Lezatnya Aneka Menu Sarapan Pagi Dari Berbagai Belahan Dunia

    Kuliner, Info

Sarapan adalah bagian penting untuk memulai segala aktifitas yang akan kamu lakukan seharian. Dengan sarapan, kamu akan memiliki nutrisi yang cukup untuk menghasilkan energi untuk beraktifitas seharian. Dengan sarapan juga dapat mengurasi porsi makan siang kamu yang membludak gara-gara lupa sarapan.

Karena sarapan ini sangat penting, dan sudah menjadi kebiasaan dan budaya semua orang diberbagai belahan dunia, berbagai macam menu sarapan pun hadir dengan ciri khas dari masing-masing negara sendiri. Mau tau seperti apa lezatnya menu sarapan dari berbagai belahan di dunia? langsung cek aja deh!.

1. China

photo via : www.mashbox.org

Berbagai macam menu masakan bisa dijadikan menu sarapan di China, namun sebagian besar penduduknya lebih memilih memakan bubur, cakwe, atau pangsit rebus untuk dimakan dipagi hari. Namun ada juga yang memilih mie beras atau bakpao untuk menu sarapan mereka.  Dan warga China biasanya memakan sarapan sambil ditemani dengan secangkir teh sebagai pemanis dipagi hari.

2. Guyana

photo via : www.thingsguyana.com

Jika kamu berkunjung ke Guyana, disana kamu bisa menikmati roti goreng dan ikan yang disuwir dan dicampur dengan sayur-sayuran untuk menu makan pagi kalian. Ikan yang digunakan adalah ikan putih yang diawetkan dengan garam sebelumnya.

3. Iran

photo via : www.pictame.com

Menu sarapan warga Iran ternyata cukup sederhana yaitu teh, roti, keju feta, kacang, dan buah. Sarapan atau disebut sobhaneh dalam bahasa setempat juga turut menyertakan oatmeal khas Iran yang bernama haleem. Selain oatmeal, haleem juga berisi daging domba atau kalkun.

4. Prancis

photo via : http://cookingtheglobe.com

Masyarakat Prancis menyebut sarapan sebagai le petit dejeuner. Mereka menyukai makanan manis dan ringan untuk sarapan seperti roti. Makanya banyak toko-toko bakery bertebaran di Prancis. Roti-roti yang dijadikan sarapanpun ada berbagai macam, ada Tartine yang mirip sandwich, ada Baguette yang bisa dimakan dengan olesan selai. Ada juga Croissant yang termasuk menu pastry favorit dari Prancis. Selain itu ada juga sereal yang disantap dengan susu dingin. Semua menu sarapan tersebut biasanya ditemani dengan secangkir espresso.

5. Jepang

photo via : http://www.laweekly.com

Menu sarapan tradisional orang Jepang biasanya lengkap namun dalam porsi yang sedikit. Terdiri dari nasi, sup miso, ikan panggang, telur dan acar atau nato. Yang menjadi ciri khas dari menu sarapan orang Jepang adalah makanan fermentasi seperti acar atau nato. Namto sendiri adalah fermentasi kacang kedelai dengan tekstur lengket, aroma kuat, dan rasa unik. Sementara itu makanan fermentasi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain membuat makanan awet, proses fermentasi menghadirkan bakteri baik pada makanan yang membuat usus lebih sehat.

6. Polandia

photo via : http://www.culinaryanthropologist.org

Menu sarapan di Polandia umumnya berupa scrambled egg, sosis, dan pancake kentang atau roti. Menu sarapan ini biasanya dibarengi dengan salad sayur yang masih segar. Selain itu ada juga roti favorit orang Polandia untuk menyantap sarapan. Roti tersebut adalah Drozdzówki yang merupakan roti bercita rasa manis khas Polandia yang sangat populer di negara tersebut. Roti ini umumnya diberi topping keju, buah, ataupun gula halus yang semakin menambah kelezatannya.

7. Mesir

photo via : http://www.notesfromamessykitchen.com

Menu sarapan orang Mesir adalah Ful medames. Ful medames adalah sajian sarapan yang terbuat dari kacang fava tumbuk yang dipadukan dengan sayuran seperti buncis dan tomat. Lemon, bawang putih serta saus tahini dan pelengkap telur rebus, minyak zaitun dan bubuk cabai menambah kelezatan ful medames. Jika kalian berkesempatan untuk menikmati sarapan di Mesir, makan kalian bisa menikmati Ful medames dengan selembar roti pita.

8. Italia

photo via : http://www.ladiesin.ba

Sepertinya Italia tidak begitu peduli dengan menu sarapan mereka. Warga Italia memilih menu sederhana seperti roti yang dioles dengan selai untuk menu santap dipagi hari, dan hanya ditemani dengan secangkir kopi saja.

9. India

photo via : www.hungryforever.com

Menu sarapan di India sangat bervariasi tergantung pada daerahnya. Namun rata-rata penduduk India akan menyantap kacang-kacangan saat pagi hari. Namun ada juga yang sarapan dengan menu dosa. Bukan dosa karena melakukan kesalahan, melainkan dosa disini adalah makanan yang bentuknya kering dan krispy mirip dengan makanan crepes. Dan dosa ini biasa digunakan untuk makanan dipagi hari mereka.

10. Kolombia

photo via : twitter.com/kenjilopezalt

Kolombia memiliki bervariasi menu sarapan, mulai dari sup daging panas sampai roti jagung yang diisi dengan keju. Namun ada beberapa menu tradisional khas Kolombia yang biasanya dijadikan santap pagi oleh mereka. Ada Arepas, roti yang terbuta dari jagung, dan ada juga Changua, sup yang enak dibuat dengan susu, telur rebus dan bawang hijau, enak di perut dan cocok untuk vegetarian.

11. Turki

photo via : http://balkon3.com

Sarapan ala Turki bukan hanya sekedar roti ataupun plahan bubur dari kacang-kacangan. Tapi jika kamu berkunjung kesana, kamu akan melihat meja makan penuh dengan makanan di pagi hari. Sarapan tradisional ala Turki biasanya terdiri dari beberapa jenis keju, yogurt, mentega, zaitun, telur, tomat, mentimun, selai, madu, dan daging pedas. Namun bukan itu saja, orang Turki yang memiliki kesibukan yang tinggi biasanya memilih  mengkonsumsi Menemen yang berupa telur orakarik dimasak dengan tumis sayuran dan disajikan dengan roti panas sebagai menu sarapan mereka.

12. Brazil

photo via : http://cookingtheglobe.com

Dari mulai sepotong roti, daging ham, keju, segelas kopi atau susu, serta buah tersedia sebagai menu sarapan orang-orang Brazil. Namun yang menjadi favorit adalah daging ham ataupun roti keju yang dikenal dengan sebutan Pão de queijo.

13. Nigeria

photo via : steemit.com

Bagi orang Nigeria, sarapan tak luput dari gorengan yang bernama Akara. Akara sendiri bentuknya semacam bala-bala atau bakwan yang isinya adalah Kacang Polong dengan bumbu adonan yang pedas. Untuk memakannya, masyarakat Nigeria biasanya memadukannya dengan Papogi yakni saus semacam mayonaisse yang terbuat dari jagung.

14. Spanyol

photo via : http://cookingtheglobe.com

Warga Spanyol menyajikan menu sarapan seperti roti berlapis, selai, roti manis, keju, irisan daging, dan roti panggang dengan mentega. Untuk minuman utamanya, mereka biasa meminum Cafe con leche atau kita sebut dengan kopi susu. Atau sarapan sehat Spanyol adalah pan con tomate alias pasta tomat. Pasta ini digunakan sebagai pengganti selai untuk roti. Karena mereka percaya tomat punya antioksidan yang baik untuk tubuh.

15. Venezuela

photo via : hiveminer.com

Ada berbagai macam menu sarapan yang dimiliki oleh Venezuela, namun yang paling populer adalah Arepa. Arepa adalah makanan sejenis kue yang terbuat dari bahan dasar tepung jagung. Bentuknya bulat seperti roti namun memiliki tekstur yang lembut dan juga ringan. Arepa yang memiliki rasa tawar biasanya dibarengi dengan isian seperti keju, daging asap, ayam ataupun ikan.

16. Kamboja

photo via : http://www.foodandwine.com

Bubur atau bobor dalam bahasa setempat adalah menu sarapan populer di Kamboja. Selain bubur, ada juga nom banh chok yang merupakan bihun kuah dengan topping kari hijau berbasis ikan, serta kuy teav yang merupakan bihun kuah dengan kaldu daging babi.

17. Lebanon

photo via : http://speshelb.com

Lebanon mempunyai berbagai macam menu sarapan khas Timur Tengah. Namun orang Lebanon terbiasa menyantap Flatbread dengan rempah thyme, keju dan daging cincang di pagi hari. Selain itu mereka juga suka menyantap Fatteh untuk sarapan. Fatteh adalah makanan yang terbuat dari tumpukkan roti pita, garbanzo, yoghurt, and kacang pinus.

18. Rusia

photo via : http://cookingtheglobe.com

Pancakes dengan selai, madu atau susu kental manis adalah sarapan yang sangat umum di Rusia. Ada juga yang sarapan dengan kasha, menu tradisional ala Rusia yang menyajikan gandunm dan jamur goring.

19. Pakistan

photo via : http://www.gopenang.my

Seperti negara lainnya, menu sarapan di Pakistan pun sangat beraneka ragam. Namun yang paling sering disantap untuk sarapan di Pakistan roti paratha atau roti canai, cara penyajiannyapun didampingi dengan kari kambing.

20. Maroko

photo via : http://cookingtheglobe.com

Warga Maroko biasanya menikmati sarapan mereka di pagi hari, dengan duduk mengitari meja kecil yang tertata di lantai. Sarapan biasanya disajikan dalam berbagai macam hidangan, seperti buah zaitun dan bsisa yang merupakan hidangan gandum yang kaya rasa serta manisan, seperti kurma, atau selai yang dibungkus dalam balutan roti Khobz atau dioleskan di atas baguette segar. Biasanya dilengkapi dengan teh mint atau kopi rasa kapulaga.

21. Israel

photo via : http://joodiethefoodie.com

Roti, keju, jus segar, buah zaitun, selai, dan mentega adalah menu yang tersedia saat sarapan di Israel. Namun ada juga yang disebut sebagai shakshouka. Telur rebus disajikan dengan saus tomat, bawang merah, peterseli, ketumbar, timun, dan paprika merah atau hijau.

22. Inggris

photo via : food.detik.com

Sarapan ala Inggris memang terkenal di seluruh dunia dan bahkan banyak restoran di Indonesia yang menyajikannya juga. Menu sarapan di Inggris biasa disebut English Breakfast dan terdiri dari daging bacon, telur goreng, sosis, kacang merah, tomat, jamur panggang dan roti panggang.

23. Indonesia

photo via : resepkoki.id

photo via : www.hellofresh.com.au

Menu sarapan di Indonesia sudah jangan ditanya lagi, ada berbagai macam menu sarapan yang bisa kalian pilih, dari bubur ayam hingga nasi goreng dengan cita rasa yang sangat lezat bisa dinikmati sebagai santapan pagi.

24. Korea Selatan

photo via : http://enjoytribute.com

Orang Korea terbiasa dengan menu sarapan sehat yang komplit, orang Korea sangat mementingkan sarapan karena sebagai bekal penambah tenaga hingga siang hari. Menu tradisional yang lengkap terdiri dari nasi, sup kimchi dengan daging atau ikan. Tak ketinggalan sayur tumis atau kimchi sebagai pendamping menu utama. Walaupun jenisnya banyak, namun makanan ini cukup rendah lemak dan cukup mengenyangkan.

25. Hawaii

photo via : http://kulinarstvo.ucoz.com/

Menu sarapan di Hawaii dapat dibilang menu sehat, yaitu roti bagel yang dilengkapi dengan beragam buah-buahan.

 

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >