di kota yang memiliki suhu terendah di dunia ini.

2. Yellowknife, Northwest Territories, Kanada

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via ykonline.ca

Ibukota Wilayah Barat Laut Kanada ini terletak 250 mil selatan Lingkaran Arktik. Dari 100 kota di Kanada, Yellowknife menjadi salah satu kota terdingin sepnajang tahun dan memiliki musim dingin terdingin serta angin dingin paling ekstrem. Tak hanya itu, musim penutup saljunya pun juga paling lama diantara lainnya.

Suhu terndah yang pernah tercatat adalah -60 F/ -51 C. Meskipun begitu kota ini juga menawarkan musim panas yang paling cerah. Kota yang memiliki populasi sekitar 20.000 ini menawarkan pemandangan aurora borealis yang juga disebut The Northern Lights.

3. Dudinka, Krasnoyarsk Krai, Rusia

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via brodyaga.com

Dudinka merupakan sebuah kota di Rusia, kota ini menjadi pusat administrasi Okrug Otonom Taymria digabung ke dalam Krai Krasnoyarsk pada 1 Januari 2007. Kota ini merupakan pelabuhan di dekat bagian muara Sungai Yenisei.

Kota yang terletak di wilayah Siberia Rusia di atas Lingkaran Artik ini memiliki suhu minimum harian rata-rata – 33,3 C.

4. International Falls, Minnesota, Amerika Serikat

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via dailyamazingthings.com

Dikenal sebagai The Icebox of the Nation, dengan rekor suhu terendah -55 F/ -48 C dan rata-rata hujan salju musiman 71,6 inci. International Falls memiliki hari terbanyak per tahun dengan suhu tinggi dibawah titik beku kota mana pun yang tergabung di Amerika Serikat.

Kota yang memiliki suhu terendah di dunia ini juga menawarkan beberapa langit malam yang spektakuler. Ini terkenal karena penyeberangan perbatasan Kanada dan sebagai pintu gerbang ke Taman Nasional Voyageurs di dekatnya.

5. Nursultan, Kazakhstan

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via boredpanda.com

Nursultan atau Nur-Sultan merupakan ibukota negara Kazakhstan, sebelumnya bernama Astana yang dalam Bahasa Kazakh berarti “ibu kota”. Kota modern ini dicirikan dengan arsitektur yang futuristik, masjid yang berkilauan dan banyak pusat perbelanjaan dan hiburan.

Meskipun bulan musim panas hangat, namun dimusim dingin kota ini begitu panjang, kering dan sangat dingin. Titik terendahnya -61 F/ -51,5 C yang pernah tercatat. Hampir setiap tahun, sungai kota tetap membeku dari pertengaj November hingga awal April, hal ini pun membuat Nursultan menjadi salah satu kota terdingin di dunia.

6. Harbin, Heilongjiang, China

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via ecodibergamo.it

Kota yang memiliki suhu terendah di dunia selanjutnya ada Harbin yang terletak di timur laut Cina. Kota Harbin sering juga disebut dengan “kota es”. Iklim Harbin dipengaruhi angin musim dingin dari Siberia. Suhu rata-rata di musim panas yaitu 21.2 C, sebaliknya ketika musim dingin suhu rata-ratanya sekitar -16,8 C dan kemungkinan suhu jatuh hingga – 38.1 C.

Setiap tahun, kota ini menyelenggarakan Festival Patung Es dan Festival Internasional Salju Harbin yang menampilkan kastil es yang diterangi dan seluncuran es raksasa.

7. Ulaanbaatar, Mongolia

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via olloo.mn

Ulaanbaatar atau Ulan Bator merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Mongolia. Bertengger pada 4.430 kaki di atas permukaan laut di tepi stepa Mongolia, Ulaanbaatar menjadi salah satu kota terdingin di dunia.

Kota yang mengalami musim ekstrem dengan rekor tertinggi musim panas 102 F/ 39 C namun suhu terendah turun -44 F/ -42 C selama musim dingin. Selain menjadi pintu gerbang internasional ke daerah hutan belantara Mongolia, Ulaanbaatar juga menawarkan sekumpulan pemandangan budaya yang kaya.

8. Winnipeg, Manitoba, Kanada

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via rove.me

Winnipeg merupakan tempat tinggal berbagai bangsa dan budaya, yang sebagian besar merupakan imigran dari berbagai negara di dunia.

Ibukota dari Provinsi Manitoba ini terkenal dengan musim saljunya yang berkepanjangan dan musim panasnya yang sangat pendek. Karena letak geografisnya di tengah benua Amerika Utara dan tanah pada rumput (prairie), angin dingin berhembus melalui Winnipeg setiap musim dingin.

Hal ini membuat iklim pada musim dingin di Winnipeg dapat jatuh ke tingkat yang ekstrem. Tingkat terendah bahkan sampai -60 C, meskipun pada umumnya berkisar antara -10 C hingga -35 C.

9. Snag, Yukon, Kanada

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via theactivetimes.com

Snag merupakan sebuah desa yang terletak di pinggir jalan kecil dengan cuaca kering di luar Alaska Highway, 25 kilometer sebelah timur Beaver Creek, Yukon, Kanada. Suhu terendah disini tercatat -63.9 C dan ini menjadi suhu terendah yang pernah tercatat di benua Amerika Utara.

Meskipun iklim disini sangat kering, dengan panjang musim dingin serta sinar matahari yang panjang di musim panas. Tanaman seperti sayuran, bunga dan buah tetap bisa tumbuh dengan baik.

10. Yakutsk, Rusia

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via adventuretravel.co.id

Ibukota Republik Sakha Rusia, Yakutsk ini terletak sekitar 280 mil selatan Lingkaran Arktik. Dengan suhu rata-rata pada bulan Januari sekitar -41 F/ -40 C, kota ini memiliki musim dingin yang panjang dan sangat dingin. Suhu terendah di Yakutsk yang pernah tercatat sekitar -64.4 C.

Pemandangan seperti museum es Kerajaan Permafrost, Pasar Kristen dan Museum Seni Nasional Republik Sakha dapat dikunjungi buat mereka yang tidak keberatan dengan hawa dingin.

11. North Ice, Greenland

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via tfamanasek.com

Terletak diantara Samudra Artik dan Atlantik, tak heran jika Greenland menjadi salah satu tempat yang memiliki suhu paling dingin di dunia. North Ice memegang rekor suhu terendah di Amerika Utara, dimana suhu yang tercatat mencapai -66.1 C.

Greenland merupakan pulau terbesar di dunia yang tiga per empat wilayahnya ditutupi oleh satu-satunya lempeng es abadi selain Antartika. Greenland juga menjadi wilayah berpendudukan yang jarang di dunia.

12. Verkhoyansk, Rusia

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via visityakutia.com

Sebuah kota di Republik Sakha bermuara di Sungai Yana dan terletak di Lingkaran Artik ini menjadi salah satu kota yang memiliki suhu terendah di dunia.

Ketika musim dingin tiba, suhu udara di kota ini mencapai -50 C. Kota ini sempat mencapai rekor suhu -69.8 C, namunjuga memiliki catatan lain yaitu suhu terendah dan tertinggi yang tercatat di Verkhoyansk adalah 105 ° C (221 ° F).

Tak hanya menjadi salah satu kota terdingin di dunia, Verkhoyansk juga menjadi kota terkecil ketiga di Rusia.

13. Oymyakon, Sakha Republic, Rusia

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via cntraveler.com

Terletak hanya beberapa ratus kilometer dari Lingkaran Artik, kota Oymyakon menjadi salah satu yang memiliki suhu terendah di dunia. Kota ini menjadi rumah bagi 521 (2001) orang yang tahan terhadap suhu musim dingin yang rata-rata – 50 C. Bahkan suhunya pernah mengalami penurunan hingga -71.2 C.

Sekolah-sekolah di Oymyakon akan diliburkan ketika suhu turun dibawah -52 C. The Washington Post pernah melaporkan bahwa tahun lalu sebagian besar kamar mandi di kota ini berada di luar rumah karena tanahnya terlalu beku untuk pipa. Karena suhu disana menyamai suhu freezer, pasar ikan disana pun membekukan ikan dari luar saja.

14. Denali, Alaska

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via denalichamber.com

Kota selanjutnya yang memiliki suhu terendah di dunia yaitu Denali. Puncak gunung ini memiliki suhu -73 C, angin dingin bisa naik hingga -83.4 C. Denali atau yang sebelumnya dikenal dengan Gunung McKinley merupakan puncak gunung tertinggi di Amerika Utara.

15. Vostok, Antartika

Kota Yang Memiliki Suhu Terendah Di Dunia

photo via polarjournal.ch

Terakhir, kota yang memiliki suhu paling terendah di dunia yaitu Vostok. Suhu disini bisa mencapai -82.9 C dan bahkan bisa turun hingga -129 C. Vostok menjadi salah satu tempat paling kering di bumi yang hanya menerima sekitar 20 mm curah hujan dalam setahun.

Sesuai catatan, Vostok tidak menerima sinar matahari dari Mei hingga Agustus. Namun ketika matahari terbit, tempat ini menjadi tempat tercerah di bumi karena menerima sekitar 22,9 jam sinar matahari terlepas udaranya yang begitu dingin.

Nah, itulah beberapa kota yang memiliki suhu terendah di dunia. Bagaimana berniat untuk mengunjunginya?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait