Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

Dibuat oleh blogunik

Selain dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah serta budaya yang beragam dari Sabang hingga Merauke. Indonesia juga dikenal memiliki aneka ragam kuliner yang lezat-lezat. Menariknya lagi makanan khas Indonesia ini dikenal hingga ke mancanegara dan jika diperhatikan kebanyakan makanan tersebut hanya menu masakan sederhana yang harganya murah meriah. Penasaran makanan Indonesia apa saja yang mendunia? Berikut ini aneka kuliner Indonesia yang terkenal dan mendunia.

12 Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

1. Bakwan

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via piknikdong.com

Di Indonesia bakwan menjadi salah satu gorengan yang banyak disukai orang-orang. Gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu ini biasanya banyak dijual di pinggir jalan atau bisa juga dibuat sendiri dirumah. Bakwan ini sangat nikmat dimakan bersamaan dengan nasi plus sambal atau menjadi camilan ketika bersantai dilengkapi dengan cabai rawit.

2. Bakso

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via idntimes.com

Kuliner Indonesia satu ini begitu terkenal dan mendunia, di Indonesia sendiri makanan ini snagat mudah dijumpai di setiap daerah. Makanan ini terbuat dari daging yang dicampur dengan tepung kemudian dibentuk bola-bola. Bola-bola ini biasanya disajikan dengan kuah gurih dan berbagai macam pelengkap.

3. Gado-gado

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via bbcgoodfood.com

Selanjutnya ada gado-gado, kuliner ini mirip dengan salad hanya saja di Indonesia tidak hanya berisi sayuran namun juga ditambahkan dengan tempe, tahu, telur serta lontong. Sayuran yang disajikan semua direbus kemudian disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan manis. Makanan ini sangat digemari oleh banyak orang terutama mereka yang vegetarian. Bahkan makanan satu ini pernah menjadi juara pertama dari kompetisi memasak tingkat internasional di Napoli, Italia pada tahun 2010. Diajang itu, gado-gado menjadi juara dalam kategori sajian estetika.

4. Gudeg

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via kulinermantap.com

Kuliner khas Yogyakarta ini sering disebut sebagai semur manis nangka muda dan menjadi favorit banyak orang di mancanegara karena cita rasanya yang unik. Karena rasanya yang nikmat, bermunculan restoran yang menyajikan menu gudeg seperti restoran di Clayton Road, Melbourne, Australia. Selain itu, banyak negara juga mengimpor gudeg dalam bentuk kalengan.

5. Lodeh

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via yummy.co.id

Siapa yang menyangka, jika sayur lodeh ternyata menjadi salah satu kuliner Indonesia yang terkenal dan mendunia. Pasalnya disalah satu restiran Indonesia di Hamburg, Jerman ada menu sayur lodeh yang menjadi favorit para pelanggannya.

6. Nasi Goreng

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via muchbutter.com

Nasi Goreng merupakan salah satu kuliner Indonesia yang sukses menjadi icon Indonesia. Meskipun di negara lain terdapat juga nasi goreng, namun nasi goreng milik Indonesia memiliki rasa yang jauh lebih lezat. Hal ini karena beraneka ragam bumbu yang digunakan untuk campuran nasi gorengnya. Sebagai pelengkap nasi goreng menggunakan telur, bakso, potongan daging hingga seafood. Umumnya nasi goreng ini dutemani dengan potongan timun, tomat, cabe rawit dan kerupuk.

7. Rendang

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via fimela.com

Siapa yang tidak tahu rendang? Kuliner yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini menjadi kuliner khas yang mendunia. Saking lezatnya, rendang berhasil meraih posisi atas dalam daftar 50 makanan dunia terenak versi CNN internasional pada tahun 2011. Rendang terbuat dari daging sapi dan santan serta rempah-rempah Indonesia lainnya. Dalam proses memasaknya, rendang memerlukan waktu berjam-jam untuk menghasilkan daging yang empuk dan rasa yang nikmat.

8. Soto

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via yummy.co.id

Kuliner khas Indonesia satu ini yaitu soto, paling nikmat disantap ketika musim hujan. Kuliner berkuah ini tidak hanya menjadi favorit masyarakat Indonesia, namun makanan ini juga begitu disukai masyarakat Ibaraki, Jepang. Lewat festival makanan yang sering diadakan di Ibaraki, mereka mulai berkenalan dengan makanan khas Indonesia satu ini berkat beberapa pelajar asal Indonesia yang bermukim disana. Soto ini sangat enak disantap bersamaan dengan nasi atau lontong, tak lupa juga tambahkan sambal, perasan jeruk nipis dan bawang goreng.

9. Sate Ayam

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via dapurkobe.co.id

Di Indonesia sate ayam cukup beragam, namun yang paling populer adalah sate Madura. Sate ini terbuat dari potongan daging ayam yang sudah dimarinasi dengan bumbu kemudian dibakar diatas bara api. Umumnya sate ayam ini disajikan bersama dengan sambal kacang dan lontong. Di Jepang tepatnya di kota Beppu, Pulau Kyushu, seorang warga Indonesia mendirikan restoran yang menjual sate ayam. Siapa yang menyangka menu ini sangat laris, tidak hanya orang Indonesia namun juga warga Jepang. Selain itu, sate ayam juga bisa dikumpai disebuah restoran di New York bernama Satay Junction.

10. Sate Lilit

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via maggi.id

Berbeda dengan sate ayam, kuliner khas Bali ini memiliki rasa yang begitu nikmat. Sate lilit ini terbuat dari daging ayam yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan berbagai jenis rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, kencur, pala, ketumbar, kelapa parut hingga daun jeruk. Kemudian sate ini ditusukan pada sebatang serai lalu dibakar.

11. Sop Buntut

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via resepistimewa.com

Tak hanya menjadi favorit masyarakat Indonesia, makanan yang terbuat dari buntut sapi ini juga digemari oleh orang mancanegara. Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid Spanyol.

Kebetulan salah satu menunya adalah sop buntut. Ternyata menu makanan ini mendapatkan respon yang baik dan akhirnya menjadi salah satu kuliner Indonesia yang terkenal dan mendunia.

Proses pembuatan sop buntut ini sangat panjang, tak heran jika rasa yang dihasilkan begitu gurih dan nikmat. Sop buntut ini disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang, seledri, tomat dan bawang goreng.

12. Tempe

Aneka Kuliner Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

photo via fimela.com

Jika di Indonesia tempe menjadi salah satu makanan yang murah meriah, berbeda dengan orang luar negeri mereka menganggap tempe menjadi salah satu makanan yang mewah.

Di Jepang, tempe sangat digemari berkat upaya dari seorang pebisnis tempe, Pak Rustomo yang memperkenalkan makanan tersebut. Selain Jepang, di Amerika Serikat tempe digunakan sebagai salah satu makanan favorit para vegetarian. Karena mengandung protein nabati, serat dan prebiotik yang bagus untuk kesehatan.

 

Nah, itulah aneka kuliner Indonesia yang terkenal dan mendunia. Siapa yang mengira, menu sederhana tersebut ternyata sangat digemari oleh orang-orang luar. Dari kuliner diatas, mana yang menjadi favoritmu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *